Connect with us

Mangku Bumi

SANG PENYELAMAT

Published

on


Jika kesempurnaan mencapai wujud kesempurnaan’nya, kesempurnan yang tiada wujud mencapai wujud sempurnanya, yang awal telah mencapai akhir, awal-akhir

Pembuka dan penutup yang terangkum di tubuh manusia, sang pembuka yang semula kosong berakhir terbungkus sampul hidupnya, kekosongan yang hidup yang semula melingkupi berakhir terpenjara oleh kesempurnaan dirinya yang mewujud

Maha hidup yang selalu mencapai wujud terpenjara oleh bayangan sendiri, bahkan yang ketakutan oleh bayanganya sendiri, hingga keliaran prasangkanya atas kehendak bebas berakhir menunggu sang penyelamat, yang bahkan dia sendiripun tak tau entah diselamatkan kemana dan diselamatkan dari apa

Gelap-terang, baik-buruk, salah-benar, tiada wujud-mewujud adalah dualitas tunggal yang selalu menemani yang hidup, bahwa yang hidup yang mewujud pasti mengalami kehancuran wujudnya, bahwa zat terhalus pasti memadat mencapai kondisi fisiknya semata siklus eksistensi hidup yang menjalani proses alamiah

Yang seumur hidup membiarkan diri terlelap dalam kebodohan tanpa pengetahuan dari ketidakatuan, semata ketidak perdulian para pemalas yang memilih bersembunyi di balik sosok/figur sesuai selera prasangkanya, bukan pada kebenaran yang seharusnya

Memang benar “tidak ada aturan hidup yang harus” selain pelayanan atas sadar atas rasa hidup yang dijalani, suka maupun tidak suka kesadaran atas hidup ini nyata dan membutuhkan pelayanan yang benar di atas kebijaksanaan hidup

Segala sesuatu yang menyangkut keberadaan ini dimulai oleh kebijaksanaan tertinggi dan pasti berakhir setara kebijaksanaan yang memulainya, halnya hidup habya berasal mula yang hidup, demikian pula kesempurnaan hanya berasal mula kesempurnaan yang menjadikanya, dan semua kita disini sesama orang lupa yang bodoh yang dipaksa pada upaya berselaras pada asal mula, dipaksa dengan kelembutan yang memaksa

Khusus pembahasaan pada manusia terlahir sebagai angkara, angkara yang murka yang menjadi sumber malapetaka, tubuh angkara api kehidupan yang sempurna ini bisa berbalik menjadi sumber malapetaka ketika kekuatan hidupnya kehilangn kendali, karena lupa dan membiarkan diri terseret “Angkara”, tersesat di dalam ‘bara-kemurkaan”

Yang diliputi angkara menjelma menjadi kaum sumbu pendek yang bersifat merusak, hanya menghancurkan tidak bisa membuat, dimata orang-orang yang disesatkan angkara semuanya terlihat salah, karena dia sendiri tidak sadar diri sedang berdiri ditempat yang keliru

Yang hidup yang tidak berpengetahuan kebijaksanaan hidup – sekalipun ia tau apa yang benar apa yang salah, bahwa upaya yang benar seklaipun belum tentu menghasilkan kebaikan, sehingga pilihan yang tersisa hanya bertopang pada Angkara yang setiap saat menjalani kemurkaan tanpa kendali, yang memunculkan benci dendam karena keputusasaan

Siapakah yang dapat menyelamatkanmu dari kemurkaan sifat kebinatangan tubuhmu selain kesadaran’mu sendiri, adalah kebohongan maha-besar dan omong-kosong maha agung menunggu sang penyelamat datang, karena sebelum sang penyelamat itu datang, yang paling setia yang setiap saat menemani hidupmu hanyalah kesadaranmu

Tidak ada yang lain yang membantumu bahkan tuhanpun tidak, Kesadaranmu lah yang selalu ada disana menasehati, yang menimbang dan membesarkan hatimu, dialah yag tak pernah pergi meninggalkanmu seburuk apapun kondisi hidup yang sedang kamu jalani

Kesadaranmu itulah yang paling setia menemani sebelum sang penyelamat datang, bahkan jika si penyelamat benar-benar datangpun kalian tidak akan mengenalinya, karena yang kalian tunggu pastilah yang sesuai selera prasangkamu, karena semua ini akan selalu berakhir dan selalu kembali pada Kesadaranmu, pada besarnya jiwamu, pada luasnya sudut pandangmu, pada keceradasan nalarmu mengobservasi situasi, pada kebijaksanaan mu memandang hidup ini

Tak perduli agamamu dan siapa tuhanmu bahkan seleramu tentang sang penyelamat, bahwa penyesat dan penyelamat itu terangkum dalam satu wadah yang sama yaitu di tubuhmu, tubuhmu Angkara sumber kemurkaan yang mendatangkan malapetaka sedangkan kesadaranmu tali kekangnya

Yang bila di artikan dengan sebenar- benarnya : “Kesadaranmu’lah penyelamat hidupmu dari seretan angkara murka keliaran sifat kebinatangan tubuhmu”

Atlantia Ra


Mangku Bumi

Tiga Srikandi Memperebutkan Kursi Singgasana Grahadi

Published

on

By

Ilustrasi

Oleh : Ngurah Sigit.

 

Di tengah hiruk-pikuk dunia politik Jawa Timur yang penuh intrik dan strategi, tahun ini menyuguhkan pertarungan yang tak biasa. Bukan hanya sekadar persaingan politik, namun lebih sebagai sebuah epos modern yang menghadirkan tiga perempuan tangguh, tiga srikandi yang bersaing untuk memperebutkan kursi panas di Grahadi, simbol kekuasaan tertinggi di provinsi ini. Mereka adalah wajah-wajah baru yang membawa harapan dan visi bagi masa depan Jawa Timur, masing-masing dengan latar belakang dan pendekatan yang berbeda, tetapi sama-sama memiliki semangat juang yang tinggi.

Srikandi pertama adalah seorang visioner ulung. Ia telah lama dikenal di kancah politik dengan rekam jejak yang impresif dalam birokrasi. Dengan pengalaman yang kaya, ia mengusung agenda besar untuk membawa Jawa Timur ke era baru. Dalam setiap kampanyenya, ia selalu menekankan pentingnya inovasi dan modernisasi, percaya bahwa provinsi ini memiliki potensi besar yang belum sepenuhnya tergali. Bagi sang visioner, pembangunan harus berorientasi pada masa depan yang inklusif, di mana teknologi dan keberlanjutan menjadi kata kunci. Namun, di balik semua rencana ambisiusnya, ia harus menghadapi tantangan besar: bagaimana meyakinkan rakyat bahwa visinya bukan sekadar mimpi indah, melainkan rencana nyata yang dapat membawa perubahan.

Di sisi lain, muncul sosok srikandi kedua, seorang aktivis yang tak kenal lelah berjuang untuk rakyat kecil. Ia bukanlah politisi dengan latar belakang elite, melainkan seorang pejuang yang datang dari akar rumput. Dengan pengalamannya langsung di lapangan, ia melihat dengan mata kepala sendiri berbagai ketidakadilan yang dihadapi masyarakat. Dalam orasi kampanyenya, ia menggugah emosi pendengar dengan cerita-cerita nyata dari rakyat kecil yang selama ini terpinggirkan. Ia menawarkan kebijakan yang berpihak kepada mereka yang lemah, menekankan bahwa pemerintah harus hadir untuk melindungi dan melayani rakyat, bukan sebaliknya. Namun, tantangan yang dihadapinya tak kalah berat. Bagaimana ia bisa meyakinkan rakyat bahwa ia mampu mengelola pemerintahan dengan segala kompleksitasnya, sambil tetap setia pada prinsip-prinsip keadilan sosial yang ia perjuangkan?

Dan kemudian, hadir srikandi ketiga, seorang pemimpin yang dikenal karena integritas dan keteguhannya. Di dunia yang sering kali terjerat oleh kepentingan pribadi dan kelompok, ia berdiri tegak sebagai sosok yang tak mudah tergoyahkan oleh godaan kekuasaan. Ia adalah simbol dari pemerintahan yang bersih dan transparan, selalu menekankan pentingnya akuntabilitas dalam setiap kebijakan yang diambil. Dalam kampanyenya, ia berbicara tentang membangun fondasi moral yang kuat sebagai dasar dari semua pembangunan. Bagi sang pemimpin ini, kekuasaan bukanlah tujuan, melainkan alat untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Namun, dalam realitas politik yang penuh dengan kompromi, apakah ia bisa tetap teguh pada prinsip-prinsipnya, atau akan tergoda oleh tekanan dan kepentingan yang ada di sekitarnya?

Pertarungan antara ketiga srikandi ini adalah refleksi dari perbedaan jalan yang bisa ditempuh Jawa Timur menuju masa depannya. Setiap dari mereka menawarkan sesuatu yang unik, sebuah jalan yang berbeda menuju tujuan yang sama: kesejahteraan dan kemajuan untuk seluruh rakyat Jawa Timur. Tetapi siapa yang akan dipilih rakyat? Siapa yang akan berhasil menaklukkan hati mereka dan memenangkan pertarungan ini? Grahadi, dengan segala kemegahannya, kini menunggu untuk melihat siapa yang akan menduduki singgasananya.

Seiring berjalannya waktu, persaingan ini semakin memanas. Setiap kampanye, setiap debat, menjadi semakin sengit dan penuh dengan strategi. Rakyat pun dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Mereka harus menimbang dengan cermat, memilih siapa di antara tiga srikandi ini yang paling layak untuk memimpin mereka. Pilihan ini bukan sekadar tentang siapa yang paling karismatik, tetapi tentang siapa yang paling mampu membawa perubahan nyata, siapa yang paling mampu merealisasikan janji-janji mereka.

Di balik layar, Grahadi tetap berdiri megah, menyaksikan pertarungan ini dengan tenang. Kursi singgasananya tak lama lagi akan diisi oleh salah satu dari mereka. Namun, siapapun yang akhirnya menang, satu hal yang pasti: pertarungan ini telah menunjukkan kekuatan dan keberanian perempuan dalam dunia politik yang selama ini didominasi oleh laki-laki. Jawa Timur kini berada di persimpangan jalan, dan keputusan rakyat akan menentukan arah mana yang akan diambil. Waktu akan menjawab, dan sejarah akan mencatat, siapa di antara tiga srikandi ini yang akan keluar sebagai pemenang, dan bagaimana ia akan membawa Jawa Timur menuju masa depan yang lebih cerah. Rahayu.

 

Penulis Adalah : Sosiolog, Budayawan dan Pemerhati Media.

Continue Reading

Mangku Bumi

Seni, Komunikasi dan Hukum : Sinergi Kreativitas, Ekspresi dan Keadilan

Published

on

By

Ilustrasi

Oleh : Ngurah Sigit.

 

Seni, komunikasi, dan hukum mungkin tampak sebagai tiga bidang yang berbeda, namun ketiganya memiliki keterkaitan yang kuat dalam membentuk dan mengatur kehidupan manusia. Seni, dengan segala keindahannya, berfungsi sebagai media komunikasi yang mendalam dan sering kali mampu menyampaikan pesan yang tidak terungkapkan melalui kata-kata. Lukisan, musik, tari, dan film semuanya berbicara dalam bahasa universal yang melintasi batasan budaya dan bahasa, memungkinkan seniman untuk menyampaikan emosi, ide, dan kritik sosial kepada audiens yang luas.

Di sisi lain, hukum berperan penting dalam mengatur ekspresi artistik ini, menciptakan batasan sekaligus melindungi kebebasan berekspresi. Hak cipta, misalnya, melindungi karya seni dari penyalahgunaan, memastikan seniman mendapatkan hak mereka, sementara undang-undang sensor berusaha menyeimbangkan antara kebebasan artistik dan kepentingan umum. Namun, di balik regulasi ini, ada ketegangan yang sering kali muncul ketika karya seni dianggap melanggar norma sosial atau hukum tertentu, memicu perdebatan tentang sejauh mana kebebasan berekspresi harus dilindungi.

Komunikasi dalam seni juga merupakan alat yang kuat, di mana elemen-elemen visual dan performatif berperan dalam menyampaikan pesan yang kompleks atau kontroversial dengan cara yang lebih mendalam daripada kata-kata saja. Seniman seperti Banksy, misalnya, menggunakan seni jalanan untuk menyampaikan kritik sosial yang tajam dan memancing refleksi publik.

Kolaborasi antara seni, komunikasi, dan hukum semakin menonjol dalam kampanye sosial dan politik, di mana seniman bekerja sama dengan ahli komunikasi dan pakar hukum untuk menciptakan karya yang tidak hanya estetis tetapi juga sah secara hukum dan berdampak besar dalam menggerakkan opini publik. Dalam konteks ini, seni menjadi lebih dari sekadar ekspresi pribadi; ia menjadi alat untuk perubahan sosial yang didukung oleh kerangka hukum yang kuat.

Pada akhirnya, seni, komunikasi, dan hukum membentuk sinergi yang memungkinkan terciptanya masyarakat yang menghargai keindahan dan kreativitas, namun tetap berjalan dalam aturan dan keadilan. Keterkaitan ini memperkaya kehidupan kita, memungkinkan kita untuk tidak hanya mengekspresikan diri tetapi juga untuk membangun dunia yang lebih adil dan harmonis. Rahayu.

 

Penulis Adalah : Sosiolog, Budayawan dan Pemerhati Media.

Continue Reading

Mangku Bumi

Mpu Narotama: Pengabdi Setia Prabu Airlangga

Published

on

By

Ilustrasi

Oleh : Ngurah Sigit.

 

Pada masa kejayaan kerajaan-kerajaan di Nusantara, di mana politik dan spiritualitas kerap berpadu menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan, sosok-sosok besar muncul untuk mengabdi dengan sepenuh hati kepada rajanya. Salah satu tokoh yang menonjol dari era ini adalah Mpu Narotama, seorang penasihat setia Prabu Airlangga, raja besar yang mendirikan Kerajaan Kahuripan pada abad ke-11. Mpu Narotama tidak hanya dikenal sebagai seorang ahli pemerintahan, tetapi juga seorang ahli telik sandi yang ulung serta seorang yang mendalam pengetahuannya dalam bidang keagamaan. Kesetiaan dan kemampuannya dalam berbagai bidang menjadikan Mpu Narotama sebagai tokoh yang sangat berpengaruh di balik layar kejayaan Prabu Airlangga.

 

Kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh Prabu Airlangga adalah salah satu kerajaan besar di Jawa pada zamannya, yang berdiri di tengah situasi politik yang tidak menentu. Setelah selamat dari serangan Raja Wurawari, Prabu Airlangga menghadapi tugas berat untuk memulihkan stabilitas dan membangun kembali kekuatan kerajaannya. Di sinilah peran Mpu Narotama menjadi sangat vital. Dengan keahliannya sebagai ahli telik sandi, Mpu Narotama mampu mengamankan kerajaan dari ancaman-ancaman eksternal dan internal. Ia mengatur jaringan mata-mata yang efektif, memastikan bahwa setiap gerakan musuh dapat dideteksi lebih awal. Keahliannya dalam mengelola informasi rahasia menjadi salah satu faktor utama yang memungkinkan Prabu Airlangga untuk memerintah dengan lebih percaya diri dan efektif.

 

Di samping kemampuannya sebagai ahli strategi dan mata-mata, Mpu Narotama juga merupakan seorang yang sangat taat dalam keagamaan. Dalam budaya Jawa kuno, pemimpin dan penasihat kerajaan sering kali memiliki peran ganda sebagai pelindung spiritual bagi rakyat. Mpu Narotama, dengan pengetahuan mendalam tentang ajaran-ajaran Hindu dan Buddha, menjadi figur yang tidak hanya mempengaruhi kebijakan politik, tetapi juga arah spiritual kerajaan. Ia sering menjadi perantara antara raja dan para pendeta, menjembatani urusan duniawi dengan aspek spiritual yang lebih tinggi. Melalui nasihat-nasihatnya, Prabu Airlangga mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip keagamaan ke dalam pemerintahannya, menciptakan keseimbangan antara kekuasaan dan kebijaksanaan.

 

Jika kita bandingkan dengan zaman modern, peran seorang penasihat seperti Mpu Narotama bisa disamakan dengan peran seorang penasihat presiden atau perdana menteri yang memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan strategis negara. Namun, bedanya, di masa kini keahlian dalam telik sandi lebih terpusat pada lembaga intelijen yang terpisah dari urusan pemerintahan sehari-hari. Sementara itu, aspek spiritual dalam pemerintahan juga tidak lagi sekuat pada masa kerajaan dulu. Kehidupan modern lebih cenderung memisahkan antara urusan politik dan spiritual, meskipun di beberapa negara, agama masih memainkan peran penting dalam kehidupan politik.

 

Kesetiaan Mpu Narotama terhadap Prabu Airlangga juga menunjukkan sebuah pengabdian yang jarang kita temui di era sekarang, di mana politik sering kali diwarnai oleh kepentingan pribadi dan perebutan kekuasaan. Pengabdian total yang ditunjukkan Mpu Narotama, baik dalam mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi raja maupun dalam memberikan nasihat-nasihat yang bijak dan penuh kebijaksanaan, merupakan cerminan dari nilai-nilai luhur yang seharusnya tetap kita pelihara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Ketika Prabu Airlangga memutuskan untuk membagi kerajaannya menjadi dua pada tahun 1042 demi menghindari perang saudara, Mpu Narotama sekali lagi menunjukkan kesetiaannya dengan mendukung keputusan ini sepenuh hati. Padahal, keputusan tersebut sangat kontroversial dan dapat memecah kekuatan kerajaan. Namun, Mpu Narotama, dengan kebijaksanaannya, memahami bahwa keputusan ini diperlukan demi perdamaian dan kelangsungan kerajaan di masa depan. Ia turut serta dalam proses pembagian wilayah tersebut dan memastikan bahwa stabilitas tetap terjaga.

 

Warisan Mpu Narotama dalam sejarah Jawa bukan hanya terletak pada kemampuan intelektual dan spiritualnya, tetapi juga pada nilai-nilai kesetiaan dan pengabdian tanpa pamrih yang ia teladankan. Dalam era modern yang semakin kompleks dan terfragmentasi ini, nilai-nilai tersebut menjadi semakin relevan. Mpu Narotama mengajarkan kepada kita pentingnya kesetiaan kepada bangsa dan negara, di mana dedikasi yang tulus dan integritas yang tinggi menjadi landasan utama dalam setiap tindakan.

 

Mpu Narotama adalah lebih dari sekadar abdi setia; ia adalah simbol dari pengabdian yang tidak terpengaruh oleh godaan kekuasaan atau kepentingan pribadi. Dalam setiap langkahnya, baik sebagai penasihat, ahli telik sandi, maupun sebagai figur spiritual, Mpu Narotama menunjukkan bahwa pengabdian kepada kebaikan bersama adalah tujuan tertinggi yang harus diperjuangkan oleh setiap pemimpin dan rakyatnya, baik di masa lalu, sekarang, maupun di masa depan.

 

Penulis Adalah : Sosiolog, Budayawan dan Pemerhati Media.

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku