Connect with us

Kesehatan

Popularitas Daun Kelor Potensial Bikin Pisang Ketar – Ketir

Published

on


GatraDewata⌊Denpasar⌋ Daun Kelor, atau Moringa, sebetulnya bukan barang baru. Hampir semua generasi yang lahir sebelum tahun 90an sering menyantap daun Kelor sebagai sayuran. Paling enak kalau dimasak bumbu santan. Tapi ketika bumbu dapur tidak lagi terbeli maka dijadikan sayur beningpun tetap nikmat.

Namun, peradaban yang kian moderen membuat reputasi Kelor meredup. Apalagi anak – anak zaman sekarang sudah dikenalkan dengan makanan siap saji sejak kecil. Tidak heran jika mereka lebih memilih ayam goreng waralaba tinimbang sayuran jenis Kelor. Sialnya lagi, peradaban ini membuat Kelor terkesan sebagai santapan orang miskin.

Tapi siapa sangka ternyata Kelor adalah makanan super yang kembali populer. Di dunia barat Kelor dikonsumsi dalam beberapa variasi, misalnya dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Beberapa media luar mengklaim bahwa Kelor lebih super dari makanan super lainnya. Istilah kerennya, the sperfood of the superfood. Di tanah air, nenek – nenek zaman dulu menempatkan Kelor sedikit terhormat. Mereka kerap menyarankan ibu menyusui untuk makan sup Kelor karena dapat membantu produksi ASI.

Nah, kebangkitan Kelor ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah ruah, bahkan sampai tumpah. Bubuk Kelor kering mengandung sekitar 90 varian nutrisi termasuk vitamin, mineral dan asam amino. Bukan itu saja, bubuk ajaib ini juga mengandung lebih dari 40 antioksidan dan zat – zat anti-imflamatory, zat yang berguna untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kandungan seratnya sangat tinggi hingga 24%. Jika disederhanakan kandungan proteinnya 9 kali lebih banyak daripada Yoghurt, mengandung vitamin A hingga 3 kali lebih banyak dari wortel, 12 kali lebih kaya akan vitamin C daripada keluarga jeruk dan 15 kali lipat kandungan potasium berbagai jenis pisang. Jika benar popularitas Kelor kembali muncul di tanah air maka keberadaan pisang sedikitnya bisa terancam.<swn>


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Continue Reading
Advertisement

Kesehatan

Airlangga sebut alokasi anggaran penanganan dan pemulihan Covid-19, 699,4 T

Published

on

GATRA DEWATA | JAKARTA | Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Alokasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) sebesar Rp699,4 triliun di tahun 2021, program vaksinasi, dan PPKM Mikro menjadi perhatian utama pemerintah.

Pemerintah juga dipastikan memerlukan upaya keras dan strategi dalam menangani pandemi dan memulihkan ekonomi nasional dengan memastikan kebijakan di aspek kesehatan maupun ekonomi berjalan beriringan.

Ia menjelaskan bahwa anggaran PC-PEN untuk program kesehatan dan perlindungan sosial difokuskan pada pemeliharaan kesehatan dan daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah.

Sementara itu, dukungan UMKM dan pembiayaan perusahaan, serta insentif bisnis diperuntukkan menjaga kelangsungan bisnis selama pandemi, kemudian anggaran untuk program prioritas diharapkan dapat mendorong penciptaan lapangan kerja.

Disamping itu juga ia menambahkan bahwa pemerintah berupaya juga meningkatkan investasi, salah satunya melalui penerapan UU Cipta Kerja. UU ini akan menyederhanakan, menyinkronkan, dan mengefektifkan peraturan yang seringkali menghambat kegiatan bisnis Indonesia.

“Saat ini total ada 201 proyek dan 10 program yang memiliki nilai investasi lebih dari Rp 4,817 triliun. Pembangunan infrastruktur melalui PSN ini akan membantu pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia serta meningkatkan investasi, “terang Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua umum golkar. (Tim)

Continue Reading

Daerah

Waktu Operasional Usaha di Buleleng akan diperpanjang

Published

on

GATRADEWATA | BULELENG | Waktu operasional usaha di Kabupaten Buleleng diperpanjang. Dari semula sampai dengan pukul 21.00 WITA, kini sampai dengan pukul 22.00 WITA.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 yang juga Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat ditemui usai mengikuti rapat evaluasi penanganan COVID-19 Provinsi Bali di Gedung Gajah Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (9/3).

Agus Suradnyana menjelaskan dalam rapat evaluasi ini dibahas beberapa perubahan dalam aturan penanganan COVID-19 di Provinsi Bali. Salah satunya adalah perpanjangan operasional usaha. Operasional usaha yang sebelumnya hanya sampai dengan pukul 21.00 WITA diperpanjang hingga pukul 22.00 WITA. Termasuk untuk restoran dan warung makan.

Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 06 Tahun 2021 yang memuat hal tersebut sudah ditandatangani dan berlaku mulai tanggal 9 Maret 2021 sampai dengan 22 Maret 2021. “Kita bahas aturan-aturan dan upaya pengendalian penyebaran COVID-19 di Provinsi Bali pada umumnya dan Kabupaten Buleleng pada khususnya,” jelasnya. (Mega)

Continue Reading

Daerah

Ternyata Segini Biaya Perawatan Sepeda MTB, Bisa Bikin Istri Auto Ngamuk.

Published

on

GatraDewata⌊Denpasar⌋ Antusiasme masyarakat Bali terhadap olahraga bersepeda cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pesepeda yang wara – wiri tiap harinya, terutama saat akhir pekan. Tapi siapa sangka jika perawatan sepeda cukup mencengangkan.

Saat menyambangi gerai Rodalink Denpasar, kami mendapati sebuah Polygon Xtrada 6 nangkring di ruang perbaikian, menunggu aksi sang mekanik. Saat mulai dikerjakan kamipun menghampirinya untuk semangkok informasi tentang perawatan sepeda.

Sang mekanik bernama Fino terlihat mulai menganalisa masalahnya. “Bottom Bracketnya rusak” sergahnya sembari memulai perbaikan. Beliau juga mengatakan jika part tersebut rusak biasanya harus diganti baru, karena jika hanya diperbaiki tidak akan maksimal. Xtrada 6 model 2018 belum menggunakan produk Shimano. Iapun memasangkan bracket Shimano yang belakangan diketahui harganya hampir 200k.

Sambil melanjutkan proses pemasangan beliau mengatakan jika sepeda juga harus dirawat secara berkala layaknya motor. Tidak boleh asal pake. Jika pemakaiannya intens maka harus di service setiap 3 bulan. Khusus untuk road bike beda lagi perlakuannya. Karena sekali gowes biasanya – setidaknya – 50an kilometer jadi harus di service sekitar 2 bulan sekali. Sepeda yang sering dipakai di jalur lintas alam harus di service total, service ringan tidak akan cukup. “Apalagi saat musim hujan, pasir halus bisa masuk ke bracket dan juga bisa merusak bagian lainnya.” tambahnya.

Jika diukur dengan jarak tempuh maka pemakaian rata – rata 10 km per hari termasuk intens. Beliau juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi saat gowes sehingga pemakaian gampang dikontrol. Jika sudah mencapai 1500 km disarankan untuk melakukan service ringan, itupun jika tidak ada gejala aneh pada unit.

Ternyata untuk service ringan, pengecekan bagian luar secara keseluruhan, ongkosnya bisa mencapai 200k, dengan durasi pengerjaannya sekitar 2 jam. Sementara untuk service total ongkosnya bisa mencapai 400k.  Sepeda akan dibongkar secara keseluruhan kemudian diambil tindakan yang dianggap perlu. Ia juga mengakui jika pengerjaan service total ini cukup menanatang karena banyaknya parts yang dibongkar pasang dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. “Pengerjaannya bisa memakan waktu hingga 3 hari. Tapi dijamin setelah rampung kondisi sepeda akan seperti baru lagi.” ungkapnya sembari menambahkan bahwa penggantian parts akan dikenakan biaya tambahan.

Jika saja para istri tahu ongkos perawatan sepeda melebihi biaya di salon kecantikan, bisa dipastikan doi akan auto ngamuk. Apalagi sampai nyenggol urusan dapur, bisa – bisa sepeda nangkring di OLX.<swn>

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam