Mangku Bumi
Tiga Srikandi Memperebutkan Kursi Singgasana Grahadi
Oleh : Ngurah Sigit.
Di tengah hiruk-pikuk dunia politik Jawa Timur yang penuh intrik dan strategi, tahun ini menyuguhkan pertarungan yang tak biasa. Bukan hanya sekadar persaingan politik, namun lebih sebagai sebuah epos modern yang menghadirkan tiga perempuan tangguh, tiga srikandi yang bersaing untuk memperebutkan kursi panas di Grahadi, simbol kekuasaan tertinggi di provinsi ini. Mereka adalah wajah-wajah baru yang membawa harapan dan visi bagi masa depan Jawa Timur, masing-masing dengan latar belakang dan pendekatan yang berbeda, tetapi sama-sama memiliki semangat juang yang tinggi.
Srikandi pertama adalah seorang visioner ulung. Ia telah lama dikenal di kancah politik dengan rekam jejak yang impresif dalam birokrasi. Dengan pengalaman yang kaya, ia mengusung agenda besar untuk membawa Jawa Timur ke era baru. Dalam setiap kampanyenya, ia selalu menekankan pentingnya inovasi dan modernisasi, percaya bahwa provinsi ini memiliki potensi besar yang belum sepenuhnya tergali. Bagi sang visioner, pembangunan harus berorientasi pada masa depan yang inklusif, di mana teknologi dan keberlanjutan menjadi kata kunci. Namun, di balik semua rencana ambisiusnya, ia harus menghadapi tantangan besar: bagaimana meyakinkan rakyat bahwa visinya bukan sekadar mimpi indah, melainkan rencana nyata yang dapat membawa perubahan.
Di sisi lain, muncul sosok srikandi kedua, seorang aktivis yang tak kenal lelah berjuang untuk rakyat kecil. Ia bukanlah politisi dengan latar belakang elite, melainkan seorang pejuang yang datang dari akar rumput. Dengan pengalamannya langsung di lapangan, ia melihat dengan mata kepala sendiri berbagai ketidakadilan yang dihadapi masyarakat. Dalam orasi kampanyenya, ia menggugah emosi pendengar dengan cerita-cerita nyata dari rakyat kecil yang selama ini terpinggirkan. Ia menawarkan kebijakan yang berpihak kepada mereka yang lemah, menekankan bahwa pemerintah harus hadir untuk melindungi dan melayani rakyat, bukan sebaliknya. Namun, tantangan yang dihadapinya tak kalah berat. Bagaimana ia bisa meyakinkan rakyat bahwa ia mampu mengelola pemerintahan dengan segala kompleksitasnya, sambil tetap setia pada prinsip-prinsip keadilan sosial yang ia perjuangkan?
Dan kemudian, hadir srikandi ketiga, seorang pemimpin yang dikenal karena integritas dan keteguhannya. Di dunia yang sering kali terjerat oleh kepentingan pribadi dan kelompok, ia berdiri tegak sebagai sosok yang tak mudah tergoyahkan oleh godaan kekuasaan. Ia adalah simbol dari pemerintahan yang bersih dan transparan, selalu menekankan pentingnya akuntabilitas dalam setiap kebijakan yang diambil. Dalam kampanyenya, ia berbicara tentang membangun fondasi moral yang kuat sebagai dasar dari semua pembangunan. Bagi sang pemimpin ini, kekuasaan bukanlah tujuan, melainkan alat untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Namun, dalam realitas politik yang penuh dengan kompromi, apakah ia bisa tetap teguh pada prinsip-prinsipnya, atau akan tergoda oleh tekanan dan kepentingan yang ada di sekitarnya?
Pertarungan antara ketiga srikandi ini adalah refleksi dari perbedaan jalan yang bisa ditempuh Jawa Timur menuju masa depannya. Setiap dari mereka menawarkan sesuatu yang unik, sebuah jalan yang berbeda menuju tujuan yang sama: kesejahteraan dan kemajuan untuk seluruh rakyat Jawa Timur. Tetapi siapa yang akan dipilih rakyat? Siapa yang akan berhasil menaklukkan hati mereka dan memenangkan pertarungan ini? Grahadi, dengan segala kemegahannya, kini menunggu untuk melihat siapa yang akan menduduki singgasananya.
Seiring berjalannya waktu, persaingan ini semakin memanas. Setiap kampanye, setiap debat, menjadi semakin sengit dan penuh dengan strategi. Rakyat pun dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Mereka harus menimbang dengan cermat, memilih siapa di antara tiga srikandi ini yang paling layak untuk memimpin mereka. Pilihan ini bukan sekadar tentang siapa yang paling karismatik, tetapi tentang siapa yang paling mampu membawa perubahan nyata, siapa yang paling mampu merealisasikan janji-janji mereka.
Di balik layar, Grahadi tetap berdiri megah, menyaksikan pertarungan ini dengan tenang. Kursi singgasananya tak lama lagi akan diisi oleh salah satu dari mereka. Namun, siapapun yang akhirnya menang, satu hal yang pasti: pertarungan ini telah menunjukkan kekuatan dan keberanian perempuan dalam dunia politik yang selama ini didominasi oleh laki-laki. Jawa Timur kini berada di persimpangan jalan, dan keputusan rakyat akan menentukan arah mana yang akan diambil. Waktu akan menjawab, dan sejarah akan mencatat, siapa di antara tiga srikandi ini yang akan keluar sebagai pemenang, dan bagaimana ia akan membawa Jawa Timur menuju masa depan yang lebih cerah. Rahayu.
Penulis Adalah : Sosiolog, Budayawan dan Pemerhati Media.
Mangku Bumi
Pasraman Griya Ageng Mas Gelar Warak Kruron, Penyucian Atma bagi Janin yang Gugur
GIANYAR – Gatradewata.com
Pesraman Griya Ageng Mas (PGAM) kembali selenggarakan upacara Warak Kruron di pantai Masceti, Gianyar, Sabtu (11/01). Acara digelar sejak jam 3 siang hingga berakhir jam 6 sore. Meski diguyur hujan pada awal acara, namun, cuaca kian bersahabat saat ritual dimulai.
Tampak Ida Nak Lingsir (sapaan akrab ) ,Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Agni Daksa Nata beserta Ida Pandita Mpu Siwa Darma Murti memimpin ritual tersebut.
Disamping sebagai pemuput (pelaksana upacara), Nak Lingsir juga hadir sebagai Pembina Yayasan Bhumi Bali Swari (YBBS), yang sekaligus merupakan Pembina Pasraman Griya Ageng Mas (PGAM), mengatakan jika upacara Warak Kruron ini dilaksanakan atas permintaan masyarakat. “Awalnya Ada beberapa orang yang menghubungi kami, kemudian kami buka pendaftaran. Ternyata, respon masyarakat cukup positif,” ungkapnya. Ketua PGAM, Nyoman Sumerta, ketika ditemui di tempat terpisah juga membenarkan respon masyarakat tersebut. “Kami cukup kaget karena pesertanya mencapai 31 orang, dengan total 51 Sawa,” ungkap Nyoman.
Ketua Yayasan Bhumi Bali Swari, JM Manik, juga tampak hadir di tengah – tengah acara. Beliau membenarkan jika upacara Warak Kruron ini penting dilakukan untuk penyucian jagat.
PGAM mempunyai misi sosial disamping juga misi spiritual. Misi sosial seperti upacara kali ini kalau dilakukan perorangan maka biayanya cukup mahal. Maka dari itulah mereka mensinergikan umat sehingga biayanya bisa ditekan.
Nak Lingsir juga menambahkan jika upacara kali ini merupapan yang ke empat kalinya. Menurutnya, Warak Kruron kerap diasosiasikan sebagai upacara penyucian untuk keguguran, yang mana juga disebut dengan Ngerapuh.
Lantas, apakah itu Upacara keguguran? Upacara ini dilakukan hanya bagi mereka yang pernah mengalami keguguran. Baik itu keguguran yang disengaja maupun tidak.
Upacara Pitra Yadnya ini penting untuk dilakukan karena potensi dampak secara skala (dunia nyata) dan niskalanya (dunia tidak kasat mata) akan terjadi jika tidak dilaksanakan, misalnya, hidup makin terpuruk, karir selalu terhalang, usaha terus merosot, perekonomian keluarga semakin memburuk, kuliah tertunda, sakit yang tak kunjung sembuh, sering mengalami kecelakaan dan apes terus.
Dalam hal keguguran, walaupun masih berupa darah, ia tetap memiliki atma/roh. Nah janin yang tak sempat lahir baik itu karena keguguran ataupun digugurkan atmannya harus dikembalikan ke alamNya.
Ada beberapa macam keguguran antara lain:
Warak Kruron – keguguran umur kandungan sebelum 20 hari (2 Minggu)sampai 3 bulan, dimana masih berupa embrio.
Tujuan Proses Upacara Warak Kruron yaitu:
1 untuk pembersihan/penyucikan kedua orang tua si janin, terutama ibu si janin supaya tidak kebaya – baya, seperti contoh pengalaman diatas.
2 menyucikan pekarangan /pertiwi.
Tempat pelaksanaan bisa di natah (pekarangan) rumah, di Griya Sulinggih, di perempatan dan di segara (pantai). Selain upakara pabersihan, caru pengasih bhuta, ada juga permakluman dengan Banten guru piduka.
Setelah proses ini berjalan, dilanjutkan dengan ngambil/ nyumput tanah di 4 penjuru mata angin (pojok dan tengah pekarangan/natah), tanahnya dialasi daun waru lalu disatukan di pada daun telujungan (pucuk daun pisang), kemudian di anyut ke segara/laut.
Tidak ada proses ngulapin, nebusin maprelina dan ngayut.
Tetapi kalau yang berstatus Warak Kruron, prosesnya dilaksanakan lebih dari 5 bulan, akan diproses lewat upacara Ngelangkir.
2. Ngelangkir – keguguran pada saat umur kandungan mencapai 4 bulan sampai sebelum kepus puser. Yang diupacarai adalah kedua orang tua si janin dan pengrapuhan pertiwi. Adapun kelengkapan upakaranya yaitu:
– pabersihan jangkep,
– sanggah Urip,
– bungkak gading ( sbg pengawak mejinah 11keteng)
– bungkak gadang ( pengentas rare)
– penebusan rare,
– Banten masesepuh kepertiwi
Pelaksanaannya hanya di setra/gumukan. Tapi, karena digelar di segara maka tetap nganyut (lebur ke laut).
3 Ngelungah – Bayi meninggal setelah lahir sampai belum ketus gigi (gigi tanggal). Yang diupacarai yaitu si bayi dan kedua orang tuanya. Juga dilakukan Dengan Pengrapuhan Pertiwi. Upakaranya (sarananya) sama dengan ngelangkir tapi ditambahi bubur pirata 108 dan banten penganyutan.
Jalannya upacara yakni:
– nebusin, Ngulapin, ,meeteh- eteh
– kedua orang tua si janin/ bayi ngelukat
– muspa
– natab Banten guru paduka
– maprelina
– Ngeseng sanggah Urip, nguyeg sampai terakhir nganyut.
– mecaru
Pemilet/peserta
– Nunas Tirta caru lan toyan segara Angge ngelukat pekarangan
– Nunas Tirta guru piduka (angge dasar atur mapiuning rg Ida bhatara hyang guru).
– Nunas Tirta pemuput
Tanah yang dibawa dari Griye, jro, pagar sendiri – sendiri dibuat penglukatan kemudian di rarung/anyut.(Tim/Is)
Mangku Bumi
Kisah Malam Purnama Keenam, Filosofi Bunga Kamboja dengan Enam Kelopak
DENPASAR – Gatradewata.com
Pada malam yang tenang di bulan purnama keenam, di bawah cahaya lembut bulan, bunga kamboja—simbol yang berakar kuat dalam filosofi Hindu—menjadi pusat perhatian. Bunga kamboja dengan enam kelopak sangat dihormati, yang dianggap sebagai representasi harmoni, keseimbangan, kemakmuran, kedamaian, dan ketenangan. Jumlah kelopak yang genap dianggap sebagai cerminan harmoni universal, yang beresonansi secara mendalam dengan nilai-nilai keseimbangan spiritual dan alam.
Makna Filosofis Bunga Kamboja
1. Esensi Alam
Bunga kamboja sering dianggap sebagai “esensi alam,” yang membawa kemurnian dan pencerahan alam. Kehadirannya diyakini membawa kebaikan dan ketenangan.
2. Simbol Dewa Siwa
Dalam tradisi Hindu, bunga kamboja dikaitkan dengan Dewa Siwa. Bunga ini sering digunakan dalam ritual, diletakkan dengan lembut di tangan yang ditangkupkan saat berdoa sebagai tanda pengabdian dan hubungan spiritual.
3. Keindahan Alam
Bagi masyarakat Bali, bunga kamboja melambangkan keindahan alam yang tak tersentuh. Bunganya yang harum dan penampilannya yang cemerlang mencerminkan komitmen pulau ini untuk melestarikan lingkungannya yang hijau dan sakral.
4. Penetral Energi Negatif
Dipercaya memiliki sifat mistis, bunga kamboja dikatakan dapat menghilangkan energi negatif, menciptakan aura damai dan positif di mana pun ia diletakkan.
5. Bunga Makam
Biasanya ditanam di kuburan, bunga kamboja mewujudkan ajaran mulia dan berfungsi sebagai pengingat siklus kehidupan yang abadi. Kehadirannya di tempat-tempat suci tersebut melambangkan rasa hormat kepada leluhur dan keberlangsungan kebijaksanaan.
Makna Budaya dalam Kehidupan Masyarakat Bali, Bunga kamboja ditenun ke dalam jalinan kehidupan sehari-hari masyarakat Bali, menghiasi halaman pura dan rumah dengan keanggunannya. Bunga kamboja memainkan peran penting dalam ritual dan upacara, melambangkan berkat, penghormatan, dan keseimbangan kosmos.
Saat bulan purnama menerangi malam, bunga kamboja mengingatkan kita akan keharmonisan antara manusia, alam, dan Tuhan. Wangi dan keindahannya menjadi sumber inspirasi abadi, menawarkan ketenangan dan berkat bagi semua.(Ich)
Rahayu Rahayu Rahayu
Daerah
Pangdam Zamroni Buka Turnamen Voli Pantai di Sanur
DENPASAR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodam IX/Udayana menggelar Open Tournament Piala Panglima TNI Cabang Olahraga Voli Pantai yang berlangsung di Pantai Bangsal, Sanur, Denpasar, pada 9–13 Desember 2024. Acara pembukaan turnamen ini diresmikan langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P., M.Si.
Turnamen Voli Pantai ini merupakan bagian dari serangkaian pertandingan yang diselenggarakan oleh TNI di seluruh Indonesia dalam rangka memperebutkan Piala Panglima TNI. Di antara berbagai cabang olahraga lainnya, seperti Turnamen Menembak di Jakarta, Badminton di Bandung, Triathlon di Surabaya, Tinju di Ambon dan Paralayang di Lombok, Turnamen Voli Pantai di Bali menjadi salah satu ajang yang paling dinanti.
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Pangdam Zamroni menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi, kebersamaan dan meningkatkan prestasi serta sportivitas para atlet, prajurit TNI, Polri dan masyarakat sekaligus mencari atlet-atlet baru berprestasi dalam cabang olahraga Voli Pantai.
“Bali sendiri mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan dua turnamen bergengsi dalam rangka HUT TNI ke-79, yaitu Turnamen Layar (Kite Surfing) yang telah sukses dilaksanakan pada 5 hingga 8 Desember 2024 lalu di Benoa, dan kini dilanjutkan dengan Turnamen Voli Pantai yang dimulai pada hari ini di Pantai Bangsal,” ujar Pangdam Zamroni.
Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja keras mempersiapkan dan mewujudkan terlaksananya acara open tournament ini. Apresiasi yang tinggi juga diberikan kepada para atlet dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.
“Saya berharap para atlet dapat mengikuti pertandingan dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan sikap kesatria. Jadikan ajang ini sebagai sarana untuk menguji kemampuan, menempa diri, serta membangun integrasi dan soliditas antar sesama. Kepada para juri dan wasit, saya harapkan kepemimpinan yang jujur, bijaksana, karena sportivitas adalah esensi dari olahraga. Selamat bertanding dan raihlah prestasi terbaik!” demikian tegas Pangdam.
Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam keterangan persnya mengatakan bahwa turnamen ini diikuti oleh peserta dari TNI-Polri, serta masyarakat umum. Peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dengan 30 tim putri dan 56 tim putra yang berkompetisi memperebutkan gelar juara dan Piala Panglima TNI.
“Dipilihnya Bali, khususnya Pantai Bangsal Sanur, sebagai lokasi turnamen ini karena keindahan alam, fasilitas yang memadai, dan daya tariknya sebagai destinasi wisata internasional. Selain itu, Bali yang kaya budaya menjadi tempat ideal untuk menampilkan kedekatan TNI dengan masyarakat dalam suasana penuh semangat olahraga, sekaligus mempromosikan Bali sebagai destinasi olahraga, bukan hanya wisata alam dan budaya,” ungkap Kolonel Agung.
Pihaknya berharap turnamen ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional, membuka peluang bagi sektor usaha pariwisata lokal, serta mempererat hubungan antara TNI-Polri dan masyarakat. Melalui ajang ini, semangat kebersamaan dan kekompakan dapat terbangun, sekaligus mendorong Bali menjadi destinasi olahraga yang menarik di tingkat dunia.
Turut hadir dalam pembukaan turnamen tersebut diantaranya Kapolda Bali, Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Kabinda Bali, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AU dan LO AL Kodam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Kasrem 163/WSA, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Ketua DPRD Prov. Bali, Kadisdikpora Prov. Bali, Ka BNNP Prov. Bali, Ketua Umum PP PBVSI Indonesia, Ketua Koni Prov. Bali, Ketua Umum Pengprov PBSI Bali, Kadis Dikpora Prov. Bali, Dirut PT. Hotel Internasional Sanur Indonesia, GM The Meru Sanur, Regional CEO PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., Dirut Bank BPD Bali dan Deputi Regional Bank Mandiri, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)
-
Mangku Bumi5 years ago
HIDUP DHARMA
-
News10 months ago
Diduga Gelapkan Dana Ratusan Calon Pekerja Migran, Pengusaha Ibukota Diajukan Ke Meja Hijau
-
News2 years ago
Geger!! Siswi Kelas 2 Smp Ditemukan Gantung Diri Di Kandang Sapi
-
News10 years ago
Post Format: Gallery
-
News3 years ago
Kasus Ungasan, Orang Misterius Hadir ditengah Upacara sebut Kutukan Telah Jalan
-
Daerah4 years ago
Jangan Sampai Jadi Pemangku Tanggung, Ikuti Kursus Kepemangkuan Disini!
-
Mangku Bumi6 years ago
Mengenal lebih dekat Sareng Ide Sire Empu Dharma Sunu dari Griya Taman Pande Tonja Denpasar
-
Daerah4 years ago
Miris! Nusa Dua Tampak Seperti Abandoned City