Connect with us

Daerah

Fakultas Peternakan Unud dan Yayasan Edu Farmers International Gelar Sosialisasi

Published

on


sumber: http://www.unud.ac.id

GATRA DEWATA| BALI |Fakultas Peternakan Universitas Udayana berkolaborasi dengan Yayasan Edu Farmers International mengadakan webinar tentang “Sosialisasi Program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 4 Kampus Merdeka” yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dibuka Dekan yang diwakili Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P., dan dihadiri Koordinator Program Studi Sarjana Peternakan (S1) Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si., para dosen pembimbing, dan para mahasiswa peserta BUN di lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Sumerta Miwada menyampaikan apresiasi kepada JAPFA Fondation yang telah ikut membantu program pemerintah dalam kaitannya pada Program MBKM dengan Program BUN ini.

Selain itu, juga memberikan motivasi dan semangat kepada para mahasiswa calon peserta BUN agar mengikuti program BUN ini sehingga nantinya akan memberikan peluang untuk nantinya bisa memiliki pengetahuan yang riil tentang bagaimana pengelolaan manajemen di Comfeed. Kegiatan magang ini merupakan program yang mendukung indikator kinerja utama setelah lulus tidak menjadi pengangguran dan tenaganya bisa langsung diserap oleh Comfeed sebagai pekerja atau bisa berwirausaha.

Tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah memberikan gambaran tentang program Bertani Untuk Negeri (BUN). BUN adalah program yang mempertemukan mahasiswa dengan para peternak untuk berkolaborasi dalam meningkatkan Indeks Performans (IP) peternak menjadi lebih baik.

Program ini akan dikemas dalam bentuk magang, dan tugas peserta adalah mampu menaikkan nilai IP peternak, serta menganalisis kendala-kendala yang dialami peternak dan mampu memberikan solusi kepada peternak atas permasalahan yang dialami.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, yakni M. Ichsan Alma’i dari Yayasan Edu Farmers International dan Aiman Fahimsyah mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana yang mengikuti program BUN Bacth 3.

Pada sesi pemaparan, pemateri menyampaikan bahwa Program Bertani Untuk Negeri saat ini telah dilaksanakan sebanyak 3 angkatan. Angkatan ketiga periode September 2021-Februari 2022 berkolaborasi dengan Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) melalui Program Merdeka Belajar mendapatkan hibah pendanaan dari Kemenristek Dikti.

Jumlah penerima program saat ini adalah 100 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia yang sedang duduk di semester 5, 7, dan 9. Seluruh mahasiswa ditempatkan di beberapa klaster di area Jawa Timur untuk mendampingi 170 peternak mitra perusahaan (PT. Ciomas). Proses pembelajaran yang didapat mahasiswa selama program berupa sesi belajar kelas (diskusi), sekolah lapang, kunjungan ke company farm, dan lainnya.

“Diakhir program mahasiswa akan diukur kemampuan dan peningkatan pengetahuannya melalui sesi presentasi dan diuji oleh ahli yang berkompeten di bidangnya,” ujar Icshan.

Pada kesempatan ini, Yayasan Edu Farmers International ingin menginformasikan bahwa Program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 4 Kampus Merdeka telah dibuka.

“Kami ingin mengajak Bapak/Ibu Dekan selaku pimpinan fakultas untuk berkolaborasi dan terlibat bersama dalam kegiatan sosialisasi Program BUN 4. Harapannya agar kegiatan ini dapat memberi penyebaran informasi, pemahaman, kesempatan dan meningkatkan antusias mahasiswa dalam menempuh pendidikan pembelajaran  pada kegiatan magang terutama di Program BUN 4,” pungkas Icshan. (Tim)

sumber: www.unud.ac.id


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

TNI Membangun Pompa Hidram Atasi Kesulitan Air Bersih

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan sambut baik kunjungan kerja kasiops kasrem 163/Wira Satya tinjau dan cek pompa hidram di Desa Sekumpul

 

 

BULELENG – Kunjungan kerja Kasiops Kasrem 163/Wira Satya di Wilayah Kodim 1609 / Buleleng dalam rangka meninjau dan mengecek pompa hidram (Air Bersih) di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra disambut baik oleh Danramil 1609 – 09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana.

 

Pembangunan Pompa hidram selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel. Inf. Komang Agus  Marthana Putra, Pjs Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Made Suradnya Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana,Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah,Pegawai Dinas PU Kabupaten Buleleng Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Gejala PMK, Babinsa Koramil 04/ Tejakula Cek Kondisi Hewan Ternak

Published

on

Antisipasi gejala PMK, Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula cek kondisi ternak warga

 

BULELENG – Senin (28/11/2022) Babinsa Desa Madenan Serda I Putu Suwidana Yasa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/ Buleleng cek kondisi ternak hewan babi antisipasi wabah PMK di Desa Madenan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Babinsa temui warga yang memiliki hewan ternak Babi yang tinggal di Dusun Keduuran Desa Madenan dan cek kondisi babi tersebut bersama sama antisipasi gejala akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa sampaikan kepada pemilik hewan ternak Babi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan berkuku genap seperti Babi, kerbau, kambing, domba, sapi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah dan gajah.

Secara umum PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama seperti Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu serda putu sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Berbela Sungkawa, Danramil 06/ Banjar Beserta Anggota Melayat Kerumah Duka

Published

on

Berbela sungkawa Danramil 06/Banjar beserta anggota melayat kerumah duka

 

BULELENG – Danramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka beserta anggota melayat sekaligus mengucapkan belasungkawa ke rumah salah satu warga masyarakat Komang Maha Kunda.

Senin (28/11/2022) di rumah duka Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng almarhum meninggal karena sakit.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka menyampaikan ucapan turut berduka cita atau belasungkawa atas kepergian almarhum semoga mendapat tempat yang layak dialam sana serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

 

” Kami beserta anggota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, dumogi Amor Ring Achintya, ” ucap Danramil, seraya berdoa agar keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

 

Sementara itu dari pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan anggota yang telah berkenan hadir ke rumah duka dan turut mendoakan almarhum.

 

Sesuai rencana almarhum akan dimakamkan Besok Hari Selasa 29/11/ 2022.

 

” Kami juga mohon pada saat upacara pemakanan dapat diberikan bantuan tenaga pengamanan untuk kelancaran prosesi almarhum “, pinta pihak keluarga kepada Danramil yang menyatakan kesiapannya untuk membantu kegiatan pemakaman. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku