Connect with us

Olahraga

Tingkatkan Prestasi, Cabor Renang Jadi Pilot Project Coaching Clinic

Published

on

Tingkatkan prestasi, cabor renang jadi pilot project coaching clinic

Singaraja – Sebanyak 20 orang pelatih renang yang bernaung di bawah Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) mengikuti coaching clinic. Kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan KONI Buleleng ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai Jumat (30/6/2023) sampai Minggu (2/7/2023). KONI Buleleng pun mendatangkan pelatih renang internasional Mohamad Yunus, S.Pd M.M.

Ketua KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja usia membuka coaching clinic mengatakan, ada tiga pertimbangan dilaksanakannya pelatihan ini. Cabor renang dipilih sebagai percontohan karena sudah memiliki venue kolam renang berstandar nasional. Selain juga SDM atlet yang tidak susah ditemukan di Buleleng. Namun dari hasil evaluasi cabor renang Buleleng mengacu pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan.

“Buleleng pernah berjaya merebut 8 medali emas, kemudian jadi 5, 3, terakhir Porprov 2022 nol medali emas. Hasil diskusi kami juga cabor renang perlu intervensi dari KONI karena ada keluhan dari orang tua dan masyarakat beberapa atlet renang mengalami cedera,” ucap Wiratmaja.

Setelah mendapatkan penyegaran ilmu diharapkan seluruh pelatih renang memiliki semangat kembali untuk membina atlet-atlet. Wiratmaja pun dengan langkah awal ini cabor renang kembali berjaya di Porprov 2025 mendatang dengan perolehan minimal 10 persen dari total medali yang diperebutkan.

“Jika program di renang ini sukses sesuai apa yang kita harapkan, kembali kita akan lirik cabor lainnya, sehingga semuanya bisa berprestasi,” terang Wiratmaja.

Sementara itu pemateri Mohamad Yunus, S.Pd M.M, mengatakan selama tiga hari penuh, pelatih renang Buleleng akan diberikan 3 materi pokok, meliputi system energy, pengembangan fisik dan pengembangan skil dan teknik di olahraga renang. Pelatih professional asal Kota Tangerang Selatan ini mengatakan dalam pelatihan yang diberikan, akan mengacu pada data yang ada di Pengkab Renang dan KONI Buleleng.

“Renang itu olahraga terukur, sehingga harus mengacu pada data waktu terbaik dari masing-masing atlet, kalau ada komparasi dengan atlet kabupaten lain gap nya berapa jauh,” ungkap Yunus.

Pembinaan cabor renang di daerah-daerah disebutnya sering terjadi karena belum adanya parameter penguji dan cara mengukur potensi dan perkembangan atlet. Hal itu disebutnya sangat penting untuk menentukan atlet yang akan diturunkan di event dan nomor pertandingan yang berpotensi meraih medali. (Mga)


Advertisement

News

Bersaing Sengit, Kocak Kandaskan Putu Candra Putra di Partai Final Putra Pertiwi Cup 9 Ball

Published

on

Jembrana – Turnamen billiar kelas pemula yang diadakan klub Putra Pertiwi Tegalasih desa Batu Agung kecamatan Jembrana yang diselenggarakan selama 3 hari berakhir pagi dinihari tadi berhasil membuat tegang ratusan para suporter yang hadir(25/3).

Turnamen yang diadakan di Pesraman Santi Yadnya akhirnya dimenangkan Gede Putrayana yang akrab dipanggil Kocak dari klub Putra Pertiwi yang sebelumnya mengalahkan Putu Candra Putra dari klub yang sama di partai final.

Gede Puspayana (Kocak) saat bermain di partai final yang mempertemukan all klub Putra Pertiwi melawan Putu Candra Putra pada senin dinihari tadi (25/3/2024)

Terlihat dari awal dibukanya turnamen ini, ratusan penonton dari segala penjuru Jembrana selalu memadati pesraman untuk mendukung para jagoannya. Gede Putrayana yang akrab dipanggil Kocak sebelumnya menjalani total 8 pertandingan dan berhak mendapat hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp.2.250.000,- dan trophy.

Ketua panitia yang sekaligus Pembina Klub Putra Pertiwi Tegalasih I Nyoman Gede Putra Pertawan berharap turnamen akan terus bisa diselenggarakan,”tahun depan terutama klub Putra Pertiwi akan terus membuat even-even yang sama untuk mensuport komunitas billiar di Jembrana untuk kedepan dapat menjaring atlet-atlet yang bisa diandalkan dalam ajang porprov yang akan datang” harap Putra Pertawan.

Seirama dengan Putra Pertawan, Yayonk ketua komunitas billiar Jembrana menegaskan tahun depan akan membuat even-even yang jauh lebih berkelas,”Tahun depan selain kelas pemula mungkin kita akan buat even dikelas pratama untuk pengrucutan atlet yang akan bertanding membawa nama Jembrana,” tutup Yayonk.

Continue Reading

News

Putra Pertiwi Buka Turnamen Billiard 9 Ball, Ketua Komunitas: Semoga Atlet Kita Bisa Mewakili Jembrana

Published

on

Jembrana – Besarnya antusias pecinta olahraga Billiard di Bali berhasil mengundang antusias masyarakat terutamana Kabupaten Jembrana.

Malam ini (22/3) klub billiar Putra Pertiwi Tegalasih membuka turnamen billiar yang diadakan di Pesraman Santi Yadnya bertempat di banjar Tegalasih Desa Batu Agung kecamatan Jembrana.

Ketua penyelenggara I Nyoman Gede Partawan saat memberikan keterangan kepada awak media disela-sela lomba malam tadi (22/3/2024).

Ketua Penyelenggara I Nyoman Gede Partawan yang juga pembina klub Putra Pertiwi mengatakan dengan adanya turnamen ini bisa mengundang antusias para pemain untuk bergabung di klubnya. “Ini awal untuk para atlet-atlet billiar yang ada di desa Batu Agung untuk bergabung di wadah yang kita sudah buat, semoga anggota klub yang saat ini berjumlah dua puluhan orang segera semakin bertambah,” Harap Gede Partawan.

9 Ball Turnamen kali ini diikuti oleh 128 peserta yang berasal dari berbagai klub Billiar yang ada di kabupaten Jembrana. Nantinya juara pertama akan mendapatkan hadiah utama Rp2.250.000,-dari total hadiah Rp4.650.000,- yang berasal dari berbagai sponsor dilingkungan banjar Tegalasih.

Yayonk Ketua Komunitas Billiar Jembrana yang juga pembina Klub Texas berharap dengan adanya turnamen yang semakin inten diadakan dirinya berharap atlet-atlet billiar komunitasnya bisa mewakili Jembrana dalam ajang Porprov Bali tahun 2025 nanti. “Kalau dulu setiap ajang Porprov kan atlet bukan dari komunitas, kedepan semoga dengan adanya komunitas yang anggotanya sudah ratusan orang bisa berbicara banyak di ajang Porprov Bali yang akan datang.

Continue Reading

Olahraga

Dukung Sport Tourism, Koster Datangi Fasilitas Sepak Bola Standar FIFA

Published

on

By

BALI  – Bisa saja seorang Wayan Koster memiliki hobby dan kecintaan bermain sepak bola sejak kecil dahulu. Bila kita simak sepak terjang pemimpin Bali sebagai Gubernur Bali (2018 – 2023) sempat terlihat mendadak tiba – tiba hadir di Bali United Training Center Pantai Purnama Gianyar, Minggu 3 Maret 2024 sore yang lalu.

Itu lantaran dirinya mendengar adanya gelaran turnamen usia dini se-Indonesia yang diikuti 120 tim dari 15 Provinsi se-Indonesia, dengan total pemain usia 12, 13 dan 14 tahun sebanyak 2.300 orang anak, belum termasuk pelatih dan official serta orangtua keluarga si anak. Sekian belasan ribu orang hadir di Bali saat ini.

Kehadirannya menurut info yang dihimpun redaksi adalah, dirinya ingin melihat progres pembangunan fasilitas sepak bola berstandar internasional milik klub juara Liga 1 Indonesia dua kali, Bali United.

Koster yang ditemani langsung dengan pemilik Bali United Pieter Tanuri dan Talant Scouting event tersebut yang juga eks pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri, sembari menerima keinginan berfoto dari anak – anak SSB ini.

Kala itu Koster menyebutkan apresiasi dan supportnya kepada tim asal Bali U-12,13 dan 14 yang berlaga di turnamen ini, serta mengapresiasi pembangunan yang dilakukan Bali United di Pantai Purnama.

” Fasilitas sepak bola berstandar FIFA ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Bali di mata dunia, ” ucapnya.

Ia juga berpendapat bahwa klub di dunia akan memilih melakukan pemusatan latihan atau Training Centre Pra Musim. Bali United training Center bisa menjadi salah satu opsi latihan klub dunia.

” Sarana dan prasarana standar FIFA milik Bali United ini akan mendukung sports tourism di Bali juga nantinya ”

Pada waktu yang lalu saat menjabat selaku Gubernur Bali, dirinya mendukung penyelenggaraan International Youth Championship U20 yang diikuti Barcelona, Real Madrid, Kashima Antlers Jepang, dan Bhayangkara FC. Masih banyak event sepakbola nasional dan internasional baik di Bali dan tingkat nasional yang disuport penuh Wayan Koster.

” Saya berharap hadirnya fasilitas ini akan semakin memajukan dunia persepak bolaan di Bali dan nasional, serta akan semakin memotivasi lahirnya bibit muda pemain sepak bola yang berkualitas dan berkelas dunia di Bali dan Nasional,” ungkapnya. (Tim)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku