Connect with us

Daerah

Ternyata Segini Biaya Perawatan Sepeda MTB, Bisa Bikin Istri Auto Ngamuk.

Published

on


GatraDewata⌊Denpasar⌋ Antusiasme masyarakat Bali terhadap olahraga bersepeda cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pesepeda yang wara – wiri tiap harinya, terutama saat akhir pekan. Tapi siapa sangka jika perawatan sepeda cukup mencengangkan.

Saat menyambangi gerai Rodalink Denpasar, kami mendapati sebuah Polygon Xtrada 6 nangkring di ruang perbaikian, menunggu aksi sang mekanik. Saat mulai dikerjakan kamipun menghampirinya untuk semangkok informasi tentang perawatan sepeda.

Sang mekanik bernama Fino terlihat mulai menganalisa masalahnya. “Bottom Bracketnya rusak” sergahnya sembari memulai perbaikan. Beliau juga mengatakan jika part tersebut rusak biasanya harus diganti baru, karena jika hanya diperbaiki tidak akan maksimal. Xtrada 6 model 2018 belum menggunakan produk Shimano. Iapun memasangkan bracket Shimano yang belakangan diketahui harganya hampir 200k.

Sambil melanjutkan proses pemasangan beliau mengatakan jika sepeda juga harus dirawat secara berkala layaknya motor. Tidak boleh asal pake. Jika pemakaiannya intens maka harus di service setiap 3 bulan. Khusus untuk road bike beda lagi perlakuannya. Karena sekali gowes biasanya – setidaknya – 50an kilometer jadi harus di service sekitar 2 bulan sekali. Sepeda yang sering dipakai di jalur lintas alam harus di service total, service ringan tidak akan cukup. “Apalagi saat musim hujan, pasir halus bisa masuk ke bracket dan juga bisa merusak bagian lainnya.” tambahnya.

Jika diukur dengan jarak tempuh maka pemakaian rata – rata 10 km per hari termasuk intens. Beliau juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi saat gowes sehingga pemakaian gampang dikontrol. Jika sudah mencapai 1500 km disarankan untuk melakukan service ringan, itupun jika tidak ada gejala aneh pada unit.

Ternyata untuk service ringan, pengecekan bagian luar secara keseluruhan, ongkosnya bisa mencapai 200k, dengan durasi pengerjaannya sekitar 2 jam. Sementara untuk service total ongkosnya bisa mencapai 400k.  Sepeda akan dibongkar secara keseluruhan kemudian diambil tindakan yang dianggap perlu. Ia juga mengakui jika pengerjaan service total ini cukup menanatang karena banyaknya parts yang dibongkar pasang dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. “Pengerjaannya bisa memakan waktu hingga 3 hari. Tapi dijamin setelah rampung kondisi sepeda akan seperti baru lagi.” ungkapnya sembari menambahkan bahwa penggantian parts akan dikenakan biaya tambahan.

Jika saja para istri tahu ongkos perawatan sepeda melebihi biaya di salon kecantikan, bisa dipastikan doi akan auto ngamuk. Apalagi sampai nyenggol urusan dapur, bisa – bisa sepeda nangkring di OLX.<swn>


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Babinsa Koramil 02/Kubutambahan Latih Siswa SMAN1 Kubutambahan LDKS

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -02/ Kubutambahan latih LDKS siswa SMAN 1 Kubutambahan

BULELENG -Bertempat di Lapangan SMAN 1 Kubutambahan di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng terdiri dari 2 orang personil Koramil 1609-02/Kubutambahan Kodim 1609/Buleleng Serda Elio De Andrade dan Serka Gede Budiawan.

Melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan memberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMAN 1 Kubutambahan, yang dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah dan para guru beserta staf sekolah serta siswa sebagai peserta LDKS berjumlah 90 orang.

Pelaksanaan kegiatan LDKS yang dilaksanakan hari ini yang merupakan hari pertama dari tiga hari pelaksanaan oleh kedua personil Koramil Kubutambahan memberikan materi dasar tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) diantaranya materi Sikap Sempurna, Lencang Depan, Lencang Kanan, hadap kanan hadap Kiri, balik kanan, jalan ditempat dan hadap serong kiri – hadap serong kanan serta sikap – bentuk penghormatan. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Siap Dukung Pembangunan Desa, Babinsa Hadiri Musdes

Published

on

Babinsa Koramil 1609-06/Banjar hadiri musdes

BULELENG – Babinsa Desa Kayuputih Sertu Ida Putu Ardana Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas menghadiri kegiatan Musyawarah Desa (Musdes).

Pengesahan dan penetapan barang dan benda yang ada diwilayah Desa Kayuputih yang menjadi aset Pemerintah Desa Kayuputih agar dikemudian hari perbaikan maupun pengolahan bisa di anggarkan menggunakan Dana Desa.

Rapat Musdes di laksanakan di Ruang Rapat Kantor Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis (08/12/2022).

Dalam kegiatan musdes Desa Kayuputih tersebut di hadiri oleh Perbekel beserta Staf, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM, Kadus se- Desa Kayuputih, Kelian Adat beserta Prajuru, Ketua Sabha beserta anggota dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penggunaan Dana Desa agar benar-benar sesuai dengan aturan, jauhi pelanggaran dengan tidak menyalahgunakan anggaran Dana Desa tersebut, karena pada hakekatnya anggaran tersebut diberikan oleh Pemerintah untuk membantu Masyarakat menikmati Pembangunan sehingga Masyarakat menikmati percepatan Pembangunan,”ucap Sertu Ida Putu Ardana.(Mga)

Continue Reading

Daerah

Wujud Sinergitas Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Serta Pecalang Amankan Jalannya Poidalan

Published

on

Wujud sinergitas Babinsa Koramil 1609 - 04/Tejakula bersama Bhabinkamtibmas serta Pecalang amankan jalannya piodalan di wilayah binaan

BULELENG – Sinergitas dalam pengamanan piodalan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas serta pecalang.

Pengamanan guna melancarkan prosesi upacara Piodalan Sasih Keenem di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng .

Babinsa Desa Tejakula Koramil 04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Sertu Meky Robinson Naramessakh bersama dengan Babinkamtibmas Briptu Gede Hery Hermawan bersinergi dengan Pecalang Desa Adat Tejakula melaksanakan pengamanan Upacara Piodalan Sasih Keenem Desa Tejakula,Kamis (08/12/2022).

Menurut Babinsa ,seijin Danramil 1609-04/Tejakula Kapten Inf Rifa’i menyampaikan pelaksanaan Upacara Piodalan perlu mendapat pengamanan terutama pada saat warga melintasi jalan raya.

” apalagi dengan iring-iringan sarana dan prasarana yang dibawa oleh masyarakat untuk mendukung prosesi Upacara Piodalan akan berdampak kepada keamanan warga dan juga pengendara yang menggunakan jalur lalu lintas.

“Apabila tidak diatur maka akan terjadi kekroditan di jalan tentunya mengutamakan jalur koordinasi antar para petugas pengamanan,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itulah peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat kemanan setempat yaitu Para Pecalang diperlukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami dari pihak Keamanan yaitu dari Koramil 1609-04/Tejakula dan Polsek Tejakula sudah bersiap dari tadi pagi, di samping itu juga kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Tejakula dengan mengerahkan Pecalang dan perangkat adat lainnya untuk membantu pelaksanaan Upacara Piodalan yang sementara berlangsung ini,” tutur Babinsa. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku