Connect with us

Mangku Bumi

TANTRA SHASTRA

Published

on


Pemaparan lebih tinggi dari kesadaran adalah hidup yang mengetahui rasa hidupnya, yang semula kosong tiada wujud itu berkesadaran hidup di dalam pembungkus hidup’nya, yang hidup yang mulanya kosong ini tidak menjalani perubahan, kesadaran atas hidup’nya tersedia atas terjemahan tubuh pembungkusnya

Tubuh pembungkus inilah Tantra, wujud yang mengandung kekuatan maha mencipta, bukti Kemahaan Kekuatan Ciptanya tidak lain “Dirinya Yang Mewujud Pembungkus Hidup”, dialah kekuatan tertinggi sekaligus terendah, dia batas sekaligus tiada batas, yang tertinggi sekaligus terenadah, begitulah Tantra

Asal kata Tantra :
Tan : memaparkan, mewujudkan sakti/kekuatan kecerdasan dewata yang mengejawantah,
Tra : menyeberangkan, paparan (manifestasi) yang menyeberangkan kondisi “tiada wujud” kepada “wujud”, itulah esensi Tantra

Tantra bisa diartikan sebagai intisari, esensi, atau asal, asal dari kesadaran hidup tidak lain wujud pembungkus hidup’nya, sedangkan wujud berasal dari hidup, dan asal mula dari semua itu : ‘Hidup” yang kemudian berkesadaran atas hidup’nya pada tubuh pembungkus hidup:nya, demikian TANTRA

Dalam perkembangan terjadi penyusutan kesadaran atas kemurnian hidup, pemahaman Tantra ini berakhir memuja siwa, siwa sendiri berarti poros pelayanan, yang setia melayani kesadaran hidupnya, yang melayani kesadaran hidupnya tidak lain yang melihat di balik materi, dia yang menyatakan ini kesadaran hidup’KU, acintya

Sada shiva adalah “dia yang selalu terserap dalam kesadaran”, yang kemudian dikenal sebagai Shiva (Siwa), dia seorang guru rohani. sumbangan terbesarnya terhadap peradaban adalah konsep dharma yang pengajaranya disampaikan dari mulut ke mulut, dan baru kemudian setelahnya ditulis ke dalam kitab

Prinsip-prinsip Tantra terdapat dalam Nigama (pengetahuan), sedangkan praktiknya di dalam Agama/Ageman (Lelaku/Prilaku), sebagian wejangan Siwa itu hilang, sebagian lagi tertulis dalam tulisan rahasia untuk menjaga kerahasiaan Tantra terhadap mereka yang awam

Diceritakan Parwati Istri Siwa sering bertanya padanya mengenai pengetahuan rohani. Siwa memberikan jawabannya, dan kumpulan tanya-jawab tersebut dikenal sebagai “Tantra Shastra”

Jika Siwa inti kesadaran, maka Parwa adalah (bagian dalam kesadaran) yang menjadi Titi/Tiang (TI) (jembatan) : bagian dalam yang menjembatani yang tiada wujud pada wujudnya, yaitu kesadaran (Parwa+ti : bagian dalam yang menjadi jembatan) demikian “Tantra”

Jika kita amati lebih seksama, kesadaran hiudp kitalah yang sering bertanya-tanya tentang segala hal, di awali pertanyaan-pertanyaan atas penderitaan kehidupan materi yang teejawab di sisi lebih dalam pada sisi spirit/rohani, asal kata roh itu wruh/weruh/tau atau sadar, kesadaran yang intinya adalah Siwa (pelayan rasa hidup) itu sendiri yang bertanya dan menjawab

Yang adalah kesadaran itu satu-satunya wujud
(eksistensi hidup/ identitas hidup) yang paling setia menemani kehidupan manusia’nya, dalam senang maupun susah hanya dialah yang tak pernah meninggalkannya, dialah yang Satya/Setia, dialah parwa-ti, sakti (istri/dewi) dari Siwa “Kecerdasan/Dewata” sang pelayan yang sadar,
Sadha Siwa

Parwati atau Pertiwi atau “Dewi Ibu” atau Dewi Kemakmuran, Dalam satu sloka githa pujaan dilukiskan sebagai penjelmaan kekuatan (sakti) penyokong alam semesta

Bagaimanakah dia di sebut sebagai Dewi kemakmuran, Dewi adalah sebutan lain dari sakti/kekuatan yang adalah bayangan kecerdasan “maha-sempurna” yang berwujud, Dewi tidak lain wujud nyata dari kekuatan cipta itu sendiri atau kekuatan cipta sang hidup itu sendiri atau kekuatan sakti dari Sang Maha Hidup, sehingga setiap wujud itu mengandung sakti, sedang inti hidup yang mewujud disebut Siwa/Sang Pelayan

Parwa-Titi disebut Dewi Kemakmuran sebab apapun yang mewujud diawali oleh penopang hidup, semisal diawali terbetuknya rantai makanan, sebab tidak ada mahluk hiidp yang bisa bertahan hidup tanpa makanan, dikenalah dia sebagai “Dewi-Kemakmuran”

Yang hidup tidak lepas dari keinginan hidupnya, dimulai perlombaan berenang dari lebih 60 juta sperma mencapai ovum untuk menjadi Zygote, melalui gerbang saluran reproduksi wanita yang dirancang sedemikian rupa untuk menghentikan sperma yang lemah

Jalur sulit dari serviks ke telur hanya bisa dilewati oleh yang tercepat, ia harus mengalahkan semua saingan dan juga menghadapi serangan imunitas dan kolam asam, hanya perenang terkuat yang berhasil melewati jalur-jalur sempit striktur, sementara yang lemah terperangkap arus dari arah berlawanan, sehingga mendorong mereka mundur saat makin mendekat

Sehingga dipastikan yang mencapai ovum membentuk zyhote kemudian berkembamg menjadi Embrio adalah benih hidup yang terkuat, dan yang terlahir adalah yang terkuat sejak semula, yang lemah tereliminasi sedemikian adanya, tidak ada istilah memohon kemudahn kepada sel telur atau petugas penguasa gerbang saluran reproduksi,mereka harus tampil mandiri (swaha) layaknya jawara sampai terlahir sebagai “ksatria Bintang Kehidupan”, demikian ketatnya perjuangan menjadi manusia sejak awal mula

Sedemikian kehendak bebas itulah kehendak asli hidup, bahkan yang hidup itu sendiri lah yang berusaha membebaskan diri ketika bangunan penopang (kesadaran) hidupnya mulai kehilangan keseimbangan fusi’nya

Atau kehendak membebaskan diri dari derita rasa hidup , disinilah Parwati atau kesadaran yang lebih dalam mulai berperan, kesadaran mulai bertanya-tanya atas pelayanan hidupnya, bertanya-tanya tentang inti dari esensi hidup itu sendiri, kepada Siwa atau sang pelayan yang melihat di balik materi, Acintya

Atlantia Ra


Daerah

Jangan Sampai Jadi Pemangku Tanggung, Ikuti Kursus Kepemangkuan Disini!

Published

on

GatraDewata ⌊Denpasar⌋ Pasraman Ghanta Yoga membuka kursus Kepemangkuan dibawah naungan Yayasan Taman Bukit Pengajaran. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak awal minggu ini dan akan ditutup pada tanggal 28 November 2020.

Pelatihan kepemangkuan ini akan digelar pada tanggal 29 November 2020, dimulai dengan proses mewinten. Pelatihan kepemangkuan ini berlangsung selama 3 bulan dengan total 24 kali pertemuan. Seluruh pelatihan akan dilakukan di Pasraman Ghanta Yoga yang beralamat di Gang Ulun Carik V Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur.

Adapun materi yang akan diberikan dalam kursus kepemangkuan dasar ini, meliputi :

  • Sesana/swadarmaning pemangku; sesi ini akan terfokus untuk melatih peserta tata cara pemangku nganteb
  • Wariga; pengenalan pencarian hari baik
  • Tatwa
  • Upacara/Upakara; pemaparan upacara mulai dari manusa, dewa hingga butha yadnya
  • Dasar Kosala Kosali
  • Gegelaran pemangku; materi lanjutan dari swadarmaning pemangku


Kursus pelatihan kepemangkuan ini dibuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang sedang aktif maupun pemula dibidnag kepemangkuan. “Siapa saja boleh ikut; baik pemangku aktif maupun calon atau orang-orang yang ingin jadi pemangku” terang Ketua Pesraman Ghanta Yoga.

Donasi untuk kursus kepemangkuan ditetapkan sebesar 800 ribu/orang untuk seluruh sesi, yang berdurasi antara 1.5 hingga 2 jam per sesinya. Sebagai bonus, peserta akan diberikan pelatihan tambahan yaitu Yoga Asuci Laksana guna meningkatkan kesucian diri dan kerahayuan.  Peserta juga akan diberikan panduan materi untuk kemudian dibawa pulang, serta sertifikat bagi yang berhasil menuntaskan seluruh sesi.

Untuk keterangan lebih lanjut pembaca GatraDewata bisa menghubungi bagian administrasi di nomor 08993182858.<swn>

Continue Reading

Mangku Bumi

“NRIMO”

Published

on

By

GATRA DEWATA | Nrimo, bekerja tanpa mengharap hasil,bukan berarti tanpa hasil, pelayaan hidup diatas Rasa-Bhakti akan membangkitkan kekuatan tubuh membantu kemudahan pekerjaan hidup, keterjagaan adalah pengamat dan penggerak, kekuatan dan ghaib berada pada domain tubuh

Menjadi-Diri seutuhnya yang Sadar akan Kesejatian-Diri, Terjaga sebagai pengamat
sekaligus tuan penggerak kehidupan dengan Rasa Bhakti, sehingga, mau tidak mau segenap kekuatan badan tunduk membantu, sebab hidup adalah tentang pemeliharaan tubuh

Pemeliharaan dengan cara BENAR menghasilkan “Keseimbangan”, pencapaian keseimbangan-Hidup inilah yang disebut Pemilik Kesempurnaan, jika belum, maka Kesempurnaan tersebut masih sebatas bayangan, sama seperti menghayal tentang keberadaan Tuhan yang belum MENJADI, ibarat Sang-Maha-Hidup hanya Eksistensi Hidup Tanpa-Rupa Tanpa-Wujud tanpa Keterjagaan Atas Hidup’NYA

Nrimo,
menyederhanakan wajah keterjagaan sebagai sang pemilik kesadaran hidup itu saja, selanjutnya seluruh kekuatan atas pelihara cipta lebur adalah milik tubuh, yang berarti cipta pelihara lebur adalah sifat pembungkus hidup sang hidup, sehingga bukan lagi hasil yang “Utama” namun upaya penyelarasan Diri terhadap sifat Cipta Pelihara Lebur pembungkus hidup’Nya

Hidup tentang keterjagaan ini, saat ini, bukan di depan bukan di belakang, tetapi saat ini atas keterjagaan yang didapati, sekalipun ada yang mengaku kenal “Tuhan” Sang-Pencipta Alam-Semesta, apa pentingnya, membohongi diri mengenal Tuhan Sang Maha Hidup tetapi tidak mengenali kesejatian-diri adalah Sang-Hidup yang terjaga atas ke’Diri’an hidup’NYA

Hanya “merasa” TAU akan tetapi tidak pernah menjadi saksi hidup kejadian Awal Penciptaan, itu sebentuk kebohongan yang menyesatkan dari orang-orang yang disesatkan ketidaktauanya sendiri, penyaksian hanya ada saat keterjagaan ada, yang terjaga inilah yang berandai-andai

Adalah baik baik bagi individu berkeyakinan, tetap bisa meyakini sekalipun tidak menyaksikan apa yang diyakininya, namun keyakinan seperti itu bersifat Pribadi, menjadi Tidak-Baik ketika Keyakinan Individual dipaksak menjadi kebenaran umum, sebab kebenaran adalah “Kehendak Bebas”

Keterjagaan tidak lain eksistensi penyaksi keberadaan hidup’Nya sendiri atas kesadaran hidup yang dilayani, dan wajah keterjagaan idealnya di depan atau tampak depan bukan di belakang atau tampak belakang, halnya Sang Maha Hidup yang “tiada-wujud” mencapai wujud dan kehancuran wujud’Nya, begitulah KEPASTIAN WAJAH gerak-hidup mengarah depan bukan belakang, mungkin itu pula alasan Tuhan menempatkan wajah di depan bukan di belakang

Penggalian Kesejatian-Diri belakangan menjadi kata wajib spiritualitas, itu semata laku pikiran, bagi yang berasumsi Kesejatian-Diri sebuah pencarian, berputar-putar dalam kebingungan tanpa ujung-pangkal, menggali atau mencari “kesejatian-diri” yang tidak pernah kemanapun

Yang tidak pernah kemana-mana ITU tidak perlu di cari atau di gali, IA ada berselimut kegelapan, keberadaan Diri yang sedang bingung dikuasai lupa-maya-ghaib- kepalsuan, palsu sebab hanya bayangan, kegelapan ini tidak hancur, kegelapan hanya larut kedalam cahaya, itu sebab dikatakan hanya Pengetahuan yang dapat melebur penderitaan, membuat kegelapan bersinar dengan Cahaya Kesadaran, astra/astro, bintang yang bercahaya

Para pemula cenderung terbius ambisi prasangka menganggap kesejatian tentang kemampuan menjelajah alam ghaib,astral, bukan upaya menjadi manusia paripurna atas pelayanan hidup, hanya menghabiskan waktu bermain-main, kenikmatan kebanggan semu mencapai keremangan astral, seumpama bintang menunggu kematian bukan sebagai bintang bersinar

Kekuatan cipta-pelihara lebur yang bersifat ghaib adalah milik badan, keterjagaan sendiri hanya wajah sang hidup yang sama dengan yang menghidupi keGhaiban badan, Kebodohan yang menyelimuti Sang Tuan Hidup menjerumuskan kehidupan ke jurang kegelapan menjadi Budak-Maya/materialistis,menjadi pengejar dan penyembah materi maupun GHAIB materi

Yang berkeinginan tau tentang kesejatian diri idealnya memulainya dengan penyadaran Diri bukan materi, Diri dimunculkan oleh keberadaan materi penterjemah keterjagaan hidup, kemudian menerima pelayanan atas pemeliharaan pembungkus hidup’nya

Keterjagaan hanya melayani pemeliharaan hidupnya, tubuh dan segenap kekuatan cipta pelihara lebur maya/ghaib nyalah penyedia segala keperluan yang dibutuhkan untuk peliharaan dirinya, keterjagaan hanya berkehendak yang terrbaik

Jika kekuatan cipta pelihara lebur yang merupakan perangkat tubuh itu tidak atau belum memenuhinya, layani saja, keadaan itulah yang menurut’NYA (NYA keduanya karena ketidak selarasan) keadaan terrbaik diterima atas hidup atas pemeliharaan badanya saat itu, demikian jika dipenuhi, tidak perlu disombongkan karena hanya sebuah bentuk pemenuhan yang di dasari atas upaya penyeimbangan spirit materi

Pemenuhan atas keseimbangan spirit materi bukan hanya berbentuk kekayaan semata, walaupun upaya mencapai puncak kemuliaan hidup Pasti MENJADI SUMBER KEKUATAN PEWUJUD kemakmuran kehidupan, halnya yang tiada-wujud mewujud menjadi segalanya, akan tetapi ketahui dan sadarilah bahwa kebangkitan diawali oleh kehancuran

Itulah sebabnya NRIMO, agar kelebihan ambisi tidak menjerumuskan diri terseret pusaran Cakra Mangilingan menjadi perwakilan pengacau/penghancur dalam proses kebangkitan, hanya karena berambisi mempercepat, apa yang mau dipercepat karena semua mewujud atas dasar Kebijaksanaan kekuatan adaptasi, bukan oleh ego bukan pula oleh ambisi, tetapi NRIMO, Mengisi Ruang atas dasar Kebijaksanaan Menjadi

Sekalipun memilih menjadi kaum pemercepat penghancuran/pelaku perang tidak terlalu buruk, atau mewakili kegelapan sebagai aktor pelaku pemaksaan bangkitnya cahaya kebenaran, akan tetapi itu bukan yang terrbaik,
sekalipun itu Laku Mulia, namun Bukan Kemuliaan Di Atas Keluhuran Prilaku, akan tetapi atas ketidak berdayaan oleh desakan Ambisi-Ego

Demikian ketika manusia menyembah Kemuliaan Tuhan sebagai simbolisasi dari “Leluhur Seluruh Kehidupan”, menyembahlah kepada Kemuliaan-Luhur, baik atas keluhuran-pikiran Tuhan, keluhuran-ucap Tuhan, keluhuran-laku Tuhan, Trikaya Parisudha : Ucap
-Laku-Pikiran Selaras pada Kemuliaan Tuhan yang Luhur, sehingga apapun Ucap Laku Pikiran Penyembah mewakili Ucap-Laku-Pikiran Tuhan yang di sembah

Jika nama lain Tuhan adalah Sang Maha Hidup, maka Keterjagaan yang mewakili wajah-hidupnya tak lain Wajah Tuhan

Atlantia Ra

Continue Reading

Mangku Bumi

HARMONY WITH AYURVEDA (11)

Published

on

Penulis minta maaf karena Harmony with Ayurveda edisi 11 agak terlambat mengunjungi para pembaca, dikarenakan adanya satu dan lain hal. Edisi sebelumnya telah dipaparkan penyakit yang disebabkan oleh sebab fisik dan biologi yaitu pikiran. Sebab fisik dan biologi yang kedua adalah pola makan atau diet.

Kegiatan makan dapat dikatakan aktivitas kedua paling sering kita lakukan. Paling tidak tiga kali sehari kita makan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan nutrisi untuk bertumbuh, beraktifitas serta memelihara kesehatan sel tubuh, jaringan, organ dan sistem organ.

Agar makanan dapat memenuhi syarat sebagai sumber nutrisi untuk menopang semua aktivitas tubuh dan pikiran, maka beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan yaitu jenis dan komposisi makanan, waktu dan frekuensi makan serta sistem metabolisme dalam hal ini sistem pencernaan. Faktor yang lain adalah jenis dan intensitas aktivitas harian kita, tipe dosha serta usia yang akan menentukan secara dinamis pola makanan yang kita butuhkan yang pada intinya untuk tetap harmoni (sehat) dari hari ke hari.

Apabila jenis dan komposisi makanan, waktu dan frekuensi makannya tidak tepat, maka makanan tersebut tidak akan menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita yang pada gilirannya kita akan mengalami ketidakseimbangan (disharmoni) tridosha dan akhirnya menjadi penyakit.

Demikian juga, walau jenis dan komposisi makanan, waktu dan frekuensi makannya sudah tepat, namun sistem pencernaan kita tidak berfungsi dengan baik, maka makanan tersebut tidak akan dapat diolah menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, bahkan bisa menjadi zat toksik (racun) bagi tubuh kita, yang pada gilirannya mengantarkan kita pada kondisi disharmoni. Secara tidak langsung dari paparan di atas dapat kita pahami, bagaimana peran penting dari makanan atau pola makan (diet) dan sistem pencernaan dalam menjaga dan memelihara harmoni kita dari waktu ke waktu. Sebagai penutup edisi ini, penulis kutipkan sebuah ungkapam yang penuh makna dari Ayurweda, “ when diet is wrong, medicine is of no use. When diet is correct, medicine is of no need”.

Hal ini sejalan dengan ungkapan dari Thomas Edison, “the doctor of the future will give no medication, but will interest his patients in the care of the human frame, diet and in the cause and prevention of disease”.

Radite, 12.07.20
Rahayu

Prof. I Ketut Adnyana

Dekan Sekolah Farmasi ITB

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam