Connect with us

News

Taman Penyu di Pulau Serangan

Published

on


Tukik atau anak penyu di Taman Penyu Serangan

Tukik atau anak penyu di Taman Penyu Serangan


GATRADEWATA-Konservasi penyu Taman Penyu Pulau Serangan ini memiliki 3 jenis penyu yang diselamatkan, yaitu; penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang. Selain itu, ditempat ini juga terdapat ruang edukasi tentang pelestarian satwa laut serta areal perkemahan.

Taman Penyu ini didirikan di tahun 2004 yang kemudian tahun 2006 diresmikan oleh Gubernur Bali Dewa Bratha dan dikelola oleh Desa Adat Serangan dengan 9(sembilan) orang petugas.

“Telur penyu yang ditemukan di pinggir pantai ditetaskan disini. Sebab jika dibiarkan menetas secara liar dikwatirkan tidak akan bisa menetas semua.” Kata Made Karsa salah satu petugas konservasi.

Tidak hanya dari sekitar Serangan saja telur yang ditetaskan ditempat ini, telur yang ditemukan di Kuta, Sanur hingga Candi Dasa Karangasem juga dititipkan disini.

“Kalau sudah menetas, tukik akan diambil lagi dan dilepaskan ditempat telur ditemukan, dengan harapan jika sudah menjadi penyu akan kembali bertelur ditempat tukik dilepaskan.”Jelas Karsa.

Biasanya penyu bertelur atau musimnya pada bulan Mei sampai dengan September. Telur penyu akan menetas kurang lebih 50 hari. Dan setelah menetas, tukik(anak penyu) di karantina selama kurang lebih atau minimal 3(tiga) bulan sebelum dilepasliarkan.

“Selama di karantina, tukik diberi pakan rumput laut dan ikan segar.” Ujar Karsa.

Tukik yang dilepasliarkan oleh wisatawan yang berkunjung di Taman Penyu ini dengan sistem adopsi dengan uang pengganti untuk biaya pakan.

Taman Penyu ini juga sebagai tempat rehabilitasi yang ditemukan terkena jaring nelayan atau yang ditemukan terdampar oleh wisatawan.

Di tempat konservasi ini juga sebagai tempat penelitian oleh mahasiswa dari luar negeri. Dan wisatawan yang berkunjung ke Taman Penyu ini tidak dipungut biaya, pengunjung dipersilahkan untuk menyumbang secara sukarela yang untuk donasi pakan serta kebutuhan operasional.

alt


News

Babinsa Koramil Tejakula Himbau Warga Waspada DBD

Published

on

Babinsa Bondalem Koramil 1609 -04/ Tejakula komsos dengan pemerintahan desa membahas waspada DBD

BuLELENG – Komunikasi sosial merupakan usaha Babinsa untuk menjalin hubungan dengan warga binaannya, agar menjadi lebih dekat dan akrab dengan warga binaannya. Serta tercapainya tugas pokok Babinsa di wilayah binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan Sertu Imanuel Obeng, Babinsa Desa Bondalem Koramil 1609 -04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng melaksanakan komsos dengan pemerintahan desa, Senin (6/2/2023).

Dalam komsosnya Babinsa mengimbau kepada warga agar aktif menjaga kebersihan lingkungan, selain itu juga lingkungan yang tidak bersih atau kumuh menyebabkan sarang penyakit bagi warga.

“Untuk itu dengan menjajaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dapat menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat. Dan Babinsa juga mengimbau agar warga waspadai nyamuk demam berdarah dengue (DBD),” ucap Babinsa. (Mga)

Continue Reading

News

Babinsa Koramil Banjar Monitoring Kegiatan Bakti Sosial Dan Safari Kesehatan

Published

on

Babinsa Koramil 1609 - 06/ Banjar melaksanakan monitoring bakti sosial dan safari kesehatan

BULELENG – Babinsa Sertu Kadek Okabawa Koramil 06/Banjar kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas dan Linmas melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan Bakti Sosial dan Safari Kesehatan dr. Nyoman Sutjidra Sp.Og di Aula kantor Desa Gesing kec Banjar kab Buleleng, Minggu (05/02/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dr. Nyoman Sutjidra Sp.Og, Perbekel dan Perangkat Desa Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM beserta anggota,KBD seDesa Gesing, Masyarakat yang berobat gratis.

Babinsa Sertu Kadek OkaBawa mengatakan,Safari kesehatan yang di laksanakan pengobatan gratis berupa, USG bagi ibu hamil, pemeriksaan kesehatan bagi warga lansia. Dan bakti sosial berupa pembagian sembako untuk lansia. (Mga)

Continue Reading

News

Babinsa Koramil Banjar, Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Published

on

Babinsa Koramil 1609 - 06/Banjar laksanakan bedah rumah tidak layak huni bagi warga tidak mampu

BULELENG – Anggota Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng di pimpin oleh Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembongkaran rumah, pembuatan pondasi, pemasangan selup dam tiang.

Bantuan diberikan kepda Putu Artawan, 37 tahun, program bedah rumah RTLH dengan tema,” Praja Raksaka Peduli Rakyat,” Bantuan Pangdam IX Udayana di Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Sabtu (04/02/2023).

Kegiatan bedah rumah tersebut merupakan program untuk membantu warga kurang mampu yang kondisi rumahnya masih memprihatinkan. Program ini tentu sinergi dengan program TNI dalam mewujudkan keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakatnya.

“ Program bantuan ini tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, pasalnya masih ada beberapa masyarakat yang belum memiliki Rumah Layak Huni yang sesuai dengan standar kesehatan,” ujar Kapten Inf Gede Oka

Sebagai Babinsa, kita harus membantu pelaksanaan perbaikan rumah warga, karena ini merupakan wujud Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam pelaksanaan tugas kewilayahan,” tambah Sertu Putu Edi Suartawan

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, mengucapapkan rterimakasih atas kehadiran Babinsa di Desa Kami.

“Tidak kami pungkiri, kehadiran Babinsa sangat membantu pihak kami terutama warga dalam setiap kegiatan di Desa. Mereka kerap kali memberikan solusi bagi setiap permasalahan di Desa kami.
” Atas nama warga, kami mengucapkan banyak terimakasih atas kontribusinya selama ini,”ucapnya. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku