Connect with us

Daerah

Sosialisasi Aplikasi SDGs demi wujudkan Pedesaan bebas Kemiskinan dan Ketertinggalan

Published

on


GATRA DEWATA  | NIAS | Pemerintah dalam mengupayakan daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), pemerintah melalui programnya untuk pembangunan Desa yang terus berkelanjutan, di kementerian Desa menurunkan program terbaru yang disebut SDGs. Program ini diwujudkan sebagai upaya agar seluruh warga Desa bisa merasakan pembangunan secara efektif dan efisien.

Dalam rangkaian itu, Pemerintah Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias melaksanakan sosialisasi kepada tim relawan kelompok kerja (Pokja) yang telah ditetapkan oleh masing-masing Desa, kegiatan tersebut dilangsungkan diaula kantor camat Hiliduho, Kamis (24/03).

Pada pertemuan sosialisasi tersebut, tampak dihadiri oleh Sekretaris Camat Hiliduho dan Tenaga Ahli dari Pemerintah Kabupaten Nias (Lili) serta seluruh relawan kelompok kerja dari 16 Desa di Kecamatan Hiliduho.

Pada kegiatan sosialisasi itu, tenaga ahli yang ditugaskan dari Pemkab Nias tersebut yang akrab dipanggil mbak Lili memaparkan 4 poin penting pendataan yang dikerjakan oleh Relawan kepada masyarakat, diantaranya melaksanakan survey Desa, survey RT, survei keluarga dan survey individu. Tuturnya dengan nada serius.

Ia menambahkan bahwa, ” Aplikasi SDGs ini dapat diunduh di Playstore secara gratis oleh masing-masing relawan atau perangkat Desa, “jelasnya.

Kepada wartawan media ini, mbak lili yang berprofesi sebagai tenaga ahli itu, menitipkan harapan serius kepada relawan dan warga agar nantinya dalam pendataan semua memberi informasi yang sesungguhnya tanpa menambah dan mengurangi.

“Saya berharap agar masyarakat saat pendataan ini terbuka, artinya tidak menutup-nutupi atau melebih-lebihkan data tersebut, juga kepada petugas kelompok kerja atau relawan yang telah terpilih agar hati-hati dalam menginput data warga” imbuhnya mengakhiri.

Ditempat terpisah, Sekretaris Desa Ombolata Sisarahili yang dimintai tanggapannya oleh media ini mengatakan, sosialisasi ini kita sambut baik, ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai bagian dari relawan Pokja dan pastinya akan kami implementasikan hasil sosialisasi hari ini kepada warga terkait arti dan fungsi dari kehadiran Program SDGs ini nantinya” Tutur Sekdes Ombolata Sisarahili itu yang akrab dipanggil Mr. Dedi. (Red)


Daerah

Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas Dan Pecalang Amankan Melasti

Published

on

Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pecalang amankan melasti

BULELENG – Pengamanan kegiatan keagamaan (adat) oleh anggota Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula sekaligus melaksanakan edukasi tentang protokol kesehatan (prokes) Jumat(02/12/2022).

Seperti kegiatan pengamanan dalam upacara keagamaan melasti di masyarakat Desa Sambirenteng.

“Pengamanan secara sinergi oleh Babinsa,Bhabinkamtibmas dan Pecalang agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan tertib lancar dan aman serta tetap disiplin mematuhi prokes.

Saat dikonfirmasi Babinsa Desa Sambirenteng Sertu Nyoman Darmaya menyampaikan untuk menjaga stabilitas keamanan ketertiban dan lancarnya kegiatan Melasti di desa binaan.

“dilakukan oleh Babinsa agar kondusifitas tetap terjaga, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan atensi kegitan adat atau keagamaan melalui komsos secara humanis dan simpatik ucapnya. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Babinsa Hadiri Sosialisasi Peringatan AIDS Sedunia

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -06/ Banjar menghadiri sosialisasi AIDS dalam peringatan hari AIDS sedunia

BULELENG – Babinsa Sertu Putu Edi Suartawan Koramil 06/Banjar kodim 1609/Buleleng menghadiri sosialisasi dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia.


Sosialisasi yang di gelar oleh KSPAN Yowana Widya Acharya SMP Negeri 1 Banjar dan di pusatkan di SMP Negeri 1 Banjar Desa Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis  (1/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabag Kesra, Camat Buleleng, Pembina KSPAN Kabupaten Buleleng, Kepala Sekolah SMPN 1 Banjar beserta staf,Ketua Komite SMPN1 Banjar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Siswa – siswi SMPN 1 Banjar.

Tema pada tahun ini adalah ” Satukan langkah cegah renungan AIDS nusantara. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Sinergitas Tanpa Batas, Babinsa Koramil 04/Tejakula Makan Bersama Perangkat Desa

Published

on

Jalin kebersamaan, Babinsa Koramil 1609 -04/Tejakula makan bersama dengan perangkat desa

 

BULELENG ‐ Jalin Kebersamaan Babinsa Makan Bersama Dengan Perangkat Desa Pacung dalam rangka menjalin tali silaturahmi dan persaudaraan.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dan menguasai 5 kemampuan teritorial agar dapat berbaur dengan masyarakat.

Seperti halnya Serma Dedy Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng yang menyempatkan makan bareng bersama perangkat Desa di kantor Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Guna Terciptanya Keakraban serta Keharmonisan bermasyarakat, Kamis (01/12/2022).

Babinsa menuturkan perangkat Desa bersama Babinsa sudah begitu dekat dan akrab, Ini merupakan suatu momen yang baik untuk mendekatkan diri dengan perangkat Desa maupun masyarakat sehingga tidak ada lagi jarak antara Babinsa dengan warga masyarakat baik dari kalangan anak – anak, pemuda maupun orang tua,” kata Babinsa.

“Terjalinnya silaturahmi yang baik merupakan awal keberhasilan seorang Babinsa dalam melaksanakan tugas membina masyarakat Desa Binaannya.

Makan bersama bisa menjadi salah satu simbol kemanunggalan TNI dengan rakyat karena inti kekuatan pertahanan kita terletak pada kemanunggalan TNI dengan rakyat  dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” Ujar Babinsa.(Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku