Connect with us

Daerah

Seperti Apa Tanggapan Ketua FKUB Bali Terkait Dugaan Penistaan Agama Oleh Desak Made Darmawati?

Published

on


Gambar merupakan potongan video yang beredar di media sosial

GatraDewata[Denpasar] Unggahan video YouTube mualaf Bali bernama Desak Made Darmawati mendapatkan tanggapan beragam. Mulai dari riuhnya opini netizen di media sosial, ada juga politikus senior Gede Pasek Suardika yang tidak tinggal diam.

Hari ini, Jumat 16 April 2021, beredar tanggapan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melalui grup Whatsapp.

Berikut tanggapan beliau yang dikutip secara lengkap:

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salom.
Salam Sejahtera.
Namo Buddhaya.
Wei De Dong Tian.
OM Swastiastu, OM Awignamastu.

Berkenaan dengan video viral penistaan Agama Hindu oleh Desak Made Darmawati, adalah perbuatan yang sangat mengganggu bahkan mencederai kerukunan antar agama di Indonesia, sangat mengganggu kerja keras FKUB yang selalu berusaha bahkan berjuang didalam membangun, merawat dan menjaga kerukunan. Pernyataan dan sikap yang sangat tercela, yang tidak sesuai bahkan bertentangan dengan semua agama, yang bertentangan dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Tetapi Ratu sebagai Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia tetap sangat mengharapkan Umat Hindu tetap tenang, tidak terprovokasi, tidak terpancing.

Serahkan atau laporkan saja kelakuan penistaan agama ini ke Kepolisian, supaya diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. Pada dasarnya kelakuan si Desak ini sudah merendahkan semua agama di Indonesia, ybs sudah merendahkan Pancasila, merendahkan nilai nilai Bhineka Tunggal Ika, dan merusak kerukunan.

Ratu yakin orang ini bukanlah penganut Islam yang baik. Karena kita semua tahu agama Islam itu mulia dan luhur, penganutnya yang baik pasti akan mengikuti ajaran ajaran Islam yang luhur dan mulia. Semua Agama di Indonesia adalah mulia dan luhur.

Setiap orang yang merendahkan agama, menistakan agama adalah orang yang sujatinya sangat rendah dan sangat nista. Setiap umat beragama yang baik yang sekaligus menjadi umat beragama yang baik pastilah selalu memuliakan, menghormati, semua agama dan semua kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang ada di Indonesia.

Merendahkan agama seperti itu, ministakan agama adalah tindakan rendah yang sangat bertentangan dengan nilai nilai semua agama, bertentangan dengan nilai nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
Ratu yakin orang ini si Desak ini samasekali tidak paham Hindu, tidak paham Filsafat Hindu, Teologi Hindu, Upacara Hindu, Etika Hindu. Tidak paham, tidak tahu tapi berlagak tahu atau berlagak pintar.

FKUB diseluruh Indonesia pasti sangat menyesalkan sikap dan kelakuan si Desak ini. Tetapi sekali lagi semua umat beragama, khususnya Umat Hindu, walaupun sangat disakiti oleh pernyataan si Desak ini, mesti tetap tenang, tidak terpancing , tidak terprovokasi oleh sikap sikap rendah yang demikian. Serahkan saja kepada Pihak Kepolisian. Ratu yakin Pihak Kepolisian tidak tinggal diam. Semoga hukum tetap tegak berjalan. Semoga Negara Indonesia tercinta tetap semakin rukun, semakin maju dan semakin jaya. Semoga Pancasila dan Nilai Nilai Bhinneka Tunggal Ika tetap membumi di NKRI tercinta ini.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salom.
Salam Sejahtera.
Sadhu, Sadhu, Sadhu.
Sanzai.
OM Shanti , Shanti, Shanti OM.

Denpasar, 16 April 2021.
Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.
Ketua Umum.
Asosiasi FKUB Indonesia.Tangga

Sekian tanggapan beliau.<swn>


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas Dan Pecalang Amankan Melasti

Published

on

Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pecalang amankan melasti

BULELENG – Pengamanan kegiatan keagamaan (adat) oleh anggota Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula sekaligus melaksanakan edukasi tentang protokol kesehatan (prokes) Jumat(02/12/2022).

Seperti kegiatan pengamanan dalam upacara keagamaan melasti di masyarakat Desa Sambirenteng.

“Pengamanan secara sinergi oleh Babinsa,Bhabinkamtibmas dan Pecalang agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan tertib lancar dan aman serta tetap disiplin mematuhi prokes.

Saat dikonfirmasi Babinsa Desa Sambirenteng Sertu Nyoman Darmaya menyampaikan untuk menjaga stabilitas keamanan ketertiban dan lancarnya kegiatan Melasti di desa binaan.

“dilakukan oleh Babinsa agar kondusifitas tetap terjaga, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan atensi kegitan adat atau keagamaan melalui komsos secara humanis dan simpatik ucapnya. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Babinsa Hadiri Sosialisasi Peringatan AIDS Sedunia

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -06/ Banjar menghadiri sosialisasi AIDS dalam peringatan hari AIDS sedunia

BULELENG – Babinsa Sertu Putu Edi Suartawan Koramil 06/Banjar kodim 1609/Buleleng menghadiri sosialisasi dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia.


Sosialisasi yang di gelar oleh KSPAN Yowana Widya Acharya SMP Negeri 1 Banjar dan di pusatkan di SMP Negeri 1 Banjar Desa Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis  (1/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabag Kesra, Camat Buleleng, Pembina KSPAN Kabupaten Buleleng, Kepala Sekolah SMPN 1 Banjar beserta staf,Ketua Komite SMPN1 Banjar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Siswa – siswi SMPN 1 Banjar.

Tema pada tahun ini adalah ” Satukan langkah cegah renungan AIDS nusantara. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Sinergitas Tanpa Batas, Babinsa Koramil 04/Tejakula Makan Bersama Perangkat Desa

Published

on

Jalin kebersamaan, Babinsa Koramil 1609 -04/Tejakula makan bersama dengan perangkat desa

 

BULELENG ‐ Jalin Kebersamaan Babinsa Makan Bersama Dengan Perangkat Desa Pacung dalam rangka menjalin tali silaturahmi dan persaudaraan.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dan menguasai 5 kemampuan teritorial agar dapat berbaur dengan masyarakat.

Seperti halnya Serma Dedy Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng yang menyempatkan makan bareng bersama perangkat Desa di kantor Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Guna Terciptanya Keakraban serta Keharmonisan bermasyarakat, Kamis (01/12/2022).

Babinsa menuturkan perangkat Desa bersama Babinsa sudah begitu dekat dan akrab, Ini merupakan suatu momen yang baik untuk mendekatkan diri dengan perangkat Desa maupun masyarakat sehingga tidak ada lagi jarak antara Babinsa dengan warga masyarakat baik dari kalangan anak – anak, pemuda maupun orang tua,” kata Babinsa.

“Terjalinnya silaturahmi yang baik merupakan awal keberhasilan seorang Babinsa dalam melaksanakan tugas membina masyarakat Desa Binaannya.

Makan bersama bisa menjadi salah satu simbol kemanunggalan TNI dengan rakyat karena inti kekuatan pertahanan kita terletak pada kemanunggalan TNI dengan rakyat  dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” Ujar Babinsa.(Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku