Connect with us

Daerah

PUPAR LPPM Unud Finalisasi Kerjasama dengan Disparpora Mahulu

Published

on


GATRA DEWATA | BALI | Tim Pusat Unggulan Pariwisata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PUPAR LPPM Unud) melaksanakan pemaparan  laporan akhir kajian Detailed Engineering Design (DED) dan Inventarisasi Lahan Sentra Pariwisata Batoq Tenevang serta Daya Tarik Wisata Air Terjun Kelekup di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kajian DED dan Inventarisasi lahan ini merupakan kerja sama tahap kedua antara Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mahakan Ulu (Disparpora Mahulu) dengan PUPAR LPPM Unud. Tahun 2020 telah dijalin kerjasama dengan dilakukan penyusunan studi Kajian Kelayakan Sentra Pariwisata Batoq Tenevang serta Daya Tarik Wisata Air Terjun Kelekup. Berdasarkan hasil uji kelayakan, dua kawasan tersebut adalah layak untuk dikembangkan menjadi kawasan pariwisata. Kelayakan tesebut meliputi kelayakan kebijakan, kelayakan potensi daya tarik wisata, kelayakan fasilitas pariwisata, kelayakan pasar wisatawan, kelayakan finansial dan kelayakan tata Kelola.

Tim PUPAR LPPM Unud yang diwakili oleh Dr Nyoman Ariana dalam kesempatan ini juga memaparkan bahwa PUPAR LPPM Unud telah membantu melakukan kajian baik studi kelayakan, masteplan, design engineering designed (DED) maupun inventarisasi lahan di berbagai daerah. “Kami tidak hanya melakukan kajian di Bali, tetapi kami telah membantu daerah-daerah lain seperti Mahakam Ulu, Marauke, Labuan Bajo, Kaimana dan daerah lainnya dalam kajian pengembangan pariwisata” Ujar Dr.Nyoman Ariana.

Kunjugan Tim PUPAR Unud sangat diapresiasi oleh pihak Disporapar Kota Balikpapan. Lebih lanjut Pihak Disporapar Kota Balikpapan menyampaikan harapannya untuk dapat menjalin kerjasama dimulai dengan penandatangan Momorandum of Understanding (MoU) dengan PUPAR LPPM Unud terkait pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Kota Balikpapan. Apalagi Kabid Pariwisata Kota Balikpapan Abdul Majid, S.S  menuturkan bahwa Bapak Walikota sangat ingin membangun pariwisata Kota Balikpapan. “Saya rasa ini akan disetujui oleh Bapak Walikota, karena beliau ingin membuat sejarah pembangunan tentang pariwisata Kota Balikpapan. Ungkap Abdul Mjid, S.S

Adapun Tim Peneliti Pusat Unggulan Pariwisata (PUPAR) LPPM Unud  yang ikut serta pada kegiatan ini, yaitu Nyoman Ariana, I Gede Adi Susila, I Wayan Yuda Manik, Putu Ade Harriestha Martana, Agus Sukma Yogiswara, Ketut Kusuma Wardana, I Gusti Bagus Arya Yudiastina, dan Wayan Agung Panca P. (Tim)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

Babinsa Koramil 02/Kubutambahan Latih Siswa SMAN1 Kubutambahan LDKS

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -02/ Kubutambahan latih LDKS siswa SMAN 1 Kubutambahan

BULELENG -Bertempat di Lapangan SMAN 1 Kubutambahan di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng terdiri dari 2 orang personil Koramil 1609-02/Kubutambahan Kodim 1609/Buleleng Serda Elio De Andrade dan Serka Gede Budiawan.

Melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan memberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMAN 1 Kubutambahan, yang dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah dan para guru beserta staf sekolah serta siswa sebagai peserta LDKS berjumlah 90 orang.

Pelaksanaan kegiatan LDKS yang dilaksanakan hari ini yang merupakan hari pertama dari tiga hari pelaksanaan oleh kedua personil Koramil Kubutambahan memberikan materi dasar tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) diantaranya materi Sikap Sempurna, Lencang Depan, Lencang Kanan, hadap kanan hadap Kiri, balik kanan, jalan ditempat dan hadap serong kiri – hadap serong kanan serta sikap – bentuk penghormatan. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Siap Dukung Pembangunan Desa, Babinsa Hadiri Musdes

Published

on

Babinsa Koramil 1609-06/Banjar hadiri musdes

BULELENG – Babinsa Desa Kayuputih Sertu Ida Putu Ardana Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas menghadiri kegiatan Musyawarah Desa (Musdes).

Pengesahan dan penetapan barang dan benda yang ada diwilayah Desa Kayuputih yang menjadi aset Pemerintah Desa Kayuputih agar dikemudian hari perbaikan maupun pengolahan bisa di anggarkan menggunakan Dana Desa.

Rapat Musdes di laksanakan di Ruang Rapat Kantor Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis (08/12/2022).

Dalam kegiatan musdes Desa Kayuputih tersebut di hadiri oleh Perbekel beserta Staf, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM, Kadus se- Desa Kayuputih, Kelian Adat beserta Prajuru, Ketua Sabha beserta anggota dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penggunaan Dana Desa agar benar-benar sesuai dengan aturan, jauhi pelanggaran dengan tidak menyalahgunakan anggaran Dana Desa tersebut, karena pada hakekatnya anggaran tersebut diberikan oleh Pemerintah untuk membantu Masyarakat menikmati Pembangunan sehingga Masyarakat menikmati percepatan Pembangunan,”ucap Sertu Ida Putu Ardana.(Mga)

Continue Reading

Daerah

Wujud Sinergitas Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Serta Pecalang Amankan Jalannya Poidalan

Published

on

Wujud sinergitas Babinsa Koramil 1609 - 04/Tejakula bersama Bhabinkamtibmas serta Pecalang amankan jalannya piodalan di wilayah binaan

BULELENG – Sinergitas dalam pengamanan piodalan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas serta pecalang.

Pengamanan guna melancarkan prosesi upacara Piodalan Sasih Keenem di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng .

Babinsa Desa Tejakula Koramil 04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Sertu Meky Robinson Naramessakh bersama dengan Babinkamtibmas Briptu Gede Hery Hermawan bersinergi dengan Pecalang Desa Adat Tejakula melaksanakan pengamanan Upacara Piodalan Sasih Keenem Desa Tejakula,Kamis (08/12/2022).

Menurut Babinsa ,seijin Danramil 1609-04/Tejakula Kapten Inf Rifa’i menyampaikan pelaksanaan Upacara Piodalan perlu mendapat pengamanan terutama pada saat warga melintasi jalan raya.

” apalagi dengan iring-iringan sarana dan prasarana yang dibawa oleh masyarakat untuk mendukung prosesi Upacara Piodalan akan berdampak kepada keamanan warga dan juga pengendara yang menggunakan jalur lalu lintas.

“Apabila tidak diatur maka akan terjadi kekroditan di jalan tentunya mengutamakan jalur koordinasi antar para petugas pengamanan,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itulah peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat kemanan setempat yaitu Para Pecalang diperlukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami dari pihak Keamanan yaitu dari Koramil 1609-04/Tejakula dan Polsek Tejakula sudah bersiap dari tadi pagi, di samping itu juga kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Tejakula dengan mengerahkan Pecalang dan perangkat adat lainnya untuk membantu pelaksanaan Upacara Piodalan yang sementara berlangsung ini,” tutur Babinsa. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku