Connect with us

Nasional

Puan Maharani Soal Islam Nusantara yang Berkemajuan

Published

on

Puan Maharani, Tokoh Nasionalis

GATRA DEWATA | NASIONAL |

“Kami keluarga, saya khususnya, selalu ditanamkan hal-hal yang berkaitan dengan Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan,” kata Puan Maharani dalam sebuah video yang baru-baru ini viral di media sosial.

Pernyataan Puan itu disampaikan saat haul almarhum ayahnya, mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas, pada Juni 2016 lalu. Namun video yang merekam pernyataan itu kembali ramai di media sosial setelah diunggah oleh akun Facebook Sahabat Mbak Puan.

Dalam video berdurasi 3 menit 45 detik itu terlihat KH Said Aqil Siradj (Ketua Umum PBNU saat itu) dan Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir.

Puan Maharani mewakili pihak keluarga almarhum menyampaikan terimakasih dan rasa syukur atas kehadiran Ketum PBNU dan Muhammadiyah. Sebab, sangat jarang kedua tokoh pimpinan ormas islam terbesar di Indonesia itu bisa hadir dalam satu acara yang sama.

“Kalau tadi Pak Said Aqil dan Pak Haedar bisa hadir, dan dikatakan baru sekali ini ketua PBNU dan Muhammadiyah hadir, ini suatu berkah bagi keluarga kami,” kata Puan.

Putri dari Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas ini mengatakan, keluarganya selama ini memang menganut nilai-nilai keislaman yang sesuai prinsip Islam Nusantara ala Nadhlatul Ulama maupun Islam Berkemajuan ala Muhammadiyah.

Puan menilai prinsip Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan bukan merupakan sesuatu yang harus dipertentangkan. Justru kedua falsafah itu bisa dikombinasikan menjadi “Islam Nusantara yang Berkemajuan”.

Dalam video yang sama, Said Aqil memuji almarhum Taufiq Kiemas sebagai sosok yang mempersatukan.

“Saya terkenang dengan Pak Taufiq Kiemas kepribadiannya sangat sabar, tangguh, mampu mempertemukan kelompok yang kadang bersebrangan jauh,” kata Said Aqil yang saat itu masih menjabat ketua umum PBNU.

Said Aqil lalu menyinggung soal kehadirannya di acara haul itu bersama-sama dengan Haedar Nashir. Ia menyebut kehadiran pimpinan PBNU dan Muhammadiyah di acara yang sama sangat jarang terjadi.

Namun ketokohan Taufiq Kiemas yang memang merangkul semua kalangan bisa membuat ketum PBNU dan Muhammadiyah sama-sama datang di acara haulnya.

“Di haulnya saja, saya dan ketum Muhammadiyah ketemu ya, Pak,” kata Said Aqil pada Haedar Nashir.

Setelah Said Aqil, Haedar Nashir juga memyampaikan kesan-kesannya soal sosok almarhum Taufiq Kiemas.

*Pemikiran Bung Karno*

Pernyataan Puan bahwa ia selalu dicekoki dengan ajaran Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan boleh jadi tidak berlebihan jika menilik pada pemikiran Soekarno, sang kakek.

Sejak awal memimpin negeri ini, founding fathers memang banyak mengeluarkan pernyataan yang berkaitan dengan prinsip Islam Nusantara ala NU maupun Islam Berkemajuan ala Muhammadiyah.

Pemikiran Bung Karno soal Islam Berkemajuan juga dapat dilihat dari tulisan-tulisannya. Selama menjalani hukuman di Ende, Nusa Tenggara Timur, Bung Karno melakukan korespondensi dengan Ahmad Hassan, seorang ulama modernis Islam terkenal dan tokoh organisasi Persatuan Islam (Persis).

Surat menyurat antara keduanya berlangsung sejak 1 Desember 1934 hingga 17 Oktober 1936. Dalam salah satu suratnya Bung Karno menulis: “Islam is progress. Islam itu kemajuan.” (tim)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

Gubernur Bali Sambut Pembukaan PORPROV Bali XV Dipandu oleh Komedian Celekontong Mas

Published

on


GatraDewata.Com | Denpasar – Gubernur Bali, Wayan Koster, membuka Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Bali XV 2022, Minggu (20/11). Acara akbar ini diselenggarakan di Lapangan Utama Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Renon Denpasar, Bali.

Perhelatan dipandu oleh komedian Celokonting Mas dengan menghadirkan dua Joged Bumbung di awal acara.

Parade atlet dimulai pada jam 5 Wita. Masing – masing kontingen dari 8 Kabupaten secara bergantian melakukan parade dan meneriakkan yel – yel sebagai penyemangat.

Hampir seluruh jajaran Pemprov Bali hadir dalam acara itu, termasuk seluruh Bupati dan Walikota se-Bali, yang tentu saja didampingi oleh seluruh pengurus KONI Bali.

Gubernur Wayan Koster (tengah)

Gubernur Bali dalam sambutannya memgatakan agar Porprov tahun ini mampu melahirkan prestasi dan Atlet terbaik, juga menghasilkan Juri dan Wasit terbaik untuk menyambut event olahraga di tingkat nasional maupun internasional.

“Yang terpenting adalah kita mampu melahirkan prestasi terbaik, menghasilkan Atlet-atlet terbaik, menghasilkan juri dan wasit terbaik yang kita persiapkan dalam event nasional maupun internasional dimasa yang akan datang,” sambutnya semangat.

Sebagai tambahan, Wayan Koster mengatakan peringkat ke-5 yang diraih Bali pada PON Papua lalu diharapkan agar tetap dipertahankan, bila perlu ditingkatkan menjadi peringkat ke-4.

“Pada PON 2024 yang akan datang setidaknya bisa mempertahankan peringkat ke-5, atau kalau perlu bisa naik ke peringkat 4. Inilah yang harus diupayakan bersama, dijalani penuh keseriusan, komitmen, serta cita – cita dengan penuh kekompakan,”  tambahnya.

Tarian Bali (Joged Bumbung) serta Celokontong Mas pada acara pembukaan PORPROV XV Bali

Di lain pihak, KONI pusat yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum III Tursandi Alwi mengatakan, menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia diharapkan mampu membawa harapan yang baik dari sisi prestasi olahraga di tanah air.

“Kita harus masuk 5 besar peringkat Olimpiade menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia sebagai sasaran disain besar olahraga nasional, artinya kita harus cetak juara Olimpiade untuk dongkrak peringkat kita,” tandasnya.

Karena itu kata Dia, Atlet dari Provinsi Bali agar menjadi tulang punggung Indonesia, mengingat Bali merupakan salah satu provinsi yang memiliki Atlet paling produktif di level nasional.

“Saya berharap Atlet Bali menjadi tulang punggung Indonesia dalam single multi event fokus pada cabang olahraga unggulan menjadi solusi menuju prestasi,” terangnya.

Ia pun meminta agar keberhasilan Bali dalam pembinaan para atlet harus ditingkatkan, dimana pada PON Papua lalu Bali masuk 5 besar, karena itu KONI Pusat optimistis Bali akan mampu bertahan pada pekan olahraga ke 21 di Sumut dan Aceh tahun 2024.

“Pada PON 2021 di Papua Bali masuk 5 besar, saya yakin Bali akan mampu semakin baik pada Pekan Olahraga Nasional ke-21 di Aceh dan Sumut tahun 2024,” tutupnya.

Kembang api iringi pembukaan PORPROV XV

Pernyataan mantan Ketua KONI Bali

Di tempat terpisah, mantan ketua KONI Bali I Ketut Suwandi optimis gelaran PORPROV Bali XV akan sukses. Ia menilai jika pesta olahraga tingkat Provinsi ini sudah dipersiapkan oleh semua stakeholders, baik dari Cabor, KONI Provinsi/Kabupaten dan sebagainya. “Saya kira kalau ini benar – benar sudah dilaksanakan dengan tujuan serta fokus untuk meraih prestasi dan dijadikan sebagai alat untuk mencapai prestasi lebih tinggi saya kira kedepannya KONI akan lebih baik. Seperti apa yang disampaikan oleh pak Gubernur bahwa estapet itu harus menjadi pedoman. Saya dulu waktu Bali meraih ranking 9 itu tekad saya sampaikan saat pidato sewaktu baru terpilih, saya bilang kalau saya tidak mampu untuk sama maka tanpa dimintapun saya akan mundur,” ungkapnya. Terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) Beliau juga menambahkan jika 68% pengurus KONI yang sekarang merupakan pengurus lama, jadi mereka sudah tahu strategi – strategi sebelumnya. “Mereka tinggal fokus saja sekarang,” tambahnya sembari mengakui jika tantangan pada PON XX1 akan lebih berat mengingat 2023 merupakan tahun politik dan 2024 memasuki PraPON.

Warga yang hadir tampak terpukau dengan seremoni pembukaan PORPROV XV yang diwarnai dengan pesta kembang api dan paket hiburan dari grup band XXX.(gd-swn)

Continue Reading

Nasional

PENGUMUMAN

Published

on

Atas Gugatan di Pengadilan Negeri Gianyar dengan registrasi nomor 275/Pdt.G/2022/PN Gin, tanggal 14/11/2022, atas gugatan Perbuatan Melawan Hukum, dimana Bank Pembangunan Daerah Bali telah berusaha melelang bidang tanah dengan cara melawan hukum dengan indikasi memberikan kerugian nyata kepada Penggugat.

Adapun yang menjadi objek dalam gugatan adalah bidang tanah dan bangunan diatasnya; ——————————————————————————————————-

• Sebidang tanah kosong untuk perumahan dengan luas 650M2, yang berlokasi di Desa Singakerta, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Prop. Bali, dengan SHM No. 589; GS No. 1243/1991, Tgl 2-7-1991; a/n I KETUT BADRA;

•  Sebidang tanah berikut bangunan toko diatasnya dengan luas 1710 M2, yang berlokasi di Desa Singakerta, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Prop. Bali, dengan SHM No. 687; GS No.3953/1994, Tgl 20-12-1994; an I KETUT BADRA (SHM 687 dan SHM 688 merupakan satu hamparan).

Penggugat telah mengestimasi kerugian Penggugat setidaknya Rp.20.500.000.000. ,-.

Kepada khalayak umum yang akan memanfaatkan, menggunakan, membeli, menyewa, membangun dan atau apapun maka dikabarkan bidang tanah disebut diatas dalam sengketa atas indikasi Perbuatan Melawan Hukum dan karenanya tidak melakukan apapun atas objek sengketa ini.

Pengumuman ini disampaikan guna memenuhi memberikan kepastian hukum kepada Penggugat dan memberikan payung hukum atas kerugian Penggugat berdasarkan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mengatur: Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

 

Denpasar, 17 Nopember 2022

Penggugat registrasi nomor 275/Pdt.G/2022/PN Gin

I WAYAN ARTAWAN, SE./ahli waris

Suriantama Nasution, SE, SH, MM, MBA, MH, BKP, Advokat, CFP, CCM, CLA, CTL, CMCP, CCMP, CFRM, Ph. D (finance), Dr (business law)/ Kuaasa Hukum

 

Continue Reading

Daerah

Melalui Global Summit 2022, INSIDE FLOW Kampanyekan Aktivitas Yoga Tanpa Plastik

Published

on

GatraDewata, Gianyar – Kampanye Penggunaaan produk plastik sekali pakai yang diinisiasi Komunitas Inside Flow saat perhelatan Global Summit 2022 seakan menegaskan kembali komitmen mereka dalam isu pengendalian pemanasan bumi (Global warming) melalui simbolisasi gerakan Yoga yang dinamis.

Bertempat di The Mansion Hotel and Spa Ubud yang digelar selama enam hari sejak Sabtu (12/11). Kegiatan yang berskala internasional ini bertemakan ‘Say No to Single Use Plastic in Yoga Shala’.

Beberapa sosok pegiat Yoga Inside Flow yang turut ambil bagian di event bergengsi ini diantaranya Master Young Ho Kim (Germany) selaku founder Inside Flow; Lulu Soul (Korea) sebagai instruktur profesional Inside Flow; Rubecca (Hong Kong) yang merupakan instruktur junior Inside Flow; Annisa (Germany) yang merangkap sebagai instruktur junior sekaligus pembantu Young Ho Kim; Julia Tan (Singapura) yang hadir membawakan produk Matras Yoga ramah lingkungan berlabel HEARTBEAT; pasangan suami istri Martin Elianto dan Tasya Dante (Indonesia) merupakan instruktur senior dan juga sebagai person in charges untuk Inside Flow Indonesia, dibawah pengawasan the Founder; dan Ms. Air Ping yang merupakan representatif IntaYogaBali/The Eco Bazzar, juga bertugas untuk mengkampanyekan Say No to Single Use Plastic in Yoga Hall.

Sebagaimana dipaparkan oleh Martin bahwa Inside Flow merupakan yoga jenis lain, dimana mereka menggunakan musik sebagai panduan bergerak dan bernafas, tidak menggunakan mantra – mantra. Inilah yang disinyalir membuat Inside Flow Yoga lebih populer daripada yoga-yoga lain di Indonesia. “Mengingat populasi di Indonesia mayoritas Muslim, dimana yoga menggunakan mantra kurang masuk/cocok bagi mereka. Oleh karena itu mereka lebih menyukai model Inside Flow,” terang pasangan terdebut lugas. Mereka juga menambahkan jika Inside Flow kini sudah hadir di empat lokasi di Indonesia yang meliputi Bogor, Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

Botol air yang bisa digunakan berulangkali sebagai pengganti botol plastik.

Mereka juga memaparkan awal mula kepeduliannya soal sampah plastik. Kami sering betkeliling Indonesia, termasuk Bali, dan sering melihat sampah plastik di pantai. Kami sangat prihatin dan coba menekankan untuk mengurangi sampah plastik. Salah satu caranya yaitu dengan mengurangi menggunakan botol plastik. Ini tidak hanya berlaku di Bali tapi di seluruh Indonesia,” ungkapnya bergantian.

Dilain pihak, Young yang sudah berkiprah di dunia Yoga sejak tiga tahun lalu di Indonesia, tergugah untuk membawa Bali ke arah yang lebih bersih di kemudian hari. Ia menyadari jika Inside Flow hanya seujung kuku yang tidak akan memberikan dampak signifikan dalam memerangi polusi plastik. “Kita tidak bisa mengubah dunia. Kita hanya secuil diantara pengguna plastik di dunia. Sebagai guru Yoga saya bisa memulai dengan memberikan contoh, dan kemudian menginspirasi yang lain untuk turut melakukannya. Kita bisa memulai dengan 10 orang, 50 orang, 100 orang untuk memprakarsai program ini,” paparnya lugas.

Rubecca dan Anissa bahkan meminta waktu khusus untuk menyuarakan pesan penting terkait polusi plastik ini. “Kami ingin mengajak semua orang untuk mengatakan ‘tidak’ pada penggunaan botol plastik sekali pakai, dimanapun di dunia – bukan hanya di Bali, di Yoga studio, di restoran, dimanapun, kami ingin terbebas dari plastik sehingga kita bisa menyelamatkan planet ini lebih lama lagi,” ungkapnya semangat.

Di waktu terpisah Julia hadir memperkenalkan Matras Yoga (alas khusus untuk Yoga) buatan Indonesia namun didesain di Swiss, dimana produk ini memiliki ketahanan hingga puluhan tahun. “Yoga mat dan botol air merupakan alat penting yang kita butuhkan ketika melakukan yoga. Disinilah pentingnya menggunakan produk yang bisa digunakan berulangkali sehingga bisa mengurangi sampah. Yoga mat kami merupakan produk daur ulang yang sangat kuat dan ramah lingkungan,” terang Julia sembari mengatakan jika mereka belum mematok harga jual hingga saat ini.

Global Summit 2022 kali ini disinyalir mampu mendatangkan hampir 200 peserta dari 30 negara. 30 peserta dari Korea, sekitar 5 orang dari Jerman dan sisanya merupakan akumulasi dari negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Young berharap event berikutnya pada February 2023 akan lebih akbar daripada tahun ini. (hd/sw)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku