Connect with us

Pendidikan

Program Pertanian Tanaman Hidroponik dengan Screen House di Kota Depok

Published

on


Penulis :  Adelaide Rizqy Ellionnas Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Semester 5

 

Depok – Dalam rangka meningkatkan budidaya pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kota Depok. Sekaligus menyambut program Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam rangka pengembangan pertanian hydra screen house, maka Pemerintah Kota Depok sepakat mengadakan program pertanian tanaman hydra screen house yang terfokus terhadap tanaman cabai dan bawang merah.

Program tersebut sudah mulai berjalan di tanggal 01 September 2022 sampai nanti di pertengahan Oktober mendatang. Pemerintah Kota Depok dan Bank Indonesia menunjuk kelompok KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kecamatan Limo untuk menjalankan program pertanian hydra screen house yang bertempat di Jalan Irigasi RT.04 RW.08 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Dalam program ini tentunya banyak sekali kegiatan yang dilakukan, salah satunya seperti melakukan tender pembangunan screen house diawal dengan menggunakan sistem lelang.
Banyak vendor yang mengajukan untuk menjalankan program ini, seperti CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, CV Wisesa Tunas Bumi dan CV Usaha Kreasi Madani. Setelah melakukan proses yang cukup panjang, Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat akhirnya menunjuk CV Hidroponik Kita Tani Mandiri sebagai vendor pelaksana program pembangunan screen house.

Untuk saat ini program tersebut masih dalam pengerjaan pabrikasi untuk bangunan screen house yang akan digunakan untuk menanam nantinya. Proses tersebut memakan waktu 2 bulan dan akan dilanjutkan dengan penanaman dalam jangka waktu 3 bulan. Melihat hal tersebut, bisa diperkirakan bahwa penanaman akan mulai dilaksanakan awal November mendatang.

Pertanian dengan sistem hidroponik seperti ini tentu akan memakan biaya yang cukup besar karena harus disertai dengan screen house yang dimana mempunyai struktur bangunan yang dapat melindungi tanaman dari gangguan hama, penyakit dan terpaan angin yang berlebih. Berbeda dengan budidaya tanaman secara konvensional yakni kegiatan penanamannya tidak menggunakan pelindung atau screen house dan biaya yang dikeluarkan tentu lebih murah. (Tim)


Pendidikan

Peringati Hari Pendidikan Internasional 2023, Konsulat-Jenderal Australia di Bali Gelar Kegiatan Pembacaan Buku

Published

on

Pembacaan buku berjudul "Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur".

BADUNG – Konsulat-Jenderal Australia di Bali mengunjungi Sekolah Dasar Negeri No.1 Kuta di Kabupaten Badung pada Selasa, 24 Januari 2023. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Internasional yang diperingati setiap tahunnya di hari tersebut. Dalam kunjungan ini, Konsulat-Jenderal Australia menggelar kegiatan pembacaan buku berjudul “Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur”. Konsulat-Jenderal Australia di Bali akan mendanai pencetakan versi bahasa Indonesia dari buku ini melalui Direct Aid Program (DAP), sebuah program hibah kecil.

“Tema Hari Pendidikan Internasional tahun ini adalah ‘berinvestasi pada masyarakat, memprioritaskan pendidikan’. Tema ini mengingatkan kita akan pentingnya memprioritaskan pendidikan untuk mempercepat kemajuan menuju pembangunan berkelanjutan dan pemberian kesempatan menempuh pendidikan yang setara bagi semua orang di dunia,” kata Konsul-Jenderal Australia, Anthea Griffin.

Dalam sambutannya, Konsul-Jenderal Griffin juga menjelaskan bahwa Sekolah Dasar No.1 Kuta tergabung dalam Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia yang menciptakan dan mendukung kerjasama antar sekolah dan membangun hubungan antar guru dan pelajar Australia dan Indonesia. Hingga kini, program BRIDGE telah membangun kemitraan antara sekitar 200 sekolah Australia dan Indonesia dan melibatkan sekitar 800 guru Australia dan Indonesia.

Kepala Sekolah SD No. 1 Kuta, Ibu Desak Putu Pipit Mulyani, S.Pd.SD mengapresiasi kunjungan dan program pembacaan buku pendidikan oleh Konsulat-Jenderal Australia. Melalui Program BRIDGE, SD No.1 Kuta telah bermitra dengan Sekolah Dasar Whyalla Town di Australia Utara sejak 2017. Salah satu guru SD No.1 Kuta telah melakukan homestay selama seminggu, serta kunjungan sekolah di Sekolah Dasar Whyalla Town pada November 2022 untuk mempelajari lebih lanjut tentang komunitas sekolah mitra, budaya dan sistem pendidikan mereka. Ibu Desak juga telah mengunjungi Sekolah Dasar Whyalla Town beberapa tahun yang lalu.

Kegiatan pembacaan buku Pendidikan ini dihadiri oleh sekitar 80 siswa kelas 6 dan guru mereka, perwakilan dari Rotari Action Club Sanur serta Sea Trek Sailing Adventures yang terlibat dalam produksi buku tersebut, dan alumna Australia, Coco Melati, yang juga adalah ilustrator buku pendidikan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan Konsulat-Jenderal Australia di Bali, ikuti @KonJenBali di Twitter dan Instagram. (Release)

Continue Reading

Daerah

Rangkul Pewarta, UNUD Gelar Media Gathering & Awarding Night

Published

on

By

Rektor UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU, saat memberikan sambutan

GatraDewata.Com, Denpasar – Tim Juru Bicara Rektor Universitas Udayana (UNUD) gelar Media Gathering & Awarding Night di gedung serbaguna Hong Kong Garden, Jl. Bypass Ngurah Rai, Kesiman Kertalangu, Denpasar, pada Jumat (23/12). Acara tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada Tim Berita Unit/Fakultas dan Media Online. Disamping itu, juga untuk tujuan evaluasi serta menjalin komunikasi dengan  para awak media (online).

Tokoh – tokoh UNUD yang turut diundang di acara media gathering tersebut meliputi: para wakil Rektor, ketu SPI UNUD, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro, direktur utama RS UNUD, direktur BPU, para ketua lembaga, kepala UPT, ketua USDI, ketua Tim PINBH, Tim juru bicara Rektor, koordinator KUI, koordinator Media Udayana dan ketua serta DWP UNUD. Undangan dari media online tercatat mencapai 60 orang.

Humas UNUD Senja Pratiwi

Jubir Rektor UNUD, Senja Pratiwi, mengawali acara dengan menjelaskan runtutan acara, serta ungkapan terimakasih kepada rekan – rekan media yang sudah berkintribusi terhadap publikasi lembaga UNUD.

Pada kesempatan berikutnya Rektor UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU, dalam sambutannya menegaskan bahwa lembaganya sangat terbuka kepada media manapun, baik media kecil maupun besar. Beliau juga mengakui bahwa peran media sangat penting bagi dunia pendidikan. Untuk itu, beliau beserta jajaran kini menyediakan press room di kampus UNUD Denpasar. “Kami sudah menyiapkan sebuah ruang khusus media (press room) yang bisa bapak/ibu wartawan manfaatkan. Disana fasilitas lengkap: ada AC, printer/scanner, wi-fi, coffee/tea maker yang tentu saja ada susunya,” sambutnya bercanda.

Penyerahan sertifikat kepada para pemenang

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat apresiasi bagi seluruh awak media yang dijadwalkan hadir. Sertifikat diserahkan langsung oleh Rektor UNUD dibantu panitia.

Pengumuman pemenang Tim Berita Unit yang diikuti oleh masing – masing Fakultas dilakukan setelah makan malam usai. Adapun kategori yang dilombakan mencapai sembilan kategori. Berikut daftar dan kategori dan pemenangnya:

Kategori I – Berita Terbanyak ke kantor Juru Bicara: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran; terbaik ke 2 – Fakultas Ekonomi & Bisnis; terbaik ke 3 – Fakultas Hukum

Kategori II – Link berita terbanyak yang diangkat oleh media partner: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran; terbaik ke 2 – Fakultas Teknologi Pertanian; terbaik ke 3 – Fakultas Ekonomi & Bisnis

Kategori III – Video sosialisasi PTNBH: terbaik pertama – Kantor Urusan Internasional; terbaik ke 2 – Fakultas Hukum; terbaik ke 3 – Kantor Urusan Internasional

Kategori IV – Apreiasi kepada seluruh media online yang diundang, mencapai 60 media.

Kategori VStyle & Creativity: terbaik pertama – Bali Berkarya; terbaik ke 2 – Bali Ilu; 3rd Pancar Post

Kategori VI – Fakultas dengan pengelolaan Sosmed terbaik: terbaik pertama – RS UNUD; terbaik ke 2 – Fakultas Pariwisata; terbaik ke 3 – Fakultas Kedokteran.

Kategori VII – Website: terbaik pertama – Fakultas Kelautan dan Perikanan; terbaik ke 2 –  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat; terbaik ke 3 – Kantor Urusan Internasional

Kategori VIII – Penulisan berita: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran Hewan, terbaik ke 2 – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik; terbaik ke 3 – Fakultas Teknik

Kategori IX – Media Online dengan publikasi berita UNUD terbanyak: pertama – Bali Ekbiz; ke 2 – Pena Bali; ke 3 – Bali Viral News.

Disamping penyerahan hadiah sesuai kategori diatas, panitia juga menyediakan door prize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Setidaaknya ada 5 pewarta yang turut ambil bagian.

Acara ditutup dengan foto bersama yang diikuti oleh seluruh tamu undangan dan panitia Media Gathering.(SN)

Continue Reading

Daerah

Penandatanganan MoU  Magang di Java Lotus Hotel

Published

on

By

Penandatanganan MoU magang di Java Lotus Hotel

GatraDewata.Com, Jember – Bertempat di Asoka Dahlia Meeting Room Java Lotus Hotel dilaksanakan penandatanganan naskah kerjasama (MoU ) praktik kerja lapangan (PKL/ magang) anak didik dari Sekolah Menengah Atas Kejuruan (SMK), FISIP Universitas Jember dan Lembaga Pendidikan Bahasa Asing LKP English One Banyuwangi di lingkungan menejemen Java Lotus Hotel.

Penandatangan dilakukan oleh General Manager Java Lotus Hotel dan perwakilan dari :

– SMK Negeri 3 Jember

– SMK Swasta Puger

– SMK Negeri 1 Panji Situbondo

– Universitas Jember dari Prodi UPW – FISIP Unej

– LKP English One Banyuwangi.

Penandatanganan MoU pada Rabu, 21 Desember dihadiri tamu kehormatan yang berkenan memberikan dukungan dan sekapur sirih. Mereka adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Harry Agustriono, ATD, MT dan dari PHRI BPC Jember yaitu Teguh Soeprajitno , Ktua  dan Sekretaris Dwi Taufik Wahyu.

Penandatanganan MoU magang di Java Lotus Hotel dihadiri beberapa perwakilan sekolah setempat

Menurut GM Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono V, kerjasama dilakukan merupakan tindak lanjut program PKL/magang yang sudah dilaksanakan di Java Lotus Hotel. Dan sebagai salah satu upaya menejemen Java Lotus Hotel mendukung program Sekolah dan Kampus Merdeka —dengan kurikulum merdekanya—  pemerintah Indonesia. Serta meningkatkan sinergitas industri jasa kepariwisataan dengan lembaga pendidikan yang memiliki program linier hospitality.

 “Berharap sinergitas dunia pendidikan dan dunia usaha ini berkelanjutan dan mampu mencetak anak didik berkarakter kuat, berprinsip,memiliki skill, dan siap untuk bekerja,” tegas Jeffrey. 

Pada kesempatan tersebut, Java Lotus Hotel mempresentasikan fungsi tugas masing- masing departmen dalam sebuah menejemen hotel. Dengan harapan ada kesamaan pemahaman antara menejemen hotel dengan pihak lembaga pendidikan yang menempatkan anak didiknya sebagai peserta PKL/magang di Java Lotus Hotel.

Selain memapaparkan fungsi-tugas departemen dalam sebuah menejemen hotel, menejemen memberi kesempatan kepada alumni peserta PKL/magang  untuk berbagi pengalaman magang di Java Lotus Hotel. ***

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku