Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Sapa Warga yang Memadati Silang Monas

Published

on



Presiden Joko Widodo tiba-tiba keluar menemui masyarakat yang berkumpul di halaman kompleks Istana Kepresidenan saat rangkaian open house Idulfitri 1440 H berlangsung. Presiden tampak keluar dari Istana Negara bersama dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Silaturahmi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, yang dihadiri oleh masyarakat dan para pejabat negara, sedianya diagendakan berakhir pukul 11.00 WIB. Namun, hingga waktu tersebut, antrean masyarakat masih memenuhi area tunggu di kompleks Istana Kepresidenan. Bahkan, masyarakat masih memadati kawasan Silang Monas yang merupakan titik awal antrean.

Suasana area tunggu di seberang Istana Negara yang mulanya tenang akhirnya berubah riuh ramai saat melihat Presiden mendekat ke arah mereka. Presiden tampak menyalami sejumlah tamu yang sebenarnya masih menunggu giliran mereka untuk bersilaturahmi dengan Presiden dan Ibu Iriana. Masyarakat pun berhamburan dan berebut untuk berjabat tangan dan foto bersama.

Selanjutnya, Presiden menghampiri area tunggu yang berada di seberang gedung utama Kementerian Sekretariat Negara. Di sana, Presiden juga menyalami masyarakat yang hadir dan terkadang berfoto bersama.

“Terima kasih Pak sudah keluar. Kami ini sudah menunggu lama,” ujar salah seorang warga yang terhibur dengan kehadiran Presiden di tengah mereka.

“Pak Jokowi, selamat Lebaran Pak,” teriak warga lainnya bersahutan.

Dari halaman Kementerian Sekretariat Negara, Presiden bergerak menuju kawasan Silang Monas di mana lebih banyak lagi masyarakat yang sedang menunggu antrean.

Setibanya di sekitar Silang Monas, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf bagi ratusan atau bahkan ribuan masyarakat yang masih memadati area tersebut. Banyaknya masyarakat yang hadir membuat dirinya tak dapat melayani satu per satu permintaan warga untuk bertemu dan berfoto bersama.

“Saya mohon maaf, karena yang di Istana yang antre juga masih banyak, yang di sini jauh lebih banyak, sehingga saya lebih baik datang ke sini,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden mengatakan, setelah acara ini, dirinya masih harus bertolak menuju Solo untuk pulang ke kampung halaman menemui keluarga besarnya. Kepala Negara menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme masyarakat yang hadir bahkan sedari pagi untuk bertemu dengannya.

“Sebentar lagi saya juga harus pulang kampung. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu sekalian yang sudah rela berada di sini. Sekali lagi, saya mohon maaf, saya tidak bisa foto satu per satu,” tuturnya.

Sebelum bertolak kembali ke Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk berfoto bersama-sama seluruh masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

Jakarta, 5 Juni 2019
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin


Advertisement

Daerah

YBBI Gelar Pengobatan Gratis di Padangsambian

Published

on

By

I Nyoman Sujantara (Mangku Endong) selaku ketua Sabha Kerta Desa Adat Padangsambian

GatraDewata.Com, Denpasar – Yayasan Usadha Belog Bali Indonesia menggelar pengobatan gratis untuk pertamakalinya di wilayah Padangsambian, Denpasar Barat, Sabtu (28/1), disponsori oleh Jro Made Wati.Beliau merupakan salah satu pengawas di yayasan pusat, disamping juga sebagai Supermart Minyak Belog di kecamatan Denpasa Barat. Acara tersebut  berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 13.00 wita. Gerakan mulia dalam bentuk pengobatan tradisional ini mendapat dukungan dari I Nyoman Sujantara (Mangku Endong) selaku ketua Sabha Kerta Desa Adat Padangsambian.

Sebagian dari mereka tampak menikmati pijatan Pangusada, sebagian lainnya ada yang menjerit kesakitan. Menurut  mereka yang kesakitan merupakan pasien niskala (sakit non medis).

Jro Mangku Goris

Kadek Yasa, akrab dipanggil Jro Mangku Goris, selaku Ketua Yayasan Belog Bali Indonesia cabang Denpasar mengakui jika antusiasme masyarakat setempat sangat tinggi. “Jumlah pasien yang hadir sejak pagi mencapai ratusan orang. Mereka datang silih berganti dan ditangani oleh <span;>30an Pangusada (praktisi pengobatan tradisional Bali),” ujarnya.

Beliau menambahkan jika acara hari ini merupakan yang pertamakalinya, dan berharap untuk menggelar acara serupa secara rutin kedepannya. “Desa Padangsambian memiliki 14 Banjar disini dan nantinya kami akan gelar pengobatan gratis di masing – masing Banjar tersebut,” tambahnya.

Diantara puluhan pangusada yang sibuk menangani pasiennya masing- masing,  tampak Ketua (Pusat) Yayasan Bali Belog Indonesia, drh. Made Harimbawa (Mangku Belog), turut memberikan pelayanan. Salah satu pasien perempuan yang beliau tangani saat itu merupakan pasien niskala (sakit non medis). Ia menjerit kesakitan ketika menjalani prosesi pengobatan.

Jro Mangku Belog (rambut panjang)

Mangku Belog memaparkan kiprahnya saat mulai merintis yayasan yang diembannya sejak 2017. Tujuan beliau tidak lain untuk membantu pengobatan bagi para pasien diluar non medis. Sebagaimana makna Belog dalam hal ini yaitu berpikir logis, misalnya sakit medis harus diselesaikan secara medis, dan niskala ditangani secara niskala. Dan, yang terpe.ting baginya adalah pengobatan yang diberikan tidak dipungut bayaran. “Saya tegaskan kepada seluruh Pabgusada untuk tidak memungut biaya sepeserpun. Kami melakukan ini untuk ngayah (berbakti) karena ingin berkontribusi dengan kehidupan. Pengobatan inilah yang bisa kami persembahkan,” paparnya rinci.

Beliau juga merupakan peracik minyak yang hingga kini digunakn sebagai sarana pengobatan: Minyak Belog. Minyak ini disinyalir memiliki khasiat untuk menyembuhkan hingga 37 macam penyakit, misalnya sakit kepala, batuk, asam lambung, prostat dan lain sebagainya.

Beliau menegaskan jika Minyak Belog berbeda dengan minyak – minyak lain yang sudah duluan beredar. “Minyak kami ini untuk mengobati, sementara minyak lain kebanyakan hanya untuk pijat saja,” ungkapnya.

Jro Wati, sponsor usadha gratis di Padangsambian dan Supermart Minyak Belog di wilayah Denpasar Barat

Minyak Belog kini dikelola dan diproduksi oleh PT. Usadha Bakti Buana yang beralamat di kota Gianyar. Kemudian seluruh Pangusada dibekali minyak tersebut guna mendukung misi kebaikan dengan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Mangku Belog juga menegaskan jika pengobatan ini sesuai arahan Gubernur Koster, yaitu menggalakkan pengobatan tradisional. Beliau menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan pengobatan yang disediakannya sehingga bisa menekan pengeluaran pengobatan. “Di kami gratis dan tanpa efek samping. Tapi kalau nantinya memang sakit medis maka kamipun akan sarankan untuk ke dokter. Jenis pengobatan kami berjalan beriringan dengan dunia kedokteran,” tutupnya.

Testimoni pasien (Wayan Malini)

Di tempat terpisah, salah seorang pasien (Wayan Malini) memberikan testimoni kepada awak media, disaksikan beberapa pasien lainnya. Ia mengungkapkan sudah mengikuti pengobatan gratis beberapa kali dan telah merasakan manfaatnya. “Saya sudah mengikuti pengobatan ini beberapa kali. Dan, yang terpenting bahwa saya sudah menggunakn Minyak Belog sejak tahun lalu. Awalnya saya mengidap batuk pilek dan radang paru – paru. Kemudian teman saya merekomendasikan Minyak Belog untuk dihirup dn dioleskan. Sejak saat itu saya tidak lagi mengkonsumsi obat – obatan kimia,” terangnya.

Disamping menggunakan Minyak Belog, Made juga rutin mengkonsumsi Jamu Belog yang ia yakini mampu membuatnya tampil segar. “Saya sudah mengkonsumsi sekitar 20 botol Jamu Belog sejak Oktober tahun lalu,” tambahnya.

Made juga mengakui sudah tidak pernah lagi ke dokter sejak menggunakan produk mereka.(swn)

Continue Reading

Daerah

Rangkul Pewarta, UNUD Gelar Media Gathering & Awarding Night

Published

on

By

Rektor UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU, saat memberikan sambutan

GatraDewata.Com, Denpasar – Tim Juru Bicara Rektor Universitas Udayana (UNUD) gelar Media Gathering & Awarding Night di gedung serbaguna Hong Kong Garden, Jl. Bypass Ngurah Rai, Kesiman Kertalangu, Denpasar, pada Jumat (23/12). Acara tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada Tim Berita Unit/Fakultas dan Media Online. Disamping itu, juga untuk tujuan evaluasi serta menjalin komunikasi dengan  para awak media (online).

Tokoh – tokoh UNUD yang turut diundang di acara media gathering tersebut meliputi: para wakil Rektor, ketu SPI UNUD, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro, direktur utama RS UNUD, direktur BPU, para ketua lembaga, kepala UPT, ketua USDI, ketua Tim PINBH, Tim juru bicara Rektor, koordinator KUI, koordinator Media Udayana dan ketua serta DWP UNUD. Undangan dari media online tercatat mencapai 60 orang.

Humas UNUD Senja Pratiwi

Jubir Rektor UNUD, Senja Pratiwi, mengawali acara dengan menjelaskan runtutan acara, serta ungkapan terimakasih kepada rekan – rekan media yang sudah berkintribusi terhadap publikasi lembaga UNUD.

Pada kesempatan berikutnya Rektor UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU, dalam sambutannya menegaskan bahwa lembaganya sangat terbuka kepada media manapun, baik media kecil maupun besar. Beliau juga mengakui bahwa peran media sangat penting bagi dunia pendidikan. Untuk itu, beliau beserta jajaran kini menyediakan press room di kampus UNUD Denpasar. “Kami sudah menyiapkan sebuah ruang khusus media (press room) yang bisa bapak/ibu wartawan manfaatkan. Disana fasilitas lengkap: ada AC, printer/scanner, wi-fi, coffee/tea maker yang tentu saja ada susunya,” sambutnya bercanda.

Penyerahan sertifikat kepada para pemenang

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat apresiasi bagi seluruh awak media yang dijadwalkan hadir. Sertifikat diserahkan langsung oleh Rektor UNUD dibantu panitia.

Pengumuman pemenang Tim Berita Unit yang diikuti oleh masing – masing Fakultas dilakukan setelah makan malam usai. Adapun kategori yang dilombakan mencapai sembilan kategori. Berikut daftar dan kategori dan pemenangnya:

Kategori I – Berita Terbanyak ke kantor Juru Bicara: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran; terbaik ke 2 – Fakultas Ekonomi & Bisnis; terbaik ke 3 – Fakultas Hukum

Kategori II – Link berita terbanyak yang diangkat oleh media partner: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran; terbaik ke 2 – Fakultas Teknologi Pertanian; terbaik ke 3 – Fakultas Ekonomi & Bisnis

Kategori III – Video sosialisasi PTNBH: terbaik pertama – Kantor Urusan Internasional; terbaik ke 2 – Fakultas Hukum; terbaik ke 3 – Kantor Urusan Internasional

Kategori IV – Apreiasi kepada seluruh media online yang diundang, mencapai 60 media.

Kategori VStyle & Creativity: terbaik pertama – Bali Berkarya; terbaik ke 2 – Bali Ilu; 3rd Pancar Post

Kategori VI – Fakultas dengan pengelolaan Sosmed terbaik: terbaik pertama – RS UNUD; terbaik ke 2 – Fakultas Pariwisata; terbaik ke 3 – Fakultas Kedokteran.

Kategori VII – Website: terbaik pertama – Fakultas Kelautan dan Perikanan; terbaik ke 2 –  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat; terbaik ke 3 – Kantor Urusan Internasional

Kategori VIII – Penulisan berita: terbaik pertama – Fakultas Kedokteran Hewan, terbaik ke 2 – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik; terbaik ke 3 – Fakultas Teknik

Kategori IX – Media Online dengan publikasi berita UNUD terbanyak: pertama – Bali Ekbiz; ke 2 – Pena Bali; ke 3 – Bali Viral News.

Disamping penyerahan hadiah sesuai kategori diatas, panitia juga menyediakan door prize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Setidaaknya ada 5 pewarta yang turut ambil bagian.

Acara ditutup dengan foto bersama yang diikuti oleh seluruh tamu undangan dan panitia Media Gathering.(SN)

Continue Reading

Daerah

Penandatanganan MoU  Magang di Java Lotus Hotel

Published

on

By

Penandatanganan MoU magang di Java Lotus Hotel

GatraDewata.Com, Jember – Bertempat di Asoka Dahlia Meeting Room Java Lotus Hotel dilaksanakan penandatanganan naskah kerjasama (MoU ) praktik kerja lapangan (PKL/ magang) anak didik dari Sekolah Menengah Atas Kejuruan (SMK), FISIP Universitas Jember dan Lembaga Pendidikan Bahasa Asing LKP English One Banyuwangi di lingkungan menejemen Java Lotus Hotel.

Penandatangan dilakukan oleh General Manager Java Lotus Hotel dan perwakilan dari :

– SMK Negeri 3 Jember

– SMK Swasta Puger

– SMK Negeri 1 Panji Situbondo

– Universitas Jember dari Prodi UPW – FISIP Unej

– LKP English One Banyuwangi.

Penandatanganan MoU pada Rabu, 21 Desember dihadiri tamu kehormatan yang berkenan memberikan dukungan dan sekapur sirih. Mereka adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Harry Agustriono, ATD, MT dan dari PHRI BPC Jember yaitu Teguh Soeprajitno , Ktua  dan Sekretaris Dwi Taufik Wahyu.

Penandatanganan MoU magang di Java Lotus Hotel dihadiri beberapa perwakilan sekolah setempat

Menurut GM Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono V, kerjasama dilakukan merupakan tindak lanjut program PKL/magang yang sudah dilaksanakan di Java Lotus Hotel. Dan sebagai salah satu upaya menejemen Java Lotus Hotel mendukung program Sekolah dan Kampus Merdeka —dengan kurikulum merdekanya—  pemerintah Indonesia. Serta meningkatkan sinergitas industri jasa kepariwisataan dengan lembaga pendidikan yang memiliki program linier hospitality.

 “Berharap sinergitas dunia pendidikan dan dunia usaha ini berkelanjutan dan mampu mencetak anak didik berkarakter kuat, berprinsip,memiliki skill, dan siap untuk bekerja,” tegas Jeffrey. 

Pada kesempatan tersebut, Java Lotus Hotel mempresentasikan fungsi tugas masing- masing departmen dalam sebuah menejemen hotel. Dengan harapan ada kesamaan pemahaman antara menejemen hotel dengan pihak lembaga pendidikan yang menempatkan anak didiknya sebagai peserta PKL/magang di Java Lotus Hotel.

Selain memapaparkan fungsi-tugas departemen dalam sebuah menejemen hotel, menejemen memberi kesempatan kepada alumni peserta PKL/magang  untuk berbagi pengalaman magang di Java Lotus Hotel. ***

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku