Connect with us

Pendidikan

Pertama! FK Unud Luluskan Program Magister ke Doktor untuk Sarjana Unggul

Published

on

LULUS DOKTOR: Dr. dr. Gede Febby Pratama Kusuma, S.Ked., M.Biomed dinyatakan lulus sebagai lulusan ke- 332 Doktor Universitas Udayana dengan predikat cumlaude. (Foto: Ist)

GATRA DEWATA | BADUNG |Ujian Promosi Doktor yang dilaksanakan secara hybrid atas nama dr. Gede Febby Pratama Kusuma, S.Ked., M.Biomed dengan judul,

Pengaruh Terapi MLC901 Terhadap Kadar Neutrophil-to-Lymphocyte-Ratio, Platelet-to-Lymphocyte-Ratio, BDNF, Skor MoCA-INA, dan Barthel-Index Pasien Cedera Otak Traumatik.

Cedera otak traumatik atau traumatic brain injury (TBI) adalah salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan yang mempengaruhi jutaan orang secara global dengan beban ekonomi yang signifikan. Kegiatan itu berlangsung <span;>di ruang Prof. dr. I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah.

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan secara klinis potensi terapi MLC901 sebagai agen pelindung sistem saraf dan agen pertumbuhan sistem saraf pasca TBI dan pengaruhnya terhadap luaran klinis pasien TBI.

Hasil utama yang diperoleh dari penelitian ini adalah terapi MLC901 secara klinis terbukti dapat berperan sebagai agen pelindung sistem saraf pasca TBI dengan mencegah terjadinya peradangan sistem saraf dan cedera otak sekunder. Terapi MLC901 secara klinis juga terbukti dapat berperan sebagai agen pertumbuhan sistem saraf pasca TBI dengan meningkatkan kadar dari protein yang mampu menstimulasi proses pertumbuhan sistem saraf.

Terapi MLC901 secara klinis juga terbukti dapat meningkatkan fungsi berpikir dan fungsi kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari pasca TBI, sehingga mampu meningkatkan luaran klinis pasien TBI.

Pengembangan ilmu baru (novelty) dari penelitian ini adalah telah menghasilkan pemahaman baru secara klinis mengenai metode tatalaksana terapi MLC901 untuk mencegah cedera otak sekunder dan meningkatkan luaran klinis pasien TBI.

Penelitian ini juga menghasilkan pemahaman teori baru secara klinis mengenai mekanisme kerja dari terapi MLC901 sebagai agen pelindung sistem saraf melalui jalur pencegahan peradangan sistem saraf dengan menurunkan kadar neutrophil-to-lymphocyte-ratio (NLR) dan platelet-to-lymphocyte-ratio (PLR) pada pasien TBI, sehingga dapat mencegah cedera otak sekunder dan meningkatkan luaran klinis pasien TBI.

Implikasi hasil penelitian ini bagi praktik klinis kedokteran adalah pemberian terapi MLC901 pada kasus TBI derajat sedang yang tidak memerlukan tindakan pembedahan dapat dipertimbangkan untuk menjadi tatalaksana tetap dalam praktik kedokteran sehari-hari.

Ujian terbuka kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Prof. dr. I Made Ady Wirawan, S.Ked., MPH., Ph.D., dengan tim penguji :
1.     Prof. Dr. dr. Sri Maliawan, Sp.BS (K), FICS (Promotor)

2.     Prof. Dr. dr. Tjokorda Gde Bagus Mahadewa, M.Kes., Sp.BS(K) Spinal, FICS

(Kopromotor I)
3.     Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp.MK (K) (Kopromotor II)
4.     Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes
5.     Prof. Dr. dr. I Wayan Putu Sutirta Yasa, M.Si
6.     Dr. dr. A.A. Ayu Putri Laksmidewi, Sp.S (K)
7.     Dr. dr. Tjok Gde Agung Senapathi, Sp.An., KAR
8.    Dr .dr. Achmad Adam, M.Sc., Sp.BS
9.     Dr. drh. Hamong Suharsono, M.Kes

Sedangkan undangan akademik adalah :
1.     Dr. dr. Desak Made Wihandani, M.Kes
2.    Dr. dr. Made Ratna Saraswati, Sp.PD, KEMD., FINASIM
3.     Dr. dr. I Wayan Niryana, M.Kes., Sp.BS(K)
4.     Dr. dr. I Made Muliarta, S.Ked., M.Kes
5.     Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma, M.Sc., Sp.S(K)

Pada ujian kali ini Dr. dr. Gede Febby Pratama Kusuma, S.Ked., M.Biomed dinyatakan lulus sebagai Lulusan ke- 332 Doktor Universitas Udayana dengan predikat CUMLAUDE dan merupakan luluskan pertama mahasiswa program magister menuju doktor untuk sarjana unggul (PMDSU) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (Tim)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

Kantor Advokat INS & Rekan Gelar Perpisahan Mahasiswa PKKH Undiksha, Sunarta: Semua Berpotensi Menjadi Jaksa Atau Hakim

Published

on

Kantor advokat INS & Rekan gelar perpisahan mahasiswa PKKH universitas Undiksha

BULELENG – Di gelar acara perpisahan Mahasiswa PKKH Universitas Undiksha Singaraja di Kantor Advokat INS & Rekan, Jalan Gajah Mada Singaraja, setelah 3 (tiga) bulan mengikuti magang, Jumat (12/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, I Nyoman Sunarta, SH, selaku pimpinan Kantor Advokat INS & Rekan menyampaikan beberapa hal bagi adik – adik mahasiswa magang.

Semoga apa yang di dapatkan oleh adik -adik mahasiswa selama menjalani kegiatan magang di kantor kami dapat menjadi ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.

“Ditambahkan lagi olehnya, alasan yang tepat masuk fakultas hukum, agar menjadi individu yang mampu untuk berpikir kritis dan berpotensi menjadi Jaksa atau Hakim di masa depan.

 

“Dengan menempuh kuliah di jurusan hukum nantinya akan di ajak melihat suatu hal yang terjadi menggunakan berbagai sudut pandang atau perspektif yang ada,” pesannya kepada adik – adik mahasiswa. (Mga)

Continue Reading

Pendidikan

Program Pertanian Tanaman Hidroponik dengan Screen House di Kota Depok

Published

on

Penulis :  Adelaide Rizqy Ellionnas Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Semester 5

 

Depok – Dalam rangka meningkatkan budidaya pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kota Depok. Sekaligus menyambut program Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam rangka pengembangan pertanian hydra screen house, maka Pemerintah Kota Depok sepakat mengadakan program pertanian tanaman hydra screen house yang terfokus terhadap tanaman cabai dan bawang merah.

Program tersebut sudah mulai berjalan di tanggal 01 September 2022 sampai nanti di pertengahan Oktober mendatang. Pemerintah Kota Depok dan Bank Indonesia menunjuk kelompok KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kecamatan Limo untuk menjalankan program pertanian hydra screen house yang bertempat di Jalan Irigasi RT.04 RW.08 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Dalam program ini tentunya banyak sekali kegiatan yang dilakukan, salah satunya seperti melakukan tender pembangunan screen house diawal dengan menggunakan sistem lelang.
Banyak vendor yang mengajukan untuk menjalankan program ini, seperti CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, CV Wisesa Tunas Bumi dan CV Usaha Kreasi Madani. Setelah melakukan proses yang cukup panjang, Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat akhirnya menunjuk CV Hidroponik Kita Tani Mandiri sebagai vendor pelaksana program pembangunan screen house.

Untuk saat ini program tersebut masih dalam pengerjaan pabrikasi untuk bangunan screen house yang akan digunakan untuk menanam nantinya. Proses tersebut memakan waktu 2 bulan dan akan dilanjutkan dengan penanaman dalam jangka waktu 3 bulan. Melihat hal tersebut, bisa diperkirakan bahwa penanaman akan mulai dilaksanakan awal November mendatang.

Pertanian dengan sistem hidroponik seperti ini tentu akan memakan biaya yang cukup besar karena harus disertai dengan screen house yang dimana mempunyai struktur bangunan yang dapat melindungi tanaman dari gangguan hama, penyakit dan terpaan angin yang berlebih. Berbeda dengan budidaya tanaman secara konvensional yakni kegiatan penanamannya tidak menggunakan pelindung atau screen house dan biaya yang dikeluarkan tentu lebih murah. (Tim)

Continue Reading

Pendidikan

Rektor Unud Prof. Gde Antara Terima Audensi Pengurus Ikayana

Published

on

By

Audensi dengan Rektor Unud

GATRA DEWATA | BALI | Pengurus Pengurus Ikatan Alumni Universitas Udayana (Ikayana) melakukan audensi yang ditemui langsung oleh Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof I Nyoman Gde Antara didampingi wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (10/1/2022).

Disana Rektor juga mengapresiasi pertemuan dengan Pengurus Ikayana yang dalam waktu dekat melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan akan menggelar pertemuan dengan Ikayana dalam rangka restrukturisasi agar komunikasi antara Universitas selaku institusi dengan alumni melalui Ikayana berjalan dengan baik.

Ikayana diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Universitas dan diharapkan  dapat bekerja sama untuk memajukan institusi.

Pengurus Ikayana juga mengapresiasi pertemuan sekaligus ajang silaturahmi ini. Disampaikan juga sampai saat ini masih banyak alumni yang belum teregistrasi di Ikayana.

Dalam diskusi diharapkan keberadaan Ikayana dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi. Di samping itu Ikayana juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemberian beasiswa dan pelaksanaan tracer study. (Tim)

Sumber: Unud.ac.id

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku