Connect with us

Daerah

Peringati Hari Jadi Polwan ke -73, Harapan Kapolres Buleleng ‘Simple’

Published

on


GatraDewata[Singaraja] – Sejarah terbentuknya Polwan (Polisi Wanita) di Indonesia mulai sejak tanggal 1 September 1948. Pada saat itu pemerintah Indonesia sedang berjuang menghadapi agresi militer II Belanda. Selanjutnya, pemerintah menunjuk Sekolah Polisi Negara di Bukittinggi, Sumatra Barat, untuk mulai merekrut Polisi Wanita dan membuka Pendidikan inspektur polisi bagi kaun wanita. Sejak saat itu Polwan menjadi bagian dari Kepolisian Republik Indonesia.

Tujuan dibentuknya Polwan dimulai dengan kebutuhan untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap korban, tersangka, maupun saksi wanita pada tahun 1948 dan selanjutnya Polwan ikut berjuang dalam revolusi perjuangan.

Hari jadi Polwan yang  ke 73 Polwan Republik Indonesia, yang jatuh pada hari ini, Rabu tanggal 1 September 2021, mengambil tema, “ Transformasi Polri Yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid 19 Untuk Masyarakat Sehat Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”, dan perayaan hari Jadi Polwan dilakukan dengan virtual langsung dari Mabes Polri,  Rabu (1/9/2021) sore, di Gedung Ananta Wijaya Polres Buleleng.  Kapolres Buleleng menyampaikan: “Jadilah Srikandi Polri Dan Esti Bakti Warapsari Saat Hari Jadi Polwan di Polres Buleleng.”

Hadir juga dalam acara virtual tersebut yaitu, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.I.K.,S.H.,M.Si., bersama dengan Ketua Bhayangkari cabang Buleleng Nyonya Arda Andrian, Waka Polres Buleleng KOMPOL Yusak Agustinus Sooai, S.I.K., bersama wakil Ketua Bhayangkari cabang Buleleng Nyonya Faradhifa Yusak, serta 18 Polwan Polres Buleleng.

Hari jadi Polwan di Polres Buleleng diperingati dengan sangat sederhana: hanya tumpengan. Kemudian, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Buleleng didampingi Ketua Bhayangkari cabang Buleleng.

Pemotongan tumpeng oleh Kapolres Buleleng diberikan kepada Polwan tertua AKP Sumedani, sedangkan pemotongan tumpeng dari Ketua Bhayangkari Cabang Buleleng diberikan kepada Polwan termuda BRIPTU Rosita Dewi.

Kapolres Buleleng menyampaikan: “Selamat hari jadi Polwan yang ke 73, diharapkan kepada Polwan Polres Buleleng yang memiliki karakter yang humanis agar selalu eksis dalam pelaksanaan tugas, jangan berbuat yang aneh-aneh dijaman tehknologi  sekarang ini, karena setiap kegiatan individu selalu berdampak kepada institusi. Silahkan isi kegiatan yang positif karena setiap kegiatan akan menimbulkan konsekwensi bagi diri sendiri yang berpengaruh kepada institusi Polri,” cetusnya.

“Terus berperan aktif dan memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat, institusi dan keluarga. Libatkan diri dalam penanganan Covid 19 agar masyarakat kembali dapat melakukan aktifitas memasuki masa endemi,” imbuhnya.

“Kehadiran Polwan dalam institusi Polri memberikan warna baru dan jadilah srikandi srikandi Polri dan Esti Bakti Warapsari,” tegasnya.(Mga)


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Diduga Polisi Melakukan Pembiaran Praktik Tambang Ilegal di Pulau Rote

Published

on

Jusuf Adoe. Kadis ESDM Propinsi Nusa Tenggara Timur. NTT.

NTT Rote Ndao — Praktek ilegal tambang pasir dan penambangan galian c marak terjadi di wilayah Kabupaten Rote Ndao akhir-akhir ini.

Praktik penambangan ilegal ini sudah berlangsung lama dan dilakukan secara terbuka oleh Oknum Oknum Tertentu .

Redaksi ini mencoba melakukan penelusuran terkait aksi kegiatan tambang pasir yang dilakukan apakah memiliki izin atau tidak. Ternyata tambang pasir ilegal dan penambangan galian c di kabupaten Rote Ndao belum memiliki ijin OP.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Mineral (ESDM) Provinsi NTT, Yusuf Adoe, dikonfirmasi Media ini , 27 Januari 2023
Mengatakan di Kabupaten Rote Ndao, semua perusahaan tambang pasir dan galian C tidak memiliki Ijin OP, walau ada masih sebatas ijin eksplorasi saja sehingga tidak boleh beraktifitas,jika ada yang melakukan kegiatan polisi harus menertibkan dan bertindak sesuai dengan pasal 160.

” Ditahun 2022 untuk Tambang pasir dan galian c di kabupaten Rote Ndao itu semua nya belum memiliki ijin OP, mereka memiliki ijin Explorasi maka mereka yang masih melakukan kegiatan tambang atau galian C maka harus di kenakan pidana sesuai pasal 160″ jelasnnya.

Kata Yusuf, saat ditanya media ini pihaknya memiliki kewenangan penerbitan ia menolak, menurutnya urusan /atau yang pantas urus kasus tambang ilegal dan galian c itu adalah pihak kepolisian yaitu Polres Rote Ndao, maka polisi harus segera melakukan tindakan hukum sesuai pasal 160 .

” Kalau tanya saya , saya bukan polisi saya hanya membantu mengurus Admitrasi saja untuk urus ijin IUP OP, tetapi jika sampai saat ini masih ada mereka yang melakukan tambang di kabupaten Rote Ndao belum ada ijin OP, yang ada itu hanya ijin Exsprorasi saja, maka polisi segera bertindak, kepada oknum oknum yang bermain tambang dan menjual, karena setau dirinya di kabupaten Rote Ndao belum ada yang mengurus ijin OP di kabupaten Rote Ndao,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ada yang klaim dimedia bahwa ada ijin resmi , itu tidak benar,

” jika mereka katakan ijin resmi, ijin resmi yang mana, maka patut media tanyakan ke polisi polres Rote Ndao.” Tegas yusuf adoe dengan nada keras. (DH)

Continue Reading

Daerah

Kedatangan Dandim Buleleng Disambut Hangat Oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti

Published

on

Danramil 1609 -02/Kubutambahan dampingi Dandim 1609- Buleleng silaturahmi ke PT.Bibu Panji Sakti

BULELENG – Bertempat di Kantor PT.Bibu Panji Sakti Jalan Raya Kubutambahan – Air Sanih tepatnya di Banjar Dinas Tukad Ampel Desa Kubutambahan Kabupaten Buleleng, telah berlangsung kegiatan pertemuan dan silaturahmi, Minggu (29/1/2023).


Pertemuan dan silaturahmi Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh S.Sos.M.I. Pol beserta Staff diterima langsung oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmiko.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Komisaris Utama PT Bibu Panji Sakti, Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Sutarman, Direktur PT Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmoko, beserta staf, Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh. Tamaji S.Sos. MI.Pol, Pjs Danramil 1609 – 02/Kubutambahan Letda inf Made Arsa, Kapolsek Kubutambahan AKP Ketut Suparta,S.H,M.H, Babinsa Kubutambahan Serka Gede Budiawan, Bhabinkamtibmas Desa Kubutambahan Aipda Nyoman Yudiardana.

Tujuan silaturahmi Dandim 1609 /Buleleng Letkol Arh Tamaji S.Sos.M.I.Pol yang didampingi Pjs Danramil 1609-02/ Kubutambahan Letda Inf I Made Arsa ke PT.Bibu Panji Sakti dalam rangka menjalin silaturahmi.

Dalam kesempatan itu Direktur PT.Bibu Panji Sakti menyampaiakan terimakasih kepada Dandim 1609/Buleleng beserta Kapolsek Kubutambahan yang telah berkunjung ke Kantor PT. Bibu Panji Sakti, berharap semoga dengan pertemuan ataupun acara silaturahmi ini akan selalu bisa membuat hubungan tali persaudaraan yang kuat,” ucap Direktur PT. Bibu Panji Sakti. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Babinsa Koramil Rutin Komsos Dengan Elemen Masyarakat

Published

on

Babinsa Banyuseri Koramil 1609-06/Banjar Kodim 1609/Buleleng rutin komsos dengan lapisan elemen masyarakat

BULELENG – Babinsa Koramil 06/Banjar Serda Gede Ari Suadnyana melaksanakan Komunikasi Sosial anjangsana dengan warga binaannya di Desa Banyuseri Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Senin (29/01/2023).

Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana mengatakan, kegiatan anjangsana dan komunikasi sosial yang dilakukan secara rutin untuk membina hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat.

”Kegiatan komsos juga kita lakukan dengan sesama aparat TNI/Polri dan juga aparat pemerintah sehingga tercipta kerjasama yang baik guna mendukung tugas pokok di wilayah dalam pembinaan teritorial,”ungkap Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana.

Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana mengajak kepada warga dan keluarganya untuk selalu menjaga kesehatan dimana saat ini memasuki musim penghujan, dan selalu mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah.

Dimana saat ini cuaca sangat tidak menentu siang dan malam hari hujan dengan angin kencang oleh karena kita harus menjaga kesehatan dan lingkungan kita tetap bersih sehingga kita tidak mudah di serang berbagai penyakit.Kata serda Gd Ari suadnyana

Selain itu serda Gede Ari Suadnyana mengajak warga binaan harus bisa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya dalam hal ini apabila ada suatu permasalahan di kampung segera melapor kepada Babinkamtibmas dan Babinsa agar permasalahannya segera terselesaikan dengan baik dan kekeluargaan,”pungkasnya. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku