Connect with us

Pariwisata dan Budaya

Pengembangan Siswa Melalui Pendidikan STEM Camp.

Published

on


GATRADEWATA.COM||Selasa, 29 April 2019.

Kintamani-Bali. Jumlah yang cukup besar hampir Setara 1 Batalyon serdadu dengan jumlah 650 orang siswa siswi kelas 10 dan 11, yang merupakan bagian dari Lighthouse School Program (LSP), SMAN 1 Kintamani Mengikuti Kegiatan kemah STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics)
yang bertujuan mengembangkan kapasitas siswa dalam meningkatkan kualifikasi STEM, English dan Karakter, pada tanggal 28 April 2019.

Kemah merupakan salah satu pendekatan pendidikan untuk mengembangkan daya cakap berpikir secara ilmiah yang dapat pula sebagai pendidikan dalam mengembangkan karakter yang baik bagi putra putri kebanggaan bangsa ini. Sebagai putra dan putri harapan bangsa menuju persaingan global yang semakin hari semakin ketat, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan penguasaan Bahasa Inggris serta pengembangan karakter melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna, agar mereka bisa kelak bersaing dalam jaman globalisasi nanti kedepannya.

SMAN 1 Kintamani sebagai sekolah yang mendapatkan program LSP ( Lighthouse School Program ) dari Grup Usaha Tegas Malaysia, untuk memajukan kualitas pendidikan dalam Program Pengembangan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bangli. Inisiatif ini disambut baik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali sebagai penanggung jawab jenjang pendidikan menengah atas dan PSF-School Development Outreach (PSF-SDO) yang merupakan bagian dari Sampoerna University, sebagai perancang dan pelaksana program.

Disini dijelaskan bahwa Lighthouse School Program adalah program peningkatan kualitas sekolah melalui pendekatan yang intensif, komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel yang didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) serta Bahasa Inggris. Melalui LSP, guru dan tim manajemen sekolah didorong untuk menerapkan praktik terbaik dalam pembelajaran setara internasional. Untuk dapat menghadapi jaman yang tidak lagi mudah.

Temukan potensi diri, kembangkan karakter, dan berpikir ilmiah menuju generasi emas yang potensial” merupakan tema yang diusung dalam program pendidikan kemah ini. Kegiatan ini merupakan aktivitas di luar ruangan yang dilakukan dengan konsep perkemahan dimana siswa secara mandiri mengelola keperluan pribadi dan kelompok.

Seperti yang sudah disinggung tulisan diatas, “Tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara ilmiah yang dapat menunjang program LSP, mengembangkan keterampilan Bahasa Inggris yang dapat dijadikan kebiasaan dalam berkomunikasi di sekolah serta memberikan inspirasi kepada siswa untuk proaktif dan optimis dalam berprestasi,” ujar I Ketut Ada, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Kintamani.

Kegiatan yang dapat menunjang keterampilan siswa dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris juga dapat dikembangkan dan langsung dipraktekkan di lapangan. Kegiatan ini pun menggunakan tema “English is Fun”, di mana siswa mendapatkan tips berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan mempraktekkannya selama mengikuti STEM CAMP ini serta mereka juga mengikuti kompetisi yang dapat memancing mereka untuk lebih aktif dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, yang dewasa ini merupakan bahasa pergaulan secara Internasional.

Kegiatan lainnya yang menarik adalah Simple Science Competition, yaitu kompetisi berupa serangkaian kerja kelompok yang menantang siswa untuk berpikir logis melalui studi kasus atau eksperimen sederhana tentang science. Disini pengembangan nalar berpikir yang menggunakan logika-logika sederhana yang nantinya dapat menjadi bekal dalam pengembangan karakter bagi semua siswa yang hadir dalam kegiatan yang bagus ini.

Gusman Yahya, selaku Direktur PSF- SDO, mengatakan bahwa “kami berharap dengan kegiatan STEM CAMP ini siswa-siswi SMAN 1 Kintamani dapat memaksimalkan potensi diri dalam merencanakan masa depan, berpikir secara ilmiah serta berkarakter posistif agar rasa tanggung jawab, kemandirian, dan rasa percaya diri siswa bisa lebih berkembang. (Ray)

Sekilas tentang Sampoerna University

Sampoerna University merupakan institusi pendidikan tinggi yang menawarkan gelar pendidikan terakreditasi dari Universitas ternama di Amerika Serikat. Melalui 3 fakultas yang dimilikinya, yaitu Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Pendidikan. Sampoerna University berupaya memberikan solusi dan menjawab kebutuhan industri terkait sumber daya manusia berkualitas, baik di Indonesia maupun dunia. Tekad Sampoerna University untuk memberikan akses pendidikan internasional, didasari pada optimisme yang tinggi terhadap potensi unik dan talenta generasi muda Indonesia.
Sebagai bagian dari Sampoerna University, divisi School Development Outreach (SDSO) merupakan penyedia layanan pendidikan yang bertujuan meningkatkan mutu sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia agar dapat bersaing secara global. School Development Outreach menjalankan serangkaian program komprehensif dan berkesinambungan yang bertujuan untuk Pengembangan Sekolah bermutu melalui Lighthouse School Program dan Peningkatan Kualitas Pendidik melalui Program Pengembangan Pusat Belajar Guru (Teachers Learning Centre)

PSF-SDO School Development Outreach telah menyediakan pelatihan ekstensif ke lebih dari 85,000 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah. Melibatkan diri dalam peningkatan kualitas pendidikan di 723 sekolah dan 40 madrasah, serta membangun 7 Pusat Belajar Guru di berbagai lokasi di Indonesia. ( RAY)


Continue Reading
Advertisement

Daerah

X2 Bali Breakers Resort – Tempat Seru Baru di Balangan Bali, Indonesia

Published

on

BHMA, operator jaringan manegemen internasional asal Asia Tenggara dengan bangga membuka Bendera Baru Resort “X2” atau dibaca “Cross To”di Balangan, Bali – Resort mewah bertemakan Ombak Selancar jadi perhatian komunitas “Surfing” dan pasar lintas generasi yang menghargai kemewahan disain dan kenyamanan dengan harga terjangkau.

X2 dikenal sebagai merek dengan reputasi gaya dan elegansi yang unik, dipercaya karena apik merangkum komitmen lintasan konsep kekinian. Propertinya yang pertama didirikan di Kui Buri, Thailand pada tahun 2007. Sepuluh tahun kemudian dengan hampir 30 properti yang tersebar di Asia, perusahaan yang kini sepenuhnya dimiliki oleh “The Flight Centre Travel Group” ini akan membuka X2 Resort pertamanya di Indonesia di Pulau Bali.
General Manager resor ini adalah Barry Doesburg mengatakan, “Dengan kehadiran X2 Bali Breakers Resort di Balangan – crossing oceans to be with you – melintasi lautan untuk hadir disini, sebagai ikonik tempat bersantai dan bersantap baru di Bali – Point-Break restaurant bisa dijadikan tempat tujuan akhir pekan”.
X2 Bali Breakers Resort menawarkan villa dengan konsep interior ultra-chic dan fasilitas lengkap dengan layanan personal kolam berenang di setiap villa. Semua dirancang cakap selaras dengan lingkungan – komitmen untuk misi berkelanjutan dengan pengunaan air, keasrian lingkungan, tetap menjaga alam dan laut.

Point-Break mempersembahkan suasana kekinian dengan Kuliner, musik, cocktail dengan harga terjangkau. Menikmati tata boga yang disiapkan khusus oleh Chef Eksekutif Bali, Komang Wirta jadi momen tak terlupakan – di tambah rangkaian signature cocktail di kolam renang dari bartender muda berbakat.

Epic Chapel -Tempat keren untuk pemberkatan menikah di Epic Chapel – inspirasi langit-langit gereja katedral, didedikasikan untuk calon pengantin modern.

informasi lebih lanjut:
X2 Bali Breakers Resort
Jalan Pantai Balangan no. 10, Balangan, Jimbaran, Bali, Badung, Bali 80363
Telepon: +62 (0) 361 620 1000
Email: stay@X2balibreakers.com
Situs web: www.X2balibreakers.com

Continue Reading

Daerah

Acara BBTF Kembali Tampil Menguatkan Kerjasama Pariwisata Bali dan Indonesia

Published

on

Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) yang ke-6 kembali digelar tahun ini pada Rabu, 26 Juni – Jumat, 28 Juni 2019 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Journey to Sustainable Tourism
jadi tema utama ajang 6th BBTF 2019, merupakan acara yang memukau bagi setiap pengunjung maupun siapa yang terlibat didalamnya, karena design yang dibentuk adalah untuk menjaga hubungan baik antara negara-negara yang mendukung pariwisata. Bagi kita adalah mendukung baik keberadaan Pariwisata Bali, produk Bali dan Indonesia pada umumnya untuk keberlangsungan pariwisata dan produk-produk yang bersentuhan dengan keadaannya.

Acara tahunan bertaraf international ini diselenggarakan oleh Bali Chapter of the Indonesian Association of Travel Agents (ASITA-Bali) serta didukung oleh berbagai stakeholders sebagai ajang pertemuan bisnis ke bisnis dalam industri pariwisata nasional dan internasional yang menjadi detak jantung destinasi wisata – terutama Bali dan Indonesia secara keseluruhan. Tahun ini, sebagai respon atas keperdulian pada lingkungan dan arahan pemerintah daerah maka dianggkat tema “Journey to Sustainable Tourism” atau “Perjalanan Menuju Pariwisata Berkelanjutan” yang mencerminkan keterlibatan industri pariwisata Indonesia untuk melestarikan dan melindungi budaya berciri khas dan lingkungan alamnya sebagai tanggung jawab besama.

Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) kembali menjadi pendukung dan tempat penyelenggaraan BBTF tahun ini. Berlokasi di Kompleks Nusa Dua yang dioperasikan secara professional oleh salah satu BUMN, Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) juga dikenal sebagai destinasi berkelas bagi sekitar 5.000 kamar hotel-hotel berbintang; serta berbagai tempat makan, belanja, dan hiburan; dan lapangan golf untuk kejuaraan 18-hole golf-course yang keseluruhannya tersebar di sepanjang pantai berpasir putih bersih.
Seperti kesuksesan acara tahun lalu, BBTF 2019 ditargetkan mampu menarik lebih dari 200 sellers baik dari Bali, Indonesia secara keseluruhan maupun dari luar negri. Diharapkan pula sekitar 300 buyers telah turut mendaftar dimana tercatat 250 buyers dari 52 negara telah terdaftar menjelang 2 bulan sebelum BBTF 2019 dimulai. Buyers tahun ini paling banyak berasal dari Eropa, terutama dari Inggris, diikuti oleh Perancis, Belanda, Italia, Jerman dan Eropa Timur seperti Bulgari, Estonia, Polandia dan Rusia.
Buyers yang memenuhi syarat diberikan insentif yang mencakup harga tiket pesawat bersubsidi, akomodasi, perjamuan dan penawaran harga khusus pada serangkaian perjalanan pre and post fair familiarization di Bali dan tujuan wisata lainnya selain tempat liburan popular di Indonesia.
Mencatat pencapaian transaksi BBTF tahun lalu, acara ini dimaksudkan untuk benar-benar dapat mempromosikan “Bali and Beyond” dengan destinasi, provinsi Indonesia, dan produk perjalanan dari luar Bali agar bergabung dengan acara promosi pariwisata B2B yang semakin populer.

BBTF 2019 yang ke-6 didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia yang terus bekerja bahu membahu bersama untuk mencapai target pariwisata Indonesia. Makan malam sambutan sebagai pembuka acara pada malam Rabu, 26 Juni 2019 dan ditutup dengan acara makan malam pada Jumat malam, 28 Juni 2019.

Acara ini disponsori oleh Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Garuda Wisnu Kencana (GWK), INDONOMO, dan Starbuck Coffee. Meriahkan bersama dalam menyongsong kepariwisataan yang berkesinambungan bagi kesejahteraan bersama. (Ray)

Continue Reading

Daerah

Open Sesame for X2 Bali Breakers Resort Di Balangan Jimbaran Bali.

Published

on

X2 Bali Breakers Resort membuka resortnya untuk umum tanggal 15 Mei 2019 yang terletak di Pantai Balangan yang sudah terkenal dengan peselancar pantainya.
Mewah dan dinamis kata yang bisa disematkan pada Resort ini, X2 Bali Breakers Resort merespon semangat berpetualang di Pulau Bali, sebuah destinasi liburan yang paling dicari di kepulauan Indonesia. Dengan desain yang terinspirasi oleh gaya hidup peselancar, resort bintang 5 ini sangat ideal bagi pelancong yang ingin menikmati gaya hidup aktif, dimana villa yang luas, kolam renang pribadi dan tersedia pilihan perawatan spa dapat memberikan relaksasi dan ketenangan yang anda butuhkan.

X2 Bali Breakers Resort dengan alamat Jalan Pantai Balangan No.10, Balangan, Jimbaran, Kuta Selatan 80361, Bali – Indonesia.
Berlokasi di pusat semenanjung bagian selatan Bali, X2 (dibaca cross-to) Bali Breakers dikelilingi oleh area hijau yang ideal untuk dijelajah oleh para pelancong yang gemar jogging atau bersepeda. Pantai Balangan yang legendaris dan dikenal sebagai surga para peselancar juga sangat mudah dijangkau, disamping itu anda juga dapat menemukan budaya dan pemandangan indah dari pulau ini. seperti menemukan harta karun dalam bentuk hunian yg indah.

Hampir semua villa di resort ini menawarkan kemewahan akomodasi dengan taman dan kolam renang pribadi serta area bersantai yang nyaman. Dari berbagai kegiatan MICE, retret romantis atau kumpul keluarga dan teman-teman, di resort yang indah ini, anda dapat bebas berekspresi untuk menciptakan pengalaman berlibur sesuka anda, dan mungki pernikahan anda yang unik disini. Resort ini juga menawarkan tempat menarik bagi pasangan yang ingin berbagi momen berharga mereka bersama. Bagi pasangan yang ingin merencanakan pernikahan, anda dapat merayakan momen sakral anda di Kapel megah dan unik ditengah area resort ini, selain itu anda juga dapat menikmati bulan madu atau ulang tahun dengan menginap di salah satu villa dengan kolam renang yang sudah didesign untuk kebutuhan pribadi anda dan pasangan.

Pengalaman berlibur yang luar biasa menanti anda disini. Selain kamar, anda juga dapat memuaskan hasrat makan anda di Point Break Restaurant dengan fasilitas indoor dan outdoor, Sunken Pool Bar di tepi kolam renang utama, dan stylish Hang Loose Bar. Spa terapis profesional kami juga menawarkan berbagai perawatan yang menenangkan untuk pikiran, tubuh, dan jiwa kita dalam kesibukan kegiatan anda.


Barry Doesburg selaku General Manager di tempat baru ini “Bali merupakan pilihan utama untuk kami dalam mengembangkan X2 di Indonesia, karena kami percaya bahwa keunikan, gaya standard kami dalam pelayanan di bandingkan dengan Market Bali yang sudah lama ada, Kami memiliki gaya yg unik dengan memadupadankan kemewahan dengan gaya peselancar, X2 Breakers Resort di Balangan adalah pengembangan dari Brand X2 resort yang sudah lama dengan identitas gayanya yang unik dan selalu menjembatani keunikan dilokasi yang kami punyai” ujarnya.

Dengan Staff berpengalaman juga akan memastikan bahwa anda yang berkunjung dapat merasakan pengalaman berlibur yang sangat berbeda dari yang ada di Bali. Jadi, kunjungi X2 Breakers Resort dengan kawan dan kolega anda dan rasakan pengalaman berlibur di Bali secara Unik dan menyenangkan. (Ray)

Continue Reading

Wonderful Indonesia

Ads

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam