Connect with us

Daerah

Parah! Kredibilitas KPU dan Bawaslu Bali Terancam, Kasus LPPDK “Fiktif” Dr. Somvir Segera disidang DKPP

Published

on


 

Pembina LSM FPMK Gede Suardana

GatraDewata[Singaraja] Setelah melalui proses panjang akhirnya pengaduan pembina LSM FPMK Bali, Gede Suardana, direspon pihak DKPP di Jakarta.

Dalam Pengaduan tersebut diduga KPU dan BAWASLU Bali sangat jelas turut serta meloloskan peserta pemilu yg melanggar UU pidana pemilu, UU no 7 Tahun 2017 pasal 334 dan pasal 335, yang mewajibkan melaporkan dana kampanye bagi semua peserta pemilu. Pasal 497 yang bunyinya bahwa setiap orang yg melaporkan dana kampanye secara tidak benar diancam pidana 2 tahun penjara. Ini sangat jelas kenekatan KPU dan BAWASLU Bali melawan UU.

Kepemimpinan Ketua DKPP Prof. Muhammad dipertanyakan karena ketegasan dan gerak cepat lembaga ini dalam menyikapi laporan warga prihal pelanggaran kode etik terlapor KPU dan Bawaslu Propinsi Bali sejak tgl 12 Februari 2021 sampai sekarang, belum kunjung disidangkan sehingga terkesan lembaga ini masuk angin.

Namun, menurut informasi Staff DKKP bahwa hal ini segera dilakukan klarifikasi dalam minggu ketiga April 2021.

Ketut Adi Gunawan sebagai pelapor mengaku sudah lebih dari 7 kali memperbaiki laporan dan melengkapi barang bukti atas petunjuk dari Divisi Pengaduan DKPP. Setelah semua petunjuk DKPP terpenuhi tentunya berharap kepastian sidang yang ditunggu – tunggu diharap segera terlaksana.

Gede Suardana selaku penasehat LSM FPMK forum peduli masyarakat kecil dan aktivis anti korupsi, yang bolak balik ke KPK sebagai pelapor ke Bawaslu Propinsi Bali prihal LPPDK palsu Dr. Somvir, merasa sangat berang dan kecewa akan lambannya Penanganan Kasus INI.

Saksi pelapor Gede Suardana mempertanyakan hal ini kepada wartawan media. ”Bukti Sudah Jelas, hukum yang dilanggar juga. Bagaimana mewujudkan pemilihan yang kredibel dan mendapat kepercayaan publik jika proses awal sudah diduga nggak benar?” jelasnya.

Dari informasi terkini yang berhasil di himpun tam media, jawaban dari DKPP sudah masuk laporan dan tinggal diuji materi oleh tim. Setelah itu sesuai mekanisme diadakan sidang DKPP sendiri memiliki kewenangan khusus dalam perkara pemilihan baik Legislatif ataupun Pilkada.

Dikhawatirkan di Pilkada serentak pada 2024 kasus seeupa akan ada lagi. Publik tidak mau ada kecurangan dalam pelaksanaan pemilu yang sakral dalam memilih wakil rakyat dan para pemimpin bangsa ini. Jika ini nanti benar pendapat saya ini merupakan salah satu kejahatan luar biasa model baru,” pungkasnya.

Dalam UU pemilu no.7 tahun 2017 dengan pasal 334-335 mewajibkan setiap peserta pemilu melaporkan dana kampanye tapi semua pengeluaran Somvir untuk bikin baliho, kartu suara, spesimen surat suara yg tersebar dimana-mana tidak dilaporkan. Pasal 338 menganulir keterpilihan bagi peserta pemilu yg tidak melaporkan dana kampanye (Somvir sama sekali tidak melaporkan dana kampanye).

“Dan bahwa dalam Pasal 497, setiap orang yg melaporkan dana kampanye secara tidak benar dipidana penjara 2 tahun dan denda 24 juta. Somvir sebagai peserta pemilu yang melanggar UU pemilu dan pidananya seharusnya dianulir keterpilihannya oleh KPU Propinsi Bali, dan oleh Bawaslu memproses pidana pemilu Somvir karena membuat LPPDK palsu,” beber Gede Suardana.

“Jadi Somvir  dan semua anggota KPU dan BAWASLU Bali bersama-sama berkonspirasi melawan UU pidana pemilu, dan ini sudah mendapat respon bahkan akan segera disidangkan dalam waktu dekat, setelah verifikasi dilangsungkan, ” tegasnya.(Mga)


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

TNI Membangun Pompa Hidram Atasi Kesulitan Air Bersih

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan sambut baik kunjungan kerja kasiops kasrem 163/Wira Satya tinjau dan cek pompa hidram di Desa Sekumpul

 

 

BULELENG – Kunjungan kerja Kasiops Kasrem 163/Wira Satya di Wilayah Kodim 1609 / Buleleng dalam rangka meninjau dan mengecek pompa hidram (Air Bersih) di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra disambut baik oleh Danramil 1609 – 09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana.

 

Pembangunan Pompa hidram selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel. Inf. Komang Agus  Marthana Putra, Pjs Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Made Suradnya Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana,Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah,Pegawai Dinas PU Kabupaten Buleleng Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Gejala PMK, Babinsa Koramil 04/ Tejakula Cek Kondisi Hewan Ternak

Published

on

Antisipasi gejala PMK, Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula cek kondisi ternak warga

 

BULELENG – Senin (28/11/2022) Babinsa Desa Madenan Serda I Putu Suwidana Yasa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/ Buleleng cek kondisi ternak hewan babi antisipasi wabah PMK di Desa Madenan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Babinsa temui warga yang memiliki hewan ternak Babi yang tinggal di Dusun Keduuran Desa Madenan dan cek kondisi babi tersebut bersama sama antisipasi gejala akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa sampaikan kepada pemilik hewan ternak Babi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan berkuku genap seperti Babi, kerbau, kambing, domba, sapi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah dan gajah.

Secara umum PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama seperti Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu serda putu sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Berbela Sungkawa, Danramil 06/ Banjar Beserta Anggota Melayat Kerumah Duka

Published

on

Berbela sungkawa Danramil 06/Banjar beserta anggota melayat kerumah duka

 

BULELENG – Danramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka beserta anggota melayat sekaligus mengucapkan belasungkawa ke rumah salah satu warga masyarakat Komang Maha Kunda.

Senin (28/11/2022) di rumah duka Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng almarhum meninggal karena sakit.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka menyampaikan ucapan turut berduka cita atau belasungkawa atas kepergian almarhum semoga mendapat tempat yang layak dialam sana serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

 

” Kami beserta anggota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, dumogi Amor Ring Achintya, ” ucap Danramil, seraya berdoa agar keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

 

Sementara itu dari pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan anggota yang telah berkenan hadir ke rumah duka dan turut mendoakan almarhum.

 

Sesuai rencana almarhum akan dimakamkan Besok Hari Selasa 29/11/ 2022.

 

” Kami juga mohon pada saat upacara pemakanan dapat diberikan bantuan tenaga pengamanan untuk kelancaran prosesi almarhum “, pinta pihak keluarga kepada Danramil yang menyatakan kesiapannya untuk membantu kegiatan pemakaman. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku