Connect with us

News

Muscab HIPMI BPC Tabanan Derbi Nova Disahkan Menjadi Ketum Periode 2016-2017

Published

on


TERPILIH-Mantan Ketum HIPMI BPC Tabanan AA Ngr. Aditya PS., (kanan) menyerahkan pataka ke Ketum terpilih I Nyoman Derbi Praya Nova Giri, Minggu (22/1) di Tabanan.

TERPILIH-Mantan Ketum HIPMI BPC Tabanan AA Ngr. Aditya PS., (kanan) menyerahkan pataka ke Ketum terpilih I Nyoman Derbi Praya Nova Giri, Minggu (22/1) di Tabanan.


GATRADEWATA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Badan Pengurus Cabang (BPC) Tabanan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab), Minggu (22/1) kemarin di Tabanan. Hasil muscab menetapkan, I Nyoman Derbi Praya Nova Giri terpilih secara aklamasi menjabat Ketua Umum (ketum) HIPMI BPC Tabanan periode 2016-2019 menggantikan ketum sebelumnya AA. Ngurah Aditya PS.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Derbi menyatakan, tugas yang diembannya merupakan bentuk kepercayaan rekan-rekan HIPMI yang harus dipertanggung jawabkan dengan kerja nyata. “Tugas ini tak mudah, namun karna dorongan teman-teman, astungkara saya bisa berbuat lebih,” katanya.

Derbi juga menyampaikan ke depan memegang teguh komitmen menularkan virus wirausaha di kalangan generasi muda khususnya pelajar dengan menyasar SMA/SMK dan perguruan tinggi. Sehingga, kata dia, HIPMI benar-benar memberi dampak positif dalam menciptakan wirausahawan muda. “Ke depan program kita membantu pemerintah tetap ditingkatkan. Bersama kita bisa,” ucapnya.

Sementara itu, Mantan Waketum AA. Ngurah Aditya PS., mengakui selama kepengurusannya (2013-2016) jarang melakukan ‘kulo nuwun’ dengan sesepuh atau mantan-mantan ketua HIPMI BPC Tabanan karena segudang aktivitasnya sebagai pengusaha. Namun, ia mengatakan selalu mohon restu dan mengenang pengalaman pendahulunya sebagai inspirasi. “Kami mohon maaf pada sesepuh kami,” ucapnya.

Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT), kata dia, setiap periode kepengurusan berlangsung tiga tahun. Sehingga muscab merupakan momentum regenerasi keanggotaan HIPMI. Dirinya yakin, ditangan Derbi, HIPMI DPC Tabanan semakin berjaya. Alasannya, selain kapasitas Derbi yang sudah berpengalaman, Tabanan merupakan kabupaten yang memiliki sumber daya alam paling banyak di Bali. Ia berharap selain dijuluki lumbung beras, Tabanan juga dijuluki lumbung pengusaha muda.

Tokoh muda dari Puri Aseman Kedatuan, Kerambitan ini mengajak kepengurusan BPC yang baru, supaya membangun HIPMI dengan konsep ‘fun’. Pasalnya, HIPMI bukan saja membentuk anggotanya menjadi pengusaha tapi membentuk tali kekeluargaan. Menurutnya, sinergi BPC dan BPD harus ditingkatkan lagi untuk memaksimalkan potensi-potensi di daerah, karena BPC dan BPD ibarat mata rantai yang harus menyatu. “Mungkin selama kepemimpinan saya pastilah ada kekurangan. Tapi kami telah berjuang maksimal, semua anggota punya kesibukan sendiri sebagai pengusaha, kita harus pahami itu. Di HIPMI sifat kerjanya ‘ngayah’, jadi harus ikhlas,” terang pria yang akan maju menjadi calon ketum HIPMI DPD Bali pada musyawarah daerah (musda), 13 Februari mendatang.

Lebih jauh, Gung Radit, sapaan akrabnya, mengajak calon-calon pengusaha muda untuk tidak takut bercita-cita tinggi. Terlebih di era digital, sangat memudahkan pemasaran. “Dalam bisnis komposisinya 20 persen pengetahuan yang berisi untung, rugi serta target. Namun, 80 persennya adalah seni bagaimana cara mewujudkan itu. Terpenting kuasai tiga konsep permodalan, manajemen dan marketing.
Jangan heran kalau lima orang berpengaruh di dunia usianya di bawah 30 tahun. Karena mereka memulai di usia dini. Seluruh manusia punya waktu 24 jam se hari,” ujarnya yang sukses membuat seluruh hadirin seolah terhipnotis.

Dalam kesempatan yang sama, Ketum HIPMI BPD Bali IGAA. Inda Trimafo Yuda mengucapkan terimakasih kepada mantan ketum atas kerjakerasnya mengawal HIPMI BPC Tabanan, seraya berharap Gung Radit terpilih menggantikan dirinya pada musda mendatang. Kepada Derbi, dirinya berharap mampu melahirkan inovasi-inovasi baru dengan memperkuat kolaborasi antar BPC lain di Bali. Menurutnya, BPD hanya wadah, keanggotannya tetap di BPC. “Kita adalah patriot bangsa yang mampu berkontribusi menyetor devisa negara. Itulah perjuangan kita di zaman setelah kemerdekaan,” tutupnya dalam muscab yang disertai pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari Untab, IKIP Saraswati Tabanan serta STIKES Adveita Tabanan.

 

Ngh


Advertisement

News

Tinjau Tower Turyapada, Kastawan Serukan Yel – yel

Published

on

Penulis : Dr.Eng. Ir. I Wayan Kastawan, ST., MA

Dosen di Prodi Arsitektur, FT, Universitas Udayana

BULELENG – Itulah yel-yel dari Perencana dan Manajemen Konstruksi (MK) LPPM Universitas Udayana bersama Gubernur Bali Periode 2018-2023 Bapak Dr. Ir. Wayan Koster, MM.

Kemarin sehabis keliling meninjau progress pembangunan Turyapada Tower yang menyisakan pekerjaan sebesar 2,7% dari keseluruhan 100%. Kontrak pembangunan tahap I (pertama) dari Kontraktor Pelaksana PT Hutama Karya KSO Yodya Karya akan berakhir pada tanggal 4 Juli 2024. Khusus Pembangunan Badan Tower akan selesai akhir Juni 2024.

Pembangunan Tahap II (Kedua) akan meliputi pengembangan kawasan konservasi dan wisata, jalan akses dari shorcut Singaraja-Mengwi. Pengembangan kawasan pariwisata dan pembangunan jalan akses ke lokasi selesai di tahun 2025 akhir.

Kawasan Turyapada Tower direncanakan berfungsi dan mulai beroperasi tahun 2026. Pengelolaan akan dilakukan dengan melibatkan pelaku usaha lokal profesional agar bisa memperoleh pendapatan optimal.

Wajah ceria dan sumringah terpancar dari semua yang ikut serta dalam kunjungan, kekaguman akan kemampuan Tim Perencana LPPM yang kesemuanya berasal dari Fakultas Teknik Universitas Udayana bisa menghasilkan ide kreatif bangunan Tower yang dirancang berbasis nilai-nilai kearifan lokal Bali, Sad Kerthi yang dibalut kompetensi keilmuan rekayasa teknik terapan (Socio Engineering Design) yang menembus cakrawala Ruang, Waktu dan Kondisi.

Tak cukup waktu sehari untuk menceritakan suka duka selama proses pembangunan Turyapada Tower, oleh karenanya akan ada “Museum Lini Masa Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali”.

Keseluruhan proses dimulai dari Ide Bapak Dr. Ir. Wayan Koster, MM. Gubernur Bali Periode 2018-2023 untuk mengatasi banyaknya pendirian tower telekomunikasi di gugusan pegunungan Bali yang sakral dan indah, salah satu solusi adalah mendirikan satu tower terintegrasi untuk semua. Ide kreatif jenius dari Bapak Dr. Ir. Wayan Koster, MM. merupakan satu ide brilian lompatan berpikir di luar zona pemikiran pada umumnya (Thinking Out of the Box), solusi pemikiran yang belum pernah terpikirkan sebelumnya terhadap semerawutnya pembangunan tower tidak hanya di Bali tetapi juga di seluruh Tanah Air Tercinta.

Jika dalam penelitian di dunia kampus, penelitian tersebut telah mendapatkan “Novelty”, yaitu suatu pencapaian “Inovasi” pembaruan dari bangunan berfungsi tunggal yang hanya sebagai struktur bangunan “Tower Telekomunikasi” menjadi sebuah “Tower Terpadu Multifungsi” yang mengintegrasikan berbagai fungsi tidak hanya telekomunikasi tetapi juga akan menjadi wahana penelitian, pendidikan serta pariwisata edukasi kedepannya.

Fungsi utama Tower adalah untuk jaringan telekomunikasi dan jaringan siaran televisi digital yang menjangkau 80% wilayah Buleleng, Karangasem, dan Jembrana, sehingga masyarakat di Bali Utara tidak perlu lagi memakai antena parabola. Manfaat lainnya, Kawasan Turyapada Tower akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, khususnya di Buleleng yang akan berdampak sampai Tabanan. Menyeimbangkan pembangunanan antar wilayah Bali Utara, Bali Selatan, dan Bali Tengah.

Menjadi sumber baru Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Bali, Buleleng, dan Tabanan. Menjadi wahana pengembangan IKM dan UMKM serta ekonomi kreatif dan digital.

Kehadiran “Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali” juga menggambarkan lompatan berpikir “Manusia Bali” yang menggambarkan bahwa Manusia Bali saat ini masuk dalam katagori “Manusia Kabinawa”. Manusia Berilmu Pengetahuan Serba Bisa supaya lebih mengedepankan nilai “Berbudaya” dalam kehidupan berteknologi serba canggih yang tidak tersurat dalam konsep sebelumnya Revolusi Industri 4.0 atau Society 5.0.

Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali sebagai Lompatan Berpikir Gubernur Bali Periode 2018-2023 Bapak Dr. Ir. Wayan Koster, MM. untuk mengubah ancaman dan tantangan menjadi potensi serta kekuatan Bali sehingga dapat menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dengan tetap bertanggung jawab selaras dengan lingkungan dan kehidupan socio kultural Bali. (Tim)

Semoga Pembangunan terus Berlanjut …

We❤️ Bali Movement

 

#NangunSatKerthiLokaBali

#TuryapadaTower

#KBS6.0KerthiBali

#UniversitasUdayana

#LPPMUnud

#FTUnud

#KastawanArchitectAndPartners

Continue Reading

News

Dana Penunggu Pasien Tak Kunjung Cair, Dinsos : Kita Keterbatasan Dana

Published

on

Jembrana – Program dana penunggu pasien yang dicanangkan pemerintah kabupaten Jembrana untuk kesejahteraan masyarakat menemui kendala.

Program yang dikhususkan untuk keluarga pasien sampai hari ini (10/6/2024) mendapat keluhan beberapa warga khususnya keluarga penunggu pasien. Mereka menyampaikan pengajuan sudah dilakukan dari awal januari, “pengajuan sudah sekitar lima bulan lalu tapi sampai sekarang dana tersebut tak kunjung cair, padahal penandatanganan sudah saya lakukan pada pertengahan april lalu,” ucap salah satu warga.

Siang ini senin (10/6/2024) Gatra Dewata berkesempatan langsung menemui Komala Dewi selaku sekretaris Dinas Sosial kabupaten Jembrana di kantornya, Komala mengungkapkan untuk sekarang baru mencapai pencairan bulan november dan desember karena sebelumnya mendapat kendala terkait anggaran yang ada, “Kemarin kita ada kendala terkait dana yang ada, tapi untuk saat ini kita sudah proses pencairan mulai bulan januari,” Ujar Komala Dewi.

Ditanya terkait waktu normal pencairan Komala mengungkapkan biasanya paling lama tiga bulan, “Kalau dulu dari waktu pengajuan sampai ke proses dan pencairan paling lama sekitar 3 bulan, tapi sekarang karena besaran anggaran berkurang dari sebelum sebelum covid sebesar 2 millyard tapi setelah itu turun menjadi 900 juta jadi untuk pencairan membutuhkan waktu yang sedikit lama ya karena dana yang tidak ada, kalau proses disini sudah selesai tapi masalahnya kan dana yang tidak ada, tapi masyarakat tenang saja karena nanti kita ajukan di perubahan dengan besaran 1.5 millyard kepada BPKAD,” Tambah Komala.

Continue Reading

News

Bentuk Siswa Berkarakter Dan Cerdas, SMAN 5 Denpasar Siap Mendulang Prestasi

Published

on

By

Kepala sekolah SMAN 5 Denpasar, Dra, Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos,

DENPASAR – Kenakalan siswa sekarang ini sudah semakin meresahkan itu bisa dilihat dari adanya sekelompok siswa dengan gengnya saling tantang melalui media sosial dengan membawa senjata tajam.

Ini menjadi perhatian khusus bagi sekolah, aparat penegak hukum bahkan tokoh agama sangat menyayangkan kejadian ini, dimana pendidikan ini menjadi tanggung jawab bersama baik guru di sekolah, orang tua juga masyarakat sehingga tidak saling menyalahkan.

Kepala Sekolah SMAN 5 Denpasar, Dra, Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos, mengungkapkan perlunya pendekatan hati ke hati dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Menurutnya siswa usia remaja sedang dalam proses masa mencari jati diri, saat mereka melakukan kesalahan jangan dimarahi tetapi diajak berkomunikasi apa yang menjadi masalahnya baik dirumah maupun diluar rumah.

Kondisi saat ini banyak orang tua sibuk dengan pekerjaan sehingga siswa tidak mendapat perhatian yang cukup karena siswa tidak bisa hanya diberi materi saja tetapi juga butuh dengan perhatian.

Dilain pihak, siswa juga dituntut mesti bisa menunjukkan prestasi diri sehingga membuat bangga keluarga.

Bila dirumah tidak mendapat perhatikan yang cukup maka mereka akan mencari perhatian diluar dengan kelompoknya, kalau salah langkah maka akan mudah terjerumus ke lingkungan pergaulan yang negatif.

Untuk itu menjelang masa pensiunnya ini, dirinya akan merubah visi misi SMAN 5 menjadi “Membentuk Siswa Cerdas yang Berkarakter”

“Selama ini saya mengkarakterisasi siswa dimulai dari kepala sekolah dulu baru ke semua yang terlibat dalam proses belajar di sekolah baik guru serta tenaga lainnya dan siswa,” ujarnya.

“Kami berkeinginan membangun karakter siswa yang baik dan menggali potensi kecerdasan dari anak-anak kami,” tambahnya.

Kejujuran dan disiplin harus ditanamkan kepada semua siswa tanpa mengabaikan aturan sekolah yang harus diterapkan.

Semua yang terlibat di sekolah hendaknya bisa menjaga disiplin dan kejujuran agar proses belajar bisa berjalan baik.

Guna menghindari kegiatan siswa yang tidak bermanfaat bahkan merugikan diri sendiri dengan kenakalan, sekolah juga harus menyiapkan dan memperhatikan kenyamanan fasilitas di sekolah sehingga waktu luang siswa bisa diisi dengan kegiatan positif dan bermanfaat seperti berkebun disekolah atau membaca buku diperpustakaan.

“Masalah pendidikan ke depan akan semakin komplek, kalau pendapat saya idealnya setiap sekolah ada tenaga Psikolog tamatan dari Perguruan Tinggi seperti UNUD di Bali, ini menjadi wadah bagi siswa untuk curhat, berkeluh kesah dengan berbagai permasalahnya baik di sekolah maupun dirumah,” ucapnya

Ditambahkan, di SMAN 5 sendiri sudah membuatkan tempat bagi siswa untuk mendapatkan pencerahan ajaran agama dengan tujuan membentuk karakter siswa berbudi luhur sesuai agama dari siswa masing-masing, yang diberi nama Pasraman Nuantara.

“Kata Nusantara ini mencerminkan gabungan dari berbagai agama yang ada dan diakui di Indonesia,” jelasnya.

Dengan pembangunan karakter siswa yang kuat dan ditunjang lingkungan sekolah yang sehat akan membentuk siswa yang cerdas dan berprestasi, sehingga permasalahan kenakalan siswa bisa diminimalisir. (E’Brv)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku