Connect with us

Global

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Resmi Jabat Komandan Jenderal Kopassus

Published

on


 

SIARAN PERS

Nomor : SP/030/II/2018
Tanggal : 01 FEBRUARI 2019

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Resmi Jabat Komandan Jenderal Kopassus

GATRADEWATA.COM||Jakarta, Setelah resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan Oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa di Gues House TNI-AD, Mabes TNI, Jakarta Timur, dan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019 Tertanggal 25 Januari 2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa resmi jabat Komandan Jenderal Kopassus.

Tongkat komando Korps Baret Merah, Komando Pasukan Khusus (Kopassus), telah diserahterimakan dari Mayjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, pada acara Penyerahan Satuan Kopassus yang berlangsung di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat ( 1/2/2019 ).

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa lahir di Buleleng, Bali pada 26 Juni 1967, merupakan lulusan terbaik Akademi Militer 1990 dari kecabangan Infanteri, serta menyabet penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa pernah berdinas di Batalyon Linud (Para Raider) 328/Dirgahayu Kostrad, karir ayah dua anak ini berikutnya banyak dijalani di lingkungan Korps Baret Merah, khususnya di satuan elite Kopassus, Satuan-81 Kopassus (Gultor). Tidak tanggung-tanggung, ia lama bergabung dengan Batalyon Aksi Khusus (Aksus) yang kini dinamai Batalyon 811. Di batalyon ini, ia sempat menjadi Komandan Batalyon di tahun 2006, setelah sebelumnya menamatkan Sesko TNI AD pada tahun 2004.

Usai dipercaya sebagai Danseko Pusdikpassus serta Dandenma Kopassus, ia pun meraih jabatan puncak di lingkungan Sat-81 Kopassus dengan menjadi Komandan Sat-81 Kopassus pada 2010-2012 dan meraih pangkat Kolonel. Berikutnya, I Nyoman Cantiasa dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Pusdikpassus pada tahun 2012-2013, sebelum akhirnya mengikuti pendidikan Sesko TNI pada tahun 2014.

Selesai Sesko TNI, I Nyoman Cantiasa dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Resimen Taruna Akamdemi Militer. Babak baru dalam perjalanan karirnya dimulai pada tahun 2015, setelah lebih dari dua dasawarsa karirnya banyak dihabiskan di lingkungan satuan tempur, ia menjalani karir di satuan teritorial sebagai Komandan Korem 163/Wirasatya, Kodam IX/Udayana.

Perjalanan karir berikutnya membawa I Nyoman Cantiasa meraih pangkat bingtang satu (Brigjen TNI) saat dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Korem 173/Praja Vira Braja, Kodam XVII/Cendrawasih, dilanjutkan dengan kepercayaan untuk menjabat sebagai Kasdam XVII/Cendrawasih pada tahun 2017. Berselang setahun kemudian, pangkat bintang dua (Mayjen TNI) diraihnya pada tahun 2018 saat dipilih menjadi Pati Sahli Tk.III Bid. Polkamnas Panglima TNI, sebelum akhirnya dipercaya sebagai Komandan Jenderal ke-31 Komando Pasukan Khusus.

Lama berdinas di Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa pun ‘lulus penugasan wajib’ bagi setiap personel Kopassus pada masa lalu, yakni menjalani tugas operasi di Irian Jaya (Papua), Timor-Timur dan Aceh. Bekalnya mumpuni, selain pendidikan Komando, ia juga lulus pendidikan pengembangan spesialisasi untuk Free Fall, Penanggulangan Teror (Gultor), serta Suspa Intel Analis. Tak hanya di dalam negeri, penugasan di luar negeri, seperti ke Kamboja, Jerman, Australia, Korea Selatan hingga Prancis pernah ia jalani.

Saat mempimpin Kontingen Indonesia dalam Lomba Tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-16 di Hanoi, Vietnam, ia pun sukses melanjutkan tradisi Juara Umum dengan raihan 24 medali emas, 10 perak, 9 perunggu dan 15 tropi.

Sejumlah penghargaan dan satya lencana juga diraih oleh Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, di antaranya Satyal Lencana Seroja, Satya Lencana GOM VIiI/Dharma Bahkti, Satya Lencana GOM IX/Raksaka Dharma dan Satya Lencana Dwidya Sistha. Penghargaan lain yang berhasil diraihnya adalah Karya Tulis Terbaik Pendidikan Reguler XLI Sesko TNI pada tahun 2014. Dalam karya tulis ini, ia menyampaikan gagasan untuk membentuk komando operasi gabungan pasukan elite antar matra, baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU. (INN.W)

Autentifikasi :
Penerangan Kopassus


Advertisement

Daerah

Melalui Global Summit 2022, INSIDE FLOW Kampanyekan Aktivitas Yoga Tanpa Plastik

Published

on

GatraDewata, Gianyar – Kampanye Penggunaaan produk plastik sekali pakai yang diinisiasi Komunitas Inside Flow saat perhelatan Global Summit 2022 seakan menegaskan kembali komitmen mereka dalam isu pengendalian pemanasan bumi (Global warming) melalui simbolisasi gerakan Yoga yang dinamis.

Bertempat di The Mansion Hotel and Spa Ubud yang digelar selama enam hari sejak Sabtu (12/11). Kegiatan yang berskala internasional ini bertemakan ‘Say No to Single Use Plastic in Yoga Shala’.

Beberapa sosok pegiat Yoga Inside Flow yang turut ambil bagian di event bergengsi ini diantaranya Master Young Ho Kim (Germany) selaku founder Inside Flow; Lulu Soul (Korea) sebagai instruktur profesional Inside Flow; Rubecca (Hong Kong) yang merupakan instruktur junior Inside Flow; Annisa (Germany) yang merangkap sebagai instruktur junior sekaligus pembantu Young Ho Kim; Julia Tan (Singapura) yang hadir membawakan produk Matras Yoga ramah lingkungan berlabel HEARTBEAT; pasangan suami istri Martin Elianto dan Tasya Dante (Indonesia) merupakan instruktur senior dan juga sebagai person in charges untuk Inside Flow Indonesia, dibawah pengawasan the Founder; dan Ms. Air Ping yang merupakan representatif IntaYogaBali/The Eco Bazzar, juga bertugas untuk mengkampanyekan Say No to Single Use Plastic in Yoga Hall.

Sebagaimana dipaparkan oleh Martin bahwa Inside Flow merupakan yoga jenis lain, dimana mereka menggunakan musik sebagai panduan bergerak dan bernafas, tidak menggunakan mantra – mantra. Inilah yang disinyalir membuat Inside Flow Yoga lebih populer daripada yoga-yoga lain di Indonesia. “Mengingat populasi di Indonesia mayoritas Muslim, dimana yoga menggunakan mantra kurang masuk/cocok bagi mereka. Oleh karena itu mereka lebih menyukai model Inside Flow,” terang pasangan terdebut lugas. Mereka juga menambahkan jika Inside Flow kini sudah hadir di empat lokasi di Indonesia yang meliputi Bogor, Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

Botol air yang bisa digunakan berulangkali sebagai pengganti botol plastik.

Mereka juga memaparkan awal mula kepeduliannya soal sampah plastik. Kami sering betkeliling Indonesia, termasuk Bali, dan sering melihat sampah plastik di pantai. Kami sangat prihatin dan coba menekankan untuk mengurangi sampah plastik. Salah satu caranya yaitu dengan mengurangi menggunakan botol plastik. Ini tidak hanya berlaku di Bali tapi di seluruh Indonesia,” ungkapnya bergantian.

Dilain pihak, Young yang sudah berkiprah di dunia Yoga sejak tiga tahun lalu di Indonesia, tergugah untuk membawa Bali ke arah yang lebih bersih di kemudian hari. Ia menyadari jika Inside Flow hanya seujung kuku yang tidak akan memberikan dampak signifikan dalam memerangi polusi plastik. “Kita tidak bisa mengubah dunia. Kita hanya secuil diantara pengguna plastik di dunia. Sebagai guru Yoga saya bisa memulai dengan memberikan contoh, dan kemudian menginspirasi yang lain untuk turut melakukannya. Kita bisa memulai dengan 10 orang, 50 orang, 100 orang untuk memprakarsai program ini,” paparnya lugas.

Rubecca dan Anissa bahkan meminta waktu khusus untuk menyuarakan pesan penting terkait polusi plastik ini. “Kami ingin mengajak semua orang untuk mengatakan ‘tidak’ pada penggunaan botol plastik sekali pakai, dimanapun di dunia – bukan hanya di Bali, di Yoga studio, di restoran, dimanapun, kami ingin terbebas dari plastik sehingga kita bisa menyelamatkan planet ini lebih lama lagi,” ungkapnya semangat.

Di waktu terpisah Julia hadir memperkenalkan Matras Yoga (alas khusus untuk Yoga) buatan Indonesia namun didesain di Swiss, dimana produk ini memiliki ketahanan hingga puluhan tahun. “Yoga mat dan botol air merupakan alat penting yang kita butuhkan ketika melakukan yoga. Disinilah pentingnya menggunakan produk yang bisa digunakan berulangkali sehingga bisa mengurangi sampah. Yoga mat kami merupakan produk daur ulang yang sangat kuat dan ramah lingkungan,” terang Julia sembari mengatakan jika mereka belum mematok harga jual hingga saat ini.

Global Summit 2022 kali ini disinyalir mampu mendatangkan hampir 200 peserta dari 30 negara. 30 peserta dari Korea, sekitar 5 orang dari Jerman dan sisanya merupakan akumulasi dari negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Young berharap event berikutnya pada February 2023 akan lebih akbar daripada tahun ini. (hd/sw)

Continue Reading

Global

Bantu Konsumen Kirim Paket Jumlah Besar, JNE Trucking Solusinya

Published

on

GATRA DEWATA | JAKARTA | Pengiriman yang terjangkau dan aman merupakan pilihan masyarakat pada umumnya, tentu pengiriman murah biasanya harus berjumlah besar. JNE mengeluarkan produk JNE Trucking (JTR) untuk melayani pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.

Syarat utama adalah memiliki minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg, berlaku juga untuk pengiriman motor, berlaku untuk pengiriman nasional, tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee.

Kini untuk menjawab tantangan digital, JNE JTR menambahkan fungsi dengan pembayaran digital dengan nama JNE JTR Cashless. Ini diperuntukan untuk konsumen membeli barang  dari Shopee yang memiliki bobot lebih dari 10 kg, bisa diantar dengan jenis layanan ini dengan ongkos kirim yang relatif lebih murah.

Cara untuk menggunakan layanan JTR ini adalah, Setelah selesai berbelanja di Shopee dan akan melakukan pembayaran silahkan pilih pengiriman dengan jasa JNE Reguler, Ketika akan checkout, pada isian pesan kepada pihak seller, isikan pesan jika Anda ingin menggunakan layanan pengiriman dengan JTR atau Anda bisa lebih dahulu negosiasi dengan pihak seller untuk menggunakan layanan JTR pada saat proses pengiriman barang.

Setelah deal harga dan ongkos kirim, maka biasanya akan ditambahkan harga ongkos kirim sesuai dengan berat dan harga yang ditetapkan oleh pihak JNE.

Menggunakan layanan dari JNE JTR Cashless bisa dipertimbangkan ketika anda ingin mengirim barang dengan bobot yang cukup berat.

Hal ini dikarenakan harga ongkos kirimnya yang cukup lumayan terjangkau jika dibanding dengan jasa ekspedisi laiinya, serta jaminan keselamatan barang karena sudah diasuransikan. (RA)

Continue Reading

Daerah

Jedaaar! Canelo Sukses Buat Plant ‘Tertidur’ di Ronde 11

Published

on

Photocourtesy: mmafighting.com

GatraDewata[Denpasar] – Setelah diawali dengan drama face-off yang panas, dimana keduanya saling serang saat sesi timbang badan, hasil pertarungan mereka seolah sudah ditentukan jauh hari sebelum pertarungan.

Bahkan, Canelo sempat sesumbar akan memukul KO Plant antara Ronde 7 – 9, paling lambat di Ronde 11. Dan apa yang dikatakannya menjadi kenyataan.

Meskipun ia tampak kesulitan memasuki zona pukulan telak di ronde – ronde awal, tapi Canelo tetap unggul secara angka. Situs usatoday.com memenangkan Canelo dengan skor 99-91 pada ronde 10, sebelum Plant tertidur di ronde berikutnya.

Berikut kronologi perjuangan Canelo menepati janji kepada para penggemarnya, di MGM Grand, Las Vegas, Sabtu 6 Nopember 2021.

Ronde 1
Pukulan Plant diblokir Canelo dengan sarung tangannya. Alvarez menempelkan tangan kirinya ke wajah dan memukul dengan tangan kanannya, diikuti oleh pukulan kiri. Kemudian, Canelo mendaratkan pukulan kiri dan kanan yang lebih keras ke tubuh Plant.

Ronde 2
Uppercut Plant cukup telak. Canelo membalas dengan pukulan kiri dan dua body shots (pukulan pada tubuh). Plants terus melancarkan jab – jabnya. Canelo mengabaikan kombinasi Plant dan menyerang maju. Plant mencoba menyerang bagian tubuh. Canelo memojokkan Plant dan memukul bagian perut. Plant terlihat sangat lincah.

Photo courtesy: CBS sport

Ronde 3
Plant kembali melancarkan jab. Bahkan, ia berhasil membobol pertahanan Canelo melalui uppercut kirinya, disusul pukulan kiri di kepala. Gak tinggal diam, Canelo lancarkan pukulan hook kiri dan kanan. Jab-nya Plant kembali masuk, tapi Canelo membalasnya dengan body shot kiri.

Ronde 4
Plant terlihat sangat aktif untuk mendaratkan pukulannya, sementara Canelo masih mengintai peluang untuk lancarkan pukulan keras. Iapun berhasil mendaratkan dua pukulan keras yang membuat Plant merangsek di tali ring. Dia terus memojokkan Plant yang menjaga jarak dengan jab-nya. Pukulan keras kanan Canelo meleset, tapi pukulan kirinya berhasil mendarat di kepala Plant.

Ronde 5
Plant dihajat pada perut kirinya. Wait Russell memperingatkan Canelo untuk mengarahkan pukulannya agak keatas. Plant berhasil menyerang dengan pukulan kombinasi yang apik. Canelo berusaha bertarung jarak dekat dan beberapa umpannya termakan oleh Plant.

Ronde 6
Plant unggul dengan jab-nya. Tapi Canelo berhasil membalasnya dengan pukulan keras kiri dan kanan. Penonton bersorak gembira dan memberikan dukungan kepada Plant. Lagi – lagi Canelo berhasil mengatasinya. Plant melancarkan jab-nya untuk mendapatkan jarak aman. Canelo memburunya: ia ‘memakan’ pukulan kiri Plant sambil terus maju dengan kedua tangannya dibawah. Gesturnya menyiratkan seolah Plant tidak berarti.

Photo courtesy: mmafighting.com

Ronde 7
Keduanya saling bertukar pukulan kiri. Pergerakan kepala Canelo cukup menyulitkan Plant. Ia bahkan masuk ke dalam tanpa rasa takut dan melancarkan tiga pukulan. Plant gagal untuk mengimbanginya. Canelo berlindung di kedua tangannya, menyerang dan merangsek. Akhirnya kedua kepala mereka berbenturan. Pukulan kiri Canelo mendarat dengan keras di kepala Plant, diikuti dengan pukulan kanan bawah dan atas kiri lagi.

Ronde 8
Canelo lancarkan pukulan ‘cambuk’ di kepala kiri Pant. Canelo merangsek ke dalam dan mendaratkan kombinasi pukulan keras. Penonton meneriakkan namanya. Plant memukuldi kiri, sementara Canelo menutup ronde ini dengan pukulan kanan.

Ronde 9
Mereka merapat pada 30 detik pertama. Kecepatan Plant membuahkan beberapa pukulan telak. Tapi langsung dibalas pukulan kanan yang keras oleh Canelo. Plant kembali melancarkan pukulan kombinasi. Tapi malah rahanya kena sambar pukilan kanan Canelo, dan lanjut memyerang bagian perut. Plant berhasil membalas dengan pukulan pada rahang Canelo.

Ronde 10
Lagi – lagi Canelo memojokkan Plant, dan memasukkan satu pukulan keras. Plant membalasnya dengan baik. Kemudian Canelo menekan Plant pad tali ring, diakhiri dengan pukulan kiri pada kepala Plant. Canelo semakin brutal: ia menyerang bagian perut dan beberapa oukulan keras di kepala. Dua pukulan lagi mendarat oleh Canelo, yang membuat Plant melambat.

Ronde 11
Suasana kian memanas. Plant sadar jika ia bisa menang hanya dengan pukulan KO. Benteng bahunya mulai terbuka dan Canelo berhasil memukulnya dengan kombinasi kejam, hingga Plant terjatuh. Ia masih bisa bangun tapi sudah terlihat kurang stabil. Canelo memanfaatkan momentumnya dengan serangan kombinasi yang brutal. Plant terjatuh lagi dan wasit mengehentikan pertarungan ini.

Canelo dinyatakan menang TKO. Keduanya tampil sportif, dimana Canelo menyambangi sudut Plant dan iapun diterima dengan jantan. Keduanya tampak berdialog dan saling menghormati. Canelo diarak dengan mahkota di kepalanya. Dialah juara sejati di kelasnya. Kini Canelo Alvarez merupakan petinju pemilik gelar juara kelas menengah versi WBA, WBC, WBO, serta IBF yang baru saja direbut dari Plant.[SWN]

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku