Connect with us

Olahraga

Masa Depan Koni bila Ditangan Dewa Susila

Published

on

Dewa Putu Susila, Calon Ketua KONI Bali periode 2022-2026

GATRA DEWATA ● BALI | Musroprov 2022 yang sebentar lagi akan bergulir membuat para calon harus memaparkan apa yang menjadi visi misinya terhadap KONI kedepan.

Tentu setiap insan manusia apalagi seorang olahragawan, atlet dan pencinta olahraga ingin selalu perubahan yang membawa kesejahteraan bagi atlet dan sekitarnya.

Banyak atlet berprestasi yang pada masa tuanya tidak diberikan ruang untuk mendidik, menelurkan, mengayomi generasi muda bagaimana menjadikan anak-anak muda bisa berprestasi. Ia juga menceritakan bila uang pembinaan hanya dibagikan begitu saja tentu itu akan habis seperti itu saja, tetapi kalo diberdaya gunakan dan dibuatkan pondasi untuk menciptakan sesuatu yang balik menghasilkan tentu itu akan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi para atlet nantinya, yang berprestasi, yang akan berprestasi maupun yang pernah berprestasi.

“Kita bisa buat malam amal atau gala dinner mengingat prestasi mereka, atau temu kangen atau edukasi yang dapat menghasilkan buat atlet tua tadi, itu mimpi saya,”terangnya sambil terdiam.

Jiwa entrepreneur memang harus ada untuk memimpin KONI kedepan, dan branding diri merupakan bagian dari semua itu, “kita harus punya youtube, facebook, twitter, IG dan lainnya, itu semua bisa dilakukan. Makanya harus orang muda yang bisa membangun itu dan yang tua memberikan edukasi prestasi, “sebutnya.

Seluruh aspek itu akan menjadi perhatian I Dewa Putu Susila bila ia kelak memegang amanah untuk menjadi Ketua Umum KONI Bali.

“Saya bermimpi KONI memiliki channel TV sendiri, atau nanti bisa joint untuk bisa selalu membranding atlet-atlet nantinya yang bisa menghasilkan juga melalui pihak sponsor. Jadi ini akan dapat memotivasi juga yang lain untuk berprestasi, “ungkap Dewa Susila, Kamis (17/03/2022), Purnama kemarin.

Branding ini penting untuk para atlet yang berprestasi, “masa di lingkungan KONI tidak ada baliho-baliho yang mampu memberikan sumbangsih untuk pembinaan para atlet. Itu yang kita ingin wujudkan dan ayo semangat untuk besarkan KONI Bali bersama, “ujarnya memberi semangat.

Saat ditanya akan ada perubahan besar di KONI, dirinya menolak bahwa yang dimaksud adalah sistem dari yang diadopsi sekarang ini.

“Kalo manusianya itu bahkan kurang, kita akan nambah untuk bagian-bagian yang lain. Misalnya merchandise KONI Bali, pengelolaan lapangan. Itu bisa menjadi alternatif pendapatan untuk menunjang semuanya, “ungkap Dewa Susila yang saat ini menahkodai 26.000 pelaut Bali.

“Saya ingin atlet berprestasi terkenal, disana akan ada branding yang dapat membuat mereka nantinya sejahtera, “jelasnya sambil menutupi apa yang dia maksud.

“Ya biar tidak ditiru calon lainnya, “tawanya.

Dewa Susila juga menginginkan KONI Bali nantinya akan bersinergi juga dengan Pariwisata, agar ada mutualisme yang dapat meningkatkan PAD nantinya.
Banyak mimpi lain yang juga ingin dia wujudkan nantinya.

“Ya selebihnya nantilah saat visi misi saya ya, sabar dulu. Yang pasti saya akan buat KONI akan bersinar, orang pencinta olahraga akan bangga menggunakan logo KONI Bali nantinya, “pungkasnya mengakhiri pembicaraan. (Ray)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

News

Jelang Final Road Race, Jembrana Tempatkan Pembalapnya Di Posisi Terdepan

Published

on

Jembrana – Road Race menjadi cabor olahraga yang ditunggu – tunggu masyarakat Jembrana, selain karena menjadi tuan rumah Jembrana juga berhasil menempatkan beberapa pembalapnya di posisi terdepan dalam babak kualifikasi kemarin.

Hari ini (27/11) Final digelar di Sirkuit Simpang Suropati depan Kantor Bupati Jembrana. Beberapa pembalap jembrana yang berhasil menempati start twrdepan antara lain : I Kadek andre P, Ketut Andriana Pu, Gede Eco adi, dan terakhir Kadek Krisna.

Sebelum final, diadakan sesi Warn up yang wajib diikuti semua pembalap. Final hari ini akan berlangsung selama 25 laps yang dimulai pukul 11.00 wita.

Continue Reading

Olahraga

ISSI Sumbang Emas Perdana Dari Nomor Downhill Putri

Published

on

Luh Elsa Putri Rani cetak emas perdana kategori downhill putri

 

BULELENG – Atlet dari Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia ( ISSI ) Kabupaten Buleleng sukses menyumbang 1 Medali Emas dari nomor Downhill Putri di Porptov Bsli XV ini. Race dari nomer ini digelar di kawasan Gheotermal Bedugul, Desa Candi Kuning, Kabupaten Tabanan, Selasa ( 2/11/2022).

Raihan 1 Medali emas tersebut dicetak oleh Luh Elsa Putri Rani (20) pada kategori Downhill Putri. Elsa memastikan diri meraih medali dengan catatan waktu tercepat 4 menit 12 detik, unggul tipis dari kontingen Kota Denpasar, Ida Ayu Made Intan yang mencatatkan waktu 4 menit 22 detik. Menyusul kontingen Kabupaten Badung, Linda Fitri dengan durasi race 4 menit 24 detik, di posisi ketiga.

Manajer Tim Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia ( ISSI ) Kabupaten Buleleng, Komang Budiarsana menjelaskan capaian yang diraih oleh atlet sepeda ini tak terlepas dari dukungan berbagai pihak sehingga muncul motivasi untuk berjuang dan meraih prestasi.

“Dukungan penuh datang dari KONI Kabupaten Buleleng, Ketua Umum Pengkab ISSI Buleleng dan pelatih dan official yang menjadi dasar para atlet untuk berjuang”, ujar Budiarsana.

Budiarsana memberikan apreasiasi penuh terhadap atletnya yang berjuang hingga memperoleh prestasi. Prestasi ini pula, menurut Sekcam Sukasada ini menjadi bukti bahwa goweser – goweser di kabupaten Buleleng bisa unjuk prestasi di ajang Porprov Bali ke- XV kali ini.

“Kita sudah berusaha secara maksimal, bagaimana mewujudkan small is gold sebagai jargon KONI Buleleng. Alhasil atlet buleleng mampu memberikan yang terbaik,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua III KONI Buleleng, I Putu Nova Anita Putra mengapresiasi perolehan emas dari ISSI Buleleng dibarena Porprov Bali XV. Capaian itu bisa jadi pondasi bagi atlet ISSI Buleleng untuk lebih kuat meraih medali pada nomer lain.

“Kami melihat, sejak awal ISSI Buleleng memang telah mempersiapkan atletnya dengan matang menghadapi Porprov Bali, dan ini bukti kerja keras mereka selama ini,” kata Nova. (Mga)

Continue Reading

Olahraga

Psikolog Yunita: Jaga Mental Atlet Untuk Menikmati Pertandingan

Published

on

By

Kontingen Klungkung raih Juara ke 3 di Porprov XV/2022

DENPASAR – Kondisi mental atlet olahraga merupakan kunci sebuah pertandingan untuk mencapai sebuah kemenangan. Menemui I Gede Indra Suwardika Ass. Coach Basket yang akrab dipanggil Kingkong itu mengartikan sebuah kemenangan adalah adanya keakraban dalam tim dan rasa senang dalam bertanding.

Ia tidak memungkiri kemenangan itu wajib diraih, tetapi menikmati sebuah permainan menjadi passion harmoni itu juga tidak kalah penting.

“Point dari Basket bagi saya adalah olahraga yang harus memiliki Passion yang positif bagi atlet, meningkatkan motivasi dirinya, bisa menjadi hobi dan wajib ‘happiness’ (bahagia), ” ungkap Gede Indra disela-sela kesibukannya, Senin (21/11/2022), di salah satu kampus di Denpasar.

‘Character building’ yang tumbuh dalam kesenangan bermain dan bertanding tentu membuat atlet sendiri menjadi percaya diri, menjadi karakter pribadi yang baik, bahkan diluar lingkungan dunia olahraganya. Ia juga mengungkapkan dengan itu semua tentu prestasi yang dihasilkan oleh atlet tersebut bisa lebih optimal.

“Saya melihat tekanan psikologis atlet dalam bertanding itu cukup besar bila ditambah lagi desakan atau tekanan hanya untuk menang, terus setelah menang bagaimana mereka di masyarakat? Menjadi sosok yang bagaimana itu yang lebih penting, “ujarnya.

Ia juga menekankan banyaknya tekanan pada atlet di lingkungan sekitarnya, sisi politis, kepentingan golongan atau kelompok, kepentingan para pimpinan itu menjadi ‘bola salju’ bagi ‘Mental Health’ atau kesehatan mental bagi atlet itu sendiri.

“Tekanan yang sarat kepentingan inilah yang perlu dibenahi bersama, tidak saling menyalahkan, tetapi tidak dapat bertanding membela dimana atlet itu tumbuh, itu juga merusak mental mereka”

Menemui Psikolog Olahraga I Gusti Agung Ayu Yunita Utami membenarkan pernyataan dari I Gede Indra Suwardika. Pembinaan atlet memang harus beriringan dengan kondisi ‘Mental Health’ yang baik. Ia juga menekankan bahwa olahraga Basket adalah suatu permainan yang harus dinikmati dalam tim dan para pengurus dan pimpinan dalam cabang olahraga itu sebaiknya memberikan kesempatan.

“Pertama-tama saya ucapkan kepada kontingen Cabor Basket Klungkung sudah berjuang mendapatkan juara ke 3, bravo, selamat ya”

Lanjutnya bercerita, “bahkan atlet sekarang yang saya amati tidak takut sama lawan tandingnya, tetapi takut kalo tidak dapat bermain dengan baik, ” jelas Yunita.

Yang dimaksud Yunita mungkin adalah ketakutan dimarah pelatih, pembina dan lainnya ini dapat menciptakan ‘mental block’ tersendiri yang sangat merugikan mental atlet sendiri dalam pertandingan maupun pribadinya kelak.

“Disamping mental yang baik, atlet perlu disupport juga untuk nutrisi – gizi mereka, peran orang tua dalam mendorong si atlet ini juga tidak kalah pentingnya. Ini dapat dibina dengan support system dalam proses long term kepelatihan, ” pungkasnya.

Kontingen Klungkung dan pengurus yang bertanding dalam Porprov XV/2022,
1. Cuncun Junaidy Kusuma – Manager
2. Anton Purwo Nugrohi – Head Coach
3. I Putu Kresnadana – Ass. Coach
4. I Gede Indra Suwardika – Official
5. Ida Ayu Mayanti Utari – Official
6. I Gusti Agung Ayu Yunita Utami – Sport Psychology.

Pemain yang bertanding dengan Nomer Jersey (Baju Kaos),
1. I Komang Darsana Putra (4)
2. I Gusti Bagus Hariraja Kinandhana (5)
3. Ida Bagus Erlangga Mahesa Putra Wibawa (6)
4. Komang Wahyu Randika (7)
5. Cokorda Bagus Laksmana Iswara (8)
6. Alvaro Arya Diningrat Sumardi (9)
7. Putu Daniswara Marayana (10)
8. Felix Wilayadi Sungkono (11)
9. Revan Surya Winatha (12)
10. I Gde Eka Putra (13)
11. Ananda Sandhi Yudha Pidie N (14)
12. I Gede Bidiseka Sughania Dananjaya (15)

Yang telah meraih medali Perunggu dalam pertandingan Porprov XV/2022 kemarin. (Ray)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku