Connect with us

Daerah

Mantap Jaya! Daerah Lain Musti Contoh Cara ‘Cerdas’ Pengembangan Pariwisata Bugbug

Published

on


Bukit Asah Bali Camp, desa Bugbug, Karangasem

GatraDewata[Karangasem] Penyegaran tim di Badan Pengembang Pariwisata Desa Adat Bugbug (BP2DAB) Karangasem, Bali, pada akhir tahun 2020, dibawah kepemimpian Putu Jenana Sukandarista, melahirkan pembenahan di berbagai aspek. Cerdasnya lagi beliau tidak sendirian ‘ngayah’ demi kemajuan daerahnya. Ia menempatkan I Putu Arya Wari Gunawan sebagai Manajer Operasional Bukit Asah Bali Camp.  Kemudian para tokoh desa (prajuru desa) yang dianggap mumpuni dirangkul untuk menangani bidang – bidang strategis sesuai keahlian masing – masing. Ia bahkan melibatkan tokoh senior, Kade Lasiadi, yang cukup disegani didunia perhotelan.

Jajaran mereka ini mengganggap bahwa aktifitas merupakan therapy tersendiri bagi pengunjung. Mereka bisa lebih terhibur, menjadi lebih senang dan lepas dari runtinitas untuk sesaat,  serta kembali ke rumah membawa pengalaman baru. Oleh karena itu, sekedar berkemah tidak lagi cukup. Pemikiran inilah yang melahirkan beberapa aktifitas baru sebagai penunjang kegiatan berkemah di Bukit Asah Bali Camp.

Kade Lasiadi (berpakaian adat), Putu Jenana (kaos hitam) dan Putu Arya (kaos putih)

Tidak bisa dipungkiri jika sejak awal Bukit Asah Bali Camp mampu membuat pengunjung terpana akan keindahan alamnya. Tempat ini dikenal dengan pesona matahari terbitnya (sunrise)  yang mampu membuat pemalas sekalipun bangun pagi untuk tidak ketinggalan sebuah momen berharga. Ada juga pemandangan laut dengan Pulau Pausnya yang pada waktu tertentu menyemburkan air layaknya paus sungguhan. Tapi hal ini tidak lantas membuat tim berpuas diri. Pikiran mereka terus berkelana menjajaki sektor lain yang masih bisa dimaksimalkan.

Hebatnya, tidak butuh waktu lama akhirnya tercetuslah lima aktifitas yang patut dicoba ketika berkunjung ke Karangasem, khususnya daerah Bugbug. Bagi pecinta alam bisa mecoba rute lintas alam (trekking) melewati hutan tropis; yang doyan bermain air bisa pertimbangkan Sunset Boat Trip atau Fishing Trip; yang lagi kasmaran dan ingin melangkah ke jenjang berikutnya bisa melakukan sesi foto pre-wedding di beberapa titik yang sangat instagramable; atau sesekali menjadi turis kuliner bersama teman kongkow, dengan mencoba makanan mereka dalam formasi megibung (makan rame – rame a la Bali) dan yang terakhir untuk kebutuhan korporasi yang butuh penyegaran setelah lelah dengan Zoom Meeting melalui kegiatan Team Building.

Gelagat dan tekad mereka menunjukkan bahwa jajaran BP2DAB akan terus ngayah (berkarya) untuk sebuah legacy bagi masyarakatnya.[SWN]


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

TNI Membangun Pompa Hidram Atasi Kesulitan Air Bersih

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan sambut baik kunjungan kerja kasiops kasrem 163/Wira Satya tinjau dan cek pompa hidram di Desa Sekumpul

 

 

BULELENG – Kunjungan kerja Kasiops Kasrem 163/Wira Satya di Wilayah Kodim 1609 / Buleleng dalam rangka meninjau dan mengecek pompa hidram (Air Bersih) di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra disambut baik oleh Danramil 1609 – 09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana.

 

Pembangunan Pompa hidram selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel. Inf. Komang Agus  Marthana Putra, Pjs Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Made Suradnya Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana,Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah,Pegawai Dinas PU Kabupaten Buleleng Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Gejala PMK, Babinsa Koramil 04/ Tejakula Cek Kondisi Hewan Ternak

Published

on

Antisipasi gejala PMK, Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula cek kondisi ternak warga

 

BULELENG – Senin (28/11/2022) Babinsa Desa Madenan Serda I Putu Suwidana Yasa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/ Buleleng cek kondisi ternak hewan babi antisipasi wabah PMK di Desa Madenan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Babinsa temui warga yang memiliki hewan ternak Babi yang tinggal di Dusun Keduuran Desa Madenan dan cek kondisi babi tersebut bersama sama antisipasi gejala akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa sampaikan kepada pemilik hewan ternak Babi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan berkuku genap seperti Babi, kerbau, kambing, domba, sapi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah dan gajah.

Secara umum PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama seperti Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu serda putu sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Berbela Sungkawa, Danramil 06/ Banjar Beserta Anggota Melayat Kerumah Duka

Published

on

Berbela sungkawa Danramil 06/Banjar beserta anggota melayat kerumah duka

 

BULELENG – Danramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka beserta anggota melayat sekaligus mengucapkan belasungkawa ke rumah salah satu warga masyarakat Komang Maha Kunda.

Senin (28/11/2022) di rumah duka Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng almarhum meninggal karena sakit.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka menyampaikan ucapan turut berduka cita atau belasungkawa atas kepergian almarhum semoga mendapat tempat yang layak dialam sana serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

 

” Kami beserta anggota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, dumogi Amor Ring Achintya, ” ucap Danramil, seraya berdoa agar keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

 

Sementara itu dari pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan anggota yang telah berkenan hadir ke rumah duka dan turut mendoakan almarhum.

 

Sesuai rencana almarhum akan dimakamkan Besok Hari Selasa 29/11/ 2022.

 

” Kami juga mohon pada saat upacara pemakanan dapat diberikan bantuan tenaga pengamanan untuk kelancaran prosesi almarhum “, pinta pihak keluarga kepada Danramil yang menyatakan kesiapannya untuk membantu kegiatan pemakaman. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku