Connect with us

News

Lapas Kerobokan Buka Program Rehabilitasi Narkoba

Published

on

Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II A Kerobokan, Fikri Jaya Soebing, Amd.IP.SH.,MH., didampingi Ketua Humas, I Made Apong A.S. Amd.IP.SH.MM.

 

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk

GATRA DEWATA | BALI | Dalam acara Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Denpasar Badung Tahun 2022 yang bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, juga dirangkaikan dengan acara Pembukaan Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi Pemasyarakatan tahun 2022 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Kamis (20/01/2022).

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali, Jajaran Forkopimda Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, serta undangan lainnya.

Acara diawali dengan penandatanganan komitmen bersama janji kinerja tahun 2022 antara Kepala Unit Pelaksana Teknis dengan jajarannya, yang dilanjutkan laporan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Fikri Jaya Soebing. Beliau menyampaikan bahwa deklarasi janji kinerja bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja Kementerian Hukum dan HAM dan penguatan implementasi reformasi birokrasi sekaligus untuk menetapkan komitmen kita bersama dalam melaksanakan target pembangunan di bidang Hukum dan HAM yang harus dicapai pada tahun 2022. Serta, Program Rehabilitasi Medis dan Sosial akan dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Kerobokan, serta Program Pasca Rehabilitasi akan dilaksanakan di Bapas Kelas I Denpasar. Kedua Unit Pelaksana Teknis tersebut merupakan UPT yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk menyelenggarakan rehabilitasi penyalahgunaan narkoba bagi Warga Binaan dan pasca rehabilitasi untuk klien bapas.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam sambutannya menegaskan bahwa Janji Kinerja ini bukan hanya sekedar ucapan dan seremonial saja, melainkan juga harus segera diimplementasikan dalam perjalan kinerja sepanjang tahun 2022 ini. Janji Kinerja tahun 2022 ini adalah satu cara untuk memotivasi agar terus bergerak secara serentak untuk mendapatkan hasil kinerja lebih berprestasi.

“Kegiatan Rehabilitasi Pemasyarakatan ini merupakan program pembinaan yang dibutuhkan oleh tahanan dan warga binaan pemasyarakatan yang dikategorikan pecandu, penyalahguna dan korban penyalahguna narkotika. Program ini dilaksanakan untuk membantu Warga Binaan terlepas dari ketergantungan narkotika dan psikotropika agar dapat kembali beraktifitas dan melaksanakan kegiatan dalam masyarakat secara normal. Selanjutnya Program pasca rehabilitasi di Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar merupakan suatu program kelanjutan sebagai bentuk upaya pendampingan BNN terhadap klien, yakni mantan penyalahguna narkotika. Program pasca rehabilitasi ini diperlukan karena adiksi atau ketergantungan ini merupakan salah satu penyakit kronis yang mudah mengalami kekambuhan”, tutup Kakanwil sekaligus membuka Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi secara resmi.

Setelah selesai acara, Kepala Kantor Wilayah bersama Kepala BNNP Bali dan Kepala Lapas Kerobokan meninjau langsung blok-blok wisma rehabilitasi Lapas Kerobokan yang akan digunakan untuk para peserta. Di dalam wisma tersebut, terdapat 8 blok kamar yang sudah bisa dihuni oleh para peserta.

Blok yang akan digunakan untuk program rehabilitasi mendatang dibedakan dengan blok umum lainnya, hal tersebut nantinya akan mempermudah pengawasan bahwa blok rehabilitasi harus diawasi secara ketat dan serius guna tercapainya output para peserta rehabilitasi seusai menjalani rehabilitasi medis dan sosial. (Tim)


News

4 Pembalap Andalan Jembrana Berhasil Menyabot 2 Perak Dan 2 Perunggu Dari 4 Kelas Yang Diperlombakan

Published

on

Jembrana – Pekan olahraga daerah Provinsi Bali (Porprov) telah usai dilaksanakan sore hari ini (27/11), Jembrana yang ditunjuk sebagai tuan rumah meraih hasil yang cukup menggembirakan.

Final yang dilangsungkan di Sirkuit Simpang Suropati tepatnya di Depan Kantor Bupati dimulai pukul 11.00wita berhasil mengundang perhatian pecinta otomotif di bumi makepung, dari 4 kelas yang dilombakan Jembrana berhasil mendominasi 3 diantaranya.

Dari kelas perorangan pembalap bernama Khrisna dan Ico berhasil menduduki posisi kedua dan ketiga, dari kelas beregu senior atlet yang sama berhasil mendapatkan medali perak dan beregu yunior pembalap Jembrana lainnya yaitu Adriana dan Andre berhasil meraih posisi kedua yang berarti tambahan perak untuk kontingen Jembrana.

Khusus untuk kelas beregu yunior dan senior beberapa pembalap dari semua kontingen mengalami kendala dengan aspal yang basah, dengan beberapa trek tergenang air karena sebelum dimulai sempat diguyur hujan dengan itensitas sedang.

Dengan raihan 2 Perak Dan 2 Perunggu Penasihat Tim Balap Kontingen Jembrana I Kadek Joni Asmara mengungkapkan puja dan puji syukur,” kita wajib bangga dengan apa yang diraih oleh adik-adik kita ini, karena sebagai tuan rumah mungkin mental anak-anak sedikit beban, dan kedepan Jembrana khususnya saya sebagai ketua IMI Jembrana akan secara inten menyelengarakan even-even balap untuk mencari bibit pembalap baru yang nantinya bisa mengharumkan kabupaten Jembrana” ungkap pria plontos yang juga sebagai owner Dupa Saraswati ini.(D.U)

Continue Reading

News

Jelang Final Road Race, Jembrana Tempatkan Pembalapnya Di Posisi Terdepan

Published

on

Jembrana – Road Race menjadi cabor olahraga yang ditunggu – tunggu masyarakat Jembrana, selain karena menjadi tuan rumah Jembrana juga berhasil menempatkan beberapa pembalapnya di posisi terdepan dalam babak kualifikasi kemarin.

Hari ini (27/11) Final digelar di Sirkuit Simpang Suropati depan Kantor Bupati Jembrana. Beberapa pembalap jembrana yang berhasil menempati start twrdepan antara lain : I Kadek andre P, Ketut Andriana Pu, Gede Eco adi, dan terakhir Kadek Krisna.

Sebelum final, diadakan sesi Warn up yang wajib diikuti semua pembalap. Final hari ini akan berlangsung selama 25 laps yang dimulai pukul 11.00 wita.

Continue Reading

Kesehatan

Peresmian Gedung Dialisis RSU Negara Oleh Bupati I Nengah Tamba

Published

on

Jembrana – Sarana dan prasarana penunjang kesehatan Rsu Negara mulai berbenah. Gedung dan sarana penunjang kegiatan medis di Rsu Negara mulai ditingkatkan.

Hari ini 25/11 Gedung Dialisis Center diresmikan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, sarana penunjang kesehatan yang berfokus untuk beberapa penyakit antara lain : Penyakit Ginjal Akut (PGA) atau Kronis (PGK), pasien Infeksius Positif dan pasien infeksius Airborne.

Gedung Dialisis center yang siap dioprasikan untuk meringankan biaya keluarga pasien

Nengah Tamba dalam wawancara dengan awak media mengatakan ” kalau dulu pasien gagal ginjal dan cuci darah harus ke sanglah sekarang sudah bisa kita hendle di negara, dan ketersedian mesin ada 24 jadi klo perhari bisa dioprasikan dua kali bisa menangani 48 pasien per hari” ujar Bupati Tamba.

“Biasanya sakit ginjal kan dalam satu minggu itu dua kali, jadi sesuai dengan progres kita untuk meringankan beban keluarga pasien untuk mempersingkat jarak berobat” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Dirut Rsu Negara Dr Putu Eka Indrawati manambahkan ” untuk layanan baru atau CAPD sesuai indikasi dokter bisa dilakukan sendiri dirumah, bisa dipasang alat jadi hanya untuk pembedahan aja harus dilakukan di Rumah Sakit, bisa Dialisis sendiri dirumah sesuai arahan pemerintah pusat kemenkes jadi lebih fleksible karna bisa cairan saja yg dibawa kerumah, untuk mengurangi biaya jadi lebih murah” tutup Eka. (D.U)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku