Connect with us

Pendidikan

KUI UNUD Bersinergi dengan Fakultas Pariwisata Jajaki Kerjasama dengan Universitas Ternama Inggris

Published

on


Perkembangan pariwisata dan pesona Pulau Dewata menarik perhatian Bournemouth University

untuk bekerjasama dengan Fakultas Pariwisata (F.Par) Universitas Udayana. Untuk itu Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud memfasilitasi pertemuan antara tim dari F.Par Unud dengan perwakilan dari Bournemouth University (BU) pada Jumat (03/11) di Kantor KUI Denpasar.

Hadir dalam pertemuan tersebut P.A.A. Senja Pratiwi, Ph.D selaku Koordinator KUI, Dr. Irma Rahyuda selaku divisi kerjasama internasional KUI, Ni Made Sofia Wijaya, Ph.D selaku Ketua Unit Kerjasama F.Par dan Dr. Nararya Narottama selaku Ketua UPIKS F.Par Unud serta perwakilan Bournemouth University Yeyen Sinarta, MSc selaku Regional Manager SEA, Taiwan and South Korea.

Yeyen Sinarta dalam pertemuan ini membahas peluang kerjasama dengan Unud diantaranya _Double Degree_ dalam bidang pariwisata dimana mahasiswa akan berkuliah di BU dan Unud untuk mendapat gelar ganda. Disebutkan juga BU memiliki program Touring Scheme untuk mahasiswa mereka melaksanakan kegiatan di luar negeri yang dalam hal ini bisa dilakukan di Indonesia. Pihaknya juga menawarkan skema beasiswa untuk mahasiswa berprestasi Unud yang berkeinginan kuliah di BU dan juga _study abroad_ dengan skema transfer kredit.

Menanggapi tawaran yang menarik ini Senja Pratiwi menyarankan agar F.Par Unud dan BU segera merancang MoU dan MoA untuk merealisasikan kerjasama ini. Dalam diskusi, Yeyen mengatakan BU membuka peluang kerjasama tidak hanya di F.Par, fakultas lain juga memiliki peluang yang besar untuk bekerjasama dengan BU. Bahkan saat ini Fakultas Kelautan dan Perikanan juga sudah memiliki _project_ dengan BU.

Selain itu Senja juga menawarkan partisipasi BU dalam acara _International Education and Cultural Festival_

pada 16-17 November mendatang agar informasi menarik dari BU dapat diketahui oleh lebih banyak civitas akademik Unud.

Tim F.Par menyarankan agar kerjasama ini diawali dengan kerjasama _Research Collaboration_ dan _Exchange Supervisor_ dan berharap dengan adanya pertemuan ini akan membuka pintu gerbang kerjasama khususnya dengan BU dan merambah ke Universitas lain di Inggris.(Tim)

Sumber : unud.ac.id


Advertisement

Pendidikan

Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Yayasan Yaga Yingde Group Bantu Anak Sekolah

Published

on

By

BADUNG – Perhatian yang diberikan kepada anak – anak sekolah yang kurnag mampu oleh Yayasan Yaga Yingde Group patut diapresiasi.

Bantuan yang diserahkan digunakan agar anak – anak tidak putus sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan di Sekolah SMPN 4 Bongkasa Abiansemal, Badung, Selasa 09/07/2024.

I Putu Gede Narayana SH selaku Ketua yayasan Yaga Yingde Group Provinsi Bali menjelaskan bahwa saat ini menyerahkan bantuan kepada 10 anak sekolah.

Penyerahan bantuan dari Yayasan Yaga Yingde Group

Visi misi dari yayasan ini meliputi keinginan yang luhur dengan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa serta mencetak generasi muda yang berbudi luhur

Setiap anak mendapatkan uang senilai 1 juta rupiah per bulan, ini dilakukan secara berkelanjutan sampai si anak selesai bersekolah. Baik nantinya yang akan melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi, Yayasan ini juga akan mengupayakan membantu memenuhi nantinya.

“Mudah – mudahan dengan perhatian kita banyak generasi muda yang kurang mampu bisa melanjutkan sekolah ,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa selain bantuan kepada 10 siswa ini, rencananya akan memberikan pula beasiswa per-kabupaten / Kota.

Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SSM), pihaknya mengatakan ikut bangga bisa ikut memberikan kontribusi mencetak Sumber Daya Manusia (SDM)  yang bisa bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.

“Ini penyerahan bantuan pertama untuk di Bali yang jumlahnya berskala besar, sebelumnya sudah ada penyerahan bantuan kepada beberapa anak dengan tempat yang berbeda ,” paparnya.

Selain bantuan berupa uang juga diberikan bantuan seperangkat alat pendidikan seperti tas, alat tulis dan sepatu.

“Ke depan kalau anak yang sudah dibantu berprestasi maka bantuan uangnya akan ditingkatkan, sebagai stimulus siswa belajar lebih giat lagi”

“Sebelum menentukan siswa yang akan dibantu diawali dengan disurvey terlebih dahulu untuk melihat kondisi siswa yang sebenarnya, apa layak atau tidak dibantu sehingga bantuan beasiswa tepat sasaran kepada mereka yang betul – berul membutuhkan uluran tangan ,” pungkasnya

Kepala sekolah SMPN 4 Abiansemal, Made Antara mengatakan kami mengucapkan terima kasih kepada yayasan Yaga Yingde Group telah membantu anak – anak kami khususnya anak yatim, anak miskin biaya pendidikan.

” Karena yang mendapat bantuan 10 anak maka kami ijinkan melaksanakan penyerahan dan penandatanganan di sekolah ini ,” terangnya.

Lanjutnya, Kami juga berharap masih banyak anak kami yang memerlukan bantuan, mudah – mudahan yayasan masih bisa membuka hatinya untuk bisa kembali memberi bantuan kepada anak lainya yang membutuhkan bantuan yaitu anak kelas 8 dan 9.

Beasiswa dibantu setaip anak 1 juta ruoiah per bulan. Total peserta didik ada 817 anak.

” Selain mengucapkan terima kasih kami berharap bantuan ini berkelanjutan sampai anak – anak jadi atau tamat bisa bekerja. Yayasan menyampaikan akan dibantu sampai Perguruan Tinggi mulai S1 sampai S3 ,” imbuhnya

Kapten Kavaleri I Wayan Sudiarta, Danramil 05 Abiansemal saat diwawancara oleh awak media menanggapi bahwa kegiatan ini sangat positif dan sebagai undangan sangat mendukung serta berpikir jangka panjang untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Ia juga mengungkapkan dirinya sangat mendukung yayasan Yaga Yingde Group karena telah membantu anak – anak yang kurang mampu dalam biaya pendidikan karena berbagai hal swhingga anak – anak mempunyai semangat belajar.

” Saya berharap ke depan acara seperti ini berlanjut bisa memberikan harapan kepada anak kurang mampu untuk tetap bisa menuntut ilmu mencapai masa depan lebih cerah ,” ucapnya.

Sementara penasehat yayasan Yaga Yingde Group, Wayan Sukada menjelaskan yayasan ini membantu anak – anak yang kurang mampu dalam biaya sekolah guna mempercepat proses pendidikan untuk masa depan anak yang lebih bagus.

 

10 anak yang menerima santunan bea siswa

Ananda Ni Ketut Dinda Pradnyani

Ananda | Wayan Swantara

Ananda | Gst Ayu Kasih Maharani Putri

Ananda Putu Eka Candra Purnama Dewi

Ananda Ni Luh Putu Ratih Krisna Dewi

Ananda I Gst Agung Ayu Ratih Pradnyani

Ananda I Gst Ngurah Made Ari Putra

Ananda Ni Putu Maytha Andini Putri

Ananda I Gst Ngurah Agus Adipratama

Ananda Putu Tiara Calista (Tim)

Continue Reading

Pendidikan

Workshop Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta di Bali

Published

on

DENPASAR – Dalam menyambut acara Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 dengan tema menarik,

‘Jana Kerthi Paramaguna Wikrama’ 

Yang berarti harkat martabat manusia unggul, yang berarti tepat sebagai pemandu masyarakat manusia yang gandrung akan kemuliakan kehidupan. Manusia luhur dengan keunggulan Budi pekerti luhur manciptakan kedamaian.

Keluhuran budi membawa kedamaian keharmonisan kehidupan yg berkeadilan dalam kesetaraan. Muaranya pada hakekat memanusiakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya.

Dengan tema PKB (2024) yang mendapatkan momentum tepat dalam konteks pembangunan, negara mengundang kehadiran peran gagasan maju untuk membawa negara yang makmur sejahtera berkeadilan dalam kesetaraan.

“Dengan ini, keharmonisan hubungan manusia dengan antar manusia, hubungan manusia dengan alam lingkungan, menjadi penentu terwujudnya keharmonisan kehidupan. Itu akan mampu terwujud dengan hadirnya Jana Kerthi Paramaguna Wikrama, ” ungkap Drs. Supadma, M.Hum selaku direktur (rektor) Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta.

 

Merek juga berpandangan bahwa harkat martabat manusia unggul menjadi penuntun langkah menapaki jalan menuju masa depan hidup manusia yang lebih bermakna.

Dalam acara PKB (2024) ini, Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta menampilkan tari klasik pembuka, konser karawitan, garapan  drama tari berjudul Satriya Jati.

Drama tari ini digarap dengan menggabungjan unsur tari tradisi klasik dan kerakyatan. Termasuk dalam tata iringan mengadaptasi garap tabuhan yang disesuaikan.

“Intinya menerapkan pepatah, dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung, ” tambahnya.

Ia berharap juga dapat menyajikan pentas yang dapat diapresiasi masyarakat yang ada di Bali.

“Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta berharap PKB (2024) menjadi peristiwa budaya dalam suasana dialogus dari berbagai budaya etnik Indonesia, ” sebutnya.

Kerjasama yang telah terjalin setahun lalu ini antara Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta (AKN) dan ISI Denpasar yang saat ini baru terselengaranya Surat Keputusan (SK) kerjasama.

Fakultas seni rupa dan sains bekerjasama dengaan prodi kriya, yang hal ini langsung dilaksanakan penandatanganan SK (MoU) yang selanjutnya acara ini diserahkan pemberian kenang – kenangan olwh direktur Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta.

Dan juga penyerahan perlengkapan menatah wayang  kepada ISI Denpasar.

Dalam hal ini Dekan mewakili ISI Denpasar menyambut baik kegiatan workshop dari AKN, sehingga kegiatan itu harus dilegalkan dalam bentuk SPK (surat perjanjian kerjasama).

“Dan berharap tahun depan bisa tetap panjut kerjasama baik dalam kegaiatn PKB ataupun kegiatan lainnya, ” ungkap Dr. I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn, selaku Dekan Fakultas Seni Pertunjukkan.

MoU ini ditandatangani oleh I Nyoman Kariasa, S.Sn., M.Sn., selaku Koordinator Program Studi Seni Karawitan dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Program Studi Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar dalam Perjanjian Kerja Sama ini disebut PIHAK PERTAMA

Lalu Dr. I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn, selaku Dekan Fakultas Seni Pertunjukkan dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar disebut PIHAK KEDUA, dan Koordinator Program Studi Kriya Fakultas Seni Rupa ISI Denpasar I Nyoman Laba, S.Sn, M.Sn. (Tim)

Continue Reading

Pendidikan

Gangguan Sistem Pada Pusat Data Nasional. Karena Ransomware ??

Published

on

Dr. Pratama Persadha

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC

JAKARTA – Sistem Imigrasi bandara Soekarno-Hatta mengalami masalah pada hari Kamis, 20 Juni 2024 yang mengakibatkan panjangnya antrian yang ingin melakukan proses imigrasi. Menurut laman media sosial X milik Ditjen Imigrasi gangguan tersebut dikarenakan adanya masalah pada server Pusat Data Nasional (PDN). Gangguan ini tidak hanya menimpa Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta saja namun mengganggu seluruh kantor Imigrasi di Indonesia, dan mungkin juga menggangu layanan milik instansi pemerintahan lainnya. Belum diketahui secara pasti penyebab gangguan tersebut.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan total seperti ini antara lain terjadi gangguan suplai listrik, kerusakan server, gangguam koneksi internet, serta serangan siber seperti DDoS atau Ransomware. Jika memang gangguan terjadi karena serangan siber, maka resiko yang mengancam semakin besar karena tidak hanya mengganggu layanan namun juga bisa mengakibatkan bocornya data pribadi. Sebelumnya juga sudah pernah terjadi serangan siber kepada Imigrasi yang mengakibatkan bocornya data pribadi yaitu kebocoran 34 juta data passport. Yang lebih berbahaya lagi jika peretas bisa sampai mengakses server di PDN yang tentu saja kebocoran data yang terjadi tidak hanya akan menimpa Ditjen Imigrasi namun juga institusi lainnya yang menggunakan PDN untuk menyimpan data warga masyarakat

Jika melihat dari pola gangguan yang terjadi, ada kemungkinan jika masalah yang terjadi pada PDN disebabkan karena serangan siber dengan metode ransomware, seperti hal nya yang menimpa Bank Syariah Indonesia sebelumnya. Jika memang masalah yang dihadapi oleh PDN merupakan masalah teknis tentu tidak akan memakan waktu selama itu. Masalah suplai listrik bisa segera diatasi dengan menggunakan catuan listrik dari gardu lainya atau menggunakan genset untuk catuan sementara. Demikian juga jika yang bermasalah  adalah koneksi internet seperti putusnya kabel fiber optik yang masuk kedalam PDN, masih bisa ditanggulangi dengan cepat menggunakan koneksi radio Point-to-Point yang memiliki bandwidth besar dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan instalasi. Begitu pula jika terkena serangan siber dengan metode DDoS, seharusnya waktu penanggulangan yang dibutuhkan juga tidak akan selama itu karena bisa dengan mudah diselesaikan dengan memanfaatkan perangkat Anti-DDoS serta bekerjasama dengan ISP untuk menambah kapasitas bandwidth dan membantu mengatasi DDoS dari sisi ISP.

Dengan melihat kejadian ini, menggunakan PDN bisa membahayakan negara jika tidak dilengkapi dengan pengamanan yang kuat, sehingga masing-masing instansi pemerintah yang hosting di PDN harus membuat Bussiness Continuity Plan (BCP) yg kuat sehingga tidak bergantung 100 ℅ kepada infrastruktur PDN. PDN sendiri harus gamplang menjelaskan apa yang terjadi serta semenjak awal memaparkan BCP dari resiko semacam ini. Yang perlu menjadi catatan adalah PDN yang dibangun saat ini hanya menyediakan infrastrukturnya saja untuk menyimpan data dari masing-masing instansi pemilik SPBE. Faktor keamanan siber juga masih perlu mendapatkan perhatian khusus karena yang dijamin oleh pengelola PDN saat ini adalah keamanan siber dari infrastuktur PDN itu sendiri, sedangkan keamanan siber dari aplikasi setiap SPBE masih menjadi tanggung jawab dari instansi pemilik SPBE tersebut.

Menurut Perpres Infrastruktur Informasi Vital (IIV) dan perban BSSN yang merupakan turunan Perpres IIV, saat melakukan identifikasi kebutuhan setiap instansi juga diminta menyertakan rencana keberlangsungan layanan sehingga pemerintah juga bisa mengetahui jika terjadi gangguan bagaimana instansi tersebut menjaga agar layanan masyarakat tetep berjalan dan bisa segera dipulihkan kembali layanan kepada masyarakat tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa saat ini PDN dipergunakan oleh layanan seluruh instansi pemerintahan, dimana seharunya masalah seperti ini tidak seharusnya terjadi kepada sebuah data center seperti PDN apalagi dipergunakan untuk layanan pemerintah sudah dipertimbangkan berbagai faktor pengamanan berupa redundancy baik dari sisi perangkat keras seperti server dan media penyimpanan, catuan listrik dari beberapa gardu yang berbeda serta UPS (Unintetuptinle Power System) serta koneksi Internet dari beberapa ISP.

PDN yang direncanakan oleh Pemerintah akan berlokasi di 4 kota, namun saat ini PDN yang berlokasi di Cikarang masih proses pembangunan dan baru akan diresmikan pada 17 Agustus 2024 ini. Saat ini PDN yang dipergunakan adalah PDN sementara, namun meskipun statusnya sementara hal seperti ini seharusnya tetap tidak terjadi. Diharapkan dengan adanya kejadian ini Pemerintah bisa melakukan evaluasi PDN yang dipergunakan saat ini dan meningkatkan beberapa hal yang dibutuhkan sambil menunggu PDN yang sebenarnya sudah siap untuk dipergunakan. (Tim)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku