Connect with us

Kesehatan

Klasemen Sementara MotoGP 2018

Published

on


GatraDewata.Com – Empat seri motoGP baru saja berlalu. Drama demi drama kita saksikan bersama. Mulai dari senggolan antara Marquez dengan Rossi, Cruthclow yang berkali – kali gagal naik podium padahal memulai dengan bagus, Marquez terjatuh beberapa kali saat latihan hingga kecelakaan trio garis depan di Jerez – Dovi, Lorenzo dan Pedrosa – yang paling mempengaruhi kalsemen sementara balapan tahun ini.

Dovizioso yang datang dengan keunggulan poin harus menerima kejatuhannya hingga 4 posisi, kini bertengger di klasemen 5. Ia digantikan oleh Marquez yang memenangi balapan terakhir dengan mudah. Si Baby Allien sukses mengoleksi total 70 poin.

Zarco yang ibarat mendapat durian runtuh dari kejatuhan trio tadi kini menduduki klasemen 2 dengan selisih 12 poin dari Marquez.

Vinales stabil di klasemen 3 dengan raihan 50 poin. Finish ke 5 tempo hari membawa rekan setimnya, Rossi, naik satu peringkat di posisi 6.

Podium 3 Ianonne cukup membawanya naik 2 posisi. Konsistensinya membuat ia bertengger di klasemen 4.

Berikut pemegang klasemen motoGP setelah seri Jerez:

  1. ^1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 70 points
  2. ^3 Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 58 points (-12)
  3. = Maverick Viñales SPA Movistar Yamaha (YZR-M1) 50 points (-20)
  4. ^2 Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 47 points (-23)
  5. ˅4 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 46 points (-24)
  6. ^1 Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 40 points (-30)
  7. ˅3 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 38 points (-32)
  8. = Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 36 points (-34)
  9. ^1 Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 34 points (-36)
  10. ˅1 Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP17) 24 points (-46)
  11. = Dani Pedrosa SPA Repsol Honda (RC213V) 18 points (-52)
  12. = Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 16 points (-54)
  13. ^4 Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 13 points (-57)
  14. = Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 13 points (-57)
  15. ^5 Alvaro Bautista SPA Angel Nieto Team (GP17) 12 points (-58)
  16. ˅3 Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 9 points (-61)
  17. ^1 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 9 points (-61)
  18. ˅3 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 6 points (-64)
  19. NA Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 6 points (-64)
  20. ˅4 Jorge Lorenzo SPA Ducati Team (GP18) 6 points (-64)
  21. ˅2 Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 5 points (-65)
  22. NA Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 3 points (-67)
  23. ˅2 Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 1 points (-69)
  24. ˅2 00 0 #N/A 0 points (-70)

^naik posisi
= tetap diurutan klasemen
˅turun klasemen <swn>

Data kalsemen dari crash.net, foto: halloriau.com

Continue Reading
Advertisement

Kesehatan

Popularitas Daun Kelor Potensial Bikin Pisang Ketar – Ketir

Published

on

GatraDewata⌊Denpasar⌋ Daun Kelor, atau Moringa, sebetulnya bukan barang baru. Hampir semua generasi yang lahir sebelum tahun 90an sering menyantap daun Kelor sebagai sayuran. Paling enak kalau dimasak bumbu santan. Tapi ketika bumbu dapur tidak lagi terbeli maka dijadikan sayur beningpun tetap nikmat.

Namun, peradaban yang kian moderen membuat reputasi Kelor meredup. Apalagi anak – anak zaman sekarang sudah dikenalkan dengan makanan siap saji sejak kecil. Tidak heran jika mereka lebih memilih ayam goreng waralaba tinimbang sayuran jenis Kelor. Sialnya lagi, peradaban ini membuat Kelor terkesan sebagai santapan orang miskin.

Tapi siapa sangka ternyata Kelor adalah makanan super yang kembali populer. Di dunia barat Kelor dikonsumsi dalam beberapa variasi, misalnya dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Beberapa media luar mengklaim bahwa Kelor lebih super dari makanan super lainnya. Istilah kerennya, the sperfood of the superfood. Di tanah air, nenek – nenek zaman dulu menempatkan Kelor sedikit terhormat. Mereka kerap menyarankan ibu menyusui untuk makan sup Kelor karena dapat membantu produksi ASI.

Nah, kebangkitan Kelor ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah ruah, bahkan sampai tumpah. Bubuk Kelor kering mengandung sekitar 90 varian nutrisi termasuk vitamin, mineral dan asam amino. Bukan itu saja, bubuk ajaib ini juga mengandung lebih dari 40 antioksidan dan zat – zat anti-imflamatory, zat yang berguna untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kandungan seratnya sangat tinggi hingga 24%. Jika disederhanakan kandungan proteinnya 9 kali lebih banyak daripada Yoghurt, mengandung vitamin A hingga 3 kali lebih banyak dari wortel, 12 kali lebih kaya akan vitamin C daripada keluarga jeruk dan 15 kali lipat kandungan potasium berbagai jenis pisang. Jika benar popularitas Kelor kembali muncul di tanah air maka keberadaan pisang sedikitnya bisa terancam.<swn>

Continue Reading

Daerah

Ternyata Segini Biaya Perawatan Sepeda MTB, Bisa Bikin Istri Auto Ngamuk.

Published

on

GatraDewata⌊Denpasar⌋ Antusiasme masyarakat Bali terhadap olahraga bersepeda cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pesepeda yang wara – wiri tiap harinya, terutama saat akhir pekan. Tapi siapa sangka jika perawatan sepeda cukup mencengangkan.

Saat menyambangi gerai Rodalink Denpasar, kami mendapati sebuah Polygon Xtrada 6 nangkring di ruang perbaikian, menunggu aksi sang mekanik. Saat mulai dikerjakan kamipun menghampirinya untuk semangkok informasi tentang perawatan sepeda.

Sang mekanik bernama Fino terlihat mulai menganalisa masalahnya. “Bottom Bracketnya rusak” sergahnya sembari memulai perbaikan. Beliau juga mengatakan jika part tersebut rusak biasanya harus diganti baru, karena jika hanya diperbaiki tidak akan maksimal. Xtrada 6 model 2018 belum menggunakan produk Shimano. Iapun memasangkan bracket Shimano yang belakangan diketahui harganya hampir 200k.

Sambil melanjutkan proses pemasangan beliau mengatakan jika sepeda juga harus dirawat secara berkala layaknya motor. Tidak boleh asal pake. Jika pemakaiannya intens maka harus di service setiap 3 bulan. Khusus untuk road bike beda lagi perlakuannya. Karena sekali gowes biasanya – setidaknya – 50an kilometer jadi harus di service sekitar 2 bulan sekali. Sepeda yang sering dipakai di jalur lintas alam harus di service total, service ringan tidak akan cukup. “Apalagi saat musim hujan, pasir halus bisa masuk ke bracket dan juga bisa merusak bagian lainnya.” tambahnya.

Jika diukur dengan jarak tempuh maka pemakaian rata – rata 10 km per hari termasuk intens. Beliau juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi saat gowes sehingga pemakaian gampang dikontrol. Jika sudah mencapai 1500 km disarankan untuk melakukan service ringan, itupun jika tidak ada gejala aneh pada unit.

Ternyata untuk service ringan, pengecekan bagian luar secara keseluruhan, ongkosnya bisa mencapai 200k, dengan durasi pengerjaannya sekitar 2 jam. Sementara untuk service total ongkosnya bisa mencapai 400k.  Sepeda akan dibongkar secara keseluruhan kemudian diambil tindakan yang dianggap perlu. Ia juga mengakui jika pengerjaan service total ini cukup menanatang karena banyaknya parts yang dibongkar pasang dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. “Pengerjaannya bisa memakan waktu hingga 3 hari. Tapi dijamin setelah rampung kondisi sepeda akan seperti baru lagi.” ungkapnya sembari menambahkan bahwa penggantian parts akan dikenakan biaya tambahan.

Jika saja para istri tahu ongkos perawatan sepeda melebihi biaya di salon kecantikan, bisa dipastikan doi akan auto ngamuk. Apalagi sampai nyenggol urusan dapur, bisa – bisa sepeda nangkring di OLX.<swn>

Continue Reading

Daerah

Hebat! Nasi Paru YUMMY Raih Predikat Super Partner dari Gojek

Published

on

GatraDewata [ Denpasar ] Setelah berkiprah di dunia kuliner sepanjang pandemi, Nasi Paru Yummy diganjar dengan predikat Super Partner oleh Gojek. Akumulasi kepuasan pelanggan ini dinyatakan dalam angka 4.7 dari nilai tertinggi pada angka 5.

Lantas, apa yang menjadi pertimbangan Gojek atas penilaian tersebut? Berikut beberapa faktor penting yang layak anda ketahui:

1. Fair Portion. Faktor ini merangkum kepuasan pelanggan dari segi besaran porsi, baik itu nasi maupun lauknya. Kedua hal ini musti akur layaknya pengantin baru; tidak boleh nasinya kebanyakan namun lauknya cuma seuprit, ataupun sebaliknya. Keduanya harus berimbang sehingga sensasi kunyahan awal hingga akhir tetap konsisten.

2. Great Taste. Setelah klar di urusan porsi, kini soal ‘rasa’ tidak kalah pentingnya. Jika porsi memuaskan mata saat pertama kali bungkusan dibuka, maka sang rasa akan mengambil alih peran setelahnya. Sampai di titik ini si penikmat akan melanjutkan investigasinya untuk penilaian akhir yang tepat.

3. Freshly Made. Bagaimana dengan proses pembuatannya? Siapa yang tidak mau makanan yang akan mereka kunyah disajikan secara segar? Artinya, seluruh komponen dalam satu porsi yang akan dinikmati pelanggan dibuat di hari yang sama, bukan hasil manasin stok kemarin – no way! Pelanggan kuliner sangat faham mana makanan segar mana yang tidak.

Nasi Paru Yummy selaku penyedia sangat konsisten dalam mempertahankan ketiga faktor diatas. Quality Control yang super ketat diadopsi dari kebiasaan mereka selama berkarir di dunia hospitality. Inilah yang menyebabkan kuliner rumahan dibawah bendera Yummy ini, boleh dikata setingkat bintang lima.

No wonder-lah jika penjualan di Gojek tetap stabil hingga kini. Pun begitu, pihak Yummy tidak ambil pusing dengan ketersediaan; jika habis ya habis. Mereka akan memulai lagi besoknya. Ini seolah olah sebuah ultimatum bagi pelanggan untuk tidak menunda ketika lapar, atau akan berakhir pada semangkok mi instan.

Nah, mengingat makanan lebih enak jika dimakan, bukan diulas, maka segeralah kepung markasnya di Jl. Kusuma Bangsa III No 12 C. Atau bisa juga langsung pesan via Gojek jika itu lebih nyaman.<swn>

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam