Connect with us

Global

Kerjasama LANAL Denpasar dengan Dinas KARANTINA dan BKIPM Denpasar berhasil gagalkan penyelundupan ribuan ekor Burung

Published

on


GATRADEWATA.COM||Denpasar, 16 Maret 2019.
Pangkalan TNI AL Denpasar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan burung dari Lombok ke Denpasar Bali melalui Pelabuhan Padang Bai. Berawal dari informasi yang disampaikan petugas pelabuhan Lembar dan personel Lanal Mataram pada Jumat malam (15/03/2019). Upaya penyelundupan beberapa jenis burung kicau dapat diamankan oleh personel Lanal Denpasar bekerja sama dengan BKIPM kota Denpasar dan Dinas Karantina Hewan Pelabuhan Padang Bai dari sebuah mobil truk yang diangkut oleh kapal ferry KMP. Swarna Kartika rute penyebrangan Lembar ke Padang Bai.

Menurut keterangan dari supir truk Sdr. SH serta pembawa burung Sdr. FA dan MK,  burung-burung milik Bpk. RF di Lombok tersebut sengaja diselundupkan ke Denpasar Bali untuk diperjual belikan. Diperkirakan ada sekitar 1.500 ekor burung jenis Kepodang, Manyar dan Kecial Kuning yang akan dikirim ke penjual burung di Pasar Burung Satria Kota Denpasar.

Burung-burung tersebut disimpan dalam box plastik dan kardus kemudian ditutupi daun-daun untuk menghindari pemeriksaan petugas. Berkat kejelian dan kerjasama petugas keamanan pelabuhan Lembar dengan instansi terkait di Pelabuhan Padang Bai, burung-burung kicau tersebut saat ini diamankan di kantor Karantina Hewan Padang Bai Kab. Karang Asem.

Menurut keterangan yang disampaikan petugas Karantina Hewan Pelabuhan Padang Bai, bapak Lundra, jenis burung-burung tersebut bukan kategori burung yang dilindungi. Namun karena jumlahnya yang cukup banyak dikhawatirkan dapat membawa bibit penyakit ke wilayah Denpasar Bali. Untuk itu rencana pengamanannya akan diserahkan kepada pihak Dinas Karantina dan BKSDA sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

Saat ini jenis burung-burung tersebut sering dicari oleh masyarakat pecinta burung kicau sebagai sarana hiburan dan perlombaan. Walaupun harganya tidak terlalu mahal namun apabila dikonsumsi secara besar-besaran dikhawatirkan habitat jenis burung tersebut rawan terjadi kepunahan karena rentan terhadap penyakit dan bisa menimbulkan kematian dalam jumlah besar.

Keberhasilan bersama dalam menggagalkan upaya penyelundupan burung kicau yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang syah akan terus ditingkatkan untuk membangun sinergitas dan soliditas antara TNI AL dengan instansi terkait. Untuk itu kedepannya sudah merupakan suatu kewajiban bagi Pangkalan TNI AL Denpasar Bali membangun kerjasama dengan petugas keamanan pelabuhan dalam meminimalisir kegiatan ilegal melalui penyebrangan kapal dari Pelabuhan Lembar ke Padang Bai Bali yang dapat merugikan dan menimbulkan dampak negatif terhadap keamanan wilayah di Perairan Provinsi Bali yang dilalui jalur ALKI II.

Pangkalan TNI AL Denpasar akan selalu bekerja keras dalam mengamankan wilayah Perairan Bali dalam mengantisipasi segala bentuk kegiatan ilegal dari dan lewat laut baik melalui pelabuhan penyebrangan Padang Bai, Gilimanuk, Celukan Bawang maupun pelabuhan-pelabuhan rakyat yg ada di wilayah Bali, seperti penyelundupan baby lobster dan hewan-hewan lain yang dilindungi serta barang-barang berbahaya sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku tegas Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko. (Satyagraha)


Continue Reading
Advertisement

Global

PPWI Berduka

Published

on

GATRADEWATA.COM||INNALILLAHI WA INNAILAIHI ROJIUN… Telah berpulang kerahmatullah dengan tenang, sekitar jam. 02.00 dini hari tgl. 18 Juni 2019, Bpk. DR. H. Syahril, S.Pd., MM.

Beliau adalah salah seorang Anggota DPRD Periode 2019 – 2024 Kota Pekanbaru yang terpilih pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Pak Syahril juga adalah Ketua Dewan Penasehat PPWI Riau, dan Ketua Yayasan Kansai (yang didirikan bersama Wilson Lalengke, Sekretaris Yayasan Kansai Pekanbaru).

Semoga beliau berpulang dgn Husnul Khotimah menemui Ilahirobbi diampunkan segala dosanya serta dilipatgandakan seluruh amal kebajikan Beliau semasa hidup serta ditempat kan yg terbaik oleh Allah SWT.

Bagi keluarga yg ditinggal diberi kesabaran dan ketabahan untuk menerima ketentuan yg Maha Kuasa…… Aamiin YRA.( Redaksi)

Continue Reading

Global

Raja Maroko Ucapkan Selamat Kepada Joko Widodo

Published

on

GATRADEWATA.COM||Rabat – Raja Maroko, Yang Mulia Mohammed VI mengirim pesan ucapan selamat kepada Joko Widodo, atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia, Rabu, 22 Mei 2019.

Dalam pesan yang dipublikasikan melalui berbagai media di Maroko itu, Pemimpin Kerajaan Maroko ini menyampaikan ucapan selamat dengan setulus-tulusnya kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan baru yang diberikan kepadanya oleh rakyat Indonesia untuk memimpin mereka menuju kemajuan dan kemakmuran lebih lanjut.

Pada kesempatan ini, Yang Mulia Mohammed VI juga menyatakan kepuasannya atas terjalinnya ikatan hubungan persaudaraan yang kuat dan solidaritas aktif yang menyatukan kedua bangsa, Indonesia dengan Maroko selama ini.

Yang Mulia Raja Maroko juga menegaskan kembali tekadnya untuk terus bekerjasama dengan Widodo dalam memperkuat hubungan kerjasama yang bermanfaat bagi Maroko dan Indonesia dan memperluas bidang-bidang kerjasama mereka demi melayani kepentingan kedua bangsa yang bersaudara ini.

Sumber: Press-release Kedubes Maroko di Jakarta

Continue Reading

Global

Kesederhanaan Dalam Persatuan Persaudaraan.

Published

on

GATRADEWATA.COM||Denpasar Bali, Hari perayaan HUT Kopassus yang ke 67 dirayakan Syukuran pada tanggal 30 April 2019 dengan Khidmat dan bergembira dalam suasana Negeri yang sedang menunggu perhitungan bagi kepemimpinan tertinggi negara ini. Terlihat seorang dengan wajah kental seorang prajurit Komando tulen memperkenalkan nama diri “Sertu Andre leimena” ikut menghibur, bernyanyi, terlihat sekali keakraban sebuah korp. baret merah termasuk bagian utama Bangsa ini dalam ruangan kecil dan perayaan yang sederhana ini.

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus memiliki kemampuan tempur khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Yang pergerakannya sudah tercium harus dan yang memiliki kasta tertinggi sebagai alat tempur negara.

Acara ini dihadiri oleh Komandan, Atasan & Senior serta rekan-rekan Korp Baret merah seluruh wilayah Bali, yang diadakan di gedung Zidam IX Udayana. TNI aktif menggunakan baju kebanggaan PDL DM atau PDH TNI AD Baret merah, Purnawirawan Seragam Kobame/Batik Baret merah, AKBM menggunakan Seragam AKBM/Batik.


Kolonel Inf Eko Suprihanto, pamen di kodam IX Udayana ini
terlihat memberikan sambutan dan cerita pengalaman beliau dimedan tempur dan persatuan dan persahabatan dalam korp. Kopassus kepada kawan-kawan di Acara itu “syukuri apa yang ada, Komando harus selalu menjadi hati kita dimana pun kita berada, baret merah tidak luntur dan tetap exist, Komando itu never give up. Hidup itu tentang berbagi”ujar Beliau.

Kita semua berharap negeri selalu dalam keadaan damai dan menuju sejahtera, maju dan pantang mundur, suara dari sebagian bait lagu yang dibawakan sebagai penutup acara perayaan Hut Kopassus ini yang lahir tanggal 16 April 1952 ini. Komando. (Ray)

Continue Reading

Wonderful Indonesia

Ads

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam