Connect with us

News

Indonesian Housekeeper Association (IHKA) Bali, Menggelar Talkshow dan Exhibition 2018.

Published

on


GATRADEWATA.COM || Sanur, 5 Mei 2018.

Indonesian Housekeeper Association (IHKA) Bali kembali menggelar agenda tahunannya pada Sabtu 5 Mei 2018 di Grand Ballroom Sanur Paradise Plaza Hotel. Agenda kegiatan tahun ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ketua BPD PHRI Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Arta Ardana Sukawati, M.Si, kemudian pengukuhan kepengurusan IHKA Bali 2018-2021, didampingi Bapak Rahmat Subianto, Ketua DPP IHKA, lalu talkshow dengan tema “Creativity for Opportunity“. Acara dilanjutkan presentasi product knowledge dari para vendors  yang turut berpartisipasi. Puluhan vendors berasal dari perusahaan distributor dan supplier berbagai produk perhotelan seperti linen, spring bed, Amenities, liquid dan lain sebagainya.

Bapak Nyoman Sugiarta, CHA, ketua terpilih periode ke-6 menyampaikan, “Ini merupakan komitmen kami di IHKA Bali untuk senantiasa menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh anggota, menambah keterampilan dan wawasan seluruh anggota IHKA Bali khususnya, memperkuat dan memperteguh persaudaraan. Tahun ini hadir kurang lebih 520 orang para housekeepers dan executive room division yang mengikuti acara pada hari ini. Sekaligus kami menegaskan bahwa seluruh jajaran pengurus mengusung konsep luhur tradisi Bali yaitu menyamabraya; sah Lilik salunglung sabayantaka, bahwa persatuan dan integritas asosiasi ini merupakan simbol bahwa keberadaan kita benar-benar memberi manfaat bagi semua pihak untuk kebaikan pariwisata Bali.

Pada sesi talkshow menghadirkan keynote speaker antara lain Bapak Nyoman Kargana (Owner Langgeng Laundry Group) dan Bapak Nyoman Sukadana (CEO/Founder Elizabeth International) yang berbagi banyak pengalaman dan motivasi seputar dunia housekeeping sebagai profesi kepada para peserta acara. Moderator talkshow, Bapak Ketut Swabawa, CHA mengatakan, “Kami menghadirkan sosok pekerja keras dan penuh kreatifitas yang telah terbukti pencapaiannya hingga saat ini. Sehingga dapat menginspirasi keluarga besar IHKA Bali dalam meningkatkan kualitas diri dalam mencapai kesuksesan di masa mendatang”. Selanjutnya masing-masing vendors mempresentasikan produk-produk mereka ke seluruh peserta acara secara silih berganti dan diselingi dengan pemberian cenderamata dari IHKA Bali ke seluruh vendors yang berpartisipasi dan ikut sponsor acara.

Hadir pula pada kegiatan tersebut sebagai undangan diantaranya para mantan dan pendiri IHKA Bali, Bapak IB Wedasmara, Bapak Nyoman Astika serta Ketua DPP IHKA, Bapak Rahmat Subianto, pimpinan sekolah pariwisata, ketua asosiasi profesi dan usaha pariwisata serta para pimpinan vendor pendukung acara yang tidak hanya berasal dari Bali tapi juga dari luar pulau Bali. Acara sangat semarak karena turut dihibur stand up comedy Sengap Jaya asal Bali, hiburan musik dan tarian serta bagi-bagi banyak hadiah dan doorprize hingga berlanjut sampai acara makan malam bersama di tempat yang sama. <ydj>


Advertisement

News

Jelang Pemilu Bawaslu Jembrana Gelar Apel Siaga Pengawasan 

Published

on

Jembrana – Bawaslu Jembrana bersama ketua dan anggota serta Lima Belas anggota Panwaslu kecamatan (Panwaslucam) dan lima puluh satu pengawasan kelurahan desa atau yang disingkat (PKD) se kabupaten Jembrana hadir pada Apel siaga pengawasan tahapan kampanye yang digelar oleh Bawaslu Jembrana di Lapangan alun-alun kota negara, Selasa (28/11).

Apel siaga pengawasan tahapan kampanye pemilu 2024 merupakan bentuk dari kesiapan pengawas pemilu se kabupaten Jembrana untuk melakukan pengawasan, khususnya pada tahapan kampanye yang akan dimulai pada tanggal 28 november 2023 hingga 10 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Jembrana Made Widastra saat memberikan pengarahan kepada anggota saat apel siaga pengawasan pagi tadi (28/11)

Ketua Bawaslu Jembrana Made Widiastra yang dalam kesempatannya bertindak sebagai pembina apel menyampaikan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu se kabupaten Jembrana untuk melakukan pengawasan dengan maksimal dan memperhatikan koridor hukum yang berlaku. “lakukan pengawasan dengan maksimal, sesuai dengan amanat undang-undang no 7 tahun 2017, bahwa kita (Bawaslu) menjalankan tugas-tugas pengawasan Pemilu,” tegasnya .

Lanjut Widiastra berpesan kepada jajaran pengawas pemilu se kabupaten Jembrana, dengan mengutip pernyataan yang disampaikan oleh ketua Bawaslu RI dalam apel siaga nasional, “Disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, saksikan rakyak Indonesia, bahwa kawan seperjuangan saya ini, saudara seperjuangan saya ini, adalah kawan-kawan yang bersedia, jangankan keringat dan air mata, bahkan harta, jiwapun jika diminta oleh Republik ini, Akan kita berikan.” Ujarnya.

Di akhir kegiatan dilakukan penandatanganan sebagai simbol untuk siap mengawasi tahapan kampanye yang dilakukan oleh jajaran pengawas Pemilu tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat pengawas kelurahan desa (PKD).

Continue Reading

News

Tingkatkan Karya Jurnalistik, Perwali Gelar Pelatihan Dasar

Published

on

DENPASAR – Guna meningkatkan hasil karya jurnalistik, Persatuan Wartawan Bali (Perwali) menggelar kegiatan pelatihan dasar jurnalistik di Rama’s House of Noodles, Jalan Jayagiri III Denpasar Bali, pada hari Senin 27 November 2023.

Kegiatan yang dihadiri oleh 15 orang wartawan dari berbagai perusahaan media ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme wartawan anggota Perwali dalam menghasilkan karya jurnalistik.

Ngurah Dibia selaku Pemimpin Redaksi (Pemred) Barometer.com dan Nyoman Ady Irawan selaku Redaktur Wacanabali.com. turut hadir dalam kegiatan ini untuk memaparkan materi mengenai hukum pers dan kode etik jurnalistik serta teknik dalam menulis berita.

Tidak hanya memaparkan materi, para wartawan yang hadir dalam kegiatan ini pun turut antusias melakukan tanya jawab serta saling berbagi pengalaman dalam dunia jurnalistik selama kegiatan berlangsung.

Dengan kegiatan ini, Rosa selaku Ketua Perwali Bali menegaskan, bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik ini akan diselenggarakan secara bertahap dan berkesinambungan. Kegiatan pun ditutup dengan ramah-tamah dan sesi foto bersama. (Aln)

Continue Reading

News

Tingkatkan Karya Jurnalistik Profesional, PERWALI Gelar Pelatihan Dasar 

Published

on

DENPASAR – Guna meningkatkan hasil karya jurnalistik, Persatuan Wartawan Bali (Perwali) menggelar kegiatan pelatihan dasar jurnalistik, di Rama’s House of Noodles, Jalan Jayagiri III Denpasar Bali, Senin (27/11/23).

Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan profesionalisme wartawan anggota Perwali dalam menghasilkan karya jurnalistik.

Anggota yang hadir saat itu sejumlah 15 orang wartawan dari berbagai perusahaan media.

Hadir pula sebagai pemateri Ngurah Dibia dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Barometer.com dan Nyoman Ady Irawan dari Redaktur Wacanabali.com, yang dalam pemaparannya menekankan kepada peserta untuk memahami tentang hukum pers serta kode etik jurnalistik yang berlaku.

Dalam dasar inilah bagi awak media dapat memiliki acuan yang lebih mengarah kepada profesional dalam menghasilkan karya jurnalistik. Mereka juga menekankan sikap sebagai seorang jurnalistik harus mengedepankan sikap independen atau tidak memihak salah satu narasumber.

” Jurnalis harus menempuh cara-cara yang profesional dalam mnghasilkan karya jurnalistiknya, ” tutur Ngurah Dibia.

Mereka menekankan ada 11 poin dasar yang harus dipahami oleh seorang jurnalis, seperti dalam menguji informasi yang didapat, serta menguji kebenaran dan mengolah pemberitaan secara akurat dan berimbang, serta tidak mencampurkan fakta dan opini, terlebih menghakimi serta menerapkan asas praduga tidak bersalah.

Selain itu jurnalis juga dikatakan disana bahwa mereka memiliki hak tolak untuk melindungi narasumber yang tidak ingin diketahui identitas maupun keberadaannya. Misalnya dalam kasus-kasus yang mengungkap suatu tindakan korupsi dalam pemerintahan dan sebagainya.

Bersambung pemateri Nyoman Ady Irawan, menerangkan teknik dalam menulis suatu artikel atau berita.

” Kalian harus memahami unsur-unsur yang wajib ada dalam karya jurnalistik ”

Yang salah satunya adalah unsur 5W+1H yang harus ada dalam berita. Siapa, apa, dimana, kapan, kenapa dan bagaimana-nya harus jelas, tutur Ady.

Dalam menulis suatu karya jurnalistik, Ady juga menuturkan bahwa suatu berita harus memiliki nilai-nilai kebenaran yang faktual atau bisa disebut sesuai dengan fakta yanag ada tanpa dibumbui oleh pendapat pribadi.

” Berita harus faktual atau sesuai fakta dan aktual atau peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi serta objektif atau sesuai keadaan yang terjadi, ” pesannya.

Selain kedua pemateri tersebut menjelaskan, ada sesi tanya jawab yang membuat suasana menjadi cair dan akrab. Pertanyaan seputar judul berita, topik berita dan unsur isi penekanan berita yang akan disajikan.

Dalam diskusi kali ini mereka mengharapkan bahwa peserta yang hadir dapat benar- benar memahami karya jurnalistik yang dihasilkan haruslah memiliki bobot yang lebih baik dan profesional dibandingkan dengan pemberitaan-pemberitaan melalui media sosial yang ada selama ini.

Lanjut, Rosa selaku Ketua Perwali Bali juga menjanjikan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik ini akan diselenggarakan secara bertahap dan berkesinambungan.

” Tentu dengan materi yang berbeda-beda nantinya ”

Kegiatan itu berakhir pada pukul 13.00 Wita dan ditutup dengan ramah-tamah dan sesi foto bersama. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku