Connect with us

Pariwisata dan Budaya

Indonesian Housekeeper Association (IHKA) Bali, Menggelar Talkshow dan Exhibition 2018.

Published

on


GATRADEWATA.COM || Sanur, 5 Mei 2018.

Indonesian Housekeeper Association (IHKA) Bali kembali menggelar agenda tahunannya pada Sabtu 5 Mei 2018 di Grand Ballroom Sanur Paradise Plaza Hotel. Agenda kegiatan tahun ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ketua BPD PHRI Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Arta Ardana Sukawati, M.Si, kemudian pengukuhan kepengurusan IHKA Bali 2018-2021, didampingi Bapak Rahmat Subianto, Ketua DPP IHKA, lalu talkshow dengan tema “Creativity for Opportunity“. Acara dilanjutkan presentasi product knowledge dari para vendors  yang turut berpartisipasi. Puluhan vendors berasal dari perusahaan distributor dan supplier berbagai produk perhotelan seperti linen, spring bed, Amenities, liquid dan lain sebagainya.

Bapak Nyoman Sugiarta, CHA, ketua terpilih periode ke-6 menyampaikan, “Ini merupakan komitmen kami di IHKA Bali untuk senantiasa menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh anggota, menambah keterampilan dan wawasan seluruh anggota IHKA Bali khususnya, memperkuat dan memperteguh persaudaraan. Tahun ini hadir kurang lebih 520 orang para housekeepers dan executive room division yang mengikuti acara pada hari ini. Sekaligus kami menegaskan bahwa seluruh jajaran pengurus mengusung konsep luhur tradisi Bali yaitu menyamabraya; sah Lilik salunglung sabayantaka, bahwa persatuan dan integritas asosiasi ini merupakan simbol bahwa keberadaan kita benar-benar memberi manfaat bagi semua pihak untuk kebaikan pariwisata Bali.

Pada sesi talkshow menghadirkan keynote speaker antara lain Bapak Nyoman Kargana (Owner Langgeng Laundry Group) dan Bapak Nyoman Sukadana (CEO/Founder Elizabeth International) yang berbagi banyak pengalaman dan motivasi seputar dunia housekeeping sebagai profesi kepada para peserta acara. Moderator talkshow, Bapak Ketut Swabawa, CHA mengatakan, “Kami menghadirkan sosok pekerja keras dan penuh kreatifitas yang telah terbukti pencapaiannya hingga saat ini. Sehingga dapat menginspirasi keluarga besar IHKA Bali dalam meningkatkan kualitas diri dalam mencapai kesuksesan di masa mendatang”. Selanjutnya masing-masing vendors mempresentasikan produk-produk mereka ke seluruh peserta acara secara silih berganti dan diselingi dengan pemberian cenderamata dari IHKA Bali ke seluruh vendors yang berpartisipasi dan ikut sponsor acara.

Hadir pula pada kegiatan tersebut sebagai undangan diantaranya para mantan dan pendiri IHKA Bali, Bapak IB Wedasmara, Bapak Nyoman Astika serta Ketua DPP IHKA, Bapak Rahmat Subianto, pimpinan sekolah pariwisata, ketua asosiasi profesi dan usaha pariwisata serta para pimpinan vendor pendukung acara yang tidak hanya berasal dari Bali tapi juga dari luar pulau Bali. Acara sangat semarak karena turut dihibur stand up comedy Sengap Jaya asal Bali, hiburan musik dan tarian serta bagi-bagi banyak hadiah dan doorprize hingga berlanjut sampai acara makan malam bersama di tempat yang sama. <ydj>


Continue Reading
Advertisement

Daerah

Odalan Bernuansa Spesial di ‘Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Dalem Ciwa Gaduh’

Published

on

Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Ciwa Gaduh

GatraDewata[Klungkung] Odalan berkala yang diadakan setiap enam bulan di Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Dalem Ciwa Gaduh, Klungkung (Bali), tergolong lancar. Acara yang berlangsung selama empat hari ini, sejak Selasa 4 Mei 2021, dihadiri penglingsir Jro Mangku Dana (120 tahun)  dan Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga. Panitia odalan menegaskan jika kehadiran Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga membuat odalan kali ini berbeda dari odalan – odalan sebelumnya.

“Odalan kali ini tergolong sangat spesial karena untuk pertamakalinnya dipuput oleh Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga,” ungkap Jro Mangku Jana selaku ketua panitia odalan.

Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga

Sebelum piodalan dimulai kedua tokoh tadi memberikan sambutan secara bergantian.  Mereka sepakat menghimbau agar para anggota/semeton yang hadir tidak gampang terseret pengaruh global yang menyesatkan. Disamping itu, mengingat Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Dalem Ciwa Gaduh kini sedang melakukan pembangunan area parkir maka diharapkan partisipasi anggota lebih aktif lagi.

“Partisipasi anggota bisa dalam bentuk apa saja. Yang berkecukupan bisa dalam bentuk materi, bisa juga pemikiran dan yang aktif di pemerintahan bisa dalam bentuk akses, atau apapun yang nantinya meringankan beban pembanguan ini,” pungkas penglingsir.

Menurut keterangan bendahara pembangunan Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Dalem Ciwa Gaduh tercatat diskrepansi saat ini sekitar 800 juta rupiah. Dana pembangunan dibagi rata dengan jumlah anggota yang mencapai 4700 orang, yang belakangan bertambah drastis menjadi 6000an orang, baik dari bali maupun luar bali. guna membantu pelunasan iuran bagi anggota yang kurang mampu maka panitia Pura Pasek Gaduh mendirikan Koperasi yang saat ini masih berstatus pra-koperasi. “Anggota yang berkecukupan sudah melunasi kewajibannya, sementara mereka yang belum mampu diharapkan bisa segera mengambil langkah yang dianggap perlu. ide pembentukan koperasi ini tidak lain adalah untuk tujuan angaduh, yakni kesejahteraan anggota. yang mampu akan menanamkan modalnya disini sementarra mereka yang belum mampu akan memanfaatkannya untuk usaha sehingga segera bisa menunaikan kewajibannya,” beber Ketut Serinama selaku penasihat koperasi.

Panitia pembangunan Pura Pusat Kawitan Pasek Gelgel Dalem Ciwa Gaduh optimis jika kekurangan dana tersebut akan mampu dilunasi dalam waktu dekat. “Anggota kita datang dari berbagai kalangan dan partisipasi mereka juga tinggi, sehingga kami optimis target dapat dicapai dengan mudah,” tutup Ketut Serinama. [SWN]

Continue Reading

Daerah

Dihadiri Peselancar Legenda, Begini Antusiasme Peserta Kartini Go Surf

Published

on

Pengarahan kepada peserta sebelum acara Kartini Go Surf dimulai

GatraDewata[Badung] Acara tahunan bertajuk Kartini Go Surf yang digagas oleh tabloid Magic Wave, Perempuan Berkebaya Indonesia, serta berbagai komunitas kepariwisataan di Bali, tergolong sukses. Tidak kurang dari 30 peselancar turut ambil bagian pada acara yang digelar tempo hari 16/3/2021, baik peserta dari kalangan lokal maupun mancanegara yang sudah menetap di Bali sejak pandemi.

Meskipun acara ini sudah berlangsung sejak tahun 2009 antusiasme peserta tetap tinggi. Bagi yang baru pertamakali berselancar mengenakan kebaya sudah pasti hal ini memberikan pengalaman baru.

Antusiasme mereka terpancar lewat senyum selama acara berlangsung meski diakui agak sulit melakukannya dengan mengenakan kebaya. Sebut saja Hjordi, peselancar asal Jerman, yang sudah sering berkebaya namun baru pertama kali melakukannya untuk berselancar, menilai ini (berselancar pakai kebaya) merupakan ide bagus demi mendukung kaum perempuan di Indonesia.

Pak Pipping berpose bersama Steve Palmer dan pentolan lainnya

Ada juga faktor adrenalin yang tertunda dimana tahun 2020 acara sejenis ditiadakan karena pandemi. Sebagaimana yang diungkapkan oleh pentolan Magic Wave, pak Pipping. “Kebayang dah antusiasme peserta yang dipaksa puasa selama setahun karena pandemi” ungkapnya tidak kalah sumringah.

Ada beberapa tokoh beken yang turut hadir tempo hari. Legenda surfing asal Bali, Ketut Nugra, hadir memberi sambutan saat pembukaan acara. Selain itu ada juga peselancar senior yang pernah mensponsori kontes surfing internasional pertama kali di Bali pada tahun 1979, Mr. Steve Palmer.<swn>

Continue Reading

Daerah

Kian Agresif, Best Hostels Indonesia Sponsori K-Popular 2021 Dance Cover Competition & Festival

Published

on

K-Popular 2021 Dance Cover Competition & Festival

GatraDewata[Denpasar] Best Hostels Indonesia bagi-bagi kebahagiaan dalam event K-Popular 2021 Dance Cover Competition & Festival, Bali, tepatnya pada Minggu 4 April 2021. Selain menjadi sponsor acara, Best Hostels Indonesia juga membagikan beberapa doorprize berupa kode booking dengan potongan 50% bagi pengunjung booth.

Kehadiran tim Best Hostels Indonesia dalam acara ini semata-mata menjadi ajang untuk menyapa milenial. Ini erat kaitannya dengan tingginya permintaan hostel sebagai kebutuhan mendasar bagi tren traveling milenial.

Sejak beberapa tahun belakangan, hostel telah bertransformasi menjadi salah satu kebutuhan traveling, khususnya bagi generasi milenial. Ada beberapa alasan yang membuat para milenial menjatuhkan pilihan akomodasinya pada hostel.

Alasan-alasan tersebut antara lain, harganya yang lebih affordable, pengalaman baru yang ditawarkan, kesempatan berjejaring lebih luas, hingga desain hostel yang instagramable. Selain itu, kecenderungan milenial Indonesia untuk memilih akomodasi yang praktis dan savvy juga menjadikan alasan hostel banyak diburu.

Model traveling khas milenial juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di destinasi wisata, dibandingkan stay di penginapan. Tren traveling seperti inilah yang membuat hostel jadi akomodasi paling dianjurkan.

Dalam kesempatan menyapa milenial ini, Best Hostels Indonesia juga ingin memperkenalkan fitur terbarunya, yakni fitur eXplore. Fitur ini akan semakin memudahkan traveler untuk booking tiket kegiatan sesuai minat yang diinginkan.

Ada beberapa kategori kegiatan yang ditawarkan dalam fitur eXplore, seperti culture & heritage, culinary, adventure, dan workshop. Namun seiring berjalannya waktu, kategori – kategori ini akan terus meningkat.

Tentang Best Hostel Indonesia

Founder Best Hostel, Thiyen Aditya, turut hadir

Best Hostel Indonesia atau BestHostels.co.id adalah platform online booking pertama di Indonesia yang berfokus pada hostel. Kehadirannya menjadi fasilitator untuk memenuhi kebutuhan akan hostel yang terus meningkat.

Platform ini juga berkontribusi untuk mendorong kemajuan hostel mitra di seluruh Indonesia. Tidak sekadar membantu memasarkan penginapan, Best Hostels Indonesia juga ikut menebar keunikan dari setiap hostel mitra. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya disuguhi oleh fasilitas saja namun juga berbagai nilai tambahan lain dari masing-masing hostel.

Sahabat petualang juga dapat memesan berbagai tiket perjalanan dan pengalaman seru di fitur eXplore dari Best Hostels Indonesia. Keberadaannya akan membantu anda untuk menemukan penawaran tiket aktivitas sesuai keinginan.

Seiring dengan pertambahan usianya, Best Hostels Indonesia berkomitmen untuk terus tumbuh menjadi jawaban dari kebutuhan traveling milenial.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: Aditya Prasapta (Sales & Marketing Consultant Best Hostel Indonesia), mobile 081337802065 atau via surel di pras@besthostels.co.id <swn>

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam