Connect with us

Pariwisata dan Budaya

Hari Saraswati di SMP PGRI 2 Denpasar Berbarengan dengan Odalan Pura Sekolah

Published

on


smppgri2dpssarsawati

GATRADEWATA – Perayaan Hari Saraswati di SMP PGRI 2 Denpasar berbarengan dengan odalan/upacara di Pura sekolah. Dimana pihak sekolah dalam menyambut hari turunnya ilmu pengetahuan ini, menggelar Gebyar Budaya dengan melaksanakan berbagai kegiatan seni budaya.

“Untuk Hari Saraswati yang bertepatan dengan odalan di sekolah kami, kita mengadakan lomba membuat banten pejati. Jadi setelah selesai lomba, banten langsung dihaturkan untuk upacara,” kata I Gede Wenten Aryasuda Kepala SMP PGRI 2 Denpasar.

Sehari sebelum Hari Saraswati, dikatakan Aryasuda, pihak sekolah menggelar lomba ngelawar dan lomba membuat layangan. Dan perlombaan tersebut, dihadiri oleh IGN Jaya Negara Wakil Walikota Denpasar yang mengapresiasi kegiatan SMP PGRI 2 Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota juga menandatangai prasasti tentang pendidikan merupakan senjata yang memiliki kekuatan untuk merubah dunia. Yakni prasasti Jadikanlah SMP PGRI 2 Denpasar Sebagai Rumah Perubahan. Jumat, 24 Juni 2016.

“Kegiatan ini sesuai dengan visi Kota Denpasar, yakni sebagai kota berwawasan budaya. Dan ini saya harapkan diikuti oleh seluruh sekolah yang ada di Kota Denpasar untuk membangun kota berwawasan budaya,” kata Jaya Negara.

alt


Continue Reading
Advertisement

Daerah

Bukan Cuma Menunya, L’Osteria Pizza e Cucina Canggu Tawarkan Nuansa Khas Tuscany

Published

on

L’Osteria Pizza e Cucina Canggu dengan interior bernuansa Tuscany

GatraDewata[Badung] – Keterbatasan jangkauan perjalanan selama pandemi telah membuahkan ide – ide kreatif. Tak terkecuali di sektor makanan, yang diwakili L’Osteria Pizza e Cucina Canggu. Resto ini hadir sebagai obat rindu bagi pecinta makanan khas Italia, tanpa perlu repot untuk terbang ke Italia sana.

Resto yang berlokasi di pojokan lapangan Berawa ini didesain menyerupai rumah tua khas Italia, tepatnya daerah Tuscany. Mulai dari tata letak interior hingga detil temboknya, plek, persis seperti desain negeri Pizza tersebut. Konsultan bidang pemasaran, Heru Dwi Susilo, yang turut terlibat saat opening resto ini membeberkan konsep tersebut. “Betul, manajemen membuat L’Osteria Pizza e Cucina Canggu seotentik mungkin. Seluruh detil di resto ini dibuat mendekati gerai makanan di Tuscany. Karena memang kami ingin memberikan nuansa Tuscany kepada customer, tanpa perlu ke Italia,” ungkap Heru, sapaan akrabnya.

Penyajian makanan kelas atas di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu

Menu yang ditawarkanpun cukup beragam. Tidak kurang dari selusin pilihan Pasta/Spaghetti; setengah lusin pilihan makanan pembuka termasuk gorengan; gak banyak pilihan makanan utama (main course), namun ada seabrek pilihan lauk (condiments), dan, ada belasan pilihan Pizza.

Jajaran L’Osteria Pizza e Cucina Canggu tidak main – main di bisnis kuliner ini. Guna menjaga kualitas makanan tetap original, ia mempercayakan Chef Driss untuk mengawal di sektor dapur. Ia sudah berkecimpung di dunia Italian food selama dua dekade, sebelum akhirnya merapat di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu. Jadi, seluruh pilihan menu disini merupakan hasil karya beliau.

Makanan di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu dimasak oleh koki Italia

Konsep brilliant yang dipadukan dengan rasa yang khas, membuat L’Osteria Pizza e Cucina Canggu sangat percaya diri bersanding dengan belasan gerai makanan disekitarnya. Buktinya, sejak dibuka, Kamis 9/9/2021, resto bernuansa adem ini  terbilang sangat produktif. “Gila, sejak dibuka rame terus,” tambah Heru seolah tidak percaya.

Bukan tidak mungkin, dengan tingginya demand, maka pelanggan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Ini bisa menjadi indikasi bahwa L’Osteria Pizza e Cucina Canggu akan menjadi tren kuliner di masa depan.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Pit Fire Tawarkan Sate Dalam Bentuk Lain,  Gak Melulu Pake Lontong

Published

on

Pit Fire Burger, Canggu

GatraDewata[Badung] – Ada saja kreasi yang dilahirkan pengusaha kuliner kekinian. Selama ini Burger yang beredar tidak jauh – jauh dari rasa keju, Ayam atau sapi. Tapi tidak begitu dengan Pit Fire Canggu. Mereka tampil beda dengan Burger bercitarasa nusantara.

Hal ini terlihat dari pemilihan nama dan isian Burgernya. Misalnya, Burger Bintan memiliki citarasa Stripped Bonito, ikan sejenis Tuna. Bintan sendiri merupakan salah satu pulau di Kepulauan Riau yang kaya dengan hasil lautnya.

Burger Karimunjawa bercitarasa Sate

Bagi penyuka sate bisa coba Burger Karimunjawa. Makanan rakyat yang kerap dilahap dengan lontong kini bisa dicoba dalam wujud Burger. Saat Baca menunya terasa aneh. Tapi pas makan ternyata sate cocok juga dikemas jadi Burger.

Singkat kata, masing – masing Burger membawa sensasi berbeda sesuai tema. Mengingat semua menu dikemas dalam Bahasa Inggris, sebaiknya dibicarakan dulu ke pelayan sebelum memesan, guna mendapatkan pilihan citarasa yang diinginkan.

Soal harga boleh dibilang sangat ramah, berkisar antara 38k hingga 90k saja. Angka – angka tersebut diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan jenisnya.

Cheese Croquettes, Pit Fire Burger – Canggu

Pit Fire juga bermain di sektor makanan ringan dengan beberapa pilihan menu snacks: Edamame dibandrol 25k per porsi; chicken wing dihitung per bijinya 8k; dan yang paling enak di warung ini, Cheese Croquettes. Gorengan Italia ini dilengkapi dengan garlic mayonnaise. Lelehan kejunya yang masih hangat nampol banget di lidah,  apalagi dicolekin mayonnaise, kian melengkapi kenikmatannya.

Kudapan tadi dimaksudkan untuk Anda yang pengen ngemil enak. “Kami sediakan menu snack ini untuk mereka yang tidak mau makan berat, atau belum waktunya makan berat,” ujar Heru selaku owner Pit Fire Canggu.

Jangan khawatir soal minuman! Pit Fire Burger menyediakan beragam minuman, mulai dari minuman bersoda, Kombucha hingga bir. Dari ketiga pilihan tersebut, Kombucha patut dicoba. Sensasinya ada diantara minuman bersoda dan bir. Kombucha sangat cocok dipadukan dengan makanan jenis Burger dan kudapan yang mengandung keju. Setidaknya itulah saran Mas Heru.

Menu kudapan di Pit Fire Burger

Pit Fire Burger bisa ditemukan dengan mudah. Jika Anda melaju dari arah Berawa, melalui Jalan Raya Canggu, lurus sedikit lagi di prempatan Batubolong. Pit Fire ada disebelah kiri jalan, persis di tanjakan sebelah kedai masakan Thailand.

Akses parkirnya sangat nyaman, baik untuk mobil maupun motor. Monggo segera digeruduk, dan jangan lupa pesan Cheese Croquettes serta Kombucha untuk memulai petualangan kuliner Anda.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Adiwana Hotels & Resorts Gelar Chef Competition Demi Melestarikan Warisan Leluhur

Published

on

Adiwana Arkara Resort

GatraDewata[Gianyar] – Lahir dengan sederet kekayaan yang ada di dalamnya, Indonesia menghadirkan eksotika mulai dari alam, seni hingga kuliner. Dengan beragam keunikan yang ada, Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri di mata dunia. Peninggalan rempah – rempah terbaik pun menjadi salah satu harta utama, khususnya di bidang kuliner. Melalui berbagai olahan resep warisan leluhur, kini kuliner nusantara satu per satu ditetapkan sebagai warisan budaya non-benda oleh UNESCO. Perlahan dengan pengakuan kuliner nusantara di mata dunia, menjadikan pelaku industri serta masyarakat umum untuk terus melestarikannya.

Hadir dengan konsep yang mewakili kekayaan budaya Bali di setiap sudutnya, Adiwana Arkara Resort sebagai bagian dari Adiwana Hotels & Resorts menjadi sebuah boutique resort di kawasan Ubud yang aktif untuk turut melestarikan kuliner nusantara, melalui restorannya yaitu Kaukau Restaurant. Restaurant ini mengangkat konsep Gastronomic Nusantara Fusion, dengan menghadirkan kombinasi dari dua unsur bahan yang didatangkan dari laut dan daratan. Kedua unsur tersebut kemudian di balut sentuhan modern serta tradisi agama Hindu yang ada di Bali, yaitu konsep Buana Alit dan Buana Agung.

Dengan menggandeng Adiwana Arkara Resort, Adiwana Hotels & Resorts membuka kesempatan untuk bersama-sama melestarikan warisan kuliner nusantara. Hal itu diwujudkan melalui sebuah Chef Competition dengan tema Nusantara Culinary. Perlombaan diadakan pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 pukul 14.00 hingga 16.00 di Adiwana Arkara Resort. Ada 11 peserta yang merupakan jajaran chef profesional turut ambil bagian di kompetisi tersebut. Mereka adalah para chef terbaik dari seluruh unit Adiwana Hotels & Resorts, Amatara Hotels & Resorts serta Inara Hotels & Resorts. Selain sebagai bentuk upaya melanggengkan warisan kuliner nusantara, perlombaan ini juga bertujuan untuk membangun kekakraban, dan kebersamaan dari seluruh chef serta tim Adiwana, Amatara, dan Inara Hotels & Resorts.

Para peserta diberikan waktu selama 2 jam untuk menghidangkan sajian Nasi Campur terbaik sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Nasi Campur sendiri merupakan salah salah satu masakan khas Bali, yang terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan berbagai lauk-pauk. Umumnya Nasi Campur disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, telur, sayuran dan juga sate lilit yang biasanya terbuat dari ikan atau ayam.

Seusai perlombaan yang bertempat di Akasa Rooftop, acara dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti cocktail party dan acoustic. Tidak lupa juga, acara ini dilengkapi dengan santap malam bersama dengan hidangan khas Kaukau Restaurant sebagai penutup dari perjalanan kuliner nusantara di Adiwana Arkara Resort.

Chef Competition yang diadakan oleh Adiwana Hotels & Resorts membentuk sebuah sinergi baik bagi internal Adiwana, Amatara, dan Inara Hotels & Resorts maupun bagi spirit industri pariwisata di Ubud dan Bali pada umumnya. Diharapkan sinergi ini dapat mengawali lebih banyak lagi event, khususnya di bidang kuliner kedepannya yang dapat mempercepat pemulihan pariwisata.[SWN]

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam