Connect with us

Daerah

Gubernur Bali, Kapolda dan Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hydram di Buleleng

Published

on


GatraDewata[Singaraja] – Kunjungan kerja Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali beserta rombongan dalam rangka peninjauan sekaligus peresmian pompa hydram dan pemberian sembako di Dusun Kayuputih, Kecamatan Sukasada dan Dusun Delod Pura, Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, yang di hadiri sekitar 300 orang masyarakat, Kamis (30/12/2021) pagi.

Rombongan tiba di Dusun Melaka, Desa Kayuputih, disambut oleh Forkopimda Kabupaten Buleleng selanjutnya melaksanakan peninjauan pamasangan pipa dan instalasi pembuatan Bak Primer.

Perbekel Desa Kayuputih, Dewa Gelgel, menyampaikan puja dan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat Beliau hari ini mereka bisa berkumpul di Desa Kayuputih dalam acara kunjungan kerja dan juga pembagian sembako.

“Pemerintah desa dan juga warga masyarakat Desa Kayuputih, khususnya di Banjar Dinas Melaka, melakukan kegiatan pembuatan bak air bersih, dimana selama ini desa kami pada musim kemarau sangat kekeringan luar biasa, dan hal tersebut viral di media sosial sehingga membuat  Pangdam IX/Udayana memerintahkan Dandim 1609/Buleleng untuk mengecek kebenaran berita tersebut sehingga saat ini bisa terwujud dalam pembuatan bak air bersih dengan maksimal, dan tidak lepas dari pada peran TNI dan juga masyarakat Desa Kayuputih. Terima kasih kepada Gubernur Bali dan Kapolda Bali, seperti yang tadi bapak lewati medannya luar biasa keadaannya, saya titip atas nama warga desa semoga kedepannya Gubernur Bali dan Bupati Buleleng agar membantu infrastruktur yang ada di Desa Kayuputih, sehingga keselamatan warga kami bisa aman, terutama jalan bisa sedikit bagus dan warga kami tidak terjatuh,” ucapnya.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI  Maruli Simanjuntak, M ,Sc, menyampaikan, “Saya  yakin Bupati Buleleng sangat ingin memecahkan segala persoalan ini namun diketahui dua tahun belakangan ini kita banyak terpengaruh karena Covid-19, sehingga banyak dana – dana yang teralihkan kesana, itu yang saya tahu. Mudah-mudahan kalau kita bisa kompak untuk bisa mengendalikan Covid-19 ini, kedepannya Pemda bisa membuat kegiatan – kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Dari air ini mudah – mudahan bisa jadi kebun, bisa jadi peternakan dan lain sebagainya.”

“Kita punya program di hampir seluruh kabupaten di Bali Nusra. Kita pasti akan buatkan bak air karena dari data ada 30 juta lebih masyarakat Indonesia yang kekurangan air bersih. Mudah – mudahan dengan adanya pemecahan persoalan seperti ini akan memberikan akses air bersih bagi masyarakat. Bukan tidak mungkin kita akan tambah lagi pipanya, atau mungkin daerah – daerah sebelahnya kita tingkatkan terus sehingga bukan hanya air minum, bahkan nanti bisa untuk pertanian maupun peternakan.”

Saya minta tolong  kepada masyarakat disini supaya selalu menjaga alam dan air, hal itu penting untuk ke depan, karena dunia sudah meramalkan bahwa salah satu negara yang akan menghadapi masalah kekeringan adalah Indonesia. Jika semua menjaga alam saya yakin kita bisa selamat dibandingkan negara – negara lain karena negara kita ini sebetulnya luar biasa. Di setiap daerah pasti ada mata air. Di setiap daerah kemungkinan juga masih ada air di dalam tanah yang bisa dimanfaatkan.”ujarnya.

Gubernur Bali, Dr.Ir. Wayan Koster ,M.M, mengatakan, “Terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana, atas pipanisasi di wilayah masyarakat yang sangat membutuhkan, karena selama ini airnya itu harus diakhiri dengan paket aki dan mungkin berbahaya, saya kira hal ini sudah berlangsung lama dan baru ditemukan satu cara untuk menyelesaikan masalah air ini.”

“Sumber airnya ada tapi jauh dari tempat tinggal masyarakat yang membutuhkannya. Tadi disampaikan jarak dari bak penampungan air bersih ke sumber air sekitar 1,750 meter.”

“Tadi saya coba meminum airnya, lebih enak dari pada minum air kemasan. Saya kira tidak perlu ragu lagi dan kita harus mengapresiasi upaya keras serta kreatif Pangdam IX/Udayana, dan ini pelajaran bagi saya sebagai Gubernur dan juga Bupati tentunya didalam memecahkan masalah – masalah kemasyarakatan seperti ini. Ternyata dengan cara yang mudah ini biayanya sangat sedikit apalagi melibatkan masyarakat dengan bergotong – royong.”

“Banyak desa yang menghadapi masalah yang sama, jadi ke depan Bupati segera kita  bersama – sama menanganinya untuk mendapatkan air bersih.”

Bayangkan, tanpa air kita tidak bisa hidup, kita butuh air untuk masak, kita butuh air untuk mandi, kita butuh air untuk mencuci pakaian, kita butuh air untuk pengairan dan juga untuk kebutuhan sehari – hari yang lainnya. Jadi betapa pentingnya kita harus mengurusi air dengan serius dan sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak bisa menyelesaikan karena kita memanfaatkan sumber air dengan lokasi masyarakat yang membutuhkannya.”

“Yang diperlukan adalah metode yang berbeda-beda karena itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana yang telah menginspirasi kita semua untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang simpel, tidak pakai senter atau dana banyak/mahal dan tidak boros.”

“Data secara cepat dan tepat, maka mulai 2022 saya akan memperlakukan program ini di sejumlah daerah di Provinsi Bali. tentunya prioritas yang diperlukan secara bertahap akan melibatkan pihak swasta dengan menyalurkan dana CSR nya untuk menjalankan program seperti ini.”

“Masih ada sumber yang akan saya carikan untuk dialokasikan program ini. Saya kira ini cara yang sangat efektif untuk menyelesaikan kebutuhan masyarakat karena itu saya pasti akan lakukan bersama Pangdam IX/Udayana. Kalau pakai mekanisme formal saya kira mungkin administrasinya boros dan lambat selesainya. Jadi ini saya kira kita diberi pengetahuan yang sangat baik oleh rakyat, tidak perlu ribet yang penting kita senang hati.”

“Apa yang tadi saya tanya, barusan butuhnya berapa itu kalau untuk berikutnya tidak usah lagi membebani Pangdam IX/Udayana, saya selaku Gubernur Bali bersama Bupati akan membantu masyarakat untuk pembuatan bak air bersih.”

Selanjutnya penyerahan sembako oleh rombongan kepada masyarakat Dusun Melaka Desa Kayuputih, berupa beras, minyak, telur serta peralatan olahraga voli.

Rombongan meninggalkan Dusun Melaka menuju Desa Sidatapa guna meresmikan  Pompa Hydram. Mereka disambut  oleh Forkopicam Kecamatan Banjar, tokoh agama,tokoh masyarakat ,tokoh adat dan warga masyarakat Sidatapa.[MGA]


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Diduga Polisi Melakukan Pembiaran Praktik Tambang Ilegal di Pulau Rote

Published

on

Jusuf Adoe. Kadis ESDM Propinsi Nusa Tenggara Timur. NTT.

NTT Rote Ndao — Praktek ilegal tambang pasir dan penambangan galian c marak terjadi di wilayah Kabupaten Rote Ndao akhir-akhir ini.

Praktik penambangan ilegal ini sudah berlangsung lama dan dilakukan secara terbuka oleh Oknum Oknum Tertentu .

Redaksi ini mencoba melakukan penelusuran terkait aksi kegiatan tambang pasir yang dilakukan apakah memiliki izin atau tidak. Ternyata tambang pasir ilegal dan penambangan galian c di kabupaten Rote Ndao belum memiliki ijin OP.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Mineral (ESDM) Provinsi NTT, Yusuf Adoe, dikonfirmasi Media ini , 27 Januari 2023
Mengatakan di Kabupaten Rote Ndao, semua perusahaan tambang pasir dan galian C tidak memiliki Ijin OP, walau ada masih sebatas ijin eksplorasi saja sehingga tidak boleh beraktifitas,jika ada yang melakukan kegiatan polisi harus menertibkan dan bertindak sesuai dengan pasal 160.

” Ditahun 2022 untuk Tambang pasir dan galian c di kabupaten Rote Ndao itu semua nya belum memiliki ijin OP, mereka memiliki ijin Explorasi maka mereka yang masih melakukan kegiatan tambang atau galian C maka harus di kenakan pidana sesuai pasal 160″ jelasnnya.

Kata Yusuf, saat ditanya media ini pihaknya memiliki kewenangan penerbitan ia menolak, menurutnya urusan /atau yang pantas urus kasus tambang ilegal dan galian c itu adalah pihak kepolisian yaitu Polres Rote Ndao, maka polisi harus segera melakukan tindakan hukum sesuai pasal 160 .

” Kalau tanya saya , saya bukan polisi saya hanya membantu mengurus Admitrasi saja untuk urus ijin IUP OP, tetapi jika sampai saat ini masih ada mereka yang melakukan tambang di kabupaten Rote Ndao belum ada ijin OP, yang ada itu hanya ijin Exsprorasi saja, maka polisi segera bertindak, kepada oknum oknum yang bermain tambang dan menjual, karena setau dirinya di kabupaten Rote Ndao belum ada yang mengurus ijin OP di kabupaten Rote Ndao,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ada yang klaim dimedia bahwa ada ijin resmi , itu tidak benar,

” jika mereka katakan ijin resmi, ijin resmi yang mana, maka patut media tanyakan ke polisi polres Rote Ndao.” Tegas yusuf adoe dengan nada keras. (DH)

Continue Reading

Daerah

Kedatangan Dandim Buleleng Disambut Hangat Oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti

Published

on

Danramil 1609 -02/Kubutambahan dampingi Dandim 1609- Buleleng silaturahmi ke PT.Bibu Panji Sakti

BULELENG – Bertempat di Kantor PT.Bibu Panji Sakti Jalan Raya Kubutambahan – Air Sanih tepatnya di Banjar Dinas Tukad Ampel Desa Kubutambahan Kabupaten Buleleng, telah berlangsung kegiatan pertemuan dan silaturahmi, Minggu (29/1/2023).


Pertemuan dan silaturahmi Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh S.Sos.M.I. Pol beserta Staff diterima langsung oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmiko.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Komisaris Utama PT Bibu Panji Sakti, Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Sutarman, Direktur PT Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmoko, beserta staf, Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh. Tamaji S.Sos. MI.Pol, Pjs Danramil 1609 – 02/Kubutambahan Letda inf Made Arsa, Kapolsek Kubutambahan AKP Ketut Suparta,S.H,M.H, Babinsa Kubutambahan Serka Gede Budiawan, Bhabinkamtibmas Desa Kubutambahan Aipda Nyoman Yudiardana.

Tujuan silaturahmi Dandim 1609 /Buleleng Letkol Arh Tamaji S.Sos.M.I.Pol yang didampingi Pjs Danramil 1609-02/ Kubutambahan Letda Inf I Made Arsa ke PT.Bibu Panji Sakti dalam rangka menjalin silaturahmi.

Dalam kesempatan itu Direktur PT.Bibu Panji Sakti menyampaiakan terimakasih kepada Dandim 1609/Buleleng beserta Kapolsek Kubutambahan yang telah berkunjung ke Kantor PT. Bibu Panji Sakti, berharap semoga dengan pertemuan ataupun acara silaturahmi ini akan selalu bisa membuat hubungan tali persaudaraan yang kuat,” ucap Direktur PT. Bibu Panji Sakti. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Babinsa Koramil Rutin Komsos Dengan Elemen Masyarakat

Published

on

Babinsa Banyuseri Koramil 1609-06/Banjar Kodim 1609/Buleleng rutin komsos dengan lapisan elemen masyarakat

BULELENG – Babinsa Koramil 06/Banjar Serda Gede Ari Suadnyana melaksanakan Komunikasi Sosial anjangsana dengan warga binaannya di Desa Banyuseri Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Senin (29/01/2023).

Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana mengatakan, kegiatan anjangsana dan komunikasi sosial yang dilakukan secara rutin untuk membina hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat.

”Kegiatan komsos juga kita lakukan dengan sesama aparat TNI/Polri dan juga aparat pemerintah sehingga tercipta kerjasama yang baik guna mendukung tugas pokok di wilayah dalam pembinaan teritorial,”ungkap Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana.

Babinsa Serda Gede Ari Suadnyana mengajak kepada warga dan keluarganya untuk selalu menjaga kesehatan dimana saat ini memasuki musim penghujan, dan selalu mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah.

Dimana saat ini cuaca sangat tidak menentu siang dan malam hari hujan dengan angin kencang oleh karena kita harus menjaga kesehatan dan lingkungan kita tetap bersih sehingga kita tidak mudah di serang berbagai penyakit.Kata serda Gd Ari suadnyana

Selain itu serda Gede Ari Suadnyana mengajak warga binaan harus bisa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya dalam hal ini apabila ada suatu permasalahan di kampung segera melapor kepada Babinkamtibmas dan Babinsa agar permasalahannya segera terselesaikan dengan baik dan kekeluargaan,”pungkasnya. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku