Connect with us

Daerah

Gerakan Bersih-Bersih dan Tanam Pakan Hijauan Ternak Fakultas Peternakan Unud Dalam Pengabdian Bersama

Published

on

Foto: Fakultas Peternakan Unud ikuti kegiatan pengabdian bersama dengan UPT Sapi Bali Sobangan, Mengwi, Badung, Jumat, (24/12/2021)

GATRA DEWATA | BALI | Fakultas Peternakan Unud mengikuti kegiatan pengabdian bersama dengan UPT Sapi Bali Sobangan, Mengwi, Badung, Jumat, 24 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Provinsi Bali dengan mengusung tema “Jumat Kedas-kedas dan Menanam Hijauan Pakan”.

Program ini bekerja sama dan dihadiri Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung yang diwakili oleh Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Nyoman Alit Mahyuni, S.Pt., MMA., Wakil Dekan III Fakultas Peternakan Unud Dr. I Nyoman Sumerta Miwasa, S.Pt., M.P., Koprodi Sarjana Peternakan (S1) Fakultas Peternakan Unud Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si., Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Hewan Unud Prof. Dr. drh. Nyoman Suartha, M.Si., serta mahasiswa Fakultas Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan Unud, dengan jumlah peserta yang terlibat lebih dari 75 peserta.

“Kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap Jumat. Harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan kurangnya ketersediaan pakan hijauan untuk seluruh ternak sapi Bali yang ada di UPT Sapi Bali Sobangan, dengan melibatkan institusi seperti Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan Unud,” kata I Nyoman Alit Mahyuni, S.Pt., MMA., Kepala Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Sebelum tahun 2014, kegiatan pengabdian untuk melakukan pembersihan dan menanam tanaman hijauan pakan ternak telah rutin dilaksanakan, dan ketersediaan pakan hijauan dapat memenuhi kebutuhan pakan hijauan untuk seluruh populasi ternak sapi Bali di Farm Sobangan. Adanya peningkatan populasi di UPT Sapi Bali Sobangan dan musim pancaroba yang tidak terkendali menyebabkan beberapa tahun terakhir ini UPT mengalami kekurangan pakan hijauan.

Kondisi ini diperburuk dengan pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 karena anggaran untuk penyediaan pakan hijauan ternak digunakan untuk menanggulangi dampak pandemi yang terjadi. “Program ini kami laksanakan untuk mengatasi permasalahan kurangnya anggaran dana tahun ini untuk menyuplai pakan hijauan ternak sebagai dampak dari pandemi Covid-19”, disampaikan oleh Alit.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian diawali dengan pemberian arahan oleh Alit, Kepala Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih, dan penanaman beberapa jenis hijauan pakan seperti rumput Odot, rumput Gajah, rumput Zanzibar, rumput Samisigrass, rumput Pakchong, dan legume Indigofera, dengan total bibit yang ditanam mencapai 5.000 bibit pakan hijauan ternak.

“Pelaksanaan program ini rencananya akan terus berjalan setiap hari Jumat untuk mengatasi krisis pakan karena kurangnya anggaran untuk penyediaan pakan hijauan.

Tujuan akhir yang kami harapkan adalah kegiatan ini tidak berhenti pada hari ini saja dengan melakukan penanaman hijauan pakan ternak, tetapi ada keberlanjutan sehingga ketersediaan pakan hijauan khususnya di UPT Sapi Bali Sobangan akan tetap ada untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari seluruh ternak sapi Bali yang ada di UPT ini dengan memaksimalkan potensi lahan yang ada hingga di masa yang akan datang”, sambungnya. (Tim)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

TNI Membangun Pompa Hidram Atasi Kesulitan Air Bersih

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan sambut baik kunjungan kerja kasiops kasrem 163/Wira Satya tinjau dan cek pompa hidram di Desa Sekumpul

 

 

BULELENG – Kunjungan kerja Kasiops Kasrem 163/Wira Satya di Wilayah Kodim 1609 / Buleleng dalam rangka meninjau dan mengecek pompa hidram (Air Bersih) di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra disambut baik oleh Danramil 1609 – 09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana.

 

Pembangunan Pompa hidram selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel. Inf. Komang Agus  Marthana Putra, Pjs Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Made Suradnya Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana,Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah,Pegawai Dinas PU Kabupaten Buleleng Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Gejala PMK, Babinsa Koramil 04/ Tejakula Cek Kondisi Hewan Ternak

Published

on

Antisipasi gejala PMK, Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula cek kondisi ternak warga

 

BULELENG – Senin (28/11/2022) Babinsa Desa Madenan Serda I Putu Suwidana Yasa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/ Buleleng cek kondisi ternak hewan babi antisipasi wabah PMK di Desa Madenan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Babinsa temui warga yang memiliki hewan ternak Babi yang tinggal di Dusun Keduuran Desa Madenan dan cek kondisi babi tersebut bersama sama antisipasi gejala akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa sampaikan kepada pemilik hewan ternak Babi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan berkuku genap seperti Babi, kerbau, kambing, domba, sapi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah dan gajah.

Secara umum PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama seperti Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu serda putu sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Berbela Sungkawa, Danramil 06/ Banjar Beserta Anggota Melayat Kerumah Duka

Published

on

Berbela sungkawa Danramil 06/Banjar beserta anggota melayat kerumah duka

 

BULELENG – Danramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka beserta anggota melayat sekaligus mengucapkan belasungkawa ke rumah salah satu warga masyarakat Komang Maha Kunda.

Senin (28/11/2022) di rumah duka Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng almarhum meninggal karena sakit.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka menyampaikan ucapan turut berduka cita atau belasungkawa atas kepergian almarhum semoga mendapat tempat yang layak dialam sana serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

 

” Kami beserta anggota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, dumogi Amor Ring Achintya, ” ucap Danramil, seraya berdoa agar keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

 

Sementara itu dari pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan anggota yang telah berkenan hadir ke rumah duka dan turut mendoakan almarhum.

 

Sesuai rencana almarhum akan dimakamkan Besok Hari Selasa 29/11/ 2022.

 

” Kami juga mohon pada saat upacara pemakanan dapat diberikan bantuan tenaga pengamanan untuk kelancaran prosesi almarhum “, pinta pihak keluarga kepada Danramil yang menyatakan kesiapannya untuk membantu kegiatan pemakaman. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku