Connect with us

Global

Duh! Lawan Spence, Pacquiao Terbilang Nekat

Published

on


Pertarungan tinju antara Pacquiao vs Spence Jr akan digelar 21 Agustus 2021

GatraDewata[Denpasar] Awalnya publik dibuat deg degan dengan ketidakpastian lawan Pacquiao berikutnya. Ada tiga nama yang diduga kuat mengisi pertarungan terkahirnya, sebelum bertarung untuk jabatan Presiden Filipina pada 2022 nanti. Mereka itu tidak lain yaitu Mikey Garcia, Terrence Crawford dan Errol Spence Jr.  Sebetulnya ketiga petinju tersebut cukup berbahaya. Tapi, kali ini publik kembali dibuat deg degan setelah secara resmi pertarungan Pacquiao pada 21 Agustus 2021 nanti akan bersanding dengan  Errol Spence Jr.

Baca Juga: Ini Syarat Pacquiao Agar Menang Lawan Spence

Bukan apa – apa, tapi rekor Errol Spence Jr. terbilang sangat mengerikan dan perbandingan keduanya terlihat, dari berbagai perspektif, tidak seimbang.

1. Postur dan jangkauan

Memang tidak mudah mendapatkan lawan yang postur tubuhnya plek sama. Pasti akan ada perbedaan postur tubuh dan jangkauan disini. Pacquiao memiliki postur layaknya kebanyakan orang Asia, yakni tinggi badan 168 cm dan bobot 68 kg; Spence menjulang di 177 cm dan bobot 69 kg. Perbedaan tinggi badan yang mencapai 9 cm ini akan menguntungkan Spence karena otomatis memiliki jangkauan yang lebih panjang, yaitu 183 cm. Jangkauan Pacquiao, si little T-Rex arm, hanya mampu menjangkau 170 cm saja. Pacquiao butuh speed dan kelincahan ekstra untuk bisa menangulangi kekurangannya.

2. Catatan Rekor

Spence merupakan petinju muda tanpa cacat, alias belum terkalahkan. Dari 27 kali bertanding ia mampu memnangkan seluruh pertarungan dengan 21 diantaranya menang KO. itu berarti rekornya nangkring di 77,78‰. torehan Pacquiao tidak semoncer spence. ia hanya menang sebanyak 62 dari 71 kali bertarung, tiga diantaranya kalah KO dan 2 kali imbang. ketiga petinju yang patut berbangga telah mengalahkan Pacquiao meliputi Rustico Torrecampo (Filipina), Medgoen Singsurat (Thailand) dan Juan Manuel Marquez (Meksiko). kekalahan pertamapun ia alami pada pertarungan ke 15, jadi rekornya boleh dibilang tidak kalah jauh dari spence. Hal ini mengindikasikan kualitas lawan Pacquiao tidak sembarangan.

3. Stamina

Stamina merupakan faktor penting dalam olahraga adu fisik seperti tinju. Dan, faktor ini sangat berkaitan dengan usia; biasanya semakin tua usia seseorang maka staminanyapun kian nyungsep. Jika mitos ini benar maka Pacquiao musti menyelesaikan bisnisnya Agustus nanti sebelum ronde pertengahan dimana staminanya masih cukup terjaga.

Pacquiao pukul jatuh Thurman [photo courtesy CNN Indonesia]

Namun, tidak ada yang tidak mungkin di tangan Pacquiao. Publik masih ingat bagaimana ia memukul jatuh Keith Thurman yang saat itu baru berumur 30 tahun, atau 10 tahun lebih muda dari Pacquiao. Ia bahkan sanggup meladeni petinju muda itu hingga 12 ronde. Stamina Pacquiao berbeda dari orang biasa dan ia tahu batas kemampuannya. Kemenangannya atas Thurman membuat ketiga faktor diatas seolah tidak lagi penting. Publik hanya bisa menduga duga apa yang akan terjadi di atas ring pada Agustus nanti. Pada akhirnya semua tergantung dari penampilan kedua petinju. Jika Spence menang maka ia akan sangat bangga bisa mengalahkan seorang legenda hidup, apalagi Pacquiao akan pensiun setelah pertarungan ini. Ini sekaligus merupakan kesematan langka.  Tapi jika Pacquiao yang menang maka ia juga akan sangat bangga karena; pertama, ia masih mampu menang atas petinju muda di usianya yang tidak lagi muda, kedua, kemenangan ini akan menjadi happy ending baginya karena itulah pertarungan terakhirnya. Untuk itu, pertarungan ini layak untuk kita nantikan.[SWN]


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Jedaaar! Canelo Sukses Buat Plant ‘Tertidur’ di Ronde 11

Published

on

Photocourtesy: mmafighting.com

GatraDewata[Denpasar] – Setelah diawali dengan drama face-off yang panas, dimana keduanya saling serang saat sesi timbang badan, hasil pertarungan mereka seolah sudah ditentukan jauh hari sebelum pertarungan.

Bahkan, Canelo sempat sesumbar akan memukul KO Plant antara Ronde 7 – 9, paling lambat di Ronde 11. Dan apa yang dikatakannya menjadi kenyataan.

Meskipun ia tampak kesulitan memasuki zona pukulan telak di ronde – ronde awal, tapi Canelo tetap unggul secara angka. Situs usatoday.com memenangkan Canelo dengan skor 99-91 pada ronde 10, sebelum Plant tertidur di ronde berikutnya.

Berikut kronologi perjuangan Canelo menepati janji kepada para penggemarnya, di MGM Grand, Las Vegas, Sabtu 6 Nopember 2021.

Ronde 1
Pukulan Plant diblokir Canelo dengan sarung tangannya. Alvarez menempelkan tangan kirinya ke wajah dan memukul dengan tangan kanannya, diikuti oleh pukulan kiri. Kemudian, Canelo mendaratkan pukulan kiri dan kanan yang lebih keras ke tubuh Plant.

Ronde 2
Uppercut Plant cukup telak. Canelo membalas dengan pukulan kiri dan dua body shots (pukulan pada tubuh). Plants terus melancarkan jab – jabnya. Canelo mengabaikan kombinasi Plant dan menyerang maju. Plant mencoba menyerang bagian tubuh. Canelo memojokkan Plant dan memukul bagian perut. Plant terlihat sangat lincah.

Photo courtesy: CBS sport

Ronde 3
Plant kembali melancarkan jab. Bahkan, ia berhasil membobol pertahanan Canelo melalui uppercut kirinya, disusul pukulan kiri di kepala. Gak tinggal diam, Canelo lancarkan pukulan hook kiri dan kanan. Jab-nya Plant kembali masuk, tapi Canelo membalasnya dengan body shot kiri.

Ronde 4
Plant terlihat sangat aktif untuk mendaratkan pukulannya, sementara Canelo masih mengintai peluang untuk lancarkan pukulan keras. Iapun berhasil mendaratkan dua pukulan keras yang membuat Plant merangsek di tali ring. Dia terus memojokkan Plant yang menjaga jarak dengan jab-nya. Pukulan keras kanan Canelo meleset, tapi pukulan kirinya berhasil mendarat di kepala Plant.

Ronde 5
Plant dihajat pada perut kirinya. Wait Russell memperingatkan Canelo untuk mengarahkan pukulannya agak keatas. Plant berhasil menyerang dengan pukulan kombinasi yang apik. Canelo berusaha bertarung jarak dekat dan beberapa umpannya termakan oleh Plant.

Ronde 6
Plant unggul dengan jab-nya. Tapi Canelo berhasil membalasnya dengan pukulan keras kiri dan kanan. Penonton bersorak gembira dan memberikan dukungan kepada Plant. Lagi – lagi Canelo berhasil mengatasinya. Plant melancarkan jab-nya untuk mendapatkan jarak aman. Canelo memburunya: ia ‘memakan’ pukulan kiri Plant sambil terus maju dengan kedua tangannya dibawah. Gesturnya menyiratkan seolah Plant tidak berarti.

Photo courtesy: mmafighting.com

Ronde 7
Keduanya saling bertukar pukulan kiri. Pergerakan kepala Canelo cukup menyulitkan Plant. Ia bahkan masuk ke dalam tanpa rasa takut dan melancarkan tiga pukulan. Plant gagal untuk mengimbanginya. Canelo berlindung di kedua tangannya, menyerang dan merangsek. Akhirnya kedua kepala mereka berbenturan. Pukulan kiri Canelo mendarat dengan keras di kepala Plant, diikuti dengan pukulan kanan bawah dan atas kiri lagi.

Ronde 8
Canelo lancarkan pukulan ‘cambuk’ di kepala kiri Pant. Canelo merangsek ke dalam dan mendaratkan kombinasi pukulan keras. Penonton meneriakkan namanya. Plant memukuldi kiri, sementara Canelo menutup ronde ini dengan pukulan kanan.

Ronde 9
Mereka merapat pada 30 detik pertama. Kecepatan Plant membuahkan beberapa pukulan telak. Tapi langsung dibalas pukulan kanan yang keras oleh Canelo. Plant kembali melancarkan pukulan kombinasi. Tapi malah rahanya kena sambar pukilan kanan Canelo, dan lanjut memyerang bagian perut. Plant berhasil membalas dengan pukulan pada rahang Canelo.

Ronde 10
Lagi – lagi Canelo memojokkan Plant, dan memasukkan satu pukulan keras. Plant membalasnya dengan baik. Kemudian Canelo menekan Plant pad tali ring, diakhiri dengan pukulan kiri pada kepala Plant. Canelo semakin brutal: ia menyerang bagian perut dan beberapa oukulan keras di kepala. Dua pukulan lagi mendarat oleh Canelo, yang membuat Plant melambat.

Ronde 11
Suasana kian memanas. Plant sadar jika ia bisa menang hanya dengan pukulan KO. Benteng bahunya mulai terbuka dan Canelo berhasil memukulnya dengan kombinasi kejam, hingga Plant terjatuh. Ia masih bisa bangun tapi sudah terlihat kurang stabil. Canelo memanfaatkan momentumnya dengan serangan kombinasi yang brutal. Plant terjatuh lagi dan wasit mengehentikan pertarungan ini.

Canelo dinyatakan menang TKO. Keduanya tampil sportif, dimana Canelo menyambangi sudut Plant dan iapun diterima dengan jantan. Keduanya tampak berdialog dan saling menghormati. Canelo diarak dengan mahkota di kepalanya. Dialah juara sejati di kelasnya. Kini Canelo Alvarez merupakan petinju pemilik gelar juara kelas menengah versi WBA, WBC, WBO, serta IBF yang baru saja direbut dari Plant.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Bukan Cuma Menunya, L’Osteria Pizza e Cucina Canggu Tawarkan Nuansa Khas Tuscany

Published

on

L’Osteria Pizza e Cucina Canggu dengan interior bernuansa Tuscany

GatraDewata[Badung] – Keterbatasan jangkauan perjalanan selama pandemi telah membuahkan ide – ide kreatif. Tak terkecuali di sektor makanan, yang diwakili L’Osteria Pizza e Cucina Canggu. Resto ini hadir sebagai obat rindu bagi pecinta makanan khas Italia, tanpa perlu repot untuk terbang ke Italia sana.

Resto yang berlokasi di pojokan lapangan Berawa ini didesain menyerupai rumah tua khas Italia, tepatnya daerah Tuscany. Mulai dari tata letak interior hingga detil temboknya, plek, persis seperti desain negeri Pizza tersebut. Konsultan bidang pemasaran, Heru Dwi Susilo, yang turut terlibat saat opening resto ini membeberkan konsep tersebut. “Betul, manajemen membuat L’Osteria Pizza e Cucina Canggu seotentik mungkin. Seluruh detil di resto ini dibuat mendekati gerai makanan di Tuscany. Karena memang kami ingin memberikan nuansa Tuscany kepada customer, tanpa perlu ke Italia,” ungkap Heru, sapaan akrabnya.

Penyajian makanan kelas atas di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu

Menu yang ditawarkanpun cukup beragam. Tidak kurang dari selusin pilihan Pasta/Spaghetti; setengah lusin pilihan makanan pembuka termasuk gorengan; gak banyak pilihan makanan utama (main course), namun ada seabrek pilihan lauk (condiments), dan, ada belasan pilihan Pizza.

Jajaran L’Osteria Pizza e Cucina Canggu tidak main – main di bisnis kuliner ini. Guna menjaga kualitas makanan tetap original, ia mempercayakan Chef Driss untuk mengawal di sektor dapur. Ia sudah berkecimpung di dunia Italian food selama dua dekade, sebelum akhirnya merapat di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu. Jadi, seluruh pilihan menu disini merupakan hasil karya beliau.

Makanan di L’Osteria Pizza e Cucina Canggu dimasak oleh koki Italia

Konsep brilliant yang dipadukan dengan rasa yang khas, membuat L’Osteria Pizza e Cucina Canggu sangat percaya diri bersanding dengan belasan gerai makanan disekitarnya. Buktinya, sejak dibuka, Kamis 9/9/2021, resto bernuansa adem ini  terbilang sangat produktif. “Gila, sejak dibuka rame terus,” tambah Heru seolah tidak percaya.

Bukan tidak mungkin, dengan tingginya demand, maka pelanggan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Ini bisa menjadi indikasi bahwa L’Osteria Pizza e Cucina Canggu akan menjadi tren kuliner di masa depan.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Aliansi Pelaku Pariwisata Marginal Bali (APPMB) Sambut  Open Border Internasional

Published

on

Photo courtesy: baliairport.com

GatraDewata[Denpasar] – Telah diterbitkan Permenhumkam No MHH 02. GR.02.02/2021,  tentang Pemeriksaan Imigrasi Tertentu sebagai tempat masuk dalam masa penanganan penyebaran Corona virus disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, per tanggal 17 September 2021. Permenhumkam tersebut pada intinya menyatakan bahwa, dalam Diktum ke 3, terlampir  tempat pemeriksaan Imigrasi untuk delapan Bandara, yakni:

  1. Kualanamo,
  2. Hangnadim,
  3. Soetta,
  4. Halim Perdana Kusuma,
  5. Yogyakarta,
  6. Juanda,
  7. Samratulangi, dan
  8. I Gusti Ngurah Rai.

Ini jelas, regulasi Open Border Internasional telah di tetapkan dan mefeka juga mendengar jika hari ini, 18 September, ada pesawat Qantas akan landing di bandara Ngurah Rai.

Hal ini membuat ketua APPMB, Puspa Negara, sumringah. “Tentu ini menjadi angin segar bagi pelaku pariwisata Bali, dan berharap para pemangku kepentingan segera mengambil langkah – langkah strategis tentang pemulihan pariwisata, dengan menyusun Time Schedule dan Program Prioritas Pergerakan Pemulihan Pariwisata secara Gradual,” cetusnya penuh semangat.

Ketua APPMB, Puspa Negara

“Kami APPMB sangat mengapresiasi Kemenkumham yang jelas telah menerbitkan regulasi secara bertahap: mulai permenkumham 11 tahun 2020 tentang pelarangan sementara warga asing masuk Indonesia; terus Permenkumham 27 th 2021 tentang Pemberian pembatasan visa; Permenkumham 34 tahun 2021 tentang Pemberian Visa masuk Indonesia; hingga Kepmenkumham No MHH 02.Gr.02.02/2021 sebagaimana disebutkan  diatas,” tambahnya.

“Ini terlihat regulasi yg mulai memberi angin segar pariwisata Bali. Oleh karena itu, kami mulai mempersiapkan semua sarana dan prasarana untuk siap membuka kembali usaha kami. Renovasi sudah kami lakukan dan bersiap untuk buka Advance Booking. Intinya kami telah sangat siap buka  ODTW, DTW dan ODTWK. BRAVO Kemenkumham.” tutupnya.[PT]

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam