Connect with us

Global

Duh! Lawan Spence, Pacquiao Terbilang Nekat

Published

on


Pertarungan tinju antara Pacquiao vs Spence Jr akan digelar 21 Agustus 2021

GatraDewata[Denpasar] Awalnya publik dibuat deg degan dengan ketidakpastian lawan Pacquiao berikutnya. Ada tiga nama yang diduga kuat mengisi pertarungan terkahirnya, sebelum bertarung untuk jabatan Presiden Filipina pada 2022 nanti. Mereka itu tidak lain yaitu Mikey Garcia, Terrence Crawford dan Errol Spence Jr.  Sebetulnya ketiga petinju tersebut cukup berbahaya. Tapi, kali ini publik kembali dibuat deg degan setelah secara resmi pertarungan Pacquiao pada 21 Agustus 2021 nanti akan bersanding dengan  Errol Spence Jr.

Baca Juga: Ini Syarat Pacquiao Agar Menang Lawan Spence

Bukan apa – apa, tapi rekor Errol Spence Jr. terbilang sangat mengerikan dan perbandingan keduanya terlihat, dari berbagai perspektif, tidak seimbang.

1. Postur dan jangkauan

Memang tidak mudah mendapatkan lawan yang postur tubuhnya plek sama. Pasti akan ada perbedaan postur tubuh dan jangkauan disini. Pacquiao memiliki postur layaknya kebanyakan orang Asia, yakni tinggi badan 168 cm dan bobot 68 kg; Spence menjulang di 177 cm dan bobot 69 kg. Perbedaan tinggi badan yang mencapai 9 cm ini akan menguntungkan Spence karena otomatis memiliki jangkauan yang lebih panjang, yaitu 183 cm. Jangkauan Pacquiao, si little T-Rex arm, hanya mampu menjangkau 170 cm saja. Pacquiao butuh speed dan kelincahan ekstra untuk bisa menangulangi kekurangannya.

2. Catatan Rekor

Spence merupakan petinju muda tanpa cacat, alias belum terkalahkan. Dari 27 kali bertanding ia mampu memnangkan seluruh pertarungan dengan 21 diantaranya menang KO. itu berarti rekornya nangkring di 77,78‰. torehan Pacquiao tidak semoncer spence. ia hanya menang sebanyak 62 dari 71 kali bertarung, tiga diantaranya kalah KO dan 2 kali imbang. ketiga petinju yang patut berbangga telah mengalahkan Pacquiao meliputi Rustico Torrecampo (Filipina), Medgoen Singsurat (Thailand) dan Juan Manuel Marquez (Meksiko). kekalahan pertamapun ia alami pada pertarungan ke 15, jadi rekornya boleh dibilang tidak kalah jauh dari spence. Hal ini mengindikasikan kualitas lawan Pacquiao tidak sembarangan.

3. Stamina

Stamina merupakan faktor penting dalam olahraga adu fisik seperti tinju. Dan, faktor ini sangat berkaitan dengan usia; biasanya semakin tua usia seseorang maka staminanyapun kian nyungsep. Jika mitos ini benar maka Pacquiao musti menyelesaikan bisnisnya Agustus nanti sebelum ronde pertengahan dimana staminanya masih cukup terjaga.

Pacquiao pukul jatuh Thurman [photo courtesy CNN Indonesia]

Namun, tidak ada yang tidak mungkin di tangan Pacquiao. Publik masih ingat bagaimana ia memukul jatuh Keith Thurman yang saat itu baru berumur 30 tahun, atau 10 tahun lebih muda dari Pacquiao. Ia bahkan sanggup meladeni petinju muda itu hingga 12 ronde. Stamina Pacquiao berbeda dari orang biasa dan ia tahu batas kemampuannya. Kemenangannya atas Thurman membuat ketiga faktor diatas seolah tidak lagi penting. Publik hanya bisa menduga duga apa yang akan terjadi di atas ring pada Agustus nanti. Pada akhirnya semua tergantung dari penampilan kedua petinju. Jika Spence menang maka ia akan sangat bangga bisa mengalahkan seorang legenda hidup, apalagi Pacquiao akan pensiun setelah pertarungan ini. Ini sekaligus merupakan kesematan langka.  Tapi jika Pacquiao yang menang maka ia juga akan sangat bangga karena; pertama, ia masih mampu menang atas petinju muda di usianya yang tidak lagi muda, kedua, kemenangan ini akan menjadi happy ending baginya karena itulah pertarungan terakhirnya. Untuk itu, pertarungan ini layak untuk kita nantikan.[SWN]


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

Melalui Global Summit 2022, INSIDE FLOW Kampanyekan Aktivitas Yoga Tanpa Plastik

Published

on

GatraDewata, Gianyar – Kampanye Penggunaaan produk plastik sekali pakai yang diinisiasi Komunitas Inside Flow saat perhelatan Global Summit 2022 seakan menegaskan kembali komitmen mereka dalam isu pengendalian pemanasan bumi (Global warming) melalui simbolisasi gerakan Yoga yang dinamis.

Bertempat di The Mansion Hotel and Spa Ubud yang digelar selama enam hari sejak Sabtu (12/11). Kegiatan yang berskala internasional ini bertemakan ‘Say No to Single Use Plastic in Yoga Shala’.

Beberapa sosok pegiat Yoga Inside Flow yang turut ambil bagian di event bergengsi ini diantaranya Master Young Ho Kim (Germany) selaku founder Inside Flow; Lulu Soul (Korea) sebagai instruktur profesional Inside Flow; Rubecca (Hong Kong) yang merupakan instruktur junior Inside Flow; Annisa (Germany) yang merangkap sebagai instruktur junior sekaligus pembantu Young Ho Kim; Julia Tan (Singapura) yang hadir membawakan produk Matras Yoga ramah lingkungan berlabel HEARTBEAT; pasangan suami istri Martin Elianto dan Tasya Dante (Indonesia) merupakan instruktur senior dan juga sebagai person in charges untuk Inside Flow Indonesia, dibawah pengawasan the Founder; dan Ms. Air Ping yang merupakan representatif IntaYogaBali/The Eco Bazzar, juga bertugas untuk mengkampanyekan Say No to Single Use Plastic in Yoga Hall.

Sebagaimana dipaparkan oleh Martin bahwa Inside Flow merupakan yoga jenis lain, dimana mereka menggunakan musik sebagai panduan bergerak dan bernafas, tidak menggunakan mantra – mantra. Inilah yang disinyalir membuat Inside Flow Yoga lebih populer daripada yoga-yoga lain di Indonesia. “Mengingat populasi di Indonesia mayoritas Muslim, dimana yoga menggunakan mantra kurang masuk/cocok bagi mereka. Oleh karena itu mereka lebih menyukai model Inside Flow,” terang pasangan terdebut lugas. Mereka juga menambahkan jika Inside Flow kini sudah hadir di empat lokasi di Indonesia yang meliputi Bogor, Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

Botol air yang bisa digunakan berulangkali sebagai pengganti botol plastik.

Mereka juga memaparkan awal mula kepeduliannya soal sampah plastik. Kami sering betkeliling Indonesia, termasuk Bali, dan sering melihat sampah plastik di pantai. Kami sangat prihatin dan coba menekankan untuk mengurangi sampah plastik. Salah satu caranya yaitu dengan mengurangi menggunakan botol plastik. Ini tidak hanya berlaku di Bali tapi di seluruh Indonesia,” ungkapnya bergantian.

Dilain pihak, Young yang sudah berkiprah di dunia Yoga sejak tiga tahun lalu di Indonesia, tergugah untuk membawa Bali ke arah yang lebih bersih di kemudian hari. Ia menyadari jika Inside Flow hanya seujung kuku yang tidak akan memberikan dampak signifikan dalam memerangi polusi plastik. “Kita tidak bisa mengubah dunia. Kita hanya secuil diantara pengguna plastik di dunia. Sebagai guru Yoga saya bisa memulai dengan memberikan contoh, dan kemudian menginspirasi yang lain untuk turut melakukannya. Kita bisa memulai dengan 10 orang, 50 orang, 100 orang untuk memprakarsai program ini,” paparnya lugas.

Rubecca dan Anissa bahkan meminta waktu khusus untuk menyuarakan pesan penting terkait polusi plastik ini. “Kami ingin mengajak semua orang untuk mengatakan ‘tidak’ pada penggunaan botol plastik sekali pakai, dimanapun di dunia – bukan hanya di Bali, di Yoga studio, di restoran, dimanapun, kami ingin terbebas dari plastik sehingga kita bisa menyelamatkan planet ini lebih lama lagi,” ungkapnya semangat.

Di waktu terpisah Julia hadir memperkenalkan Matras Yoga (alas khusus untuk Yoga) buatan Indonesia namun didesain di Swiss, dimana produk ini memiliki ketahanan hingga puluhan tahun. “Yoga mat dan botol air merupakan alat penting yang kita butuhkan ketika melakukan yoga. Disinilah pentingnya menggunakan produk yang bisa digunakan berulangkali sehingga bisa mengurangi sampah. Yoga mat kami merupakan produk daur ulang yang sangat kuat dan ramah lingkungan,” terang Julia sembari mengatakan jika mereka belum mematok harga jual hingga saat ini.

Global Summit 2022 kali ini disinyalir mampu mendatangkan hampir 200 peserta dari 30 negara. 30 peserta dari Korea, sekitar 5 orang dari Jerman dan sisanya merupakan akumulasi dari negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Young berharap event berikutnya pada February 2023 akan lebih akbar daripada tahun ini. (hd/sw)

Continue Reading

Global

Bantu Konsumen Kirim Paket Jumlah Besar, JNE Trucking Solusinya

Published

on

GATRA DEWATA | JAKARTA | Pengiriman yang terjangkau dan aman merupakan pilihan masyarakat pada umumnya, tentu pengiriman murah biasanya harus berjumlah besar. JNE mengeluarkan produk JNE Trucking (JTR) untuk melayani pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.

Syarat utama adalah memiliki minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg, berlaku juga untuk pengiriman motor, berlaku untuk pengiriman nasional, tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee.

Kini untuk menjawab tantangan digital, JNE JTR menambahkan fungsi dengan pembayaran digital dengan nama JNE JTR Cashless. Ini diperuntukan untuk konsumen membeli barang  dari Shopee yang memiliki bobot lebih dari 10 kg, bisa diantar dengan jenis layanan ini dengan ongkos kirim yang relatif lebih murah.

Cara untuk menggunakan layanan JTR ini adalah, Setelah selesai berbelanja di Shopee dan akan melakukan pembayaran silahkan pilih pengiriman dengan jasa JNE Reguler, Ketika akan checkout, pada isian pesan kepada pihak seller, isikan pesan jika Anda ingin menggunakan layanan pengiriman dengan JTR atau Anda bisa lebih dahulu negosiasi dengan pihak seller untuk menggunakan layanan JTR pada saat proses pengiriman barang.

Setelah deal harga dan ongkos kirim, maka biasanya akan ditambahkan harga ongkos kirim sesuai dengan berat dan harga yang ditetapkan oleh pihak JNE.

Menggunakan layanan dari JNE JTR Cashless bisa dipertimbangkan ketika anda ingin mengirim barang dengan bobot yang cukup berat.

Hal ini dikarenakan harga ongkos kirimnya yang cukup lumayan terjangkau jika dibanding dengan jasa ekspedisi laiinya, serta jaminan keselamatan barang karena sudah diasuransikan. (RA)

Continue Reading

Daerah

Jedaaar! Canelo Sukses Buat Plant ‘Tertidur’ di Ronde 11

Published

on

Photocourtesy: mmafighting.com

GatraDewata[Denpasar] – Setelah diawali dengan drama face-off yang panas, dimana keduanya saling serang saat sesi timbang badan, hasil pertarungan mereka seolah sudah ditentukan jauh hari sebelum pertarungan.

Bahkan, Canelo sempat sesumbar akan memukul KO Plant antara Ronde 7 – 9, paling lambat di Ronde 11. Dan apa yang dikatakannya menjadi kenyataan.

Meskipun ia tampak kesulitan memasuki zona pukulan telak di ronde – ronde awal, tapi Canelo tetap unggul secara angka. Situs usatoday.com memenangkan Canelo dengan skor 99-91 pada ronde 10, sebelum Plant tertidur di ronde berikutnya.

Berikut kronologi perjuangan Canelo menepati janji kepada para penggemarnya, di MGM Grand, Las Vegas, Sabtu 6 Nopember 2021.

Ronde 1
Pukulan Plant diblokir Canelo dengan sarung tangannya. Alvarez menempelkan tangan kirinya ke wajah dan memukul dengan tangan kanannya, diikuti oleh pukulan kiri. Kemudian, Canelo mendaratkan pukulan kiri dan kanan yang lebih keras ke tubuh Plant.

Ronde 2
Uppercut Plant cukup telak. Canelo membalas dengan pukulan kiri dan dua body shots (pukulan pada tubuh). Plants terus melancarkan jab – jabnya. Canelo mengabaikan kombinasi Plant dan menyerang maju. Plant mencoba menyerang bagian tubuh. Canelo memojokkan Plant dan memukul bagian perut. Plant terlihat sangat lincah.

Photo courtesy: CBS sport

Ronde 3
Plant kembali melancarkan jab. Bahkan, ia berhasil membobol pertahanan Canelo melalui uppercut kirinya, disusul pukulan kiri di kepala. Gak tinggal diam, Canelo lancarkan pukulan hook kiri dan kanan. Jab-nya Plant kembali masuk, tapi Canelo membalasnya dengan body shot kiri.

Ronde 4
Plant terlihat sangat aktif untuk mendaratkan pukulannya, sementara Canelo masih mengintai peluang untuk lancarkan pukulan keras. Iapun berhasil mendaratkan dua pukulan keras yang membuat Plant merangsek di tali ring. Dia terus memojokkan Plant yang menjaga jarak dengan jab-nya. Pukulan keras kanan Canelo meleset, tapi pukulan kirinya berhasil mendarat di kepala Plant.

Ronde 5
Plant dihajat pada perut kirinya. Wait Russell memperingatkan Canelo untuk mengarahkan pukulannya agak keatas. Plant berhasil menyerang dengan pukulan kombinasi yang apik. Canelo berusaha bertarung jarak dekat dan beberapa umpannya termakan oleh Plant.

Ronde 6
Plant unggul dengan jab-nya. Tapi Canelo berhasil membalasnya dengan pukulan keras kiri dan kanan. Penonton bersorak gembira dan memberikan dukungan kepada Plant. Lagi – lagi Canelo berhasil mengatasinya. Plant melancarkan jab-nya untuk mendapatkan jarak aman. Canelo memburunya: ia ‘memakan’ pukulan kiri Plant sambil terus maju dengan kedua tangannya dibawah. Gesturnya menyiratkan seolah Plant tidak berarti.

Photo courtesy: mmafighting.com

Ronde 7
Keduanya saling bertukar pukulan kiri. Pergerakan kepala Canelo cukup menyulitkan Plant. Ia bahkan masuk ke dalam tanpa rasa takut dan melancarkan tiga pukulan. Plant gagal untuk mengimbanginya. Canelo berlindung di kedua tangannya, menyerang dan merangsek. Akhirnya kedua kepala mereka berbenturan. Pukulan kiri Canelo mendarat dengan keras di kepala Plant, diikuti dengan pukulan kanan bawah dan atas kiri lagi.

Ronde 8
Canelo lancarkan pukulan ‘cambuk’ di kepala kiri Pant. Canelo merangsek ke dalam dan mendaratkan kombinasi pukulan keras. Penonton meneriakkan namanya. Plant memukuldi kiri, sementara Canelo menutup ronde ini dengan pukulan kanan.

Ronde 9
Mereka merapat pada 30 detik pertama. Kecepatan Plant membuahkan beberapa pukulan telak. Tapi langsung dibalas pukulan kanan yang keras oleh Canelo. Plant kembali melancarkan pukulan kombinasi. Tapi malah rahanya kena sambar pukilan kanan Canelo, dan lanjut memyerang bagian perut. Plant berhasil membalas dengan pukulan pada rahang Canelo.

Ronde 10
Lagi – lagi Canelo memojokkan Plant, dan memasukkan satu pukulan keras. Plant membalasnya dengan baik. Kemudian Canelo menekan Plant pad tali ring, diakhiri dengan pukulan kiri pada kepala Plant. Canelo semakin brutal: ia menyerang bagian perut dan beberapa oukulan keras di kepala. Dua pukulan lagi mendarat oleh Canelo, yang membuat Plant melambat.

Ronde 11
Suasana kian memanas. Plant sadar jika ia bisa menang hanya dengan pukulan KO. Benteng bahunya mulai terbuka dan Canelo berhasil memukulnya dengan kombinasi kejam, hingga Plant terjatuh. Ia masih bisa bangun tapi sudah terlihat kurang stabil. Canelo memanfaatkan momentumnya dengan serangan kombinasi yang brutal. Plant terjatuh lagi dan wasit mengehentikan pertarungan ini.

Canelo dinyatakan menang TKO. Keduanya tampil sportif, dimana Canelo menyambangi sudut Plant dan iapun diterima dengan jantan. Keduanya tampak berdialog dan saling menghormati. Canelo diarak dengan mahkota di kepalanya. Dialah juara sejati di kelasnya. Kini Canelo Alvarez merupakan petinju pemilik gelar juara kelas menengah versi WBA, WBC, WBO, serta IBF yang baru saja direbut dari Plant.[SWN]

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku