Connect with us

Daerah

Dirjen Vokasi, Wikan Sakarinto resmikan dan coba Simulatot Boeing 737-800 NG-K

Published

on


SMK Penerbangan Cakra Nusantara satu-satunya di Indonesia

GATRA DEWATA | BALI | Fasilitas belajar adalah hal yang sangat penting bagi terselenggaranya proses belajar mengajar. Fasilitas belajar pertama dan satu satunya di Indonesia dimiliki SMK Penerbangan Cakra Nusantara yakni Simulator Boeing 737-800 NG-K.

Dengan teknologi terkini dan update SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang telah Terakreditasi A Unggul telah ditetapkan sebagai SMK Pusat keunggulan sesuai SK Dirjen Vokasi NO.22/D/O/2021 Serta SEKOLAH PENGGERAK 2021 menciptakan sebuah inovasi terkini yang dapat menunjang pengetahuan lebih mendalam mengenai Penerbangan.

Simulator Boeing 737-800 Next Generation ini merupakan terobosan baru yang hadir di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Melalui media pembelajaran ini, diharapkan taruna/i yang berada disekolah dapat mempelajari penggunaan alat-alat di dalam cockpit pesawat sehingga menjadi dasar sebelum terjun ke DU/DI.

Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., menyatakan bahwa, “SMK Penerbangan Cakra Nusantara keren, sangat luar basa bisa membuat berbagai simulator bersama Industri dan Tahun 2021 ini menjadi SMK Pusat Keunggulan – Center of Excellence dan menjadi Leader Pengembangan Vokasi di seluruh Indonesia, maka tidak usah ragu lagi menyekolahkan anak bapak ibu di sekolah Vokasi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara”.

Pelaksanaan pembelajaran teori di sekolah juga ditunjang oleh fasilitas yang lengkap yang menunjang gaya belajar taruna/i nya. Fasilitas tersebut diantaranya, Mobil Simulator Pesawat, mobil tv dan radio streaming ruang belajar 3D iMax, Multibahasa, IT Teaching Room, dan ruang terbalik, pipa berbisik dan masih banyak lagi.

Sementara Humas SMK Penerbangan Cakra Nusantara menjelaskan pembelajaran di SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan pembelajaran Daring dan Luring sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri No.01/KB/2020 ditunjang dengan digital entertain experience education system atau D-3-E-S, penerapan  system e-Learning atau pembelajaran elektronik serta video conference bersama DU/DI untuk menunjang pengetahuan dan kompetensi saat menjalankan praktek dengan teknologi terupdate serta dengan pesawat yang masih beroperasi (bukan pesawat usang) secara langsung di DUDI.

Simulator Boeing 737-800 NG-K ini menjadi Labaoratorium simulasi Pesawat wagi Seluruh Taruna/i SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Mobil simulator pesawat ini secara berkala juga dikunjungi SMP Negeri dan swasta di seluruh Bali.

Jadi, jika sekolah kamu belum dikunjungi mobil simulator pesawat ini, kamu bisa menghubungi nomor whatshap  081237098090, Selain fasilitas yang mumpuni, seluruh pengelola Management SMK Penerbangan Cakra Nusantara beserta guru produktif telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tak hanya pengelolanya, seluruh Taruna/i setelah lulus juga telah memperoleh sertifikasi BNSP diantaranya: Sertifikasi Komputer, Bahasa Inggris, serta sertifikasi sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti: Ticketing and Reservation, Fluid Power, Kelistrikan, Human Factor and Safety Management System.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara mencetak generasi berprestasi, meraih Akreditasi A Unggul, lulusan berdaya saing tinggi alumni SMK Penerbangan Cakra Nusantara mudah terserap. Memiliki mobil simulator pesawat pertama dan satu satunya di Indonesia, ruang belajar menyesuaikan dengan gaya belajar taruna-taruninya serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

LSP SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah resmi menjadi sebuah lembaga sertifikasi profesi dengan Lisensi Nomer: KEP.0078/BNSP/I/2020 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP).

Faktanya terbukti tahun 2019 meraih Peringkat 2 SMK swasta Terbaik se Kota Denpasar, tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun

sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali. Mari bagi adik adik lulusan SMP tidak usah ragu lagi untuk bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Ingin tahu lebih banyak tentang SMK Penerbangan Cakra Nusantara? Cek instagram kami di @smkpenerbanganbali, Facebook di SMK Penerbangan Cakra Nusantrara jangan lupa subscribe, like, share dan comment channel youtube kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara – Pusat Keunggulan serta web kami di www.smkpenerbangan.sch.id dan www.smkcakranusantara.com.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara – SMK Pusat Keunggulan – Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2021/2022 yang dapat dihubungi pada nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.smkpenerbangan.sch.id. (Tim)

Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK 2021.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar dengan:
PENDAFTARAN ONLINE Whatsapp  081 237 098 090
www.smkpenerbangan.sch.id


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Daerah

Babinsa Koramil 02/Kubutambahan Latih Siswa SMAN1 Kubutambahan LDKS

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -02/ Kubutambahan latih LDKS siswa SMAN 1 Kubutambahan

BULELENG -Bertempat di Lapangan SMAN 1 Kubutambahan di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng terdiri dari 2 orang personil Koramil 1609-02/Kubutambahan Kodim 1609/Buleleng Serda Elio De Andrade dan Serka Gede Budiawan.

Melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan memberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMAN 1 Kubutambahan, yang dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah dan para guru beserta staf sekolah serta siswa sebagai peserta LDKS berjumlah 90 orang.

Pelaksanaan kegiatan LDKS yang dilaksanakan hari ini yang merupakan hari pertama dari tiga hari pelaksanaan oleh kedua personil Koramil Kubutambahan memberikan materi dasar tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) diantaranya materi Sikap Sempurna, Lencang Depan, Lencang Kanan, hadap kanan hadap Kiri, balik kanan, jalan ditempat dan hadap serong kiri – hadap serong kanan serta sikap – bentuk penghormatan. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Siap Dukung Pembangunan Desa, Babinsa Hadiri Musdes

Published

on

Babinsa Koramil 1609-06/Banjar hadiri musdes

BULELENG – Babinsa Desa Kayuputih Sertu Ida Putu Ardana Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas menghadiri kegiatan Musyawarah Desa (Musdes).

Pengesahan dan penetapan barang dan benda yang ada diwilayah Desa Kayuputih yang menjadi aset Pemerintah Desa Kayuputih agar dikemudian hari perbaikan maupun pengolahan bisa di anggarkan menggunakan Dana Desa.

Rapat Musdes di laksanakan di Ruang Rapat Kantor Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis (08/12/2022).

Dalam kegiatan musdes Desa Kayuputih tersebut di hadiri oleh Perbekel beserta Staf, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM, Kadus se- Desa Kayuputih, Kelian Adat beserta Prajuru, Ketua Sabha beserta anggota dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penggunaan Dana Desa agar benar-benar sesuai dengan aturan, jauhi pelanggaran dengan tidak menyalahgunakan anggaran Dana Desa tersebut, karena pada hakekatnya anggaran tersebut diberikan oleh Pemerintah untuk membantu Masyarakat menikmati Pembangunan sehingga Masyarakat menikmati percepatan Pembangunan,”ucap Sertu Ida Putu Ardana.(Mga)

Continue Reading

Daerah

Wujud Sinergitas Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Serta Pecalang Amankan Jalannya Poidalan

Published

on

Wujud sinergitas Babinsa Koramil 1609 - 04/Tejakula bersama Bhabinkamtibmas serta Pecalang amankan jalannya piodalan di wilayah binaan

BULELENG – Sinergitas dalam pengamanan piodalan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas serta pecalang.

Pengamanan guna melancarkan prosesi upacara Piodalan Sasih Keenem di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng .

Babinsa Desa Tejakula Koramil 04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Sertu Meky Robinson Naramessakh bersama dengan Babinkamtibmas Briptu Gede Hery Hermawan bersinergi dengan Pecalang Desa Adat Tejakula melaksanakan pengamanan Upacara Piodalan Sasih Keenem Desa Tejakula,Kamis (08/12/2022).

Menurut Babinsa ,seijin Danramil 1609-04/Tejakula Kapten Inf Rifa’i menyampaikan pelaksanaan Upacara Piodalan perlu mendapat pengamanan terutama pada saat warga melintasi jalan raya.

” apalagi dengan iring-iringan sarana dan prasarana yang dibawa oleh masyarakat untuk mendukung prosesi Upacara Piodalan akan berdampak kepada keamanan warga dan juga pengendara yang menggunakan jalur lalu lintas.

“Apabila tidak diatur maka akan terjadi kekroditan di jalan tentunya mengutamakan jalur koordinasi antar para petugas pengamanan,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itulah peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat kemanan setempat yaitu Para Pecalang diperlukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami dari pihak Keamanan yaitu dari Koramil 1609-04/Tejakula dan Polsek Tejakula sudah bersiap dari tadi pagi, di samping itu juga kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Tejakula dengan mengerahkan Pecalang dan perangkat adat lainnya untuk membantu pelaksanaan Upacara Piodalan yang sementara berlangsung ini,” tutur Babinsa. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku