Connect with us

Daerah

Diduga belum mengantongi IMB YPUH Jalan Sulawesi Kampung Baru Singaraja di bekukan

Published

on


GATRA DEWATA | SINGARAJA |Ratusan masyarakat, dari Aliansi Masyarakat Peduli Buleleng memadati Jalan Sulawesi Gang 1 No 24 Lingkungan Baruna Sari, Kampung Baru Singaraja.tujuannya menolak akan di lakukan penyegelan terhadap Yayasan Pengayom Umat Hindu ( YPUH ) oleh SatPol PP Kabupaten Buleleng, Jumat (14/01/2022) Pagi.

Berdasarkan Surat Bupati No.180/3704/HK tertanggal 28 Desember, Perda No.2 Tahun 2012 tentang perijinan. Maka di perintahkan kepada Plt.Kepala Satuan Polisi Pamong Praja untuk melakukan penyegelan terhadap YPUH.

Dr.Surata ,SH.M .Kn. Selaku Dewan Pembina Yayasan “mengatakan masalah pengurusan ijin saya sangat berterima kasih atas petunjuknya itu, disinilah peran masyarakat dan pemerintah merupakan satu kesatuan karena pemerintah itu berasal dari masyarakat juga. Tentang permohonan ijin, kamu kami mohon bantuan/petunjuk, ijin apa yang kami mohonkan kemudian persyaratannya apa saja untuk mengajukan permohonan ijin, karena berdasarkan Perda No.2 Tahun 2012 yang ada hanya permohonan ijin usaha, permohonan ijin dagang, tidak ada permohonan untuk kremasi, untuk itu kami mohon petunjuk dan jangan di persulit untuk kami melakukan permohonan ijin, ” jelasnya.

Ketua Yayasan Jero Mangku Sedana, BA menerangkan awal pendirian YPUH ini karena melihat situasi Masyarakat Umat Hindu di Bali. Dalam kesehariannya itu ada istilahnya kesepekang dan juga ada Masyarakat yang mengalami kesulitan melakukan penguburan dalam urusan kematian. Karena urusan kematian sangat pelik. “Untuk itu kita mendirikan Yayasan ini sebagai solusi/dan jalan keluar bagi Masyarakat yang mengalami kematiannya, itu dasar pertimbangan kami mendirikan Yayasan ini,” jelasnya.

Yayasan ini berdiri sudah hampir 12 Tahun dari tahun 2010 dan sebelum tahun itu kami sudah melakukan gerakan keliling megadakan Upacara – upacara keluar Bali Tahun 2005. Awalnya kami punya pemikiran akan di tolak program kami, ternyata kami mendapat dukungan Dan apresiasi positif sehingga kami mengupayakan tempat ini dan kita bangun sebuah tempat kremasi, yang waktu itu mendapat rekomendasi dari Bupati lama Putu Bagiada. Dan dasar utama kami melayani Umat tidak hanya dari Umat Hindu saja melainkan dari Umat lain juga kami melayani, karena tujuan kami adalah kemanusiaan/Yadnya, “jelas Jero Mangku.

Yayasan menerima petunjuk untuk melakukan permohonan ijin dan SatPol PP Kabupaten Buleleng hanya menyegel kremasinya saja dan untuk kegiatan pelayanan Umat yang lain masih bisa di jalankan. (Mga)


Daerah

Babinsa Koramil 02/Kubutambahan Latih Siswa SMAN1 Kubutambahan LDKS

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -02/ Kubutambahan latih LDKS siswa SMAN 1 Kubutambahan

BULELENG -Bertempat di Lapangan SMAN 1 Kubutambahan di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng terdiri dari 2 orang personil Koramil 1609-02/Kubutambahan Kodim 1609/Buleleng Serda Elio De Andrade dan Serka Gede Budiawan.

Melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan memberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMAN 1 Kubutambahan, yang dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah dan para guru beserta staf sekolah serta siswa sebagai peserta LDKS berjumlah 90 orang.

Pelaksanaan kegiatan LDKS yang dilaksanakan hari ini yang merupakan hari pertama dari tiga hari pelaksanaan oleh kedua personil Koramil Kubutambahan memberikan materi dasar tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) diantaranya materi Sikap Sempurna, Lencang Depan, Lencang Kanan, hadap kanan hadap Kiri, balik kanan, jalan ditempat dan hadap serong kiri – hadap serong kanan serta sikap – bentuk penghormatan. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Siap Dukung Pembangunan Desa, Babinsa Hadiri Musdes

Published

on

Babinsa Koramil 1609-06/Banjar hadiri musdes

BULELENG – Babinsa Desa Kayuputih Sertu Ida Putu Ardana Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas menghadiri kegiatan Musyawarah Desa (Musdes).

Pengesahan dan penetapan barang dan benda yang ada diwilayah Desa Kayuputih yang menjadi aset Pemerintah Desa Kayuputih agar dikemudian hari perbaikan maupun pengolahan bisa di anggarkan menggunakan Dana Desa.

Rapat Musdes di laksanakan di Ruang Rapat Kantor Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Kamis (08/12/2022).

Dalam kegiatan musdes Desa Kayuputih tersebut di hadiri oleh Perbekel beserta Staf, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM, Kadus se- Desa Kayuputih, Kelian Adat beserta Prajuru, Ketua Sabha beserta anggota dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penggunaan Dana Desa agar benar-benar sesuai dengan aturan, jauhi pelanggaran dengan tidak menyalahgunakan anggaran Dana Desa tersebut, karena pada hakekatnya anggaran tersebut diberikan oleh Pemerintah untuk membantu Masyarakat menikmati Pembangunan sehingga Masyarakat menikmati percepatan Pembangunan,”ucap Sertu Ida Putu Ardana.(Mga)

Continue Reading

Daerah

Wujud Sinergitas Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Serta Pecalang Amankan Jalannya Poidalan

Published

on

Wujud sinergitas Babinsa Koramil 1609 - 04/Tejakula bersama Bhabinkamtibmas serta Pecalang amankan jalannya piodalan di wilayah binaan

BULELENG – Sinergitas dalam pengamanan piodalan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas serta pecalang.

Pengamanan guna melancarkan prosesi upacara Piodalan Sasih Keenem di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng .

Babinsa Desa Tejakula Koramil 04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Sertu Meky Robinson Naramessakh bersama dengan Babinkamtibmas Briptu Gede Hery Hermawan bersinergi dengan Pecalang Desa Adat Tejakula melaksanakan pengamanan Upacara Piodalan Sasih Keenem Desa Tejakula,Kamis (08/12/2022).

Menurut Babinsa ,seijin Danramil 1609-04/Tejakula Kapten Inf Rifa’i menyampaikan pelaksanaan Upacara Piodalan perlu mendapat pengamanan terutama pada saat warga melintasi jalan raya.

” apalagi dengan iring-iringan sarana dan prasarana yang dibawa oleh masyarakat untuk mendukung prosesi Upacara Piodalan akan berdampak kepada keamanan warga dan juga pengendara yang menggunakan jalur lalu lintas.

“Apabila tidak diatur maka akan terjadi kekroditan di jalan tentunya mengutamakan jalur koordinasi antar para petugas pengamanan,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itulah peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat kemanan setempat yaitu Para Pecalang diperlukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami dari pihak Keamanan yaitu dari Koramil 1609-04/Tejakula dan Polsek Tejakula sudah bersiap dari tadi pagi, di samping itu juga kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Tejakula dengan mengerahkan Pecalang dan perangkat adat lainnya untuk membantu pelaksanaan Upacara Piodalan yang sementara berlangsung ini,” tutur Babinsa. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku