Connect with us

News

Dengan Teknologi, APSI Bali Nusra Sanggup Bersihkan Laut Bali

Published

on

Putu Ivan Yunatana, Ketua APSI Bali Nusra

GATRA DEWATA | DENPASAR | Sampah menjadi permasalahan yang pelik bagi semua pihak, TPS-3R yang menjadi solusi bagi masyarakat terutama Bali belum juga terlihat efektif secara keseluruhan. Ini tentu memerlukan inovasi dan kreasi dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bahkan kalo memungkinkan adopsi teknologi dari luar negeri.

Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) DPD Bali Nusra secara resmi telah menjalin kerjasama dengan organisasi nirlaba asal Prancis bernama The Sea Cleaner (TSC) yang juga punya kantor di Swiss. Penandatanganan kerjasama itu digelar secara virtual pada Senin (17/01/2022).

Permasalahan sampah laut yang menjadi sorotan dimana-mana saat ini, telah mengotori lautan dan terdampar di daerah pesisir pantai yang menjadi andalan pariwisata Bali. Hal ini telah dipikirkan oleh Putu Ivan Yunatana selaku Ketua APSI Bali Nusra mengatakan dalam perjanjian kerjasama ini, nantinya TSC berperan membantu menyediakan kapal yang dapat membersihkan sampah di lautan. Kapal itu bernama Mobula 8.

“Nanti akan bersinergi dengan APSI. Jika mereka membersihkan sampah di laut dan membawa ke darat dan anggota APSI membantu pengangkutan dan pengolahan lebih lanjut. Sehingga sampah-sampah tersebut bisa tertangani dengan baik,” kata salah satu pemilik TPST Samtaku Jimbaran ini.

Ivan sapaaan akrabnya menjelaskan, kerja sama ini juga merupakan project pertama dari The Sea Cleanner di Bali dan Indonesia. Kerjasama ini awalnya diinisiasi salah satu anggota APSI DPD Bali Nusra, PT Bala Biotech Indonesia. “Jangka waktu kerjasamanya selama satu tahun. Dari 17 januari 2022 hingga 17 Januari 2023,” jelas Putu Ivan.

Menurut pemilik Bali Waste Cycle (BWC), nantinya pihak APSI berkordinasi lebih lanjut untuk mengetahui daerah laut mana saja yang membutuhkan kehadiran kapal pembersih sampah dari Prancis itu. Diharapkan, nantinya kerjasama ini bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan dan juga laut Indonesia, khususnya Bali.

“Semoga ini bisa berkelanjutan sesuai dengan harapan kami juga, bahwa penanganan sampah di Bali sangat penting. Karena ini juga bisa membantu ekosistem laut di Bali akan lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, CEO PT Bala Biotech Indonesia, I Kadek Alamsta Suarjuniarta anggota APSI DPD Bali Nusra menjelaskan, out put dari kerjasama ini yakni untuk keberlangsungan ekosistem lingkungan, khususnya laut.

Dia berharap agar kerjasama ini ke depannya tidak hanya sebatas pembersihan sampah di lautan. Tetapi juga terkait pemrosesannya di daratan.

“Kerjasama ini kami siapkan kurang lebih setahun. Kami sering meeting zoom bareng mereka mempersiapkan potensi tempat lokasi pembersihan sampah menggunakan kapal Mobula 8. Karena ini merupakan proses panjang, jadi out put dari kerjasama ini juga akan besar untuk Bali, Indonesia, juga Prancis dan dunia,” tandasnya. (Tim)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

News

Babinsa Koramil Tejakula, Himbau Masyarakat Tetap Jaga Kelestarian Hutan, Cegah Tebang Liar

Published

on

Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/Buleleng, hadiri sosialisasi perhutanan sosiali

BULELENG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1609-04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Serma Dedy pada Rabu (01/02/2023) ikut menghadiri kegiatan rapat sosialisasi perhutanan sosial dalam rangka menguatkan pemahaman dan komitmen dalam pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Hutan Jelepung Dusun Batu Lumbang Desa Penuktukan kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng ini juga dihadiri oleh Hesti Saghril, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan Kehutanan Provinsi Bali,
Perbekel Desa Penuktukan beserta Staf, Pimpinan dan Anggota BPD, Babinsa Desa Penuktukan, Bhabinkamtibmas Desa Penuktukan, Pengurus dan Anggota LPM, Pengurus dan Anggota LPHD Warna Kerti, Ketua dan Anggota KTH se Desa Penuktukan, Perangkat Desa Penuktukan beserta Masyarakat Desa Penuktukan dan Desa Siakin.

Babinsa penuktukan juga mengajak serta menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama mendukung penyiapan perhutanan sosial untuk kelestarian hutan saat ini dan nanti.

Babinsa penuktukan juga menyebutkan bahwa sosialisasi penyiapan perhutanan sosial sangat penting dan untuk segera dilakukan mengingat saat ini maraknya penebangan liar.

” Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya karena banyak manfaat yang dapat kita ambil dengan pelestarian hutan tersebut, ” jelasnya.

Dengan gelaran sosialisasi tersebut diharapkan kepada semua pihak untuk bisa mengerti dan memahami serta melaksanakan tugas juga tanggung jawabnya masing-masing.

” Sehingga akan dapat terwujud pemanfaatan hutan sesuai dengan fungsinya, ” terang Babinsa. (Mga)

Continue Reading

News

Perkuat Pertahanan Negara, Anggota Koramil Banjar Terima Warga Daftar Comcad 2023

Published

on

Perkuat pertahanan negara, Anggota Koramil 1609 -06/ Banjar Kodim 1609/Buleleng terima warga dafrar Comcad 2023

BULELENG – Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Serka Putu Surahmadi menerima warga masyarakat pemandu mendaftar secara online peserta Komponen Cadangan TA 2023 bertempat Ruang Tamu Makoramil 06/ Banjar kec Banjar kab Buleleng, Selasa (31/01/2023).

Di tempat terpisah Komandan Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka, Perekrutan calon peserta Komcad ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan melalui (lima) kotama yaitu Kodam 1/Bukit Barisan, Kodam IX/ Udayana, Kodam XIII/Merdeka serta Jajaran Lanal seluruh Pulau Jawa Dan Jajaran Lanud seluruh pulau Jawa.

Untuk diketahui, pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) dibuka oleh Kementerian Pertahanan berdasarkan UU 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Persyaratan Komcad ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia dengan usia dari 18 – 35 tahun. Nantinya Komcad ini akan dikelompokkan menjadi Komponen Cadangan matra darat, matra laut dan matra udara.

Komcad ini bukan wajib militer, namun pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela. Diseleksi secara administratif dan kompetensi.
Komcad ini akan ditugaskan dalam keadaan darurat sesuai persetujuan Presiden dan DPR. Serta anggota Komcad akan mengabdi hingga usia maksimal 48 tahun,” jelasnya. (Mga)

Continue Reading

News

Babinsa Koramil Tejakula Rutin Komsos Sarana Pererat TNI – Rakyat

Published

on

Jalin keakraban, Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng komsos dengan masyarakat binaan

 

BULELENG – Babinsa Koramil 04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng Serti IGede Sarnia melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga di Desa pacung Kec. Tejakula Kab. Buleleng, Selasa (31/01/2023).

Pelaksanaan Komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan,dan babinsa juga menghinbau warga agar selalu waspada Selain itu juga sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat.
Sertu IGede Sarnia Sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik, sehingga berbagai informasi yang terjadi dapat terdeteksi secara dini dan cepat tentukan langkah untuk menyelesaikannya,” ujarnya.

Iya juga menambakan dengan adanya kegiatan Komsos yang dilaksanakan bersama warga Desa binaan akan menguatakan kemanunggalan TNI – Rakyat untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” ungkapnya. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku