Connect with us

Daerah

Datang dan Saksikan Kiprah Memukau Doddy Obenk Pada Pameran Fotografi Bertema ‘Hidup Dalam Gerak’ di Gajah Mas Gallery Ubud!

Published

on


 

Salah satu jarya Doddy Obenk

GatraDewata[Gianyar] Dalam persembahan karya kali ini disuguhkan koleksi foto dari tahun 2006 dimana mulai dari perkenalan dengan Gus Aji (Ida Bagus Blangsinga). Semua penari dari karya ini merupakan sahabat, keluarga, maupun murid dari Gus Aji. Penari yang ditampilkan kali ini adalah Ida Bagus Blangsinga (Ida Bagus Oka Wirjana (1929-2017), I Gusti Ayu Raka Rasmi (1939-2018), Ni Luh Menek (1939), DR.dr. AA Ayu Bulantrisna (1947-2021), AA Arini, Ni Ketut Arini, Komang Nanik, Gusde Witara, Tilin Karismayana.

Dalam eksplorasi seni fotografi ada beberapa hal yang menjadi dasar pemilihan, yaitu: keindahan , informasi dan dokumentasi yang akan memberikan pesan ataupun cerita dalam karya seni fotografi tersebut. Fotografi menangkap sepersekian detik fragmen dalam sebuah gerakan, sehingga diperlukan sebuah hubungan yang kuat antara penari dan fotografer.

Karya – karya fotografi Doddy Obenk yang ingin ditampilkan dalam pameran ini (18 – 30 April 2021) mencoba menangkap bentuk jiwa ataupun dimensi halus dari sebuah gerakan tari Bali yang dibawakan oleh masing-masing penari.  Sehingga karya yang dihasilkan menampilkan ekspresi dari sesuatu yang suci seperti bidadari, jiwa kesatria maupun kelembutan.

Mari kita telusuri sosok Doddy Obenk secara lebih dekat!

Beliau lahir pada tanggal 25 Maret 1968 di Bandung, Jawa Barat. Tamat sekolah di ITB (institut Teknologi Bandung) jurusan teknik Penerbangan (aeronotics) pada tahun 1994.

Karir dalam dunia fotografi :
• Workshop tahun 2001 oleh Sarah Silver & Dennis Savini
• Workshop tahun 2002 oleh Nadia Wintsgerard & Geraldo Pace
• Workshop tahun 2003 oleh Hans Neleman
• Workshop tahun 2004 oleh Eric Victor Victor & Urs Rechter
• Buku dan Majalah : Digicom, Dewi, Bazaar, Esquire, Api-magazine, Garuda inflight mag, Nikkei Gallery, Mapple, Travel days, Power spot, Bellydance Japan, Indonesian tatler, Kansai Yamamoto, family of broncolor, Indonesian recipe

Pameran Fotografi
• Tahun 2004, “Motions’ di Plasa Semanggi Jakarta
• Tahun 2006, “Motions” ,di Istana Kuta Galerai, Bali
• Tahun 2007, “Aksi Seni” Still Life Still Life Bali
• Tahun 2008, “Life in Motion” Veranda Galeri Bali
• Tahun 2009,  “7 Eternal Diamond”, laguna resort Bali
• Tahun 2009,  “Dancing with Time” museum Runa Bali
• Tahun 2010, “Life in every breath” sagamihara Tokyo
• Tahun 2011, “Spiritual Dancer”, Ginza, Tokyo
• Tahun 2013, “Dance Vibration”, Sanur
• Tahun 2013, “IKAT”, Sanur
• Tahun 2013, “Pitu”, ICAD (Indonesia Contemporary Art and Design), Jakarta
• Tahun 2013, “A Tribute To Maestro”, Bentara Budaya Bali
• Tahun 2015, “Tejakula dan Blangsinga#, Grya Santrian Sanur Bali

Diharapkan karya – karya yang ditampilakan ini dapat memberikan perspektif dan inspirasi yang baru dalam budaya seni tari.<swn>


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Daerah

TNI Membangun Pompa Hidram Atasi Kesulitan Air Bersih

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan sambut baik kunjungan kerja kasiops kasrem 163/Wira Satya tinjau dan cek pompa hidram di Desa Sekumpul

 

 

BULELENG – Kunjungan kerja Kasiops Kasrem 163/Wira Satya di Wilayah Kodim 1609 / Buleleng dalam rangka meninjau dan mengecek pompa hidram (Air Bersih) di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Komang Agus Marthana Putra disambut baik oleh Danramil 1609 – 09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana.

 

Pembangunan Pompa hidram selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiops Kasrem 163/Wira Satya Kolonel. Inf. Komang Agus  Marthana Putra, Pjs Pasi Ter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Made Suradnya Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana,Pjs Dan Unit Inteldim 1609/Buleleng Letda Inf. Chris Pelris Patah,Pegawai Dinas PU Kabupaten Buleleng Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Gejala PMK, Babinsa Koramil 04/ Tejakula Cek Kondisi Hewan Ternak

Published

on

Antisipasi gejala PMK, Babinsa Koramil 1609 -04/ Tejakula cek kondisi ternak warga

 

BULELENG – Senin (28/11/2022) Babinsa Desa Madenan Serda I Putu Suwidana Yasa Koramil 1609 -04/ Tejakula Kodim 1609/ Buleleng cek kondisi ternak hewan babi antisipasi wabah PMK di Desa Madenan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Babinsa temui warga yang memiliki hewan ternak Babi yang tinggal di Dusun Keduuran Desa Madenan dan cek kondisi babi tersebut bersama sama antisipasi gejala akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa sampaikan kepada pemilik hewan ternak Babi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan berkuku genap seperti Babi, kerbau, kambing, domba, sapi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah dan gajah.

Secara umum PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama seperti Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu serda putu sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Mga)

Continue Reading

Daerah

Berbela Sungkawa, Danramil 06/ Banjar Beserta Anggota Melayat Kerumah Duka

Published

on

Berbela sungkawa Danramil 06/Banjar beserta anggota melayat kerumah duka

 

BULELENG – Danramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Gede Oka beserta anggota melayat sekaligus mengucapkan belasungkawa ke rumah salah satu warga masyarakat Komang Maha Kunda.

Senin (28/11/2022) di rumah duka Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng almarhum meninggal karena sakit.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka menyampaikan ucapan turut berduka cita atau belasungkawa atas kepergian almarhum semoga mendapat tempat yang layak dialam sana serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

 

” Kami beserta anggota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, dumogi Amor Ring Achintya, ” ucap Danramil, seraya berdoa agar keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.

 

Sementara itu dari pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan anggota yang telah berkenan hadir ke rumah duka dan turut mendoakan almarhum.

 

Sesuai rencana almarhum akan dimakamkan Besok Hari Selasa 29/11/ 2022.

 

” Kami juga mohon pada saat upacara pemakanan dapat diberikan bantuan tenaga pengamanan untuk kelancaran prosesi almarhum “, pinta pihak keluarga kepada Danramil yang menyatakan kesiapannya untuk membantu kegiatan pemakaman. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku