Connect with us

Daerah

Danramil 09/Sawan Hadiri Rapat Konflik – konflik Pertanahan Se – Kabupaten Buleleng

Published

on

Danramil 1609 -09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana, mewakili Dandim 1609/Buleleng hadiri rapat konflik -konflik pertanahan se-kabupaten buleleng

 

 

BULELENG – Danramil 1609 -09/Sawan mewakili Dandim 1609/Bueleleng menghadiri rapat koordinasi tentang pembahasan permasalahan /konflik – konflik pertanahan se – Kabupaten Buleleng tahun 2022.

Rapat di gelar di Ruang rapat Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng Jalan Teleng Kelurahan Banyuasri Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, Selasa (29/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut,Dandim 1609/Buleleng diwakili Danramil 1609-09/Sawan Kapten Inf Made Suparsana Kapolres Buleleng diwakili Anggota Uni II Reskrim Res Buleleng Aiptu Gede Sedana, SH Kajari Buleleng diwakili Kasi Intel Kejari Buleleng Ida Bagus Alit Ambara Pidada, SH.MH Camat se-Kabupaten Buleleng Kasatpol PP Kabupaten Buleleng diwakili Kasi Pembinaan dan Pengawasan Satpol PP Kab Buleleng Drs. I Nyoman Damayanta Kaban Kesbangpol Kab Buleleng diwakili Staf Pungsional Sairul Huda.

Dalam rapat tersebut disampaikan oleh Kabid Pertanahan Perkimta Kabupaten Buleleng, Tim Fasilitasi Penyelesaian Sengketa dan Konflik-konflik Pertanahan Kabupaten Buleleng dengan maksud dan tujuan Agar terfasilitasi penyelesaian sengketa dan konflik-konflik pertanahan secara maksimal dan profosional yang secara seimbang atau Win-win solution sesuai dengan kewenangan pemerintah Kab/Kota di wilayah Kabupaten Buleleng.

“Sampai saat ini kasus yang telah di falisitasi sebagai berikut Sengketa tanah yang diatasnya ada bangunan Kantor Perbekel Bukti dengan Desa Adat Sanih.

“Sengketa terkait pemohonan hak atas tanah negara di desa giri emas, Potensi klaim warga terhadap aset Desa Dinas Adat Pemerintah Daerah seperti tanah SD di Desa Musi.

“Perpanjangan Eks. HGU No. 1 Desa Sepang oleh PD Swantantra, Sengketa konflik permohonan hak atas tanah antara Krama Adat dengan Desa Adat Sawan di Desa Sawan.

“Sengketa konflik krematerium YPUH di Kelurahan Kampung Baru, Permasalahan Sertifikat Hak Milik atas Nama Sekar Sari yang overlaping dengan Kawasan Hutan di Desa Selat.

“Sengketa lahan antara penggarap lahan dan Krama Adat Julah di Banjar Dinas Batu Gambir Desa Julah yang berunjung dengan perusakan dan pembakaran rumah milik penggarap.

” Permasalahan akses Jalan antara warga penghuni prumahan Geria Intaran Indah Desa Umeanyar dengan I Made Harinadha sebagai pemegang sertifikat seluas 336 M2.

“Sengketa lahan antara warga dengan perorangan terkait Tanah Negara di sepadan Pantai Desa Penyabangan,” uraiannya.

Penyampaian dari Kasi Intel Kejari Buleleng,Terkait dengan permasalahan konflik – konflik yang terjadi agar tetap diawasi dan berkordinasi dengan pihak terkait supaya cepat tertangani dan mendapat solusi,”ujarnya.

Di sisi lain Danramil 1609-09/Sawan menyampaikan,Menyangkut permasalahan sengketa yang sedang terjadi, agar bisa diselesaikan dengan baik biar sama-sama tidak ada yang merasa dirugikan untuk mencegah konflik yang lebih besar.

“Tentang permasalahan/sengketa yang di serahkan penyelesaiannya ke pihak Desa agar selalu diawasi penyelesainnya untuk mencegah konflik yang bisa timbul di masyarakat tersebut,”tegasnya.(Mga)

 


Daerah

Setelah Proses Panjang Akhirnya Lingkungan Sri Mandala Ditetapkan Secara Definitif

Published

on

Jembrana – Setelah menunggu hingga 22 Tahun ,akhirnya Lingkungan Sri Mandala ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Jembrana Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pembentukan Lingkungan Sri Mandala, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Surat Keputusan yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba kepada Lurah Dauhwaru yang disaksikan Camat Jembrana dan seluruh tokoh masyarakat di kelurahan Dauhwaru bertempat di Wantilan Pura Puseh Dauhwaru, Jumat (3/2).

Bupati Tamba mengatakan, ini momen yang bersejarah, karena lamanya proses yang telah dijalani dalam memperoleh kepekatan bersama tentang penetapan Lingkungan Sri Mandala.

“Saya hari ini bersama seluruh tokoh-tokoh yang ada di kelurahan Dauhwaru termasuk juga ibu Lurah, pak Camat dan pak Kadis PMD sudah hadir, ini merupakan hal yang luar biasa dan bersejarah bagi kita semua, karena hampir 22 tahun di kelurahan Dauhwaru ini ada sedikit kesalahpahaman yang belum mencapai titik temu terkait tapal batas antara lingkungan Menega dan lingkungan Persiapan Sri Mandala, dan kita sekarang bisa melihat senyum para tokoh-tokoh” ujarnya.

Sementara Lurah Dauhwaru, Ni Komang Sri Wahyuni menuturkan proses pembentukan lingkungan Sri Mandala dimulai sejak tahun 2001 oleh masyarakat lingkungan Menega.

Bupati Tamba dan Lurah Dauhwaru saat memamerkan surat Keputusan Sri Mandala sebagai lingkungan baru secara definitif

“Lingkungan Persiapan Sri Mandala adalah lingkungan pemekaran dari Lingkungan Menega, yang dipersiapkan sejak tahun 2001 yang diprakarsai oleh masyarakat lingkungan Menega. Tujuan pemekaran lingkungan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga seiring waktu berjalan dirasa perlu untuk menetapkan lingkungan Persiapan Sri Mandala menjadi lingkungan definitif yang semata-mata untuk memberikan kepastian dan keabsahan administrasi pemerintahan dan kewilayahan,” ucap Sri Wahyuni.

“22 tahun proses ini sudah berjalan, namun sudah mencapai titik temu. Akhirnya, tanggal 29 Nopember 2022 saya selaku Lurah Dauhwaru memfasilitasi para tokoh di lingkungan Menega dan lingkungan Persiapan Sri Mandala untuk mengadakan kesepakatan bersama berdasarkan musyawarah mufakat yang disaksikan langsung oleh bapak Bupati Jembrana beserta jajaran terkait di Pemerintahan Kabupaten. Kesepakatan tersebut kemudian saya tindaklanjuti dengan berita acara kesepakatan dan diproses menjadi sebuah keputusan Bupati Jembrana Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pembentukan Lingkungan Sri Mandala, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana,” jelasnya.

Sambungnya, pihaknya akan segera mengambil langkah agar proses pelayanan administrasi di lingkungan Sri Mandala segera berjalan dengan baik. “Setelah SK ini diserahkan, kami beserta seluruh jajaran aparat kelurahan Dauhwaru, para kepala lingkungan akan mensosialisasikan SK Bupati ini kepada masyarakat dan para tokoh yang kemudian akan kami proses dengan pemilihan dan pelantikan kepala lingkungan definitif Sri Mandala,” pungkasnya.

Continue Reading

Daerah

Diduga Polisi Melakukan Pembiaran Praktik Tambang Ilegal di Pulau Rote

Published

on

Jusuf Adoe. Kadis ESDM Propinsi Nusa Tenggara Timur. NTT.

NTT Rote Ndao — Praktek ilegal tambang pasir dan penambangan galian c marak terjadi di wilayah Kabupaten Rote Ndao akhir-akhir ini.

Praktik penambangan ilegal ini sudah berlangsung lama dan dilakukan secara terbuka oleh Oknum Oknum Tertentu .

Redaksi ini mencoba melakukan penelusuran terkait aksi kegiatan tambang pasir yang dilakukan apakah memiliki izin atau tidak. Ternyata tambang pasir ilegal dan penambangan galian c di kabupaten Rote Ndao belum memiliki ijin OP.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Mineral (ESDM) Provinsi NTT, Yusuf Adoe, dikonfirmasi Media ini , 27 Januari 2023
Mengatakan di Kabupaten Rote Ndao, semua perusahaan tambang pasir dan galian C tidak memiliki Ijin OP, walau ada masih sebatas ijin eksplorasi saja sehingga tidak boleh beraktifitas,jika ada yang melakukan kegiatan polisi harus menertibkan dan bertindak sesuai dengan pasal 160.

” Ditahun 2022 untuk Tambang pasir dan galian c di kabupaten Rote Ndao itu semua nya belum memiliki ijin OP, mereka memiliki ijin Explorasi maka mereka yang masih melakukan kegiatan tambang atau galian C maka harus di kenakan pidana sesuai pasal 160″ jelasnnya.

Kata Yusuf, saat ditanya media ini pihaknya memiliki kewenangan penerbitan ia menolak, menurutnya urusan /atau yang pantas urus kasus tambang ilegal dan galian c itu adalah pihak kepolisian yaitu Polres Rote Ndao, maka polisi harus segera melakukan tindakan hukum sesuai pasal 160 .

” Kalau tanya saya , saya bukan polisi saya hanya membantu mengurus Admitrasi saja untuk urus ijin IUP OP, tetapi jika sampai saat ini masih ada mereka yang melakukan tambang di kabupaten Rote Ndao belum ada ijin OP, yang ada itu hanya ijin Exsprorasi saja, maka polisi segera bertindak, kepada oknum oknum yang bermain tambang dan menjual, karena setau dirinya di kabupaten Rote Ndao belum ada yang mengurus ijin OP di kabupaten Rote Ndao,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ada yang klaim dimedia bahwa ada ijin resmi , itu tidak benar,

” jika mereka katakan ijin resmi, ijin resmi yang mana, maka patut media tanyakan ke polisi polres Rote Ndao.” Tegas yusuf adoe dengan nada keras. (DH)

Continue Reading

Daerah

Kedatangan Dandim Buleleng Disambut Hangat Oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti

Published

on

Danramil 1609 -02/Kubutambahan dampingi Dandim 1609- Buleleng silaturahmi ke PT.Bibu Panji Sakti

BULELENG – Bertempat di Kantor PT.Bibu Panji Sakti Jalan Raya Kubutambahan – Air Sanih tepatnya di Banjar Dinas Tukad Ampel Desa Kubutambahan Kabupaten Buleleng, telah berlangsung kegiatan pertemuan dan silaturahmi, Minggu (29/1/2023).


Pertemuan dan silaturahmi Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh S.Sos.M.I. Pol beserta Staff diterima langsung oleh Direktur PT.Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmiko.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Komisaris Utama PT Bibu Panji Sakti, Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Sutarman, Direktur PT Bibu Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmoko, beserta staf, Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh. Tamaji S.Sos. MI.Pol, Pjs Danramil 1609 – 02/Kubutambahan Letda inf Made Arsa, Kapolsek Kubutambahan AKP Ketut Suparta,S.H,M.H, Babinsa Kubutambahan Serka Gede Budiawan, Bhabinkamtibmas Desa Kubutambahan Aipda Nyoman Yudiardana.

Tujuan silaturahmi Dandim 1609 /Buleleng Letkol Arh Tamaji S.Sos.M.I.Pol yang didampingi Pjs Danramil 1609-02/ Kubutambahan Letda Inf I Made Arsa ke PT.Bibu Panji Sakti dalam rangka menjalin silaturahmi.

Dalam kesempatan itu Direktur PT.Bibu Panji Sakti menyampaiakan terimakasih kepada Dandim 1609/Buleleng beserta Kapolsek Kubutambahan yang telah berkunjung ke Kantor PT. Bibu Panji Sakti, berharap semoga dengan pertemuan ataupun acara silaturahmi ini akan selalu bisa membuat hubungan tali persaudaraan yang kuat,” ucap Direktur PT. Bibu Panji Sakti. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku