Connect with us

Global

Charlo vs Castano Dinyatakan Imbang, Netizen Sejagat NGAMUK

Published

on


CompuBox unggulkan Castano [photo credit dazn.com]

GatraDewata[Texas] Pertarungan tinju perebutan juara kelas menengah junior antara Jermell Charlo vs Brian Castano, yang digelar di AT&T Center, San Antonio, Texas, pada Sabtu malam waktu setempat, berakhir imbang. Ketiga hakim memberikan penilaian berbeda; satu hakim memberikan kaunggulan kepada Castano 114-113, hakim satunya lagi memihak Charlo dengan 117-111, dan hakim ketiga memberi nilai imbang 114-114.

Pada konferensi pers setelah pertarungan tersebut Castano mengeluarkan unek – uneknya dengan tegas. “Pada dasarnya aku memenangkan pertarungan ini. Ada beberapa ronde dimana dia (Charlo) memukulku dengan keras namun akulah yang menang,” tegasnya.

Charlo berkelit seolah dialah yang layak memenangkan pertarungan ini. “Aku menyakitinya lebih dari yang dia lakukan padaku. Kekuatanku merupakan sesuatu yang serius di divisi ini,” kata Charlo kepada Jim Gray di Showtime.

CompuBox mencatat keunggulan atas Castano dimana ia memukul 22 kali lebih banyak dari Charlo, yaitu 173-dari-586 lawan 151-dari-533. Castano juga dinilai lebih banyak mendaratkan pukulan keras dengan perbandingan 164-dari-400 lawan 98-dari-246, dan Charlo lebih banyak menerima pukulan jab dengan rincian 53-dari 287 lawan 9-dari-186.

photo credit; boxing247.com

Penggemar tinju di seluruh dunia sejalan dengan hasil CompuBox dan menghujat keputusan para hakim.

Di lain pihak, DAZN News mengunggulkan Castano dengan skor 87-84 pada ronde ke 9. Artinya, kalaupun Charlo menang di sisa 3 ronde berikutnya maka hasilnya adalah imbang. Jadi keputusan salah satu hakim yang memihak Charlo sangatlah meragukan.

Salah satu unggahan Netizen, Mike Coppinger, lewat Tweeter sangat pedas. Ia menganggap hasil di scorecard itu merupakan kriminal. “114-113 Castano, 117-111 for Charlo (wow!!), and 114-114. It’s a draw. That 117-111 scorecard is criminal.” tweetnya marah.

Dan Rafael dan Alex Kerrigan, juga lewat Tweeter, sepakat mengatakan jika keputusan hakim merupakan aib. Dan Rafael menambahkan pada Tweet lainnya jika dia bisa memahami skor 114-114, tapi tidak dengan 117-111.

Pemilik akun Tweeter bernama Lou DiBella mengejek sambil kesal atas keputusan hakim yang memenangkan Charlo. “Skor 117-111 untuk Charlo sudah diisi sebelum pertarungan dimulai. Mengerikan. Dua skor lainnya ada diantara alasan tertentu. Menyatakan imbang merupakan sebuah kebaikan buat Charlo, bahkan bisa lebih buruk lagi,” tweetnya.

Shawn Porter juga angkat bicara lewat Tweet pribadinya, dimana ia mengunggulkan 7 ronde buat Castano dan sisanya 5 ronde buat Charlo.  “7-5 buat Castano. Semoga para hakim bisa melakukan sesuatu dengan benar. Secara umum pertarungan tersebut cukup kompetitif,” tweetnya.

Pada akhir sesi konferensi pers Castano langsung mengajukan tarung ulang. Tapi belum ada tanggapan resmi dari pihak Charlo karena dia bilang ingin segera pulang bertemu keluarganya.[SWN]


Komang Swesen is a hotelier who has been in the field for more than two decades now. He loves writing that he already published 2 books about Butler and now active as an official journalist for Gatra Dewata Group.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Global

Ini Syarat Pacquiao Agar Menang Lawan Spence

Published

on

Errol Spence v Manjy Pacquiao (photo courtesy: essentiallysport)

GatraDewata[Denpasar] Pertarungan antara Pacquiao dengan Spence sangat dinantikan oleh penggemar tinju di seluruh dunia. Beragam reaksipun bermunculan liar; banyak yang menjagokan Spence karena ia jauh lebih muda. Tapi yang masih percaya dengan kecepatan Pacquiao juga tidak kalah banyak.

Di lain  pihak, Fight Exchanges dalam kanal YouTubenya mengunggulkan Pacquiao tapi dengan syarat yang sangat berat: KO.

Ya, Pacquiao harus memukul KO Spence untuk bisa menang. Jika tidak maka juri akan memihak pada Spence karena dia masih akan banyak bertarung kedepannya, dimana sangat bagus untuk bisnis ini. Apalagi banyak sponsor tinju datangnya dari Amerika. Bisnis ini akan memilih petinju yg memiliki potensi jangka panjang. Ditambah lagi, sebagaimana kita ketahui, bahwa ini merupakan pertarungan terakhir bagi Pacquiao. Artinya, kontribusi beliau di ajang adu bogem ini sudah habis, sehingga tidak ada faedahnya memenangkannya.

Dunia tinju dinilai sangat rentan dengan prilaku korup, dan belum ada tanda – tanda perbaikan sampai saat ini.

Jeff Horn v Manny Pacquiao (photo courtesy: rappler.com)

Lihat saja bagaimana Pacquiao dinyatakan kalah ketika melawan Jeff Horn dan Timothy Bradely, padahal sebetulnya ia unggul.

Untuk  mencapai misinya maka Pacquiao harus unggul sejak awal, sebagaimana yang pernah dia lakukan saat melawan Keith Thurman. Setelah ronde 6 biasanya Pacquiao sedikit melambat.

Di lain pihak, Spence merupakan kebalikannya. Petinju agresif ini biasanya agak slow di ronde awal dan kian ngotot pada paruh kedua pertarungan.

Jika Pacquiao mampu mengejutkan Spence di ronde awal maka ada harapan baginya untuk bertahan hingga ronde terakhir.

Melihat kenyataan (model kecurangan) itu maka keunggulan poin tidak akan cukup bagi Pacquiao untuk menang. Dia harus menang KO atas Spence, titik.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Anjay! Trekking Disini Takjubnya Beruntun

Published

on

Trekking di Bukit Asah Bali Camp

GatraDewata[Karangasem] Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, hanya dengan trekking (jalan lintas alam) sejauh 8 kilometer pada kecepatan normal, sudah cukup untuk mengurangi resiko serangan penyakit hingga 30%. Penyakit dimaksud misalnya stroke, gagal jantung dan serangan jantung. Faktor pencegahan lain bisa didapatkan dari konsumsi obat obatan dan pola makan yang tepat. Oleh karena itu, Bukit Asah Bali Camp (BABC) membuka peluang bagi Anda untuk turut serta di program trekking mereka. Belum lagi suasana hati yang senang, ceria dan takjub turut pula menyumbang imun di luar faktor 30% tadi. Ini tidak semata soal bisnis, tapi lebih pada kesehatan Anda. Bukankah health is wealth?

Keren ga melulu mahal. Investasi kesehatan ini tergolong cukup murah, hanya 250k/2 orang. Lagipula trekking tidak membutuhkan sarana yang ribet; pilih saja sepatu outdoor yang ukurannya pas (jangan terlalu ketat ataupun longgar) sehingga nyaman untuk menaklukkan medan; bisa gunakan outfit jogging untuk atasan (biasanya berbahan quick dry alias cepat kering).

Sebetulnya Trekking bisa dimana saja; baik di lapangan, jalan raya, maupun di pegunungan. Tapi khusus di BABC trekking anda dipastikan berbeda; ada banyak serpihan surga yang akan membuat anda takjub sehingga berat untuk beranjak pulang. Jika anda beruntung, Anda bisa bertemu langsung dengan pegawai surga. Yuk, mulai!

Takjub #1 – Abandoned Joglo

Pemandangan laut dari ketinggian 275 mdpl, Bukit Asah Bali Camp

Sekitar 10 menit perjalanan dari tempat kemah Anda akan tiba di sebuah Joglo yang sudah lama ditinggalkan.  Pemandu kami, pak Wayan Sudarma, mengatakan jika Joglo tersebut rencananya untuk dibangun resor kecil, tapi sang pemilik membiarkannya diambil alih oleh alam. Ada fasilitas bangku beton melingkar kokoh di pinggiran tebing dengan pemandangan yang menakjubkan; camper van yang sedang parkir di kejauhan terlihat jelas dari sini, disamping juga pemandangan laut dengan air jernihnya yang memukau. Saat ini anda ada di ketinggian sekitar 275 mdpl.

Takjub #2 – Old Camping Ground

Tempat camping lama yang sudah beralih fungsi, Bukit Asah Bali Camp

Lanjutkan langkah Anda dengan kecepatan normal, dalam hitungan 10 menit Anda akan tiba di surga berikutnya, hamparan padang rumput yang berundag. Konon, disinilah dulunya tempat kemah sebelum di tempat yang sekarang. Tapi mengingat lahan ini merupakan lahan pribadi, dan pemiliknya memilih untuk sepi sehingga tempat kemahpun berpindah. Sekarang tempat ini didayagunakan untuk piaraan sapi. Jika anda menoleh ke kanan Anda akan takjub dengan pemandangan laut dari ketinggian sekitar 290 mdpl. “Sampai sekarang masih banyak yang ingin berkemah disini, terutama mereka yang sudah pernah kesini,” ungkap Wayan Sudarma, sang pemandu surga.

Takjub #3 – Farmer Slope

Seorang kakek menyabit rumput di lereng terjal pada ketinggian sekitar 330 mdpl, Bukit Asah Bali Camp

Anda akan kembali takjub saat tiba di sini. Di tempat kami berdiri, di bibir lereng bukit, ada tanda peringatan berbunyi ‘Area tempat suci. Dilarang berpacaran. Pelanggar akan ditindak tegas.’ Beberapa meter dibawah tanda peringatan ini kami melihat seorang kakek sedang menyabit untuk pakan sapinya. Untuk itulah kami menyebut tempat ini sebagai farmer slope. Lereng bukit ini memiliki kemiringan yang sangat ekstrim. Pak Wayan wanti – wanti agar kami berpegangan selama menuruni bukit, hingga sejajar dengan posisi kakek itu. Tempat ini ada di ketinggian 330 mdpl, yang jika sedikit saja salah langkah maka Anda akan dijemput tim Basarnas. Anda tidak harus turun kesini kecuali menyukai tantangan; pemandangan dari atas sana sama bagusnya. Sekitar 100 meter dari sini terdapat pura yang gerbang depannya sangat megah. Setelah berfoto ria kamipun melanjutkan perjalanan.

Takjub #4 – Majestic Peak 360

Pengalaman menakjubkan dari segala arah – Majestic Peak 360, Bukit Asah Bali Camp

Puncak ini klimaks buat kami setelah berkali – kali dibuat takjub. Betapa tidak, di dataran puncak ini kami menyaksikan seorang petani sedang membajak ladangnya untuk kemudian ditanami kacang – kacangan; di sisi barat, jauh dibawah sana, kami menyaksikan hamparan perumahan masyarakat Desa Bugbug, termasuk tempat usaha tambak udangnya. Desa ini diapit oleh Bukit Asah dan Bukit Gumang; di sisi timurnya kembali disuguhkan hamparan laut nan biru. Saat kami tertegun dipinggiran lereng barat Bukit Asah ini pak Wayan pergi entah kemana. Tapi tidak lama berselang kamipun dikejutkan dengan suguhan kelapa muda. Karena begitu banyaknya faktor ketakjuban dari segala arah maka kami menamai puncak ini sebagai Puncak Maha Agung 360 (Majestic Peak). Angka 360 merupakan representasi segala arah, lingkaran penuh.

Takjub #5 – Villagers Compound

Trekking melewati pemukiman warga, Bukit Asah Bali Camp

Dari sini kami pulang menuju garis start, tempat kemah. Sepanjang jalan kami melewati pepohonan pisang super subur dan pohon Intaran tua dengan lekuk pohonnya yang seksi tapi kokoh. Pak Wayan bilang jika pohon Intaran ini sangat bagus untuk bahan bangunan dan harganya mahal. Selang beberapa meter kami melihat kandang sapi beserta ternaknya. Sapi – sapi tersebut hidup sehat walaupun tanpa Prokes ketat. Sepertinya Corona tidak menyukai lingkungan seperti ini. Sesekali kami melewati rumah warga dan mendapatkan senyuman renyah tanpa beban. Pengalaman ini sangat berbeda dengan kerasnya kehidupan metro; bising, polusi dan kadang kemacetan. Di Desa ini kehidupan kita seolah – olah mundur beberapa puluh tahun.

Ada dua pilihan rute yang bisa Anda pertimbangkan; jika mulai dari camping site maka butuh waktu sekitar 2 jam; hanya butuh waktu sejam jika dimulai dari Desa dekat gerbang masuk. Bukan tanpa harga, rute lebih pendek berarti ada beberapa spot yang terlewatkan. Namun, pada akhirnya kembali pada daya jelajah Anda.

Jika surga diibaratkan sebuah taman firdaus yang menakjubkan, maka status tempat ini layak disejajarkan. Oleh karena itu juga maka kakek di Farmer Slope dan yang sedang membajak merupakan pegawai surganya.[SWN]

Continue Reading

Daerah

Polres Buleleng Lakukan Himbauan Keliling Menjelang Dilakukan PPKM Darurat

Published

on

GatraDewata[Singaraja] Berdasarkan Intruksi Mendagri Nomor 15 tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 9/2021 tentang PPKM Darurat Corona Virus Disease 2019 tentang Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali, maka  diberitahuan kepada masyarakat Buleleng  bahwa PPKM Darurat diberlakukan mulai hari Sabtu (3/7/2021).

Sosialisasinya dilakukan oleh Polres Buleleng pada siang tempo hati (2/7/2021) dengan menerjunkan unit lalu lintas dan unit Bimmas. Namun pada sore hari pihaknya melibatkan unsur satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Buleleng dengan jumlah keseluruhan personel sebanyak 25 orang, yang dipimpin langsung Kasat Bimmas Polres Buleleng KOMPOL I Nengah Mulyadi, S.H.

Sasaran pemberitahuan berlakunya PPKM Darurat Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru disampaikan kepada masyarkat Buleleng ditempat-tempat keramaian mulai dari Pasar Senggol – Jl. Sawo Singaraja; Pertokoan di sepanjang Jalan Diponegoro Singaraja; lokasi tempat Wisata Eks Pelabuhan Buleleng; Pertokoan sepanjang Jalan Surapati Singaraja dan di Taman Kota Singaraja.

Disisi lain Kabag Ops Polres Buleleng KOMPOL A.A. Wiranata Kusuma, S.H.,M.M., atas seijin Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K.,MH., menyampaikan, tujuan dilakukan sosialisasi ini untuk diketahui masyarakat luas bahwa mulai hari Sabtu tanggal 03/07/2021 dihimbau kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas dirumah saja, dan tidak mendatangi tempat-tempat wisata maupun tempat kerumunan lainnya. Disamping itu juga bertujuan untuk memutus mata rantai mewabahnya covid 19.(Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam