Connect with us

News

Banyumulek Lombok, Desa Penghasil Kerajinan Gerabah

Published

on


Inak Rim saat membuat kerajinan gerabah

Inak Rim saat membuat kerajinan gerabah


GATRADEWATA-Gerabah merupakan barang kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan di Lombok merupakan central penghasil kerajinan tersebut. Salah satunya terdapat di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Lombok Barat. Disini hampir sebagian besar para penduduknya mengGantungkan hidupnya dalam kerajinan gerabah.

Para penduduk di Desa tersebut, khususnya para ibu-ibu mengerjakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang disebut gerabah. Dimana di Desa Banyumulek tersebut para laki-laki jarang bisa kita jumpai atau ditemui, sebab para suami mereka kebanyakan bekerja di luar Negeri untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia(TKI) di Malasya.

Proses pembuatan gerabah membutuhkan waktu yang cukup lama. Tanah liat untuk membuat barang kerajinan tersebut pertama-tama dijemur, kemudian ditumbuk dan setelah halus dijemur kembali.

Tanah yang sudah kering kemudian direndam dan disaring untuk mendapatkan sari patinya. Setelah mendapat sari pati tanah tersebut, dilanjutkan pencampuran dengan menginjak-injak sari pati yang sedikit demi sedikit dengan dicampur pasir. Dan sesudah mendapat tekstur adonan tanah sesuai dengan kekentalan yang diinginkan, baru proses pembentukan barang kerajinan di bikin.

Sedikit demi sedikit kerajinan gerabah dibentuk dengan mengunakan alat yang masih tradisional, berupa bundaran yang diberi laker bekas, untuk memudahkan proses pembentukan. Setelah selesai dibentuk, gerabah kemudian dikeringkan, kemudian digosok atau dihaluskan dengan menggunakan alat sederhana seperti botol lotion bekas, kemudian dikeringkan lagi dan prose ini membutuhkan waktu hingga 3 hari, tergantung cuaca.

Setelah kekeringan dirasa sudah cukup, gerabah kering kemudian dibakar dengan membuat perapian. Pertama kayu bakar di tumpuk sebagai dasar, baru kemudian gerabah disusun dan diatasnya ditutupi jerami untuk proses pematangan secara merata.

Gerabah yang berwarna merah menandakan bahwa proses pembakaran sudah selesai, gerabah yang sudah matang tersebut kemudian diangkat dan digosok dengan serbuk gergaji untuk menghasilkan warna merah pada gerabah.

Hasil dari kerajinan gerabah biasanya dipasarkan ke Bali atau diexpor langsung ke luar negeri. Menurut Inak Rim salah satu pengerajin di Desa Banyumulek menceritakan bahwa pesanan kerajinan tanah liat tersebut saat ini sedang sepi pemesan.

“Dulu sebelum bom Bali banyak ada pesanan. Tapi saat ini sedikit sekali pesanannya.” ujar Inak Rim.

ALT


News

Babinsa Koramil Tejakula Himbau Warga Waspada DBD

Published

on

Babinsa Bondalem Koramil 1609 -04/ Tejakula komsos dengan pemerintahan desa membahas waspada DBD

BuLELENG – Komunikasi sosial merupakan usaha Babinsa untuk menjalin hubungan dengan warga binaannya, agar menjadi lebih dekat dan akrab dengan warga binaannya. Serta tercapainya tugas pokok Babinsa di wilayah binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan Sertu Imanuel Obeng, Babinsa Desa Bondalem Koramil 1609 -04/Tejakula Kodim 1609/Buleleng melaksanakan komsos dengan pemerintahan desa, Senin (6/2/2023).

Dalam komsosnya Babinsa mengimbau kepada warga agar aktif menjaga kebersihan lingkungan, selain itu juga lingkungan yang tidak bersih atau kumuh menyebabkan sarang penyakit bagi warga.

“Untuk itu dengan menjajaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dapat menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat. Dan Babinsa juga mengimbau agar warga waspadai nyamuk demam berdarah dengue (DBD),” ucap Babinsa. (Mga)

Continue Reading

News

Babinsa Koramil Banjar Monitoring Kegiatan Bakti Sosial Dan Safari Kesehatan

Published

on

Babinsa Koramil 1609 - 06/ Banjar melaksanakan monitoring bakti sosial dan safari kesehatan

BULELENG – Babinsa Sertu Kadek Okabawa Koramil 06/Banjar kodim 1609/Buleleng bersama Bhabinkantibmas dan Linmas melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan Bakti Sosial dan Safari Kesehatan dr. Nyoman Sutjidra Sp.Og di Aula kantor Desa Gesing kec Banjar kab Buleleng, Minggu (05/02/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dr. Nyoman Sutjidra Sp.Og, Perbekel dan Perangkat Desa Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM beserta anggota,KBD seDesa Gesing, Masyarakat yang berobat gratis.

Babinsa Sertu Kadek OkaBawa mengatakan,Safari kesehatan yang di laksanakan pengobatan gratis berupa, USG bagi ibu hamil, pemeriksaan kesehatan bagi warga lansia. Dan bakti sosial berupa pembagian sembako untuk lansia. (Mga)

Continue Reading

News

Babinsa Koramil Banjar, Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Published

on

Babinsa Koramil 1609 - 06/Banjar laksanakan bedah rumah tidak layak huni bagi warga tidak mampu

BULELENG – Anggota Koramil 06/Banjar Kodim 1609/Buleleng di pimpin oleh Danramil 06/Banjar Kapten Inf Gede Oka bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembongkaran rumah, pembuatan pondasi, pemasangan selup dam tiang.

Bantuan diberikan kepda Putu Artawan, 37 tahun, program bedah rumah RTLH dengan tema,” Praja Raksaka Peduli Rakyat,” Bantuan Pangdam IX Udayana di Banjar Dinas Ambengan Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Sabtu (04/02/2023).

Kegiatan bedah rumah tersebut merupakan program untuk membantu warga kurang mampu yang kondisi rumahnya masih memprihatinkan. Program ini tentu sinergi dengan program TNI dalam mewujudkan keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakatnya.

“ Program bantuan ini tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, pasalnya masih ada beberapa masyarakat yang belum memiliki Rumah Layak Huni yang sesuai dengan standar kesehatan,” ujar Kapten Inf Gede Oka

Sebagai Babinsa, kita harus membantu pelaksanaan perbaikan rumah warga, karena ini merupakan wujud Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam pelaksanaan tugas kewilayahan,” tambah Sertu Putu Edi Suartawan

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, mengucapapkan rterimakasih atas kehadiran Babinsa di Desa Kami.

“Tidak kami pungkiri, kehadiran Babinsa sangat membantu pihak kami terutama warga dalam setiap kegiatan di Desa. Mereka kerap kali memberikan solusi bagi setiap permasalahan di Desa kami.
” Atas nama warga, kami mengucapkan banyak terimakasih atas kontribusinya selama ini,”ucapnya. (Mga)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku