Connect with us

Politik

Arimbawa: Prestasi Gubernur Bali Predikat Cum Laude

Published

on

Made Arimbawa, S.H., M.M., Pengamat Politik

Oleh: Made Arimbawa, S.H., M.M.

GATRA DEWATA ● BALI ● Keberhasilan seorang pemimpin daerah dapat diukur dari seberapa tinggi prestasinya. Bila kita mau fair melihat prestasi kerja pasangan Koster Bali Satu (KBS), bisa dibilang memuaskan.

Tingkat keberhasilan program kerja KBS-ACE sesuai dengan visi-misinya,

Nangun Sat Kerthi Loka Bali

1. Kecepatan terwujudnya program sesuai janji-janji politiknya .

• Prestasi tahun pertama
Jalan Shortcut sudah dapat dituntaskan dalam tahun pertama menjabat sebagai gubernur Bali, dengan dukungan masyarakat dan DPRD Bali, tanpa ada hambatan sedikitpun .

• Prestasi tahun kedua
Bisa dilihat bersama bahwa telah berdiri dengan kokoh dan agung kantor Majelis Desa Adat (MDA), baik itu di kabupaten dan Kota seluruh Bali.
• Program yang mendasar dalam penguatan desa Adat Bali dengan membentuk satu dinas tersendiri yakni, Dinas Pemajuan Desa Adat.
• Rangkaian perhatian terhadap desa Adat dengan peningkatan bantuan dana, penggunaan busana adat Bali dan aksara Bali juga merupaka bagian dari program KBS-ACE.

Menurut penuturan Made Arimbawa, S.H., M.M., KBS merupakan sosok yang jenius. Ia menerangkan karena dalam mewujudkan program-programnya tanpa ada kesulitan yang berarti. Ia juga bercerita bahwa KBS juga adalah sosok yang sangat mudah dan gampang membangun jaringan komunikasi dengan pusat.

“KBS memiliki akses kesemua penentu keputusan di pusat. KBS punya jam terbang tinggi yakni pernah 3 periode menjabat sebagai anggota DPR RI dengan perolehan suara sangat tinggi, “sebutnya, Kamis (10/03/2022).

Ditambahkannya juga bahwa, untuk memperoleh sumber pendanaan bagi seorang Koster bukanlah hal yang sulit. Dengan Jaringannya yang sangat luas dan disegani keberadaannya di tingkat pusat termasuk dimata Jokowi.

• Prestasi tahun ke tiga
Memasuki tahun ketiga menjabat sebagai Gubernur Bali, satu persatu mulai dikerjakan dengan melakukan ground breaking beberapa program pembangunan antara lain,
– penataan pura Besakih
– pembangunan BCC Kusamba
– Marine Pelabuhan Benoa
– Demaga penyebrangan kusamba -Nusa penida PP.
Sanur – Nusapenida PP.

Sedangkan program yang sudah selesai dibangun dan sudah diresmikan ditahun ke tiga antara lain, pasar Sukawati, pasar gianyar, penataan lapangan Bangli dan banyak lagi yang lainnya.

• Prestasi tahun ke empat.
Sepeda listrik, penandatangan sebagai tanda telah dimulainya pengerjaan jalan tol Gilimanuk-mengwi Badung.

“Bila diukur antara kecepatan waktu, kererbatasan anggaran dan juga tantangan karena adanya pandemi Covid-19, astungkare dengan kerja keras KBS tanpa lelah, tantangan apapun yang ada selama ini dapat dihadapi dengan santai dan kearifan diri.
2. Tantangan
Dilihat dari tantangan adalah harus mampu nanti menghadapi trik lawan politik dan perilaku pengadu domba antar kader banteng, yang dengan segala cara dapat menciptakan manuver politik baik dengan trik mengiming-imingi kader banteng untuk dicalonkan bila nanti salah satu kader banteng potensial yang tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan.

“Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa PDI Perjuangan berada dibawah kepemimpinan Megawati Soekarno putri tidak mudah untuk dipengaruhi atau dimain-mainkan dengan isu ini dan itu, “sebut Arimbawa selaku pengamat Politik.

“Pada akhir pertarungan 2024 nanti perhitungan perolehan jumlah suara pemilihan Gubernur Bali akan dinyatakan KBS sebagai pemenangnya, Salam 2 periode, “pungkasnya semangat. (Ray)


Kebanggaan sebagai wartawan adalah selalu silahturahmi kepada semua pihak, tetap belajar dan selalu konfirmasi dalam pemberitaan yang adil dan berimbang.

Politik

I Ketut Patra Anggota DPRD Kabupaten Buleleng Sambut Imlek Dengan Berbagi Di Kubutambahan

Published

on

I Ketut Patra : Dengarkan aspirasi, beri bantuan penyandang disabilitas, 80 paket beras, berupa uang kepada pesantian dan sanggar tari di Desa Kubutambahan

BULELENG – Anggota DPRD Kabupaten Buleleng dari Fraksi Golkar, I Ketut Patra menggelar Reses di Desa Kubutambahan dalam reses ini selain menyerap aspirasi pria asal Desa Tambakan ini juga memberikan bantuan, Minggu (22/1/2023).

Sebagai upaya membantu warga kurang mampu di dapilnya dan membantu penyandang disabilitas.

Sebelum memberikan arahan yang di dampingi oleh Kadus Tegal dan Kadus Pasek, I Ketut Patra memberikan bantuan berupa uang kepada penyandang disabilitas, Pesantian, Sanggar Tari juga memberikan bantuan beras 80 paket di Banjar Dinas Tukad Ampel Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng.

Pada kesempatan itu Ketut Patra menyampaikan, selain menyerap aspirasi dari masyarakat, hasil kunjungan kerja saya akan benar – benar bermanfaat bagi masyarakat dan juga peduli terhadap penyandang disabilitas, bantuan uang diberikan kepada pesantian dan sanggar tari berharap agar terus berkreatifitas Pemuda – Pemudi tetap melestarikan seni dan budaya,” pungkasnya.

Kehadiran wakil rakyat ini disambut penuh semangat oleh masyarakat Kubutambahan bersama – sama Tokoh masyarakat Kubutambahan, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda – Pemudi juga beberapa elemen masyarakat Kecamatan Kubutambahan. (Mga)

Continue Reading

Politik

IGK Kresna Budi Di Usung Golkar Siap Maju Bupati Buleleng 2024

Published

on

IGK Kresna Budi di usung Golkar siap maju Bupati Bulelenh 2024

BULELENG – Perhelatan pesta demokrasi dalam pilkada Buleleng 2024 mulai bermunculan bibit-bibit yang berkompenten dalam memimpin Buleleng 5 tahun kedepan.

Partai Golkar menjagokan Ketua DPD II Golkar Buleleng sekaligus Ketua Komisi II DPRD Bali untuk menjadi Calon Bupati Buleleng 5 tahun kedepan nanti, adalah IGK Kresna Budi Pria asal Kelurahan Liligundi dengan dedikasi bagus dan sangat low profile.

Diketahui Partai Golkar tidaklah main- main dalam mengusung calonnya untuk mengabdi kepada rakyat, Kresna Budi dinilai sangat pantas bakal pemimpin Buleleng kedepan.
Berbeda dengan karder partai sebelah yang belum menentukan calon Bupati menjelang pesta demokrasi.

Desakan arus bawah untuk maju memimpin Buleleng ditanggapinya dengan baik dan serius, mudah-mudahan restu masyarakat untuk kami maju dalam pemilukada 2024, ini adalah tanggung jawab kami tentu harus kami emban, mudah-mudahan bisa berjuang untuk membangun Buleleng,”ujar kresna budi.

“Buleleng butuh pemimpin yang betul-betul membangun serta mensejahterakan dan memperhatikan masyarakat,”ujar Kresna Budi Senin (2/1/2023) usai memberikan pendidikan politik kepada Kader Golkar.

Partai lain pun diharapkan mengeluarkan calon yang sudah diuji kemampuannya dan tidak asal-asalan yang nantinya dapat menyengsarakan rakyatnya sendiri, dengan kesiapan Partai Golkar Buleleng mengusung IGK Kresna Budi.

Apakah kandang banteng harus adem ayem, dengan dinamika politik yang ada? Jika Golkar sudah siap dengan segala dapurnya dan konstituennya, apakah PDI Perjuangan Buleleng mampu mengeluarkan calon unggulannya.

Golkar menunggu di garis finish sebab regenerasi politik penting ketimbang hanya sibuk memupuk dinasti di Den Bukit. Rakyat akan sengsara jika salah memilih pemimpin untuk Buleleng, tentu Kresna Budi calon tak tertandingi.(Mga)

Continue Reading

Politik

Koster “ Beri Signal Keras “ Maju kembali di 2024

Published

on

By

DENPASAR – Berikan Signal Keras Ketua DPD PDI Perjuangan ( PDIP ) Bali yang juga Gubernur Bali Wayan Koster Siap akan bertarung kembali di Pilgub Bali 2024, akhirnya terungkap.

Koster Menyatakan akan bertarung lagi di pilgub Bali 2024. Paket Calon Wakil Gubernur nya tidak ada perubahan, yakni tetap berpasangan dengan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace.

Hal tersebut diungkapkan Koster di Lobi Gedung DPRD Bali, Niti Mandala Denpasar, Senin ( 17 Oktober 2022 ).

“Masak Mundur ? Ya Majulah, Nggak ada gigi mundur,” ujar Koster Kepada awak media usai menghadiri sidang Paripurna dewan. Koster pun otomatis akan akan berlaga di Pilkada 2024 dengan status incumbent.

Soal paket atau tandem atau calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan mendampingin nanti, politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini menegaskan masih akan memakai Cok Ace, tokoh Puri Ubud,Gianyar

“Masih tetap ( Koster – Ace ) jelas mantan anggota Komisi X DPR RI tiga periode .

Koster Pada Pilgub Bali 2018 mempunyai julukan “ Koster- Ace “ diusung PDIP berhadapan dengan paket Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra – I Ketut Sudikerta yang diusung koalisi Partai Golkar – Demokrat dan Gerindra . Perihal rekomendasi pasangan Koster – Ace di Pilgub Bali 2024 , menurut Koster tetap menunggu DPP PDIP.

Kalau soal (rekomendasi) tetap menunggu keputusan Ketua Umum, Ibu Megawati , “ ujar suami Ni Putu Suastini ini.

Signal Keras Koster akan bertarung Untuk kedua periodenya ini sudah terlihat dengan banyaknya dukungan dari berbagai komponen masyrakat di Bali.

Bahkan deklarasi “ Koster Dua Periode ( KBS 2 Periode ) ‘ terus digulirkan element masyarakat di seluruh Kabupaten / Kota di Bali.

Bahkan para anggota Fraksi PDIP DPRD Bali saat turun Ke Masyarakat dalam berbagai kegiatan juga menggemakan “ Koster Dua Periode “ (KBS 2 Periode).

Selain itu beberapa politisi di luar PDIP sudah terang – terangan menyatakan mendukung “ Koster Dua Periode “ sehingga kini Koster – Ace, tinggal menunggu lawan saja. (Tim)

Continue Reading

Trending

Copyright © 22 Juni 2013 Gatradewata. Pesonamu Inspirasiku