Connect with us

Kesehatan

Adi Wiryatama Sayangkan Bentrokan Dua Ormas

Published

on


I Nyoman Adi Wiryatama Ketua DPRD Provinsi Bali dalam penandatangan kesepakatan damai ormas di ruang Rupatama Mapolda Bali

I Nyoman Adi Wiryatama Ketua DPRD Provinsi Bali dalam penandatangan kesepakatan damai ormas di ruang Rupatama Mapolda Bali


I Nyoman Adi Wiryatama Ketua DPRD Provinsi Bali dalam penandatangan kesepakatan damai ormas di ruang Rupatama Mapolda Bali sayangkan bentrokan yang terjadi di Lapas Kerobokan dan jalan Teuku Umar yang melibatkan dua ormas besar di Bali. Jumat(18/12).

“Saya sangat sedih dan prihatin dengan kejadian tadi malam. Tujuan dari pendirian ormas di Bali semua baik. Bagaimana kita menjaga keamanan Bali ini.”

Pihaknya menyayangkan tujuan tersebut terbalik, bukan ISIS yang ditakutkan datang ke Bali malahan antara sesama yang berkelahi.

“Kejadian ini saya berharap, tidak berlanjut, berhenti sampai hari ini. Yang kemarin biarkan kemarin, besok tidak ada lagi.”

Ketua DPRD dari fraksi PDI-P ini, menyarankan kepada kedua ormas yang bertikai agar membangun tali silaturahmi. Dimana salah paham bisa terjadi karena tidak saling bertemu.

“Yang terakhir, masalah LP yang mengkhawatirkan kita. Ini kok bisa di LP itu ada senjata. sedangkan kalau kita masuk jenguk kita diperiksa, kasi kartu penduduk dan lain sebagainya. Kok ini ada senjata? kayak persiapan perang.”Kata Wiryatama.

Ada lima point dalam surat kesepakatan perdamaian tersebut. Yakni; kedua belah pihak sepakat menyerahkan penyelesaian secara hukum. Melakukan konsulidasi internal untuk memberikan himbauan di organisasi masing-masing untuk tidak terpengaruh dan terpropokasi isu yang dapat mengakibatkan meluasnya masalah yang terjadi. Menciptakan situasi damai untuk menjaga stabilitas keamanan di Bali. Menyerahkan senjata tajam maupun senjata api. Dan setelah kesepakatan ini dibuat, apabila ada yang melanggar maka siap bertanggung jawab di mata hukum.(alt)(alt)


Continue Reading
Advertisement

Daerah

Hebat! Nasi Paru YUMMY Raih Predikat Super Partner dari Gojek

Published

on

GatraDewata [ Denpasar ] Setelah berkiprah di dunia kuliner sepanjang pandemi, Nasi Paru Yummy diganjar dengan predikat Super Partner oleh Gojek. Akumulasi kepuasan pelanggan ini dinyatakan dalam angka 4.7 dari nilai tertinggi pada angka 5.

Lantas, apa yang menjadi pertimbangan Gojek atas penilaian tersebut? Berikut beberapa faktor penting yang layak anda ketahui:

1. Fair Portion. Faktor ini merangkum kepuasan pelanggan dari segi besaran porsi, baik itu nasi maupun lauknya. Kedua hal ini musti akur layaknya pengantin baru; tidak boleh nasinya kebanyakan namun lauknya cuma seuprit, ataupun sebaliknya. Keduanya harus berimbang sehingga sensasi kunyahan awal hingga akhir tetap konsisten.

2. Great Taste. Setelah klar di urusan porsi, kini soal ‘rasa’ tidak kalah pentingnya. Jika porsi memuaskan mata saat pertama kali bungkusan dibuka, maka sang rasa akan mengambil alih peran setelahnya. Sampai di titik ini si penikmat akan melanjutkan investigasinya untuk penilaian akhir yang tepat.

3. Freshly Made. Bagaimana dengan proses pembuatannya? Siapa yang tidak mau makanan yang akan mereka kunyah disajikan secara segar? Artinya, seluruh komponen dalam satu porsi yang akan dinikmati pelanggan dibuat di hari yang sama, bukan hasil manasin stok kemarin – no way! Pelanggan kuliner sangat faham mana makanan segar mana yang tidak.

Nasi Paru Yummy selaku penyedia sangat konsisten dalam mempertahankan ketiga faktor diatas. Quality Control yang super ketat diadopsi dari kebiasaan mereka selama berkarir di dunia hospitality. Inilah yang menyebabkan kuliner rumahan dibawah bendera Yummy ini, boleh dikata setingkat bintang lima.

No wonder-lah jika penjualan di Gojek tetap stabil hingga kini. Pun begitu, pihak Yummy tidak ambil pusing dengan ketersediaan; jika habis ya habis. Mereka akan memulai lagi besoknya. Ini seolah olah sebuah ultimatum bagi pelanggan untuk tidak menunda ketika lapar, atau akan berakhir pada semangkok mi instan.

Nah, mengingat makanan lebih enak jika dimakan, bukan diulas, maka segeralah kepung markasnya di Jl. Kusuma Bangsa III No 12 C. Atau bisa juga langsung pesan via Gojek jika itu lebih nyaman.<swn>

Continue Reading

Daerah

5 Tips Aman di Tempat Kebugaran Selama Pandemi

Published

on

GatraDewata ⌊Denpasar⌋ Bagi mereka yang suka tampil bugar kerap dihadapkan pada dilema selama pandemi Corona. Di satu sisi tidak boleh berkerumun, disisi lain musti menjaga ketahanan tubuh yang salah satunya dengan tetap berolahraga. Jika anda tinggal di daerah pinggiran perkotaan tinggal pakai sepatu kemudian jogging di luar. Nah, mereka yang tinggal di perkotaan tidak memiliki keuntungan itu. Satu – satunya pilihan yaitu pusat kebugaran yang kerap disebut Gym.

Lalu, bagaimana anda bisa tampil bugar tapi juga aman? Berikut tips yang saya rangkum sebagai referensi anda:

1. Berlatihlah di Gym yang sepi.

Memilih gym yang sepi dimaksudkan untuk memperkecil resiko penularan; baik ditular maupun menularkan. Gym yang sepi juga memungkinkan bagi anggotanya untuk menjaga jarak. Ada beberapa faktor untuk menemukan gym yang sepi, misalnya: a) berlatihlah pada jam – jam yang tidak biasa. Rata – rata orang mulai berlatih antara jam 9 am sampai siang, kemudian lanjut lagi sorenya antara jam 5 pm sampai jam 8 malam. Tapi untuk lebih akuratnya bisa anda bicarakan dengan bagian admin masing – masing gym. b) faktor yang ini agak ruwet, tapi jika keselamatan merupakan prioritas pastinya bakal dilakoni juga. Cari gym yang mahal! Gym yang mahal biasanya kurang laku, maksudnya jarang orang yang datang kesini karena faktor U alias uang. Sebagaimana diungkapkan oleh David, pemilik Smart Fit, dimana beliau sengaja tidak menyesuaikan harga selama pandemi guna menyaring anggota. Alhasil jumlah anggotanya turun hingga 70%. Artinya, tidak akan terjadi kerumunan yang tidak terkendali.

2. Cari Gym yang sistem ventilasinya mumpuni. 

Bukan tanpa alasan untuk mengutamakan gym yang memiliki sistem ventilasi bagus. Penularan Covid-19 sebagian besar dari pernapasan. Oleh sebab itulah kita diharuskan untuk selalu mengenakan masker. Ironisnya, penggunaan masker agak sulit saat berolahraga; nafas jadi berat. Lagipula ruangan yang tertutup dan suhunya dikontrol dengan sistem pendingin (AC) justru tidak direkomendasikan oleh ahli. Disinilah peran ventilasi tersebut ditempatkan. Ventilasi yang mumpuni harus memiliki jalur pergantian udara memadai. Penggunaan exhaust pada beberapa titik tidaklah cukup jika aliran udara masuk hanya datang dari satu arah. Akan ada bagian – bagian tertentu yang udaranya mendem atau pertukarannya lambat. Jadi yang tepat yaitu harus ada banyak jendela/ventilasi di semua sisi ruangan. Jika ditambahkan dengan beberapa exhaust maka akan menjadi sempurna.

3. Perhatikan ketersediaan fasilitas keselamatan sesuai Protokol Kesehatan.

Pengadaan fasilitas ini sudah jamak dilakukan oleh penyedia jasa. Kita bisa lihat di depan setiap toko terdapat tempat cuci tangan, kemudian ada juga sanitizer di dekat meja kasir. Produk tersebut juga penting di pusat kebugaran. Malah, boleh dibilang suatu keharusan. Bayangkan saja satu alat bisa digunakan oleh beberapa orang secara bergantian dalam tempo yang berdekatan. Penggunaan sanitizer di gym lebih intens daripada tempat umum lainnya. Gunakanlah selalu sanitizer, beberapa kali, saat berlatih. Disamping sanitizer ketersediaan handuk juga tidak kalah penting sehingga keringat tidak tertinggal yang kemudian tersapu oleh orang berikutnya.

4. Bijaksanalah dengan program latihan.

Kadang kita sudah membuat program latihan dan merencanakan untuk menggunakan alat – alat tertentu nantinya. Namun, ketika sedang berlatih ada orang lain yang juga menggunakan alat yang sama. Jika ini terjadi maka pikirkan untuk beralih ke alat lain yang memberikan efek serupa pada otot anda. Dumbell anda diesrobot orang, pakailah cable machine. Ketika treadmill tidak memungkinkan anda masih bisa gunakan sepeda statis atau bentuk otot paha dengan leg press. Apalagi yang nyerobot badannya lebih besar, anda tidak mau bonyok sepulang latihan, bukan? Langkah ini bukan untuk membuat anda terlihat seperti pengecut. Tapi malah terlihat cerdas dan bijak yang efeknya anda bisa terus berlatih kedepannya.

5. Wuhan Shake.

Jika selama ini modus latihan anda karena peluang untuk cipika – cipiki (cium pipi kanan – cium pipi kiri) dengan instruktur aerobik di lantai atas, lupakan itu untuk smentara. Jabat tangan saja tidak direkomendasikan, apalagi cipika – cipiki. Kini metode ramah tamah setara jabat tangan sudah tergantikan dengan Wuhan Shake, yaitu bisa dengan mempertemukan siku atau ujung kaki. Pilihlah sesuai kenyamanan anda.

Intinya adalah kita harus selalu awas terhadap kemungkinan terpapar virus Corona. Jika orang lain tidak mengerti maka mulailah dari diri sendiri. Kurangi ego dan tambahlah beban, maka tuhan, dengan segala kemurahannya, akan membuat otot anda semakin berkembang.<swn>

Continue Reading

Daerah

Jangan Sampai Jadi Pemangku Tanggung, Ikuti Kursus Kepemangkuan Disini!

Published

on

GatraDewata ⌊Denpasar⌋ Pasraman Ghanta Yoga membuka kursus Kepemangkuan dibawah naungan Yayasan Taman Bukit Pengajaran. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak awal minggu ini dan akan ditutup pada tanggal 28 November 2020.

Pelatihan kepemangkuan ini akan digelar pada tanggal 29 November 2020, dimulai dengan proses mewinten. Pelatihan kepemangkuan ini berlangsung selama 3 bulan dengan total 24 kali pertemuan. Seluruh pelatihan akan dilakukan di Pasraman Ghanta Yoga yang beralamat di Gang Ulun Carik V Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur.

Adapun materi yang akan diberikan dalam kursus kepemangkuan dasar ini, meliputi :

  • Sesana/swadarmaning pemangku; sesi ini akan terfokus untuk melatih peserta tata cara pemangku nganteb
  • Wariga; pengenalan pencarian hari baik
  • Tatwa
  • Upacara/Upakara; pemaparan upacara mulai dari manusa, dewa hingga butha yadnya
  • Dasar Kosala Kosali
  • Gegelaran pemangku; materi lanjutan dari swadarmaning pemangku


Kursus pelatihan kepemangkuan ini dibuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang sedang aktif maupun pemula dibidnag kepemangkuan. “Siapa saja boleh ikut; baik pemangku aktif maupun calon atau orang-orang yang ingin jadi pemangku” terang Ketua Pesraman Ghanta Yoga.

Donasi untuk kursus kepemangkuan ditetapkan sebesar 800 ribu/orang untuk seluruh sesi, yang berdurasi antara 1.5 hingga 2 jam per sesinya. Sebagai bonus, peserta akan diberikan pelatihan tambahan yaitu Yoga Asuci Laksana guna meningkatkan kesucian diri dan kerahayuan.  Peserta juga akan diberikan panduan materi untuk kemudian dibawa pulang, serta sertifikat bagi yang berhasil menuntaskan seluruh sesi.

Untuk keterangan lebih lanjut pembaca GatraDewata bisa menghubungi bagian administrasi di nomor 08993182858.<swn>

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam