Connect with us

English Coorner

Penggunaan Possessive Adjective Itu Gampang

Published

on


GatraDewata.Com – Pada edisi yang lalu kita membahas Possessive Adjective atau PA (kata ganti sifat sebagai milik). Kini kita akan mengorek lebih jauh tentang saudara kembarnya, yaitu Possessive Pronoun (PP).

Saya bilang sebagai saudara kembar karena keduanya memiliki tampilan serupa. Contohnya, kalau kata ganti milik dalam PA untuk ‘kami’ adalah ‘our’ maka di Possessive Pronoun menjadi ‘ours’ – ada desisan ‘s’ diakhir kata tersebut. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semuanya; dimana – mana pasti adalah yang membandel dan tidak mau berubah – tul gak? Lihat tabel berikut untuk lebih detilnya:

 

Bagi yang doanya sudah terkabul bahwa mobil hitam tersebut (sesuai contoh pembahasan sebelumnya) sudah menjadi milik anda, maka kita bisa menyebutnya begini: “The black car is mine.” Namun, jika anda malah lebih menyukai mobil milik lawan gosip anda yang paling nyinyir maka jadinya begini: “The black car is mine but I love hers.”  (mobilhitamitumiliksayatapisayalebihmenyukaimiliknya).

Masih ingat kan bahwa semuapronoun memiliki ciri – ciri khusus, lantas apa ciri – ciri Possesive Pronoun yang sedang kita bahas kali ini?

Saya akui disini urusannya sedikit ruwet, lebih ruwet daripada kasus e-KTP (lebay dot com). Tapi bukan berarti kita tidak bisa menganalisanya. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan, sebagai berikut:

  • Possesive Pronoun tidak memerlukan apostrophes (tanda petik seperti pada contoh Catherine’s car). Dalam hal ini akan di sederhanakan menjadi ‘hers.’
  • Baik jika ia hadir dalam sebuah kalimat di awal, tengah dan akhir – Possesive Pronoun harus menjelaskan sebuah noun yang sedang dibahas dalam percakapan tersebut.
  • Contoh (awal kalimat): Each of us have our own car (masing masing dari kami memiliki sebuah mobil). Mineis the biggest one (milik saya yang paling besar). See, kita tidak bisa langsung ke kalimat kedua (mine is the biggest one) tanpa membahas sesuatu mengandung noun (mobil) di kalimat pertama. Disini kata the biggest merupakan kata sifat dari mobil miliknya (saya), yaitu yang terbesar. Wujud noun dalam hal ini tetap pada mobilnya, sementarathe biggest one menjelaskan ukuran mobil tersebut.
  • Contoh (tengah kalimat): We love antique cars but mine is not the best(kami menyukai mobil antik namun punya saya bukanlah yang terbaik). Jika ingin menempatkan Possesive Pronoun di tengah tengah kalimat maka harus ada noun pada kalimat tersebut sebelum Possesive Pronoun.
  • Contoh (akhir kalimat): The black car is mine (mobil hitam itu milik saya). Jadi kata mine menjelaskan kepemilikan atas sebuah harta gono gini dalam wujud sebuah mobil hitam.

Singkat kata, keberadaan Possesive Pronoun sangat tergantung pada noun sehingga ia selalu berdekatan. Kehadirannya juga mengambil andil yang sangat besar dalam membuat bahasa Inggris terdengar seksi. Jika tidak, maka akan terdengar repetitive (berulang – ulang). Contohnya, kita membahas kucing; This is my cat, not your cat. Disini kita mendengar kata cat disebut dua kali sehingga terjadi pengulangan yang membosankan. Bandingkan dengan mengaplikasi Possesive Pronoun; The cat is mine, not yours. Jadi lebih seksi, bukan? Kucing pintar tersebut tetap ada disana, kepemilikannya pun jelas, milik saya – bukan milik anda. Hebatnya lagi, penyampaiannya dilakukan tanpa ada kesan mengulang – ulang.

Sekian dulu pembahasan tentang ‘Posessive Pronoun’ – selamat belajar buat rekan rekan semuanya. <swn>


Continue Reading
Advertisement

English Coorner

Wyndham Garden Kuta Beach Bali support local bussinesses by launching a weekly garden market.

Published

on

GATRADEWATA.COM|| Kuta Bali .16 February 2019. Wyndham Garden Kuta Beach Bali partnered up with the Bali Bazaar Community to support the local bussiness in Bali. The beachfront hotel launched the Garden Market last Saturday for guest, tourist, ang Bali local to enjoy a day out with the family.
Visitors were able to enjoy live music while shopping for some of Bali’s best handcrafts, cloths and souvenir.

Guest can enjoy an “all can you ray ” BHW and take advantage of 20 % discount on other Food and Beverage at either Capello Bar or Coffee ‘ n Oven.

General Manager Bagus Ngurah said this new event is just the beginning of more exciting things to come.
Wyndham Garden Kuta Beach launching the Garden Market is just one of the many events guests can expect this year.
With the renovations slowly coming to an end we can start making plans for the future.
Working with all these local bussiness to sell the real Bali has been great and we cannot wait to explore more options for the near future !.

Garden Market at Wyndham Garden Kuta Beach Bali take place every Saturday from 10 am till 10 pm in the evening

Wyndham Market Kuta Beach is located on a absolute beachfront in Bali,Indonesia. It offers stylish and spacious guestrooms ranging from executive rooms and suites with pool acces and ocean views. The resort features two pools- a family pool for children and rooftop pool overlooking the ocean, a day spa and meeting room for seminars and events.
For more detail please visit website .www.wyndhamgardenkutabali.com.
( INN.W)

Continue Reading

English Coorner

Apa Itu Demonstrative Pronoun?

Published

on

GatraDewata.Com – Sesuai dengan penyebutannya bahwa ‘demonstrative pronoun’ merupakan kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan, mengindikasikan ataupun mepresentasikan – baik benda yang dekat maupun jauh dan sifatnya spesifik. Kenapa dibilang spesifik, karena pada umumnya jarang sekali benda yang kita maksud menyendiri. Pastinya ada benda lain diluar yang menyertainya.

Nah, pada penggunaannya sehari hari, demonstrative pronoun ini biasa juga digunakan untuk menunjukkan benda dalam bentuk tunggal maupun jamak.

Hanya ada dua penyebutannya yaitu: this dan that, dimana jika ia hadir dalam bentuk jamak maka this akan berubah menjadi these dan that menjadi those.

Berikut contoh dasar yang bisa anda gunakan sebagai acuan:

  • This is my shoes > ini sepatu saya; anda sedang menunjukkan sepatu yang ada di dekat anda.
  • That is Tamoo’s bag > itu tasnya Tamoo; anda sedang menunjukkan sebuah tas milik tuan Tamoo yang jauh dari diri anda.
  • These chairs are all broken > kursi – kursi ini semuanya patah; anda sedang menunjukkan bahwa kursi > kursi dekat anda semuanya patah.
  • Those white chairs are in good condition > kursi – kursi putih itu dalam kondisi bagus; anda sedang menunjukkan bahwa kursi – kursi berwarna putih yang jauh dari ini dalam kondisi ang bagus.

(more…)

Continue Reading

English Coorner

Whose, Whom, Which: Kapan Digunakan?

Published

on

GatraDewata.Com – Kita menggunakan interrogative pronouns untuk mengajukan pertanyaan. Bentuk kata ganti ini mewakili sesuatu yang kita tidak ketahui (apa yang kita pertanyakan).

Ada empat bentuk interrogative pronouns: who, whom, what, which.

Ketahuilah bahwa kata ganti milik ‘whose’ bisa juga berlaku sebagai kata ganti interrogative (an interrogative possessive pronoun).

Ingat bahwa ‘whom’ merupakan bentuk yang tepat ketika kata gantinya merupakan object daripada  kata kerjanya, sebagaimana dalam kalimat “Whom did you meet?” Namun, biasanya, pada prakteknya sehari hari kita sangat jarang menggunakan ‘whom.’ Kebanyakan native speaker akan mengatakan (atau bahkan menulis): “Who did you meet?”

Lihatlah contoh berikut ini. Pada jawaban atas pertanyaan tersebut, frase kata benda yang bertindak sebagai interrogative pronoun ditampilkan dengan penebalan huruf (bold).

Silakan dicatat bahwa kita kadang – kadang menggunakan imbuhan (suffix) “-ever” untuk membuat kata majemuk (compound) dari salah satu dari kata ganti berikut (terutama whoever, whatever, whichever). Ketika kita tambahkan “-ever”, kita menggunakannya untuk penekanan/penegasan, namun sering untuk menunjukkan kebingungan ataupun sikap kaget.

Perhatikan contoh berikut:

Whoever would want to eat such a nasty food?

They’re all beautiful! Whichever will you choose?

Photo courtesy: pinterest.com <swn>
Continue Reading

Wonderful Indonesia

Ads

Trending

Copyright © 2019 Gatradewata. Ringan, Cerdas dan Tajam