Reflexive Pronoun, Expresi Kemandirian

 

GatraDewata.Com – Kemungkinan Reflexive Pronoun ini merupakan pembahasan kata ganti yang terakhir di English Corner tercinta. Pembahasan berikutnya akan mengacu pada hal – hal lain yang kerap kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari namun juga sering membingungkan.

Back to business, Reflexive Pronoun digunakan untuk mengindikasikan seseorang yang menyadari bahwa sebuah perlakuan dilakukan oleh orang yang sama yang menerima perlakuan tersebut. Dengan kata lain, reflexive pronoun adalah object yang mengacu pada subject.

Contoh:

Nyoman is proud of himself.

Himself (object) mengacu pada dirinya sendiri yang dalam hal ini yaitu Nyoman (subject).

Lihat table di atas. Untuk bentuk tunggal maka diakhiri dengan self, sementara untuk bentuk jamak yaitu selves. Oleh karena itulah pronoun YOU memiliki dua bentuk; yourself dan yourselves. Hal ini dikarenakan pronoun YOU bisa berlaku sebagai orang ke dua tunggal maupun jamak.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kata self sering diartikan sebagai sendiri.

Memang sedikit membingungkan. Tapi jangan berlama – lama di paragraf tersebut dan simak contoh berikut untuk segera mendapatkan pencerahan.

I cut my nail myself.

Dalam contoh ini “I” melakukan pekerjaan memotong kuku tersebut dan pada saat yang sama “I” juga yang mendapat perlakuan dari pemotongan kuku tersebut.

Terjemahan contoh diatas menjadi Saya memotong sendiri kuku saya. 

Saya memotong sendiri….. – sayalah yang melakukan pemotongan itu (melakukan)

kuku saya…. – kuku sayalah yang dipotong (akibat perlakuan)

Lalu bagaimana dengan kata ganti It?

Kadang it hadir dalam bentuk tunggal maupun jamak. Sesuai dengan tabel di atas it berubah menjadi itself (tunggal). Namun ia tidak bisa diubah menjadi itselves karena 1) itselves tidak eksis di dalam bahasa Inggris 2) jika lebih dari satu maka it akan berubah menjadi they. 

Contoh:

The dog eats 10 bowls of rice itself (hanya satu anjing yang melakukannya, bentuk tunggal sehingga menjadi itself)

The dogs eat 10 bowls of rice themselves (ada beberapa anjing yang melakukannya, bentuk jamak sehingga menjadi themselves – bukan itselves).

Untuk lebih gampangnya mengaplikasikan reflexive pronoun anda musti mengetahui dulu bentuk subjectivenya; apakah bentuk jamak atau tunggal, baru kemudian bisa diputuskan penggunaan kata ganti yang tepat. Dog (tunggal) kata gantinya adalah it, reflecxve pronounnya menjadi itself. Ketika ia dalam bentuk jamak (dogs) maka kata gantinya adalah they, maka jadilah themselves.

Kerjakanlah tugas berikut untuk memperdalam pemahaman anda akan reflecxive pronoun:

  1. I want to buy……….a new car.
  2. Each morning, I wash my face and stare at.……in the mirror.
  3. I taught……….to play the piano.
  4. Sarah bought……………..a book.
  5. She was accidentally cut……………while she was chopping the carrot.
  6. Without strong steel architecture, the building would collapse in on……………
  7. The dog is scratching………….
  8. Fina pours a cup of tea for…………..every morning.

Sekian dulu dan selamat mengerjakan tugas diatas. Jika ada keraguan maka bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.<swn>