Possessive Adjective – Kata Ganti Milik

Gatra Dewata – Dalam kalimat “This is my car” (ngarep dot com) terdapat kandungan Possessive Adjective (PA) disamping sebuah harapan yang sangat besar dimana mobil itu benar benar jadi milik anda.

Dalam pembahasan kali ini PA bertanggungjawab atas kepemilikan, atau lebih tepatnya disebut sebagai ‘kata ganti sebagai milik.’

Pada prakteknya, PA selalu diikuti oleh kata benda (noun) dimana kadang ia mulai di awal kalimat maupun di tengah. Kata benda yang mengikuti PA bisa yang sifatnya dapat dihitung (countable) maupun yang tidak dapat dihitung (uncountable). Noun akan kita bahas pada edisi – edisi berikutnya.

Contoh:

This is my car – ‘my‘ yang berlaku sebagai PA terdapat di tengah kalimat. Kata ‘my‘ tersebut menyatakan kepemilikan atas sebuah mobil.

My car is the black one (mobil saya yang berwarna hitam) –  disini PA berada diawal kalimat.

Simak tabel berikut ini untuk gambaran lebih lengkap soal PA; siapa yang digantikan dengan apa –  ‘I’ jadi ‘my’, ‘we’ menjadi ‘our’ dan begitulah seterusnya.

Untuk lebih mematangkan pemahaman anda tentang PA, kerjakanlah tugas tugas berikut dan sebutkan yang mana bertindak sebagai PA!

  • My house is the biggest one .
  • I borrowed her book for three days.
  • The officer parked his bike in front of the shop.
  • Her brother cleans his bike everyday.

Jawabannya bisa anda dapatkan pada edisi berikutnya. Sekian dulu pembahasan tentang ‘Possessive Adjective’ – selamat belajar buat rekan rekan semuanya. <swn>