Pengurus amyar DPK Peradah Indonesia Bangli di lantik

 

GATRADEWATA.COM||BANGLI -26 Agustus 2018. Kepengurusan anyar Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu (DPK Peradah) Indonesia Bangli periode 2018-2021 secara resmi dilantik. Pelantikan digelar di Kantor Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bangli pada Minggu (26/8).

Kepengurusan anyar itu dilantik langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Peradah Indonesia Bali ini, Ida Ayu Made Purnamaningsih, Sos.H., M.Ikom disaksikan Ketua PHDI Kabupaten Bangli, Ketua Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Kabupaten Bangli, Dewan Pembina DPK Peradah Indonesia Bangli, dan undangan lainnya.

Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli periode 2018-2021, I Ketut Eriadi Ariana, S.S. mengatakan, pihaknya siap berkontribusi untuk pengembangan sumber daya pemuda Hindu di Bangli. Program itu akan dikhususkan pada pengembangan kepemimpinan (leadership development) dan pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship development).

“Sesuai program induk organisasi kita akan garap serius dua program tersebut. Selain itu kita akan galakkan kaderisasi serta melaksanakan program-program sesuai dengan kebutuhan di Bangli, misalnya penyikapan isu terkait keagamaan, budaya, lingkungan, politik, ekonomi, dan sebagianya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, awalnya pihaknya merasa pesimis untuk mengembangkan organisasi tersebut. Namun, seiring dengan penggalakan komunikasi dengan sejumlah pemuda, ia yakin bisa mengeksiskan Peradah Bangli. “DPK Peradah Bangli sejatinya telah lama vakum, kami pun awalnya merasa kesulitan menjejak pengurus terdahulu. Hingga akhirnya dari DPP Peradah Bali memfasilitasi, dan setelah terus-menerus ‘gerilya’, akhirnya kami bisa merekrut sejumlah orang dan kami yakin organisasi ini bisa berjalan dengan baik. Lewat organisasi ini kita bersama-sama membangun daerah tercinta kita, Bangli,” ujar Eriadi.

Sementara itu Ketua DPP Peradah Indonesia Bali Ida Ayu Made Purnamaningsih, Sos.H., M.Ikom menyatakan apresiasinya atas terbentuknya kepengurusan DPK Peradah Indonesia Bangli.

Saat ini, lanjutnya, dari sembilan kabupaten/kota di Bali, sudah ada delapan kepengurusan yang aktif, termasuk DPK Peradah Indonesia Bangli. Setelah ini, pihaknya akan melantik kepengurusan DPK Peradah Indonesia Kabupaten Klungkung.

“Visi misi Peradah Indonesia intinya ada dua, leadership dan entrepreneurship. Leadership untuk membangun diri dan jiwa kepemimpinan, serta entrepreneurship untuk membangun jiwa kewirausahaan,” paparnya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua PHDI Kabupaten Bangli Drs. I Nyoman Sukra menjelaskan sejarah keberadaan Peradah Indonesia di Bangli. Dituturkan, di Kabupaten Bangli, Peradah Indonesia sejatinya telah ada sejak tahun 1986 dimana dirinya merupakan ketua pertamanya. “Karena sudah terbentuk, ke depan harus ngayah secara totalitas untuk umat. ‘Jengah’ yang dibilang tadi harus ‘jengah’ yang sesungguhnya,” ungkapnya mengharapkan pengurus yang telah dilantik agar berani bersikap dan menjadikan organisasi sebagai tempat menempa diri. (INN.W)