Gatra Dewata

Ringan, Cerdas dan Tajam

Operasi Antik 2016, Polda Bali Sasar Narkotika

Para tersangka yang kini ditahan di Polda Bali
Para tersangka yang kini ditahan di Polda Bali

GATRADEWATA-Jajaran Polda Bali melaksanakan Operasi Antik dari tanggal 4 Februari sampai dengan 15 Pebruari 2016. Dan dari operasi tersebut, petugas berhasil menangkap 48 tersangka laki-laki dan dua orang tersangka wanita pelaku penyalahgunaan narkotika berikut barang buktinya.

Dari ke 50 orang tersangka tersebut, petugas menyita barang bukti ganja 49,94 gram, sabhu 124,64 gram dan exstasi 209. Dimana Sat. Narkoba Polres Denpasar menduduki peringkat pertama, yang berhasil mengungkap sebanyak 15 tersangka dan disusul Polda Bali sebanyak 13 tersangka.

“Dalam operasi ini, kita mengejar TO. Dimana masing-masing Polres telah memiliki TO. Polda Bali memiliki TO 10 orang dan berhasil ditangkap sesuai dengan target bahkan Polda menangkap non TO satu orang.” Kata AKBP Sri Harmiti Kasubid Penmas Polda Bali. Kamis, 18/02/2016.

Sementara AKBP Joni Lay Kasat Tindak Operasi Antik dari Kasubid III Ditnarkoba Polda Bali menambahkan, bahwa Polda Bali berhasil menangkap 13 tersangka dari 11 laporan polisi.

“Dari 13 tersangka, tiga tersangka ditahan karena barang buktinya diatas sema. Sementara sisanya tidak ditahan karena barang bukti dibawah SEMA. Jadi sesuai dengan TR 865 tanggal 26 Oktober 2015 dari Kabareskrim yakni: bagi mereka penyalahgunaan atau korban yang tertangkap dan ditemukan barang bukti dibawah SEMA maka tidak dilakukan penahanan, tetapi tetap dilakukan proses sidik dan dilaksanakan asessment ke BNNP Bali.” jelas Joni.

Penahanan tiga tersangka ini, seusai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung(SEMA) No.40Tahun 2010 ada klasifikasi, setiap pecandu yang kedapatan membawa kurang dari satu gram tidak dilakukan penahanan.

Adapun tiga tersangka yang ditahan Polda Bali yakni: tersangka DAS(54) dengan barang bukti sabu seberat 5,42 gram, RD(19) BB yang diamankan 5,7 gram dan IKA(23) sebanyak 4,92gram.

alt