Metatah masal yang sehat

GATRADEWATA.COM|| Denpasar.7 September 2018. Paguyuban widya swara untuk kesekian kalinya kembali menggelar metatah masal dengan memperhatikan kesehatan mulut. Kegiatan ini dilaksanakan jumat 7 september 2018 bertempat di griya alas arum sesetan Denpasar.

Menurut Ayu aryani yang turut mempersembahkan gong kebyar bersama grup kesenian siwer nadi swara, sangat mengapresiasi kegiatan ini. “metatah dengan satu orang satu kikir akan mencegah penularan penyakit menular seperti hepatitis, tbc, herpes, dan mungkin juga hiv. Dengan memakai slop tangan dan masker apalagi gigi dipotong tidak lebih dari 2 milimeter akan melindungi dari efek samping kesehatan kedepan”

Memang seharusnya dalam implementasi tradisi sekarang ini salah satu aspek yang diperhatikan adalah kesehatan, tentu dengan tidak meninggalkan nilai tradisi itu sendiri. Saya melihat dalam prosesi ini lengkap sekali, apalagi sangging ada yang berprofesi sebagai dokter gigi. Dengan sterilisasi alat-alat sangging akan membuat kenyamanan bagi peserta.

Metatah masal ini sangat membantu umat, dengan konsep murah, higienis, dan tidak meninggalkan konsep sastra, harapan saya semoga kegiatan ini bisa ditiru kedepannya, imbuhnya.

Sementara itu I Wayan Mujana salah satu orang tua peserta merasakan sangat terbantu dengan kegiatan ini karena murah dan praktis . Terutama dalam pelaksanaan ritual sungkem, saya sangat tersentuh dan banyak dari peserta yang menangis.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta dari berbagai daerah di Bali. Dengan di awali proses menek kelih, ngekeb, metatah dan pawintenan saraswati.(INN.W)