Mengenal lebih dekat Sareng Ide Sire Empu Dharma Sunu dari Griya Taman Pande Tonja Denpasar

 

GATRADEWATA.COM||Denpasar – Keberadaan Griye Taman Pande Tonja jalan Ratna no. 96 Denpasar sudah berdiri sejak tahun 1926 oleh Sri Empu Ketut dengan istrinya Sri Empu Galuh, beliau mediksa tahun 1926 sampai tahun 1969 sedangkan istrinya mediksa tahun 1974. Dari tahun 1974 sempat lowong 32 tahun kemudian semetonan Pande Tonja kebersamaan mengikrarkan diri menunjuk beliau Ketut Kacir almarhum yang tiada lain ayahnda Sri Empu Dharma Sunu untuk mediksa tahun 1996 sampai tahun 2001. Sri empu galuh wafat tahun 2016.

Sri Empu Dharma Sunu mediksa tahun 2010 lantaran pawisik empat kali juga karena Sri Empu Galuh sudah umur mengikuti akhirnya bulan Oktober purnama ke 5 mediksa dengan nabe Ide Sri Empu Dharma Dasi dari Taman Bali, Sri Empu Aruna Putra dari Jembrana untuk nabe saksi Ide Sri Empu Aji dari griye Takasan.

Ide Sri Empu Dharma memgenyam pendidikan SMA dan pernah kuliah di IHD selama 8 semester lanjut bekerja dipariwisata didaerah Seminyak kemudian Kuta terakhir di Nusa Dua tahun 2001 karena orang tua meninggal.

Dapat juga melakoni Pande Besi lanjut tahun 2001 sampai tahun 2015 mengikuti penataran pemangku tiga kali juga mengikuti oendidikan di Dharma Acarya yang ketuanya yayasanya Ida Bagus Sudarsana. Beliau juga mengikuti Pendidikan Upakara didesa Tonja dalam KKN IHD.
Ide Sri Empu Dharma Sunu menjadi sulinggih dari tahun 2010 sampai sekarang.

Tentang kesuliggihan sudah dikenal masyarakat Hindhu muput upakara kecil maupun besar seperti upakara ngenteg linggih Pedudus Agung Penawe Ratna bersama sulinggih lain.

Di Denpasar cuma ada 2 panditanya laki-laki dari Pande bergiliran muput dengan Ide Aji Patasan

Di Parisadha Hindu Dharma Bali dari beberapa loka sabha ikut disabha pandita pernah menjadi wakil Dharma Upe Pati kemudian karena Dharma Upe Pati Ida Pedande Istri Loka dari Klungkung meninggal akhirnya Ide Sri Empu Dharma Sunu ditunjuk menjadi Plt Dharma Upe Pati
Saat ini Ide Sire Empu masih menjabat sebagai Wakil Darma Upe Pati sampai sekarang.

Sebagai Pandita berharap kepada masyarakat Hindhu selalu memohon kerahayuan jagat dan menjalankan Ngeloka Palasraya meliputi 3 kesucian diantaranya memohon kesucian pada diri sendiri lingkup nista, kesucian pada keluarga lingkup madya dan kesucian jagat raya yang utama, memohon kepada Ide Sang Hyang Widi Wase untuk keselamatan jagat raya dan isinya…jelas Ide Sri Empu Dharma Sunu

Sampai sekarang pasramam Griya Taman Pande Tonja sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan untuk umat umum seperti Nyekah massal, Metatah massal dllnya yg tampak sangat jelas pada bulan agustus ini yaitu tgl 25 agustus akan di adakan pelatihan Sangging dan di bulan September juga akan di laksanakan Nyekah massal.
( INN.W)