Lanal Denpasar Gotong Royong Bersihkan Areal Pura Geger

GATRADEWATA.COM||NUSA DUA – Keluarga Besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar melaksanakan kerja bakti membersihkan areal Pura Geger Dalem Pemutih, Nusa Dua, Badung, Jumat (7/9). Kegiatan gotong royong ini melibatkan para prajurit Lanal Denpasar beserta Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 10 Lanal Denpasar, serta instansi pemerintah dan swasta.

Pada kesempatan tersebut, Palaksa Mayor Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmat mewakili Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serangkaian perayaan HUT ke-73 TNI AL yang puncaknya akan diperingati pada 10 September 2018. Dikatakan, kegiatan ini sekaligus juga untuk menyongsong perhelatan IMF-WB Annual Meeting yang akan berlangsung 12-14 Oktober mendatang di Nusa Dua.

“Menjelang pertemuan IMF-WB tersebut, kegiatan pembersihan areal pantai dan pura akan rutin kami laksanakan di wilayah Nusa Dua. Setelah di pura dan pantai Geger, selanjutnya akan bergerak ke pura lainnya,” kata Mayor Laut (P) Bambang seraya mengatakan kegiatan ini diikuti kurang lebih 100 orang dan menyiapkan dua truk sampah untuk mengangkut sampah yang berhasil dikumpulkan.

Sementara itu, Ketua Jalasenastri Cabang 10 Lanal Denpasar, Ny. Lina Henricus Prihantoko, mengatakan ibu-ibu Jalasenastri sangat senang bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja bakti membersihkan areal Pura Geger Dalem Pemutih ini. Menurutnya, wilayah Nusa Dua sebagai objek wisata, tentunya kebersihan sangat penting dijaga. Dengan kondisi alam yang bersih dari sampah terutama sampah plastik akan membuat tempat wisata semakin menarik untuk dikunjungi.

“Pagi ini, untuk memperingati HUT ke-73 TNL AL, ibu-ibu Jalasenastri ikut serta dalam kegiatan pembersihan pantai, sehingga ketika ada pengunjung ke sini merasa lebih nyaman karena tidak ada sampah berserakan,” kata Ny. Lina Henricus Prihantoko.

Ia menambahkan, ibu-ibu Jalasenastri Cabang 10 Lanal Denpasar cukup sering terlibat dalam kegiatan bakti sosial, baik gotong royong kebersihan maupun kegiatan lainnya seperti donor darah. “Setiap kali ada waktu bersamaan dengan dinas, biasanya kami diikutkan. Belum lama ini, kami juga ikut kegiatan bersih-bersih pantai di Kabupaten Gianyar,” imbuhnya.

Dalam kegiatan kebersihan ini tampak pula hadir Badan Independen Pemantau Pembangunan dan Lingkungan Hidup (BIPPLH) yang diwakili Ida Bagus Gede Ari Widiana. Gusde mengatakan, BIPPLH sangat mengapreasiasi kegiatan kebersihan seperti yang dilakukan oleh Lanal Denpasar. “Apalagi kawasan Nusa Dua yang menjadi pusat pariwisata, kebersihan harus betul-betul diperhatikan. Jangan sampai sampah berserakan di areal pantai dan pura hingga berhari-hari tanpa ada yang membersihan, tentu itu akan membuat citra buruk bagi pariwisata Bali,” katanya. (INN.W)