Imigrasi Kelas I Denpasar Terbitkan 150 Paspor Perhari

Lokasi permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar

Lokasi permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar


Banyaknya masyarakat yang ingin bepergian keluar negeri terlihat dari antrean warga yang melakukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Dimana di Kantor ini, hampir setiap hari kerja dipadati para pemohon. Imigrasi Kelas I Denpasar mencatat bahwa rata-rata perhari menerbitkan sebanyak 150 paspor.

Sayangnya, Imigrasi Kelas I Denpasar belum menyelesaikannya data seluruh penerbitan, baik paspor, izin tinggal/kitas serta izin perpanjangan lainnya untuk tahun 2015 yang telah dikeluarkan.

“Belum jadi, kita ke internal aja belum kita laporkan(belum jadi). Jadi masih disusun, digolongkan perjenis, segala macam, nanti di bulan Maret baru kita laporkan ke pusat, ke Direktorat Jendral.” kata Setyo Budiwardoyo Kasi Insakom Imigrasi Kelas I Denpasar. Kamis(21/1).

Sedangkan terkait banyaknya biro jasa yang melakukan kepengurusan paspor, pihaknya mengatakan bahwa itu adalah resmi. Dimana izinnya diterbitkan oleh Kanwil Menhumkam.

“Itu resmi dikeluarkan dari Kanwil. Di seluruh Indonesia juga ada. Dari pusat pun, ya memang seperti itu.” Jelasnya.

Pihaknya juga menyarankan kepada masyarakat yang ingin melakukan kepengurusan paspor agar tidak menggunakan biro jasa maupun calo.

“Kita sangat menyarankan online(dalam kepengurusan paspor). Jadi sudah pasti. Kita juga buka pintu seluas-luasnya(jika masyarakat ingin mengetahui tentang cara kepengurusan paspor).” Tegasnya.

Sementara Kanwil Kemenhumkam Bali melalui Djunizar Kabid lalulintas dan Izin Tinggal Orang Asing saat dikonfirmasi terkait izin biro jasa, menjelaskan bahwa itu ada sertifikat dari Kanwil dan mempunyai pass(ID).

“Untuk biro jasa itu ada pass dan berbadan hukum. Tapi kalau calo, itu orang liar yang tidak jelas siapanya, memeras pengunjung, nah itu yang tidak boleh.” Jelasnya.

Lebih lanjut menambahkan bahwa pihaknya hanya mengeluarkan sertifikat saja(bukan izin), sedangkan persyaratannya untuk sertifikasi tersebut dari Kanim.

“Kalau sudah memenuhi syarat, ya kita kasi.” Tegasnya.

Untuk diketahui, penerbitan paspor sesuai dengan standar operasional prosedur(SOP), membutuhkan waktu selama tiga hari kerja setelah pembayaran. Hal tersebut juga tergantung dari permohonan masyarakat.

(alt)