Gagal Podium di Qatar, Zarco Beberkan Penyebab Utamanya

GatraDewata.Com – Pembalap Tech3 Yamaha Johann Zarco mengatakan jika kegagalannya mengamankan podium di MotoGP Qatar karena faktor ban depan.

Zarco nyaman memimpin dari posisi pole di awal balapan yang berlangsung Minggu 18 Maret 2018, dan memimpin hingga putaran 17 sebelum disalip oleh Marquez dan Dovizioso di trek lurus.

Pembalap Perancis itu terus melorot hingga akhirnya melintasi bendera finish di posisi delapan. Blak – blakan usai balapan, Zarco – yang masih mengejar podium tertinggi di kelas primer -mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk kecewa akan penampilannya, dimana ia bisa saja juara jika tidak mengalami masalah ban.

“Sayamesti senang,” kata Zarco. “Saya senang telah memimpin balapan sesuai kendali saya walaupun tidak cukup cepat untuk menjauh.

“Waktu itu saya menunggu lawan – lawan saya untuk menyalip  dan memulai pertempuran tapi saya tetap di depan.

“Tetapi setelah delapan atau sembilan putaran saya mulai merasakan keanehan. Saya khawatir dan berpikir mungkin mereka mengalami masalah serupa, lawan – lawan saya.

“Kemudian lima putaran berikutnya, ketika masalah ban depan semakin buruk, ketika mereka menyalip saya, saya tidak bisa memberikan perlawanan karena banyak mengalami selip.

“Jika saya hendak membelokkan motornya saat meluncur, saya nyaris jatuh.

“Jadi saya tarik nafas dan mencoba untuk mengamankan posisi saya namun kecepatan turun secara drastis.

“Mengakhiri balapan di posisi delapan dengan masalah teknis saya rasa saya harus senang dengan semua ini.

“Saya menikmati momen saat memimpin balapan. Suatu saat jika semuanya berjalan dengan baik saya akan bertarung untuk menag.”

Zarco memilih kompon medium untuk ban depan sebagaimana rombongan terdepan, dan bersikeras penggunaan ban tidak mempengaruhi kehilangan kecepatannya.

“Saya rasa pemilihan kompon medium merupakan pilihan yang tepat saat itu,” tutupnya sebagaimana dilaporkan autosport.com<swn>

Photo courtesy: Yamaha Motor Australia